Refreshing Keliling Dunia Dari Rumah

May 31, 2017







Refreshing itu enggak melulu harus keluar rumah, loh. Ternyata ada juga beberapa hal yang bisa kita lakukan dari rumah untuk menyegarkan pikiran tanpa membutuhkan biaya yang besar. Seperti berkebun, memasak, membuat kue atau aktivitas lainnya yang bisa membuat Anda merasa kembali bersemangat, terutama ketika puasa saat ini. Bisa juga aktivitas refreshing ini dijadikan semacam Me Time yang bisa meningkatkan mood agar tetap terjaga.

Ada salah satu aktivitas yang belakangan ini sedang saya gandrungi, meski dulu sudah pernah saya lakukan, yaitu jalan-jalan keliling dunia dengan menggunakan Google Earth. Iya, aplikasi satu ini memang sering digunakan tapi baru-baru ini saja saya kembali pakai. Alasannya, karena saya penasaran dengan tempat di Jepang, Takayama di Perfektur Gifu. Berawal dari menonton anime yang kemudian membuat saya menggelengkan kepala karena merasa terkejut. Betapa gambaran dari anime itu benar-benar mirip dengan penataan aslinya.

Menu Pada Google Earth


Google Earth ini bisa dipilih ingin menampilkan gambar secara 2 Dimensi atau 3 Dimensi. Serta bisa diklik detilnya dengan mengaktifkan Google Earth Street View kemudian di klik di garis biru yang muncul pada peta. Ini untuk melihat detil foto satelit yang lebih dekat. Uniknya, aplikasi ini bahkan pernah digunakan oleh beberapa penulis untuk membuat detil latar novelnya sehingga benar-benar persis seperti yang digambarkan melalui narasi. 


Seperti yang tertera pada gambar di atas, itu saya menggunakan mode 3 Dimensi yang aktif sehingga tulisan 2 Dimensi tidak aktif, kemudian gambar ikon orang itu digunakan untuk mengaktifkan Street View Mode. Jika warnanya sudah berubah Orange, berarti Street View Mode sudah aktif. Sekarang kita lihat bagaimana perbedaan antara 3 Dimensi, 2 Dimensi dan 3 Dimensi dengan Street View Mode, bisa dilihat di gambar di bawah ini.


Mode 3 Dimensi

Mode 2 Dimensi

Mode 3 Dimensi dengan Street View


Untuk mengaktifkan mode Street View bisa mengklik ikon orang, kemudian tunggu hingga muncul garis biru. Baru setelah itu bisa Anda klik tepat di garis biru tersebut. Jika wilayah yang Anda ingin lihat dari dekat tidak dilewati garis berwarna biru, itu berarti tempat tersebut tidak tersedia dalam bentuk lebih detil.

Garis Berwarna Biru Ketika Mode Street View Aktif


Kegemaran saya ini, selain melihat peta secara lebih detil, yaitu bisa melihat keseharian hidup orang-orang di Jepang, terutama di Perfektur Gifu ini. Meski hanya tampak seperti gambar, tapi baik dari bangunan, serta tempat-tempat publik yang tertata dengan rapi membuat saya berharap bisa menjejakkan kaki saya di Jepang suatu saat nanti. 

Tanda Panah Pada Google Earth


Jika dilihat dari gambar di atas, terdapat anak panah yang muncul ketika mengaktifkan mode Street View, itu berarti gambar tersebut bisa membuat Anda bisa berpindah dari satu posisi ke posisi lain. Seperti membuat efek berjalan, seolah-olah kita berada di tempat tersebut. Bagaimana, seru kan? Ini nih ngabuburit saya selama puasa, hehehe. 


Gambar Yang Diblur


Untuk kepentingan privacy, Google Earth menayangkan gambar yang disensor dalam setiap fotonya. Beberapa hal seperti wajah orang, nomor plat mobil dan beberapa hal yang memang pribadi akan disensor. Sehingga kita tidak bisa melihat dengan jelas wajah orang-orang yang tengah jalan di keramaian. Namun, tempat-tempat publik tidak disensor, ini memang bagus untuk pengembangan bisnis, sehingga calon pengunjung bisa mengetahui lokasi bisnis kita dengan baik.

Aplikasi google ini bisa digunakan melalui telpon genggam juga, bisa diunduh aplikasinya melalui Playstore. Untuk pengguna komputer atau laptop, google earth bisa langsung dibuka melalui website dengan browser chrome. Agar lebih optimal saat menggunakannya.


***

Dari Google Earth ini, saya jadi sadar untuk tidak boleh sembarangan memberikan alamat rumah. Soalnya, tertera jelas sekali rumah saya melalui Street View Mode. Tapi, sayangnya, alamat saya di google map dan google earth (keduanya saling berhubungan) tidak sesuai dengan alamat asli. Jadi, setiap pesan menggunakan gojek atau grab, pasti selalu salah tempat dan harus konfirmasi ulang #sigh.

Apakah ada tempat yang ingin dikunjungi oleh Anda? Bisa loh tempat tersebut dicek melalui Google Earth, agar menghindari nyasar ketika berkunjung, hihi. Selain itu, bagi Anda yang tengah menulis cerita, biar bisa membangun latar tempat di cerita secara detil, bisa menggunakan aplikasi ini juga. Jadi, banyak manfaatnya kok.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. saya juga suka jalan-jalan pake google earth ini mak :)

    ReplyDelete
  2. Aplikasi yang keren nih. Boleh deh ditambahin di hapeku, aplikasi ini :)

    ReplyDelete
  3. suamiku yang suka mainin ini mba klo aku ga pernah bisi ngiler pengen ketempatnya langsung hahaha

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih