Go Keyboard vs Google Keyboard

January 14, 2017

Go keyboard vs Google Keyboard
Aplikasi Papan Ketik



Go Keyboard vs Google Keyboard - Pilih mana? Pakai keyboard bawaan dari handphone atau justru memilih aplikasi keyboard lain dari playstore? Terakhir kalo saya merasa nyaman menggunakan keyboard adalah ketika saya masih menggunakan Samsung Grand Duos.

Dengan alasan posisi, lebar dan tombol yang enak untuk mengetik. Selain itu, posisi angka terletak tepat di laman yang sama dengan huruf abjad. Tidak seperti kebanyakan keyboard yang menyediakan laman khusus huruf bersamaan dengan beberapa simbol lain.

Setelah lepas dari handphone lama, saya mulai merasa kesulitan ketika menggunakan handphone baru dengan aplikasi keyboard bawaan, di Xiaomi Bamboo yang saya gunakan, dimana ternyata merupakan aplikasi Google Keyboard. Entah kenapa, saya merasa kurang nyaman dan kurang sesuai untuk keperluan saya seperti menulis draf untuk blogpost, menulis kerangka atau menulis kutipan. Iya, intinya kurang sesuai dengan jempol saya yang ingin menulis sesuatu.

Baca Juga "Playstore tempat nongkrong asyik"

Nah, dari beberapa kali pengalaman menggunakan Google Keyboard sebagai aplikasi papan ketik bawaan handphone. Saya akhirnya mengakui beberapa hal yang menjadi nilai plus dari Go Keyboard dari Go Dev Team.


1. Kecepatan

Saya tidak bohong, ketika saya mengetik di Google Keyboard, sering sekali memakan waktu yang lama karena ketika jemari saya sudah selesai mengetik, justru kalimat yang muncul baru setengahnya.

Seperti ada delay yang terjadi ketika saya mengetik. Sedangkan saya tidak memiliki banyak waktu. Sementara ketika saya mengetik dengan menggunakan Go Keyboard, saya bisa menyelesaikan mengetik berbarengan dengan kalimat yang juga selesai di layar handphone.

Namun, saat menggunakan Go Keyboard, justru terasa sekali kecepatan huruf yang saya tekan dengan huruf yang muncul. Jadi, saya merasa nyaman ketika menulis. Apalagi susunan huruf dan jaraknya bisa dibilang sesuai dengan jempol saya, sehingga meminimalisir typo ketika mengetik.


2. Easy to use


Kedua aplikasi papan ketik ini cenderung mudah digunakan, sih. Meski untuk Go Keyboard tetap harus dipasang terlebih dahulu dengan cara mengunduhnya dari Playstore. Sementara Google Keyboard, saat ini, memang sudah termasuk dalam aplikasi bawaan gawai.

Tapi, meski harus dipasang, terkadang ada juga yang kurang paham untuk menjadikan Go Keyboard ini menjadi aplikasi papan ketik default. Sehingga beberapa orang akhirnya memilih aplikasi papan ketik bawaan dari gawai. Dengan alasan, simple tanpa ribet harus setting ini dan itu.

Baca Juga "Cara Pakai Aplikasi Shopback"


3. Sliding Mode

Kalau pakai Go Keyboard, meski sliding mode sudah di off, tetap masih bisa berubah formasi menjadi papan ketik single hand. Itu loh yang papan ketiknya mirip punya gawai Nokia jaman dulu. Yang memang diperuntukkan untuk mengetik satu tangan.

Nah, kadang kalau sedang terburu-buru, saya sering banget tanpa sengaja menggeser papan ketik hingga berubah format. Namun, yang bikin bete, terkadang untuk di geser kembali butuh perjuangan. Alhasil bisa bikin kesel sendiri. Kalau enggak sengaja kok cepet banget berubahnya, giliran mau dikembaliin ke bentuk semula, kok yaa ribet banget.

Sementara kalau pakai Google Keyboard, masalah sliding mode ini enggak akan muncul dan menjadi masalah kecil yang bisa berakibat besar karena bisa mengubah mood. Apalagi kalau sedang terburu-buru, duh, terasa sangat memusingkan pastinya.

4. Tema Papan Ketik


Saya belum pernah mengganti tema papan ketik Google Keyboard, jadi warna latarnya tetap bawaan dari gawai, yaitu putih. Sementara kalau pakai Go Keyboard, saya bisa mengganti warna latarnya dengan aneka ragam background.

Lucu-lucu dan kadang bisa meningkatkan mood karena warnanya yang cerah atau kombinasi warna yang lucu.


5. Kaya Akan Ragam Aksesoris


Nah, aksesoris di sini, maksudnya seperti ketersediaan Emoji, Gif sampai sticker ada semua di Go Keyboard. Cocok memang untuk yang senang menyematkan emoji atau sticker lucu.

Kalau untuk yang simple dan enggak begitu suka macam-macam, pasti lebih memilih Google Keyboard. Alasannya karena memang aksesoris papan ketik tidak begitu berguna. Sehingga mereka akan memilih yang simple saja.


***

Dari lima poin di atas, saya pribadi lebih memilih Go Keyboard dengan alasan : Papan ketik ini desainnya sesuai dengan kedua jempol saya. Sehingga mengurangi intensitas typo apalagi ngehang. Sementara itu, saya juga menjadi nyaman untuk menulis, terlebih memang kebanyakan saya gunakan gawai ini untuk menulis. Jadi, bermanfaat sekali!

Nah, untuk Samsung Grand Duos yang sebelumnya saya tulis, memang memiliki aplikasi papan ketik tersendiri. Sehingga bentuknya berbeda, dan memang aplikasi papan ketik yang nyaman untuk saya. Namun, setelah saya mendapat solusi lain untuk papan ketik, kebutuhan akan papan ketik ini terselesaikan.

Jadi, saya bisa leluasa menulis tanpa ribet dengan urusan saya ngetik kemana, yang muncul baru setengah. Alias ngehang.

Kalau bagi pembaca, apakah Anda memiliki aplikasi papan ketik untuk gawai yang menjadi favorit? Silakan jika ingin berbagi di kolom komentar, saya sangat senang membaca komentar pembaca.


Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan saya.

  • Share:

You Might Also Like

8 comments

  1. oh ada ya Go Keyboard. Kalau hp-ku ga diotak-atik berarti selama ini pakai Google Keyboard?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi Google Keyboard atau justru aplikasi papan ketik dari merk tersebut.

      Delete
  2. Kalo saya kika emoji kkeybord pro. Masih sering typo.. Langganan typo ada pencet huruf b keliru v..
    Mau coba ah aplikasi yang pilihan mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho...monggo dicoba, Mak. Siapa tau cocok juga jempolnya ngetik pakai ini.

      Delete
  3. Akuuu pilih Go Keyboard. Simply karena banyak emoji lucu, stiker juga gif, wkwkwk. Duniaku hambar tanpa emoji lah. Sama ada personal dictionary yang memunculkan pilihan kata yang sering kita ketik, jadi mbantu banget buat ngetik cepet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa...toss Nyak. By the way, gif-nya lucu-lucu yaaa.

      Delete
  4. emang masalah kecepatan berbeda dengan go keyboad di bandingkan dgn gooogle keyboard

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih