Impian Berkendara Dengan Caravan

<
Caravan for Sale


Caravan - Pembaca mungkin sudah banyak yang mengetahui mengenai mobil Caravan ini. Karena sering sekali muncul di film-film Hollywood. Kata Caravan sendiri berasal dari bahasa Persia yaitu Karwan, dimana sejarah keberadaan Caravan ini muncul. Pada sekitar abad ke 15, beberapa orang Persia melakukan perjalanan dengan menggunakan hewan peliharaan mereka seperti Unta atau Kuda untuk bepergian membawa serta beragam perlengkapan, seperti alas tidur, perlengkapan untuk makan dan minum dan beberapa perlengkapan lainnya yang akan dibutuhkan selama perjalanan.

Biasanya mereka mengadakan perjalanan dengan berkelompok, terkadang membawa serta keluarga mereka untuk menghindar dari perompak atau penjahat yang mengganggu di tempat tinggal mereka. Namun, seringnya bangsa Persia membawa Caravan ini untuk keperluan berdagang. Dimana pada masa itu, demi memperluas jaringan perdagangan, mereka harus melakukan perjalanan ke negeri-negeri seberang dengan hewan yang pada masa itu digunakan sebagai transportasi. Selain itu, Caravan sendiri juga digunakan oleh orang Persian untuk membawa barang-barang atau mengantar barang-barang ke tempat tertentu.

Impian Berkendara Dengan Caravan
Source : Google Image


Barulah sekitar pada tahun 1880-an, Caravan masuk ke wilayah Inggris, kemudian dijadikan kendaraan untuk kalangan atas. Atau bisa dikatakan kendaraan mewah untuk menambah kepopuleran dalam lingkup sosial bermasyarakat. Kemudian, dibentuk juga perkumpulan para pemilik Caravan yang berisi orang-orang dengan tingkat pendapatan yang harus tinggi, karena memang harganya yang mahal. Namun, tidak hanya sekadar kendaraan mewah, setelah itu Caravan juga banyak digunakan untuk mengangkut para pekerja atau buruh dari satu daerah ke daerah lain. Terkadang juga digunakan untuk mengangkut para anggota dan peralatan sirkus.

Baca Juga "Never Stop Learning"

***

Nah, kalau dahulu Caravan menggunakan hewan sebagai 'mesin' untuk menjalankannya, sekarang ini justru sudah semakin canggih disertai tampilannya yang membuat 'betah'. Di Indonesia, Caravan ini masuk ke tipe mobil sejenis Truk, sehingga untuk Surat Izin Mengemudi-nya tentu berbeda dengan SIM mobil biasa. Itu sebabnya, perlu diketahui sebelum memilikinya, sudah pasti harus memiliki SIM B. Selain itu, juga harus berlatih mengendarai kendaraan dengan jenis Truk atau Bus, karena memang ukurannya memang seperti BUS.

Kalau dari modelnya, sekarang sudah tersedia dengan beragam tipe. Tapi, tentunya ada yang tipe Kecil sampai tipe Besar nan luas. Untuk tipe Sedang, saya pernah melihat tayangannya di kanal Youtube, memiliki tempat duduk yang terpisah, untuk sekitar dua atau tiga orang. Kemudian dilengkapi juga meja untuk makan, serta sekat untuk tidur. Menariknya, beberapa bagian dalam Caravan dengan tipe sedang ini, dibuat sangat portable sehingga tidak memakan banyak ruang. Bahkan satu tempat bisa memiliki banyak fungsi. Kekurangan dari Caravan tipe kecil ini, tidak memiliki toilet atau kamar mandi di dalamnya. Kalau saya lihat, ukurannya seperti mobil APV yang dimodifikasi.


Impian Berkendara Dengan Caravan
Source : Google Image


Sementara untuk ukuran Sedang, memang sudah memiliki toilet atau kamar mandi di dalamnya. Bahkan juga dilengkapi dengan dapur, loh. Kebayang kan, bepergian dengan menggunakan Caravan tidak perlu jajan, bisa masak sendiri hehehe. Tapi, namanya juga ukuran Sedang, memang untuk ruang tidurnya ini menggunakan ruang makan yang bisa di-set sedemikian rupa sehingga bisa menjadi tempat tidur.

Baca Juga "6 Aplikasi"

Dan untuk yang ukuran Besar nan luas, ini seperti ukuran Bus. Dimana kamar mandinya bisa dibuat luas, dapur memiliki beberapa tempat untuk penyimpanan, juga tempat untuk memanggang. Kemudian kamar tidurnya bisa terdapat lebih dari satu, bahkan untuk tipe yang kelas atas, terdapat televisi dan tempat karaokenya juga. Sering juga, desainnya dilengkapi dengan mini bar, karena di luar negeri memang bar itu seperti hal yang hampir wajib, ya.

***

Kalau nanya harga, memang Caravan ini enggak bisa dikatakan kendaraan yang murah. Sehingga memang lebih baik kita menyewanya jika ingin mengetahui bagaimana rasanya menginap di Caravan.

Berbicara masalah menginap, tentunya kita sering juga mengetahui dari tayangan-tayangan di televisi atau video yang kita tonton. Caravan di beberapa film Hollywood seringkali identik dengan perkumpulan orang-orang yang hidupnya tidak menetap, ya. Saya lupa judul filmnya, tapi ada beberapa yang menayangkan bagaimana kehidupan para pengendara Caravan ini berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Konon, di beberapa bagian di USA, ada tempat yang menyediakan penyewaan Caravan dengan harga murah. Ini dikhususkan bagi mereka yang memang tidak memiliki rumah atau tempat tinggal yang tetap.

Selain itu, beberapa traveler, bahkan menggunakan Caravan sebagai kendaraan wajib untuk mereka. Karena untuk kegiatan traveling memang cukup menyenangkan tampaknya mengendarai Caravan, karena bisa memuat banyak barang bawaan, serta tersedia juga tempat untuk tidur. Apalagi Amerika termasuk daratan yang cukup luas, sehingga banyak penduduknya yang melakukan perjalanan ke beberapa tempat lain dengan hanya menggunakan Caravan ini.

Ada juga beberapa tempat wisata yang menyediakan Caravan untuk kemping. Jadi, tidak perlu tenda atau kemah, cukup mengeluarkan biaya untuk menginap di dalam Caravan ini. Lumayan juga untuk merasakan sensasi tidur di dalam mobil tapi tidak harus ditekuk-tekuk kakinya karena tersedia tempat untuk tidur.

***

Impian Berkendara Dengan Caravan
Source : Google Image


Kalau saya pribadi, tentu memang ingin sekali bisa merasakan berkendara atau menginap di Caravan ini. Sampai terbesit keinginan, sepertinya enak kalau mudik menggunakan Caravan. Terutama yang sudah memiliki toilet sendiri di dalamnya. Jadi, kalau tiba-tiba mengalami kemacetan seperti tahun kemarin di Brexit, saya mungkin tidak begitu kebingungan karena toilet sudah tersedia. Namun, entah juga kalau persediaan air, hehee. Apalagi kalau urusan makan, cukup dengan membawa bahan mentah atau stok mie instan, tinggal masak sebentar tanpa kebingungan mencari rumah makan terdekat.

Baca Juga "Google Play Store"

Sementara ketika capek, bisa langsung merebahkan tubuh di atas kasur yang sudah tersedia di dalam mobil. Jadi, enggak perlu bersempit-sempit ria atau sampai kaki bengkak karena kelamaan duduk. Meski memang umpel-umpelan ini yang bikin cerita mudik jadi seru, tapi boleh juga dong ya, berangan-angan naik Caravan saat mudik.

Namun, ada beberapa hal yang memang menjadi kendala juga. Sekarang, ketika mudik, seringnya untuk kendaraan besar terdapat jam-jam tertentu untuk lewat. Jadi tidak semudah mengendarai kendaraan mobil, dimana ketika ketemu jalan tikus, masih bisa masuk. Kalau naik Caravan, rasanya tidak akan diizinkan, ya. Hehehe. Selain itu, untuk tempat pemberhentian atau parkir ketika lelah di perjalanan, ini juga cukup kurang memadai. Karena ukuran Caravan yang lumayan panjang ini, terkadang bisa membahayakan kalau parkir seenaknya di pinggir jalan utama jalur mudik. Ya kan?

Meski begitu, keinginan saya untuk bisa naik Caravan masih saya simpan. Terlepas nantinya bagaimana merasakannya, tapi tak mengapa kan menyimpan impian? Hehehe. Kalau pembaca, punya pendapat apa tentang mobil Caravan ini? Apa jangan-jangan punya impian yang sama seperti saya, ingin naik Caravan? Boleh loh berbagi ceritanya di kolom komentar.

Oiya, terima kasih yaa bagi yang sudah mampir dan membaca tulisan saya. Juga terima kasih buat yang berkenan meninggalkan komentar.

Comments

  1. Mimpi naik mobil caravan itu kalau berkunjung ke New Zealand. Amiiin ya Allah semoga terkabul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yaa allah, semoga terwujud yaa Mak :)

      Delete
  2. wah saya sering lihat mobil ke gini di film mba.. emang cocok banget buat traveling mah,gak bakal stres kayaknya kalau kejebak macet. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bayanginnya kayaknya bakalan enak gitu ya, tapi ga kebayang bawa truk gitu kan ribet juga :D hehe

      Delete
  3. seru nih mbak kayaknya punya caravan bisa travelling nggak perlu mikirin hotel hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mak, kayanya enak gitu yaa, pas lagi macet kita masih bisa ngelurusin kaki :D

      Delete
  4. Kayaknya pernah baca traveling pake caravan begini. Cuma harganya juga relatif lebih mahal yak. Pengen juga sih kalau ada yang ngajakin, terutama gratisan, ga bakalan ditolak da ... hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah ada filmnya, banyak juga sih Mak. Tapi kalau yang true story, ada itu semacam dokumenter, nyeritain traveler yang sempet menghilang.

      Delete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah