Region Tourism Enthusiast Blogger




Tourism Enthusiast



"Tidak ada yang meragukan keindahan alam, kekayaan budaya dan kuliner Sumatera Barat. Gunung berapi, perbukitan, danau, ngarai/lembah, sawah indah menghijau, merupakan panorama yang terbentang di alamnya. Namun masih sedikit yang mengetahui jika di Sumatera Barat juga terdapat pantai-pantai indah menawan." ~ Yervi Hesna



Sumatera Barat memang banyak menarik perhatian para traveler. Tidak sedikit yang eksplorasi banyak daerah dan tempat wisata di provinsi ini. Ada beberapa traveler yang mengkhususkan diri mereka berkunjung ke banyak pantai di seluruh Indonesia untuk mengenalkan kepada banyak orang, keindahan pantai-pantai ini. Selain menarik turis asing, tentunya informasi yang dibagikan ini sangat bermanfaat bagi turis lokal juga. Terlebih, jika dituliskannya ke dalam sebuah blog yang akan mempermudah banyak orang untuk mendapatkan informasi yang lebih komplit.

Namanya Yervi Hesna, yang gemar mengeksplorasi tempat-tempat lain di wilayah tempat tinggalnya. Fakta yang dituliskan oleh beliau terkait tempat wisata yang ternyata masih jarang dikunjungi adalah pantai-pantai nan indah menawan yang terletak di Sumatera Barat. Berawal dari sebuah keberuntungan yang menjadi jalan pembuka bagi keinginannya untuk serius membahas tentang pariwisata, Mba Yervi Hesna akhirnya menerbitkan sebuah blog "Inside of West Sumatera" yang bergaya seperti Majalah Elektronik, berisi ragam tempat, kuliner serta daerah-daerah wisata lainnya untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke Sumatera Barat.

Menurutnya, blogger yang mengkhususkan diri sebagai traveler sudah banyak, namun untuk Tourism Blogger ini masih jarang. Itulah kenapa Mba Yervi berpikir jika ini adalah keputusan yang baik untuk memulai personal brandingnya sebagai Tourism Enthusiast Blogger. Selain sosoknya banyak dikenal sebagai pengurus AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) serta sebagai seorang dosen, kini beliau ingin melebarkan sayapnya mendalami peran sebagai Tourism Blogger. Dengan tujuan untuk menasionalkan informasi serta promosi acara yang diadakan di Sumatera Barat dan segala hal tentang provinsi ini.






Tourism Enthusiast
sumber : westsumatera-inside



Ragam Festival di Sumatera Barat

Apa yang akan terlintas dalam benak kita ketika menyebut provinsi Sumatera Barat? Kita akan teringat dengan Padang, sebagai ibu kota provinsi ini, Padang memang kerap selalu diingat dalam segala hal. Sebut saja legenda Malin kundang dan Siti Nurbaya, selain itu yang paling umum banyak dikenal adalah Masakan Padang. Dimana di pulau Jawa sendiri, RM. Masakan Padang selalu menjadi favorit. Jangan ditanya apa menu andalan saya setiap mampir ke rumah makan masakan padang ini, jawaban saya adalah Rendang! Karena rendang khas Padang sangat berbeda dengan rendang khas pulau Jawa.

Ragam festival yang diadakan di sini, banyak direkam oleh mba Yervi dalam catatannya yang kemudian dipublikasi di blognya. Seperti Festival Minangkabau, yang menampilkan banyak tradisi-tradisi yang berkembang. Seperti Alek Pacu Kuda, Pameran Matrilineal dan Festival Randai Tradisional, tari kolosal rantak, serta Pacu Jawi. Nah, Minangkabau ini sering disingkat menjadi Minang. Sering dong ya, kita mendengar orang bertanya, "asli Minang ya?" Itu merujuk pada Minangkabau yang merujuk pada etnis kultural dan geografis yang ditandai dengan penggunaan bahasa, adat yang menganut sistem kekerabatan matrilineal, dan identitas agama Islam. Pada umumnya, orang Minang seringkali disamakan sebagai orang Padang, merujuk pada nama ibu kota provinsi Sumatera Barat Kota Padang. Namun, mereka biasanya akan menyebut kelompoknya dengan sebutan urang awak, bermaksud sama dengan orang Minang itu sendiri.

Selanjutnya yaitu Festival Siti Nurbaya, kita tidak bisa melepas kisah yang melegenda tentang Siti Nurbaya dari tanah kelahirannya yaitu Sumatera Barat. Karena itulah, festival ini dijadikan sebagai festival rutin setiap tahun sekaligus untuk memperingati hari jadi Kota Padang. Dalam festival ini tidak hanya ragam pertunjukan daerah saja yang diadakan, tapi juga perlombaan-perlombaan yang ditujukan untuk mengundang banyak turis baik asing maupun lokal, untuk ikut serta memeriahkan festival ini. Selain itu, dibuka juga bazar yang menyediakan makanan atau pernak-pernik asli dari Sumatera Barat. Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kota Padang, ada baiknya menyocokkan jadual agar bisa ikut hadir dalam festival ini.





Tourism Enthusiast
sumber : westsumatera-inside



Mengenal Tradisi dan Adat di Masyarakat Minangkabau


Sebentar lagi bulan Ramadhan, tidak lama berselang setelah sebulan penuh akan tiba waktunya Hari Raya Idul Fitri. Kalau di Bekasi, tradisi yang sering dilakukan secara turun-temurun itu berkeliling dari satu rumah ke rumah lain, biasanya yang disambangi ini orang-orang yang statusnya lebih senior (dibaca Tua aka sepuh :D). Bagi anak-anak, ini juga momen yang tepat untuk mengharapkan angpau meski tidak sedikit juga yang tidak mau membiasakan memberi angpau setiap Lebaran.

Lantas bagaimana dengan tradisi di Masyarakat Minangkabau? Ternyata lain daerah lain pula tradisi yang ada. Di masyarakat Minangkabau ada tradisi bernama Makan bajamba yang merupakan tradisi makan bersama-sama pada suatu tempat dalam satu nampan. Umumnya makan bajamba dilakukan pada upacara-upacara adat, pesta pernikahan dan pada hari-hari besar Islam. Seperti di daerah nagari Kapau Bukittinggi, dimana tradisi ini masih kental dilakukan namun pelaksanaannya di surau atau masjid sambil memperingati 1 Syawal.

Tradisi di suatu daerah memang layak untuk terus menerus dilestarikan, terlebih dalam sistem masyarakat agar kerukunan antar warga masyarakat tetap tercipta. Selain itu, dengan tradisi seperti ini juga ikut menanamkan budaya toleransi antar sesama. Apalagi bagi para perantau, biasanya hal-hal seperti inilah yang sering menjadikan mereka rindu akan kampung halaman.




Tourism Enthusiast
Sumber : westsumatera-inside



Tentang Blog Inside of West Sumatera


Gara-gara tulisannya terbit di Majalah Colour Garuda Rute Timur Tengah, mba Yervi kemudian terpacu untuk terus menulis tentang pariwisata di Sumatera Barat. Sebuah keinginan yang sangat hebat, bagi saya. Karena dengan begitu semakin banyak orang yang mengetahui Sumatera Barat lebih dalam lagi. Entah itu dari tradisi, adat istiadat serta acara dan tempat-tempat wisata yang recommended.

Namun, ada beberapa hal yang kemudian membuat saya bertanya-tanya. Mengapa laman About Me di blog tersebut tidak diisi? Padahal dengan membuat laman tentang Inside of West Sumatera akan membantu orang-orang yang ingin mencari tahu terkait Sumatera Barat. Bisa diisi juga visi dan misi dibuat blog itu. Juga bisa diisi dengan profil penulis. Dan bisa juga berisi hal-hal terkait Sumatera Barat. Setidaknya jangan sampai dibiarkan kosong.

Selain itu, pada beberapa menu / kategori masih banyak yang kosong. Padahal saya berharap mba Yervi mulai menuliskan terkait budaya yang berkembang dan masih dilestarikan di Sumatera Barat. Ini nantinya juga bisa menjadi sumber referensi bagi banyak orang yang sedang mengerjakan tugas. Apalagi kalau ditulis berdasarkan pengetahuan Mba Yervi sebagai penduduk asli, pastinya hasilnya akan berbeda dari situs seperti Wikipedia.

Jika mba Yervi tidak memiliki banyak waktu untuk mengisi blog, bisa mencari kontributor sebagai solusinya. Tapi, diusahakan para kontributor ini merupakan warga asli Sumatera Barat yang juga tinggal di sana. Ini bertujuan untuk mengoptimasi dalam eksplorasi pariwisata di sana. Dengan bekerja sama dengan orang-orang lain yang memiliki tujuan yang sama, ini justru akan membantu mba Yervi meneruskan apa yang dicita-citakan. Apalagi untuk mencari kontributor relawan itu sulit, jadi memang harus bekerjasama dengan banyak komunitas anak muda yang aktif di sana.

Kemudian untuk laman Contact. Ini juga sebenarnya bisa jadi cara agar bisa mengoptimasi situs blog Inside of West Sumatera. Dengan mengisi laman khusus Contact dan menyertakan ajakan untuk pembaca berkontribusi dalam menyukseskan program pariwisata ini. Kalau dibiarkan kosong, sungguh sangat disayangkan sehingga tidak maksimal nantinya.




***

Bagi seorang yang belum memiliki kesempatan untuk menjelajah ke beragam tempat di seluruh Indonesia seperti saya, kehadiran situs / blog seperti ini sangat bermanfaat. Terutama untuk menggali lebih dalam apa saja yang ada serta polemik apa yang ada di tempat tersebut, tentunya bisa menambah wawasan bagi para pengunjung.

Menurut readers, apa yang paling identik dari Sumatera Barat yang sulit untuk dilupakan? Adakah tradisi lain yang diketahui readers yang tidak diketahui banyak orang? Silakan berbagi di kolom komentar agar bisa bermanfaat juga bagi readers yang lainnya.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini.






Informasi Tambahan

Yervi Hesna
Blog 1  : http://staff.unand.ac.id/yervi
Blog 2 : http://www.yervihesna.com/
Blog 3 : http://www.westsumatera-inside.com
Facebook : https://www.facebook.com/yervi.hesna
Instagram : https://www.instagram.com/yervihesna/


Comments

  1. Sumbar ini termasuk salah satu destinasi impian sy yg belum kesampaian. Dan makin mupeng gara2 baca tulisan ini hihihi

    ReplyDelete
  2. Ipeh, makasi atas masukannya. Iya bener blog ya ini termasuk yang tidak terurus. Harus dicari yang bisa membantu untuk optimasinya.

    ReplyDelete
  3. Sumbar aku belum pernah injekin kaki disana mba, klo inget SUMBAR inget PAdang inget PAdang inget masakan PAdang inget masakan Padang inget kenalan temen workshop yang everyday must eat masakan padang sampe akhirnya kena kolesterol, asam urat dll pdhl masih muda :( aku suka si masakan padang tapi ga segila itu sampe tiap hari hehehehe

    ReplyDelete
  4. Baru tahu blog mba Yervi yang ini.

    ReplyDelete
  5. Blm pernah ksana. Mau banget. Dan suka skali masakan padang...
    Lihar tmn honeymoon ksana, viewnya bgs2

    ReplyDelete
  6. aku juga baru tahu blog mba Yervi yang inside itu :-D
    Ipeh kalo ngulas selalu detail :*

    ReplyDelete
  7. yervi hesna wah namanya sering dengar, salam kenal ya mba. Bapakku juga orang sumbar, tepatnya minang.

    ReplyDelete
  8. Sumatra Barat emang bagus yaa! Sayang belum dapat kesempatan kesana :(

    ReplyDelete
  9. Deuh jadi pengen jalan-jalan ke sana :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah