10 Kebiasaan Baik ala Emakpreneur

March 13, 2017



10 Kebiasaan Baik ala Emakpreneur - Menjalani bisnis disela kegiatan menjadi sosok blogger, ibu rumah tangga dan istri, rasanya bukan hal yang mudah, ya? Tapi, bagi pemilik blog dengan tagline "A beautiful Life of Sintamilia" semua hal dapat dikerjakan dan dilakukan tentunya dengan usaha dan perjuangan yang ekstra.

Hari ini saya ingin berbagi apa saja yang saya pelajari dari mba Sinta. Hal-hal yang menurut saya memang sudah sepatutnya menjadi rutinitas atau kebiasaan sehari-hari. Itulah sebabnya, pada kesempatan kali ini, saya tidak ingin menyimpan hal-hal baik ini sendiri, saya ingin membagikannya pada Anda.


10 Kebiasaan Baik ala Emakpreneur





1. Speed Learning

Waktu itu sangat berharga, kita pastinya sudah memahami makna dari Waktu yang berharga ini. Itulah sebabnya, Mba Sinta yang sehari-hari menjalani bisnisnya di rumah tetap bisa produktif karena mengetahui bagaimana caranya agar bisa mempelajari sesuatu dengan cepat.

Salah satu caranya adalah Membiasakan Membaca Setiap Hari.

Nah, di sini terbukti bahwa dengan membaca ternyata bisa membuat kita bisa mempelajari sesuatu dengan lebih mudah dan lebih cepat. Penasaran? Bisa dibuktikan dari beberapa ulasan buku yang ditulis oleh mba Sinta seperti ulasan Milea, Suara dari Dilan.


2. Visualization 

Apanya yang divisualisasikan? Pastinya hal-hal yang ingin dijadikan rutinitas harian. Seperti mba Sinta yang sudah memvisualisasikan bisnisnya agar bisa sukses dalam tulisan Meraih 100 juta pertama dari toko online. Dari sini saya bisa belajar juga dari Mba Sinta, bahwa memang benar, apa yang kita pikirkan itu termasuk juga dalam bagian doa.


3. Prioritization

Belajar menentukan prioritas memang bukan hal yang mudah. Saya sendiri masih belum bisa mempraktekkannya dengan baik, masih saja lebih condong melakukan aktivitas yang tidak berbobot, hehe. Apalagi kalau hawa-hawa liburan sudah mulai tercium, rasanya tuh semangat langsung kendur!

Berbeda dengan mba Sinta yang tetap mampu menentukan prioritas dalam hidup dan bisnisnya, sehingga keduanya masih bisa berjalan dengan seimbang. Setiap hal yang menjadi prioritas Emakpreneur ini terwakili dari setiap postingan di blognya "Blog Emakpreneur".


4. Money Management

Pastinya dalam hal mengelola keuangan, saya termasuk yang sering khilaf! Apalagi kalau dihadapi pada diskonan buku-buku dari penjual langganan saya, aduh...rasanya tuh hati ini tak mampu untuk menguatkan diri saya sendiri agar mengendalikan diri kala melihat diskonan! Tapi, bagi seorang pebisnis online, yang namanya mengelola keuangan itu merupakan hal yang wajib dipahami dan dipraktekkan ya.

Sama halnya dengan mba Sinta yang sudah menyiapkan diri untuk bisa mencapai impiannya berpenghasilan milyaran dalam ulasan buku Bisnis Online Milyaran.


5. Wake up early


Konon kalau kita bangun kesiangan, rezeki kita dipatuk ayam. Alias pekerjaan atau rezeki kita hari itu sudah diambil oleh orang lain, ini dimaksudnkan agar kita tidak bangun kesiangan dalam menjemput rezeki. Meski saya juga yakin, kalau rezeki kita itu sudah ditentukan oleh Allah.

Mba Sinta juga melakukan hal serupa, karena kalau tidak, pastinya beliau akan kerepotan sekali dalam mengurus anaknya jika sampai bangun kesiangan :).


6. Goal Setting

Setiap orang pasti memiliki impian, tujuan atau cita-cita yang ingin diwujudkan. Demikian juga mba Sinta yang menerapkannya dalam beberapa postingan di blognya. Hal yang paling mudah untuk menyimpan segala hal yang menjadi impian kita yaitu dengan Menuliskannya. Tulis semua hal yang mnejadi impian dan cita-citamu, apa saja yang ingin Anda lakukan untuk masa depan, tuliskan saja.


7. Exercise

Hidup sehat itu bukan mitos sih sebenarnya. Tapi, bagi saya yang masih berjuang keras untuk tirakat mie ayam, hidup sehat masih semacam impian terbesar yang ingin saya raih. Ahahaha, tapi mba Sinta sih sudah mendahului saya, oleh karena itu saya benar-benar belajar dari beliau nih, agar bisa tetap sehat. Buktinya bisa dilihat di postingan milik mba Sinta ini "Olahraga Sehat Untuk Mengecilkan Perut."


8. Build on Strength

Berkenalan dengan diri kita sendiri, ternyata bukan sekadar omong kosong. Karena setiap orang nyatanya memang belum banyak yang memahami dan mengenali dirinya sendiri. Salah satunya, mengenali apa-apa saja yang menjadi kekuatan dalam pribadi kita. Kekuatan ini bukan hanya sekadar kekuatan fisik, tapi kekuatan yang melahirkan kemampuan, kekuatan dalam memecahkan masalah, kekuatan dalam bertahan dan segala macam keahlian yang sebenarnya sudah kita miliki. Jadi, jangan ragu-ragu untuk mencari tahu apa saja mengenai diri kita sendiri.


9. Networking

Yang namanya bisnis, kalau tidak memiliki banyak teman, tentunya pengalaman yang kita miliki akan segitu-gitu saja. Mba Sinta sendiri sudah memiliki banyak teman satu komunitas sesama blogger loh. Sehingga beliau memiliki pengetahuan yang tidak itu-itu saja, malah justru berkembang. Itulah memang salah satu manfaat dari menjalin hubungan dengan orang-orang yang seprofesi dengan kita.

Kalau dari sesama blogger, tentunya bisa saling mengetahui segala hal tentang blogging. Kalau berteman dengan sesama pebisnis, pastinya bisa mendapat pengetahuan tentang bisnis dan segala hal terkait penjualan produk. Manfaat ini hanya dapat kita rasakan ketika kita belajar untuk membangun hubungan baik dengan orang lain.


10. Characters

Senada dengan poin 8, dimana kita sudah semestinya mengetahui bagaimana karakter kita. Seperti Mba Sinta yang menuliskan sesuatu tentang dirinya, kemampuannya, keahliannya dalam beberapa postingan. Bahkan kemampuan seorang istri untuk menjalin romansa dalam rumah tangga, ternyata merupakan hal yang tidak sembarangan ya. Ini juga dituliskan dalam kisah kehidupan mba Sinta loh.

***

Nah, saya sendiri juga mendapatkan banyak hal dari berkunjung ke blognya mba Sinta. Salah satunya, saya bisa mengetahui bahwa mba Sinta benar-benar tahu apa yang ingin dicapainya. Membuat saya semangat untuk bisa menggapai impian saya, nih. Terutama, pembelajaran 10 poin di atas yang membuat saya kagum dengan semangat Mba Sinta. Semoga saja saya juga bisa menuliskan hal-hal baik untuk blog saya seperti yang dilakukan Mba Sinta.

Menurut Anda bagaimana dengan 10 hal baik yang dituliskan di atas? Apakah salah satunya sudah menjadi kebiasaan rutin setiap hari? Silakan berbagi di kolom komentar.

Dan saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel saya.





Informasi Tambahan

Sinta Milia
Blog : http://www.sintamilia.com/
Facebook : https://www.facebook.com/sintamilia
Instagram : https://www.instagram.com/sintamilia/
Instagram bisnis : @Rumah_Sakinah dan @BajuKokoAnak.



  • Share:

You Might Also Like

11 comments

  1. Waaaah terimakasih sekaliii :')

    10 poin itu juga masih on process sih. Hal-hal yang harus konsisten dilakukan dan jadi habit.

    Tetap semangaaat ^^

    ReplyDelete
  2. dari ujung ke ujung mbacanya, emang bener ada di diri mbak Sinta ya. Bahkan dari statusnya aja udah bisa dinilai orangnya seperti apa, mompreneur sejati dah mbak Sinta.
    .
    .
    Eh... tirakat mie? Mie Aceh enak lho Peh malam2 dingin gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaga...kutak doyan mie aceh mba :D

      Delete
  3. Aduuuuh wake up early itu tantangan banget secara tidurnya aja udah kemaleman. Tipsnya keren2, insya Allah dicoba.

    ReplyDelete
  4. Saya juga money managementnya payah nih, makanya suami ngasih saya bulanan aja sisanya nabung2 dan investasi suami lebih pintar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaaaa sama mba Kania saya merasa entah kalau disuruh manajemen keuangan

      Delete
  5. aku mau bangun pagi ah biar g dipatok ayam...tapi dipatok papih --"
    eaaak eaaak

    ReplyDelete
  6. btw lucu juga templatenya
    ganti nggak ganti nggak ganti nggak

    ReplyDelete
  7. Wow luar biasa.
    Harus benyak dari Mbak Sinta

    ReplyDelete
  8. Mba Ipeh selalu keren kalau membuat artikel :)

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih