31 July, 2017

Bloglovin Bisa Jadi Alternatif Untuk Bookmark Website Dan Blog Dalam Satu Tempat


Bloglovin


Hari ini, sambil menyelesaikan pekerjaan - ngerapihin blog orang lain - saya kembali menyusuri jejak lawas dari beberapa folder di browser. Sejak mengenal bookmark, saya mulai gemar mengisi browser dengan ragam website yang pernah saya kunjungi. Dulu, saya menggunakan mozila firefox sebagai browser idaman, tapi tidak lama kemudian muncullah Chrome yang membuat saya pindah ke lain hati.

Alasan saya sampai sekarang masih setia dengan Chrome, karena memang connect dengan akun email yang lebih memudahkan menurut saya. Ini sih memang lebih ke selera ya, kadang ada juga yang masih nyaman menggunakan browser lain, bebas saja. Nah, karena saya memang gemar menyimpan laman blog atau website di Chrome, alhasil saya punya banyak sekali folder-folder yang isinya bookmark semua.

Awalnya, karena memang saya suka tulisannya atau karena butuh dengan apa yang ditulis. Sampai kemudian saya bahkan lupa alasan saya menyimpan laman blog tersebut. Dan baru hari ini saya kembali menyusuri jejak-jejak tersebut. Ada banyak hal yang saya temukan, yaitu blog yang sudah tak lagi eksis di dunia maya dan juga blog atau website yang sudah habis masa domainnya, mungkin belum sempat diperpanjang oleh pemiliknya.

Belakangan ini, saya memang menggunakan browser dengan akun saya yang lain, sehingga banyak juga bookmark yang tidak muncul di akun baru ini. Tapi, untuk mem-backup kemudian me-restore kembali, rasanya malas sekali. Karena saya sudah mulai berpikir, kalau banyak yang belum saya cek apakah laman yang saya simpan masih berfungsi atau tidak.

Nah, bagi yang punya kegemaran seperti saya, menyimpan laman blog atau website, bisa juga menggunakan Bloglovin sebagai solusinya. Fungsinya memang menyimpan tautan di satu tempat, serta menampilkan jika tautan yang kita simpan mempublikasi tulisan baru.



Apa Itu Bloglovin?



Saya pernah menuliskan sedikit tentang Bloglovin sebelumnya. Bloglovin itu wadah untuk menyimpan tautan baik blog ataupun website. Kehadiran Bloglovin ini sendiri merupakan solusi paska Google Reader resmi ditutup. Nah, fungsinya memang tidak berbeda jauh dengan GR. Kita sebagai pengguna bisa mengikuti atau follow blogger dengan platform yang beragam.

Jadi, enggak terbatas pada satu platform saja. Selain itu, di aplikasi ini sama seperti kanal sosial lainnya, yaitu bisa melihat tulisan terbaru dari blog/web yang kita simpan di halaman utama. Namun, berbeda dari Google Reader, untuk Bloglovin sendiri membutuhkan browser untuk mengunjungi atau membaca secara keseluruhan tulisan yang ingin kita baca.

Bagi pengguna pertama, mungkin penggunaan Bloglovin ini masih kurang user-friendly, karena saya sendiri pun masih berpikir, "kenapa enggak dibuilt-in model frame browser sendiri sih? Jadi enggak perlu pindah ke aplikasi atau laman baru untuk blogwalking?" Apalagi untuk frame yang senantiasa muncul ketika kita mengunjungi blog melalui browser. Untuk mempermudah melakukan banyak hal, memang lebih nyaman menuntup frame yang otomatis keluar.









Apa Sih Manfaat Menggunakan Bloglovin?



Yang pasti kita akan mudah update tulisan terbaru dari teman-teman blogger lainnya. Apalagi kalau senang dengan tulisan seseorang, seperti saya yang sudah pasti menyimpan blog Bernard Batubara demi menjadi orang yang up to date dengan tulisan terbarunya.

Juga, kita mudah dalam mengelola blog-blog atau website apa saja yang kita ikuti. Karena, di Bloglovin sendiri, kita bisa membuat kategori-kategori untuk blog yang kita follow. Jadi, ketika ingin mengecek apakah di kategori Writing ada tulisan terbaru dari blog-blog atau website-website yang kita masukkan dalam kategori ini.

Selain itu, terdapat juga menu statistik yang memang bagi saya tidak begitu berpengaruh. Karena memang fungsi yang saya fokuskan adalah sebagai media bookmark saja. Tapi, memang Bloglovin tentunya bisa membantu para blogger mendapatkan tambahan pageview dan traffic.

Kita juga bisa berjalan-jalan ke blogger di seluruh dunia berdasarkan rekomendasi dari Bloglovin tentunya. Beberapa blogger yang masuk ke dalam kategori tertentu di Bloglovin, meski belum kita follow sudah bisa kita lihat feed-nya. Ini cocok untuk Anda yang sedang mencari rekomendasi terkait niche tertentu.



Bloglovin



Cara Bergabung Di Bloglovin Bagaimana?



Gampang kok, cukup buka tautan Bloglovin.com kemudian daftar. Setelah itu, kita akan masuk ke dashboard. Sebelum mulai menyimpan laman blog lain, sebaiknya kita tambahkan dulu blog kita. Melalui kolom pencarian berbentuk kotak. Setelah itu ketik-kan alamat blog Anda, jika belum pernah didaftarkan ke Bloglovin akan muncul tulisan 'Add Blog'.

Nah, kita bisa langsung klik Add Blog, kemudian muncul lagi boks berikutnya untuk menuliskan kembali blog yang mau kita tambahkan. Setelah itu, klik 'Claim it' agar blog milik kita bisa tersimpan sebagai atas nama kita. Fungsi Claim it, sejauh ini memang saya belum rasakan betul manfaatnya. Meski memang saya sudah melakukan claim untuk blog saya sendiri. Tapi, apakah itu berpengaruh terhadap kepemilikan blog secara menyeluruh atau tidak, saya belum tahu.

Tapi, yang jelas, menggunakan Bloglovin itu lebih nyaman dan mudah. Apalagi sudah ada aplikasinya yang bisa mempermudah jika ingin blogwalking. Ini benar-benar blogwalking loh, karena belakangan ini saya jarang meninggalkan komentar. Gara-garanya sih sepele, ketika asik menulis di kotak komentar, tiba-tiba jaringan internet mati, alhasil ketika disubmit hilang semua. Dan saya sudah menyerah untuk menuliskan komentar lagi.

Apakah ada pembaca lain yang sudah memiliki akun Bloglovin? Kalau sudah, tinggalkan tautannya dalam bentuk teks, ya, di kolom komentar. Kalau berupa link hidup, tentunya akan langsung saya hapus. Untuk mengetahui seperti apa link hidup dan bukan, bisa langsung cari-cari di google, lumayan bisa menambah pengetahuan, kan.



Bloglovin




Semoga curcolan hari ini masih ada manfaatnya, hehe. Terima kasih bagi semua pengunjung yang sudah berkenan membaca tulisan saya, semoga sehat selalu!





Kelebihan Bloglovin 

- Mudah mendaftarkan akun
- Ada versi aplikasinya
- Tampilannya ringan untuk versi browser


Kekurangan Bloglovin 

- Masih harus buka jendela baru setiap ingin berkunjung ke blog lain
- Frame yang otomatis terbuka sering menyulitkan
- Fitur Add Blog terlalu sulit bagi pemula

4 comments:

  1. Selama ini cuma pake aplikasi feedly sih. Coba ah pake ini

    ReplyDelete
  2. Hai mba. Biasanya aku BW liat dari postingan di facebook grup atau di google plus. makasih informasi ya mba

    ReplyDelete
  3. Aku udah lumayan lama pakai bloglovin, tapi belum dimaksimalkan. Enaknya sih karena langsung ada notif ke email kalau ada postingan baru. Cuma dasarnya kemarin lagi kumat malesnya, jadi udah aja didiemin, bukannya dibewein. Huh.

    ReplyDelete
  4. Aku punya akun Bloglovin karena dulu salah satu syarat giveaway itu follow via Bloglovin. Lol. Sekarang nggak pernah buka lagi.
    Tapi, Bloglovin lumayan ada fitur share otomatis. :D

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih