Tips Traveling Buat Yang Ingin Menjelajah Madura Melalui Tulisan Blogger Madura



Traveling Tips Blogger Madura


Bagi banyak orang yang memiliki keterbatasan ruang gerak, tentunya membaca jurnal perjalanan sudah menjadi hal yang menyenangkan tentunya. Saya sering membaca testimoni pembaca yang merasa puas karena merasa diajak jalan-jalan secara langsung lewat sebuah tulisan dan foto-foto yang disajikan oleh sang narablog. Dan ini tentunya sebuah keasyikan tersendiri bagi mereka yang memang belum pernah menjejak ke tempat tersebut. Atau bisa jadi sebagai moment recall ingatan bagi siapa saja yang pernah berkunjung ke tempat tersebut.

Demikian pula yang saya rasakan ketika mengunjungi blog milik Blogger Madura bernama Mba Diane Suryaman yang sering kami panggil di grup sebagai Mba Dian atau Mba Ayank. Tinggal di Madura tidak membuatnya serta merta mengabaikan tempat tinggalnya, justru beliau banyak menuliskan beragam hal tentang Madura, baik itu kuliner atau tempat-tempat yang asyik dikunjungi jika ingin melancong ke sana.

Ada beberapa tempat yang membuat saya benar-benar ingin sekali mengunjungi tempat ini, apalagi saya sering mendengar pantai-pantai di Madura ini masih jernih dan cocok untuk refreshing sejenak dari keramaian. Nah, sebelum memulai untuk travel ke Madura ada baiknya nih untuk diperhatikan beberapa Traveling Tips dari Blogger Madura ini.



Traveling Tips Blogger Madura




11 Traveling Tips dari Blogger Madura



1. Jangan lupa bawa Sunblock

Namanya berkunjung ke pantai, membawa dan menggunakan sunblock sebelum beraktivitas memang sangat direkomendasikan. Bukan hanya karena takut belang atau hitam, tapi juga demi kesehatan kulit. Apalagi kulit yang terkena paparan langsung sinar matahari secara berlebihan dapat mengakibatkan beragam gangguan kulit sehingga harus hati-hati ya merawat kulit kita. Agar tetap sehat, jadi jangan lupa untuk pakai Sunblock sebelum main-main di Pantai.


2. Bawa Kacamata Hitam juga dong

Iya, karena kalau mata kita terpapar langsung sinar matahari juga tidak baik, loh. Ini bisa mengakibatkan katarak dini. Jadi, mengenakan kacamata hitam bukan sekadar untuk tampil keren, tapi juga untuk melindungi mata kita yang merupakan organ penting dalam diri kita. Sayang kalau tidak kita jaga dengan baik.



Traveling Tips Blogger Madura



3. Pakai alas kaki yang aman dan nyaman

Kalau mau mampir ke Gua Mahakarya Giliyang Sumenep, sepertinya tidak cocok kalau Anda mengenakan sepatu hak tinggi, betul kan? Itulah kenapa harus diperhatikan juga apakah alas kaki yang kita kenakan sudah sesuai atau belum. Kalau saya lebih merekomendasikan mengenakan sepatu, karena cocok digunakan di tempat mana saja, ada kesan casual jika dikenakan untuk nongkrong bersama teman.



4. Pilih pakaian yang nyaman

Meski tampaknya di pantai semilir angin sering berembus sepoi-sepoi, bukan berarti Anda bisa mengenakan mantel tebal ala musim dingin. Cukup mengenakan pakaian yang mudah meresap keringat agar tidak membuat kulit kita gampang gatal atau justru iritasi karena kegerahan. Apalagi kalau mau mampir ke beberapa tempat seperti ke Air Terjun Terbesar di Madura ini, lebih enak mengenakan pakaian yang mudah menyerap keringat karena untuk mencapai tempat tersebut harus melewati jalanan setapak yang lumayan jauh.



5. Siapkan pakaian renang

Bagi yang berminat untuk snorkling di Gili Labak, jangan lupa untuk menyiapkan pakaian renang atau pakaian yang nyaman untuk menyelam. Ada apa sih di Gili Labak? Konon di sana ada taman di bawah laut yang bisa memanjakan mata kita! Duh, kebayang sudah keindahan alam bawah laut di Madura. Sudah tak sabar, ya? Sama, saya juga.



6. Bawa Tempat Minum

Ini sepele memang, banyak orang yang sering lupa dengan barang ini karena dipikir bisa dibeli dimana saja. Tapi, ada beberapa tempat wisata yang justru tidak ada pedagang sama sekali di sana. Otomatis, bisa saja aktivitas kita terganggu hanya karena lupa menyediakan air minum. Penting untuk selalu menyediakan air minum agar tubuh tidak dehidrasi.



7. Ambil foto secukupnya

Jangan terlalu berlebihan apalagi sampai mengganggu kegiatan eksplorasi. Diusahakan ketika berjalan bersama pemandu wisata, untuk mendengarkan terlebih dahulu apa yang mereka sampaikan barulah ketika ada jeda kita bisa mengambil foto secukupnya. Setidaknya menghargai pemandu wisata juga, jangan sampai mereka teriak-teriak berbicara tapi kita malah tidak memerhatikan karena serius berpose. Selain itu, perhatikan juga tempat untuk memoto atau objeknya, jika memang berbahaya sebaiknya cukup diambil dari jarak yang aman, jangan sampai terlalu nekat demi sebuah foto tapi membuat orang lain kerepotan.



8. Bawa plastik sendiri

Menjaga kebersihan itu pastinya dimana saja dan kapan saja. Sebisa mungkin bawalah kantong plastik sendiri daripada membuang sampah sembarangan. Apalagi sampai membuat tempat wisata jadi kurang menarik akibat sampah yang ditinggalkan. Duh, sayang sekali. Selain bisa berguna untuk menyimpan sampah, plastik juga bisa bermanfaat ketika ingin bermain air di pantai, untuk menyimpan handphone atau kamera atau sepatu agar tidak terkena cipratan air laut.



9. Bawa baju ganti secukupnya

Ini ketika tengah menjelajah tempat-tempat di Madura. Jangan sampai membawa pakaian yang berlebihan sehingga mengganggu aktivitas karena tasnya kepenuhan. Bawa saja secukupnya, kalau saya cukup bawa satu saja. Kalau sudah puas main air di pantai, tinggal tunggu kering sambil berjemur di pinggir pantai, hehehehe. Praktis.



10. Perhatikan budget

Meskipun konon di Madura harganya masih banyak yang murah, tapi jangan sampai langsung lupa diri dalam mengeluarkan uang. Tetap harus dihitung dengan baik kalau bisa diperketat lagi pengeluarannya, lumayan kan kalau pulang bawa oleh-olehnya Teri Madura Crispy. Serius enak banget, kalau mau bisa tanya langsung ke Mba Dian. Saya soalnya paling senang sekali kalau dapat oleh-oleh Teri Crispy dari Madura ini, renyah dan gurihnya pas.



11. Jangan lupa bawa P3K

Soalnya saya pernah main-main di pantai dan tanpa terasa ternyata tangan saya berdarah entah terkena apa. Namanya ketika di dalam air terkadang luka sayatan tidak terasa, justru terasanya setelah itu. Jadi, biar tidak merepotkan orang lain bawa saja perlengkapan P3K sendiri, plus obat-obatan serta Multivitamin. Biar keseruan selama traveling tidak terganggu dengan tubuh yang mendadak loyo karena kelelahan.



***



Traveling Tips Blogger Madura
Responsive Template


Selain gemar mengeksplorasi wilayah Madura, Mba Dian juga gemar bercocok tanam juga loh. Persis sama hobinya dengan Blogger Balikpapan yang pernah saya tulis sebelumnya. Kegiatan yang membuat kita bersahabat dengan alam bisa menjadi me time yang murah meriah juga membuat tubuh sehat. Karena aktivitas yang kita lakukan tentunya membuat tubuh semakin banyak bergerak. Pada kategori tentang Plantae sebelumnya membuat saya penasaran, kira-kira apa sih itu maksudnya Pnatae. Eh ternyata oh ternyata maksudnya bercocok tanam, toh.

Ada postingan yang sesuai untuk saya yang sama sekali belum pernah bercocok tanam, berjudul Belajar Menanam yang berisi pengalaman mba Dian bersama sang buah hati. Nah, dari pengalaman mereka ini nih, bisa juga loh kita ikuti beberapa hal yang bisa dipraktekkan langsung dalam berkebun. Duh, saya juga ingin sekali bisa sukses menanam benih, terakhir saya menanam bibit bunga yang memang bagus tapi entah kenapa justru tidak sukses ketika saya yang menanam. Justru saat Bapak yang menanam sendiri, malah tumbuh dengan baik.

Ah, meski saya kurang percaya dengan 'tangan dingin' sebuah istilah yang sering Bapak sampaikan untuk orang-orang yang mudah dalam bercocok tanam. Tapi, mau tidak mau terkadang hal ini membuat saya patah semangat hehe. Eh tapi, lama kelamaan saya cuek juga, seperti akhirnya saya asal saja membuang biji buah pepaya atau biji buah jeruk atau beberapa biji lainnya di kebun. Ternyata sukses juga, kok. Pada akhirnya saya berpendapat kalau ilmu menanam saya masih belum bagus, masih harus diperbaiki biar bisa mencapai level mahir, ya kan?



***

Nah, setelah puas berkunjung dan ubek-ubek blognya mba Diane Suryaman, saya ada beberapa catatan yang bagi saya - seorang pengunjung - kurang begitu sreg. Seperti penempatan kategori yang terlalu ke bawah, sehingga ketika saya hendak menjelajah apa saja sih yang dimuat di blog mba Dian, lumayan butuh usaha juga sambil mencari-cari. Mungkin ada baiknya diletakkan di tempat yang tidak terlalu ke bawah.

Tapi, blognya mba Dian ini lumayan simple minimalist kok, plus responsive juga jadi jangan khawatir akan kehabisan kuota ketika mampir ke blognya. Kalau ingin tanya-tanya sebelum travel ke Madura juga bisa langsung menghubungi beliau, feel free aja selama mba Dian bisa, pasti akan dibantu. Kalau bisa dapat tuan rumah yang terpercaya kenapa tidak, iya kan?



***

Bagaimana, apakah pembaca pernah memiliki pengalaman seru usai membaca tulisan para travel blogger seperti saya? Atau punya tips traveling tambahan yang terlupakan oleh saya. Boleh juga membagikannya melalui kolom komentar.


Semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung serta membaca tulisan saya.




Informasi Tambahan 

Diane Suryaman
Blog : http://www.dianesuryaman.com/
Facebook : Dian Ekawati Suryaman
Twitter : @luvnareskinar

Instagram : dianesayank

Comments

  1. Senengnya main di pantai itu pemandanganmya luar biasa. Tapi pas pulang nyesek karena banyak pasir di pakain. Susah bersihinnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak mba Kania bener2 deh bisa samaan gini. Emang ya Mba, apalagi pasirnya tuh susah banget ilangnya

      Delete
  2. Pastikan teman perjalanan punya minat yang sama dan selera yg sama. Suka jalan2 yg satu maunya ke pantai yg satu maunya ke mall, selesai deh acara jalan2nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini namanya gak bakalan nyambung ya Mba jadinya.

      Delete
  3. Wkwkw.. kalau saya tips traveling yg penting bawa duit yg cukup biar bisa bersenang2.. nah kalau sunblock dan kacamat.. h,m sperti ini belum pernah...

    ReplyDelete
  4. Ipeeehh, kapan ke Madura ajakin yaa, kita ketemuan sama mba Dian yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo Manda kita jelajah Madura bareng.

      Delete
  5. Wah pengin banget ke Madura dari SD dan belum kesampaian, pengin nonton karapan sapi secara live. Semoga deh ada rezekinya buat main ke Madura. 😂

    ReplyDelete
  6. Aku mau ke air terjunnya mba ipeh...dan juga belum pernah ke Madura. Aku mauu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan mba, saya juga pengen ke air terjunna :)

      Delete
  7. Suka baper dengan foto-foto traveling. Cakep. Dan aku suka lupa bawa sunblock.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, ayoo mba jalan2 biar sekalian nyematin foto2 traveling :D

      Delete
  8. Ayo Ijuk, kita goes to Madura
    grebek rumah mba Dian wkkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahahahahahaha...iya ya, mba Dian kudu siap2 nih kita sambangin

      Delete
  9. Jadi kangen Madura. AKu suka karena tempatnya emang bersih. :)

    ReplyDelete
  10. Lengkap banget itu tipsnya, Peh.
    Sering kelupaan lho untuk bawa kantong plastik sendiri saat rekreasi begitu. Mudah2an orang2 yang mau traveling nyangkut ke tulisan ini dan memperhatikan tips itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya Bunda, dan semoga kalau bepergian ga lupa lagi bawa kantong untuk simpan sampah :)

      Delete
  11. Ippeeehhh makasih yaaa...😘 makasih ulasannya dan masukannya buat blog akuh ..untuk kategori Plantae (bahasa latin untuk klasifikasi tertinggi 'tanaman') tadinya emang buat posting macem2 ttg tanaman..tapi malah jarang posting ttg tanaman heheh. Insy tar aku geser lebih keatas deh yaaa Category dll nya biar lebih gampang dijangkau 😉 Thanks again yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba dian, uuwuwuwuwuwuw, semoga tambah sukses yaa :*

      Delete
  12. saking pengennya nyicip tanah madura tp waktu terbatas. waktu ke UNAIR beberapa taun lalu, bela2in patungan taksi sama temen buat ngelewatin suramadu, sampe madura langsung puter balik. udah gitu aja XD

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah