Celoteh Bunda : Dari Persiapan Mudik Sampai Persiapan Perlengkapan Sekolah

June 21, 2017



Persiapan Mudik 2017


Lebaran tinggal menghitung hari, beberapa kawan saya bahkan sudah tiba di kampung halaman. Ada juga yang masih masuk kerja sehingga waktu untuk mudiknya sedikit mepet dengan malam takbiran. Tentunya, menghabiskan hari raya idul fitri di kampung halaman bersama keluarga dan sanak saudara serta kawan-kawan lama sangat menyenangkan. Apalagi pertemuan dengan mereka hanya bisa dilakukan di hari-hari istimewa saja, sehingga kemeriahan dan rasa rindu sudah demikian membuncah setiap menjelang hari raya.

Mudik memang sudah menjadi tradisi di Indonesia. Bagi para perantau, mereka memanfaatkan waktu untuk pulang ke kampung halaman yaitu saat-saat menjelang lebaran. Meski di perjalanan terkadang mereka harus menahan diri berlelah-lelahan, tapi ketika sudah tiba di kampung halaman, rasa lelah itu terbayar sudah. Nah, bagi Anda yang tengah mempersiapkan diri untuk mudik, tentunya harus ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Persiapan Mudik 2017



Namun, lebaran tahun ini juga bertepatan dengan kenaikan kelas. Anda sudah mempersiapkan apa saja untuk kenaikan kelas anak-anak? Jadi, ketika mudik nanti jangan lupa untuk memperhatikan kebutuhan buah hati, ya. Nah, dari blog Celoteh Bunda berjudul Persiapan Mudik Bersama Keluarga ada beberapa hal terkait mudik dan memilih keperluan untuk buah hati, nih. Apa saja ya kira-kira?



Persiapan Mudik Ala Celoteh Bunda



Persiapan Mudik 2017


1. Waktu Keberangkatan Mudik

Catat dan dibaca dengan seksama jadual keberangkatan mudik, apalagi jika menggunakan transportasi umum entah itu darat atau udara. Untuk menghindari salah jadual karena kurang fokus. Perhatikan juga jam berangkatnya dan perhitungkan estimasi lama perjalanan menuju tempat keberangkatan, sudahkah dihitung juga kendala seperti macet atau hal lain yang bisa menjadi problem ketika hendak berangkat.


2. Perlengkapan Keluarga

Jika Anda hendak mudik bersama keluarga, sudah tentu harus memperhatikan beberapa barang bawaan seperti makanan, minuman, obat-obatan sampai pakaian hangat agar selama perjalanan nyaman. Juga simpan dengan baik barang-barang bawaan Anda, jangan sampai lupa menyimpannya.



Persiapan Mudik 2017


3. Bawa Uang Secukupnya

Selama perjalanan tentu akan sangat membantu jika kita membawa uang tunai. Tapi, perlu diwaspadai juga, jangan sampai membawa uang tunai dalam jumlah yang sangat banyak. Bawalah secukupnya saja, entah itu untuk membeli makanan selama perjalanan atau membeli barang kebutuhan atau justru membayar ongkos transportasi. Dengan membawa uang tunai secukupnya, akan membantu Anda dan keluarga Anda terhindar dari tindak kejahatan.



4. Jangan Terlalu Mudah Menerima Atau Memberi Kebaikan Pada Orang Lain

Meski orang lain yang kita temui selama perjalanan tampaknya baik hati, tapi tetap harus waspada. Usahakan untuk tidak mudah menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak kita kenal dengan baik. Apalagi memercayakan barang bawaan berharga pada orang yang baru dikenal. Karena seringnya pelaku kejahatan adalah orang yang mudah membuat orang jatuh kasihan pada mereka.

Selain itu, hindari juga terlalu kasihan pada orang lain, dilihat dan dipastikan dengan baik jika ada orang yang butuh bantuan. Lebih baik untuk membantu mereka dengan cara yang sudah pasti aman, entah itu langsung membantu mereka melalui petugas kepolisian atau melalui petugas yang ada di sekitar Anda. Hindari langsung memberi bantuan apalagi berupa uang dalam jumlah banyak pada orang yang baru dikenal.

Jika memang kasusnya benar-benar sudah bisa Anda pastikan aman, silakan saja membantunya. Tapi, demi keamanan, lebih baik mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. 

5. Pastikan Tubuh Anda Dalam Kondisi Sehat

Jangan sampai perjalanan menjadi terhambat karena tubuh Anda kurang sehat. Namun, semisalnya jadual keberangkatan mudik Anda bertepatan juga dengan tubuh yang kurang fit, pastikan Anda sudah berobat ke dokter terlebih dahulu dan melaporkan perihal kondisi Anda yang hendak berangkat mudik. Ini untuk menghindari penggunaan obat-obatan yang dapat menyebabkan kantuk berlebihan, sehingga bisa membuat Anda kesulitan. Terutama jika Anda harus menyetir kendaraan sendiri.

Jangan lupa juga untuk menyempatkan diri beristirahat yang cukup. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.



Mudik Asyik Tanpa Lupa Keperluan Sekolah Buah Hati Anda Ala Celoteh Bunda



Nah, dari tulisan mba Ade berjudul Tips Memilih Tas Sekolah Untuk Buah Hati, saya sudah mencatat beberapa poin utama yang bisa Anda simak juga. Terlebih agar anggaran untuk keperluan sekolah Andak tidak terpakai seluruhnya untuk pengeluaran selama mudik. Ini ada beberapa perlengkapan sekolah yang mungkin harus segera diganti karena sudah tidak layak pakai lagi.


1. Sepatu


Barang-barang ini nih yang harus rutin diganti, karena pertumbuhan buah hati Anda tentunya membuat ukuran kaki mereka juga berbeda dari tahun sebelumnya. Pastikan sepatu untuk sekolah mereka sudah terpenuhi sebelum memasuki tahun ajaran baru nanti.


Persiapan Sekolah 2017


2. Tas Ransel

Kalau kata mba Ade Delina di blognya Celoteh Bunda, membeli tas untuk buah hati itu harus sesuai dengan budget, design dan fungsinya. Misalnya pilihan tas ransel agar postur tubuh anak tidak terganggu ketika membawa barang bawaan yang banyak di dalam tasnya. Selain itu, jangan lupa untuk melihat ukuran tas, jangan sampai ukuran tas lebih besar dari tubuh buah hati Anda, kasihan kan kalau sampai terlihat lebih besar tasnya ketimbang anak Anda.



Persiapan Sekolah 2017



3. Buku Dan Alat Tulis


Bagi beberapa sekolah, buku tulis masih digunakan untuk keperluan mencatat atau menulis pekerjaan rumah. Nah, coba dicek lagi apakah keperluan sekolah anak Anda sudah terpenuhi atau belum. Jangan sampai ketika nanti pulang mudik, anggaran untuk sekolah anak terpakai sampai tak tersisa. 


***

Bagi sebagian orang, mudik itu merupakan kesempatan untuk bisa bertemu dengan sanak saudara. Meski ada juga yang tradisi mudiknya sudah tak lagi diberlakukan karena sudah tidak ada sanak saudara yang bisa dikunjungi lagi. Namun, tentunya pengalaman selama perjalanan mudik akan tetap memiliki kesan dan kenangan yang berbeda.

Meski saya tidak punya kampung alias asli orang Bekasi, tapi beberapa kali berkunjung ke rumah saudara ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, tetap menyisipkan kenangan dan pengalaman yang tak terlupakan. Walaupun mengalami kondisi macet parah sampai benar-benar stuck di satu tempat karena sistem buka-tutup-jalan. Tapi, hal tersebut justru yang masih teringat sampai sekarang.

Anda sudah mempersiapkan semua kebutuhan untuk mudik nanti? Jangan lupa untuk mengecek kondisi rumah sebelum bepergian. Sebisa mungkin laporkan pada RT dan RW setempat bahwa Anda akan pergi selama beberapa hari. 

Oiya, apakah Anda memiliki pengalaman mudik yang tidak terlupakan? Mau berbagi di kolom komentar? Silakan, saya sangat senang jika Anda mau menyempatkan waktu bercerita tentang pengalaman mudik yang tak terlupakan.

Terima kasih juga atas kunjungannya.



Informasi Tambahan

Ade Delina Putri
Blog : http://www.celotehbunda.com
Email : adedelinap@gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/deliina.putrii
Instagram : https://www.instagram.com/adedelinaputri/

  • Share:

You Might Also Like

13 comments

  1. Mudik mudik mudik...sudah dipersiapkan. Keperluan baju secukupnya, peralatan make up, duit, dan pastinya kebutuhan si kecil yg harus siaga dripad ortunya contohnya obat2an. Mudikkkk...yg terlintas adalah pedesaan, banyak makanan, dan berkumpul dgn keluarga... lafff pokoknya

    ReplyDelete
  2. Wah makasih Mbak sebelumnya. Tahun ini aku mudik ke rumah mertua. Gantian krn thn kmrn udah ke kampungku hihi. Oia abis lebaran masuk sekolah ya, semoga para orang tua udah prepare ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mba. Semoga berkenan ya. Huum abis mudik terbitlah tahun ajaran baru hehehe. Semoga para ortu bener2 udah mempersiapkan dengan matang.

      Delete
  3. tahun lalu kami mudik rame2 ke kampung belum juga 1/4 perjalanan putat arah saking macet ga gerak apalagi bawa anak2 cilik mana panas dan bekal sedikit hahhaha mudik itu emang harus siapin stamina dan utamanya perbekalan 😁

    ReplyDelete
  4. Nggak pernah mudik. Nggak punya kampung halaman Mbak, alias berada di kota kelahiran dan keluarga di sini semua :D

    ReplyDelete
  5. iya lebaran dekat dg penerimaan siswa baru ya, penegluaran uang yang cukup besar apaalgi kl anak masuk smp, sma atau universitas ya

    ReplyDelete
  6. Wah sy mah ga ounya kampung halaman, padahal pengen jg merasakan suasana mudik :)

    ReplyDelete
  7. Hahaha habis lebran belanja keperluan anak-anak sekolah...seragamnya juga perlu dicek Peh..udah perlu diganti yang baru nggak :D 2 anakku kayaknya perlu nih...karena udah pada cingkrang...

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah selama ini mudik sellau berjalan dengan lancar, mba. Persiapannya memang agak ribet tapi tetap aja menyenangkan ya mba

    ReplyDelete
  9. Tahun lalu saya masih ngerasain mudik Jakarta-Malang, tapi sekarang udah stay di kampung halaman hehehe

    ReplyDelete
  10. Ooh Ipeh orang Bekasi? Baru ngeh. Eh salfok, hehe.
    Memang kalo mudik persiapan harus mantap.
    Saya, sih tidak mudik. Sudah di kandang sendiri. Tapi waktu merantau dulu (di Sumatera), kalau mudik ke Sulawesi ribet apalagi saat sudah ada si sulung. Sampai P3K sendiri saja ribet persiapannya, dari obat flu, obat mencret, sampe obat panas. Mikir kalo tiba-tiba haid saat di jalan (karena jadwal haid saya gak tetap, kan) sampe bawa pembungkus pembalut bekas dipikir juga. Trus kantong plastik buat pakaian kotor, kantong plastik muntah, karet gelang .... hahaha. Tidak praktis amat, yak ....

    ReplyDelete
  11. pengalaman lebaran paling berkesan ya tahun ini, soalnya baru pertama kali ini saya liburan sebagai ibu :) jadi liburan kerasa banget repot tapi serunya :)
    makasih sharingnya mbaaa.... sekamat idul fitri mohon maaf lahir dan batin yaa

    ReplyDelete
  12. Paling gemes pas anyang-anyangan mbak ipeh..bikin bad mood hihi

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih