Chrome Command for Chromebook

Chrome Command for Chromebook


Chrome Command for Chromebook - Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi sedikit, terutama bagi pengguna Chromebook. Beberapa shortcut yang bermanfaat. Sebenarnya shortcut ini juga bisa digunakan oleh pengguna browser Chrome dengan device apa saja. Karena memang bagi beberapa pengguna Chromebook, shortcut ini juga untuk memberi kemudahan. Namanya juga jalan pintas, pasti memang digunakan untuk memberi pintasan yang lebih gampang.

Command ini juga sebenarnya bisa dieksplorasi dari tab menu di Chrome, tapi kalau sedang terburu-buru, entah kenapa saya merasakan sendiri, justru apa yang dicari tampak lebih sulit untuk didapatkan. Mau cari extension, padahal sudah dilewati berkali-kali, tetap saja enggak ketemu-ketemu. Alhasil menyerah. Tapi, sejak sedikit hapal beberapa shortcut ini, jadi lumayan membantu. Dan semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat juga.

Baca Juga "Asus All in one PC"


Untuk penggunaannya, bisa langsung copy tulisan chrome://extension misalnya kemudian paste ke address bar di Chrome, untuk membuka menu extension.



14 Chrome Command




1.chrome://apps

Berfungsi untuk melihat seluruh aplikasi yang terinstal di Chromebook. Namun, khusus untuk shortcut ini, saya tidak bisa menggunakannya. Kebetulan saya menggunakan C201 Asus Chromebook, mungkin bagi pengguna chromebook lain command ini bisa digunakan.


2.chrome://settings

Yang pasti fungsinya untuk mengakses menu pengaturan. Dan menu ini yang paling crusial bagi pengguna Chromebook. Sebelum mengganti beberapa menu, terutama moda Chrome seperti Stable - Developer - Beta, usahakan untuk dibaca terlebih dahulu kegunaannya ya.


3.chrome://newtab

Kalau suatu ketika Chrome yang digunakan tidak bisa membuka tab baru, bisa gunakan cara ini.


Baca Juga "Shortcut Menu ChromeBook"


4.chrome://thumbnails

Pengen tahu website apa saja yang sering dikunjungi? Nih, bisa tahu dengan menggunakan command ini. Nanti keluar deh beberapa gambar tampilan website yang sering dikunjungi.


5.chrome://bookmarks

Semisalnya sedang butuh untuk mencari tahu ada berapa banyak bookmark di Chrome, bisa dengan menggunakan command ini. Meski untuk menu bookmark sebenarnya lebih mudah dilihat dari bilah bookmark yang letaknya di bawah address bar, tapi siapa tahu ingin menyusun bookmark-nya menjadi lebih rapi.


6.chrome://history

Kalau ini jelas lebih simple, bagi saya. Untuk mengakses history penggunaan di Chrome. Jadi, saya enggak perlu mengarahkan kursor dan meng-klak-klik menu untuk membuka tab History. Tinggal ketik saja, sudah kebuka langsung.


7.chrome://crashes

Kali aja ada yang sedang iseng ingin mengetahui berapa kali Chromenya mengalami crash, atau ingin segera memberikan reportasenya? Bisa menggunakan command ini, tinggal di klik di tulisan "Provide Additional Details" nanti langsung diarahin ingin reportnya menggunakan akun email yang mana (ini kalau login di Chrome menggunakan banyak akun).


8.chrome://version

Butuh informasi terkait versi browser Chrome yang kita pakai? Coba gunakan command ini.


Baca Juga "Hal Penting Sebelum Beli Laptop"


9.chrome://downloads

Buat yang ingin mengetahui jejak dari apa saja yang pernah di download serta apakah sudah dihapus atau belum bisa dicek di sini. Karena berbeda dengan tampilan berbentuk folder yang biasanya kita lihat setiap selesai download. Tampilan untuk command ini seperti laporan apa-apa saja yang sudah diunggah dan akan terlihat juga jika sudah dihapus.


10.chrome://plugins

Sayangnya, untuk command ini tidak bisa digunakan di Chromebook C201 Asus. Jadi saya tidak tahu bagaimana tampilannya, tapi yang jelas ini untuk mengecek beberapa plugin yang dipakai di Chrome.


11.chrome://extensions

Nah, yang ini penting nih, karena fungsinya sama seperti Add/Remove Program. Apalagi bagi yang belum terbiasa menggunakan Chromebook, dimana setiap aplikasi menggunakan aplikasi bawaan yang diinstal dari Chrome webstore. Di menu ini, juga bisa dipakai untuk meng-upload extension baru. Misalnya saja ingin mencoba otak-atik Chromeboook. Biasanya semuanya dipasang di sini untuk aplikasi yang ingin dijalankan.

Selain itu, di menu ini juga jika ingin menghapus beberapa aplikasi yang tidak dipakai.


12.chrome://restart

Kalau semisalnya sedang enak-enak  kemudian tiba-tiba ngehang aplikasi yang kita pakai. Siapa tahu bisa membantu untuk restart browser dengan command ini.


13.chrome://flags

Mau coba-coba utak-atik Chrome? Di sini tempatnya. Bisa bereksperimen sepuasnya, tapi harus terima resikonya kalau tiba-tiba semua data di Chrome hilang :D. Karena memang ini digunakan untuk customize Chrome, mungkin ada yang ingin mencari tahu banyak hal atau sekadar eksplorasi Chrome, bisa menggunakan menu ini sebagai tempatnya.


14.chrome://memory

Untuk pilihan terakhir ini juga sayang sekali tidak bisa digunakan di C201 Asus Chromebook yang saya pakai :(. Tapi, ini fungsinya untuk melihat statistik memory Chrome yang sedang kita gunakan.



Nah, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih juga sudah mampir dan membaca tulisan saya.

Comments

  1. Alhamdulillah chrome gw ngak pernah masalah, masih lancar jayaaaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah