Serial Anime Erased 2016

Serial Anime Erased 2016
Serial Anime Erased 2016


Bagaimana rasanya kalau kehidupan kita bisa terulang lagi demi menyelamatkan nyawa orang lain?

Kalau di film-film hollywood sudah banyak ya, yang membahas 'Pengulangan Hidup', sehingga ini bukan topik baru lagi untuk dibahas. Namun, serial anime ini, yang tayang di awal tahun 2016 sukses membuat saya penasaran hingga menyelesaikannya.

Kebetulan saya nontonnya di aplikasi Iflix, jadi butuh koneksi internet yang stabil untuk mendapatkan tayangan yang jernih tanpa tersendat-sendat.



Erased


Suatu ketika Satoru Fujinuma hendak mengantar Pizza, di tengah jalan dia hanya melihat-lihat sekitar seperti pengendara lain. Namun, tidak lama kemudian, tiba-tiba semua seperti diputar kembali, suasananya, gerak-gerik orang di sekitarnya. Hingga dia sadar, ada keanehan yang harus dia temui. 

Keanehan tersebut bersumber dari pengendara mobil Truk yang melintas, namun dia tampak tengah tertidur pulas. Sehingga truk dalam keadaan tidak terkendali. Setelah itu, Satoru mencoba mengendalikan stir mobil agar tidak menabrak anak kecil yang baru saja menyebrang jalan.


Semua selamat! Diketahui bahwa pengemudi mobil memang sudah dalam keadaan meninggal dunia karena serangan jantung. Hanya saja, Satoru memang mengalami banyak luka sehingga dilarikan ke rumah sakit. Tapi, dia baik-baik saja.


Ketika pulang ke rumahnya, ternyata Sang Ibu sudah berada di apartemen tempat tinggalnya. Memasakkan untuk Satoru dan memutuskan ingin tinggal bersama untuk sementara waktu. 


Serial Anime Erased 2016


Suatu hari, Katagiri - teman wanita di tempat kerja Satoru - diundang juga untuk makan Kari di apartemen Satoru. Mereka makan dengan lahap, dan Katagiri untuk pertama kalinya sangat terkesan dengan Ibunya Satoru.


Siang itu, Satoru mengantarkan Ibunya pergi belanja. Di tempat itu, Satoru mengalami sesuatu yang aneh, revival, sambil dia mencari keanehan apa yang membuatnya bisa menolong orang lain. 

Namun, tidak lama, setelahnya. Ibunya Satoru ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di apartemen miliknya. Dalam kondisi tubuh ditusuk benda tajam. Tapi, tetangganya menganggap Satoru-lah yang membunuh sang Ibu.


Serial Anime Erased 2016


Di tengah kekalutannya, hanya Katagiri saja yang memercayainya. Di situlah dia mengalami second change yang jauh waktunya sangat amat jauh dari masa dimana dia hidup saat itu. Yaitu pada tahun 1988.



Ada Apa di Tahun 1988?


Sebelum mengalami Revival, Satoru sempat bertemu dengan kawan Ibunya ketika bekerja di salah satu stasiun televisi sebagai reporter. Dia mengatakan, bahwa Ibunya sempat meninggalkan pesan bahwa dia mengetahui siapa pelaku penculik dan pembunuh anak-anak SD yang konon sudah ditangkap pelakunya itu.





Betul, bahwa yang dipenjara bukanlah pelaku sebenarnya. Karena itulah, si pelaku masih berkeliaran dan mengancam kehidupan Satoru. Karena bukan saja membunuh Ibunya, tapi pelaku tersebut sempat hampi membunuh Katagiri.


Di tahun tersebut, Satoru masih duduk di kelas 5 SD. Dia tahu bahwa target pertama adalah Hinazuki. Seorang gadis yang pertama kali hilang dan ditemukan tewas di antara timbunan salju. Hinazuki adalah teman sekelas Satoru di sekolah. Namun, dia termasuk anak yang pendiam dan senang menyendiri.





Awal mula Satoru mulai mengamati Hinazuki, dirinya baru menyadari keberadaan memar di kaki Hinazuki. Memar yang membuat Satoru penasaran hingga dia berusaha untuk terus mendekati Hinazuki agar bisa mencegah terjadinya kasus penculikan dan pembunuhan.

Sampai suatu ketika, Satoru mendapati kenyataan adanya kekerasan di rumah Hinazuki. 



Kekerasan Anak dan Lingkaran Setan


Kenapa saya mengatakan lingkaran setan? Karena sejak dimulainya satu prilaku, maka prilaku lain akan mengikuti terus bagai lingkaran. Kalau prilaku tersebut baik, maka lingkaran ini akan terus membawa efek baik. Namun, sayangnya lingkaran ini seringnya berisi hal yang buruk hingga bisa dikatakan sebagai lingkaran setan.


Hinazuki mengalami kekerasan yang dilakukan oleh sang Ibu. Kalau kita tonton sendiri, pasti terasa ngilu atau merasa kemet-kemet, karena luka yang dihasilkan oleh Hinazuki sangat parah. 


Tapi, si Ibu ini cerdik. Dia bisa mengobati wajah Hinazuki agar tampak segar. Dengan membenamkan wajah anaknya ke dalam ember berisi es. Ingat, dibenamkan dengan paksa. 

Akibat kekerasan ini, Hinazuki menjadi anak yang pendiam dan penyendiri. Dia merasa tidak tertarik dengan kehidupan dan masa depannya. Bahkan Satoru membaca esai yang ditulis Hinazuki, berisi tentang dirinya yang ingin pergi ke tempat yang jauh. Tempat yang hanya berisi dirinya sendiri tanpa siapa pun. Karena inilah yang membentuknya menjadi seorang yang tidak yakin dengan adanya kebaikan.

Kembali ke sosok Ibunya Hinazuki. Dia memiliki pacar yang tinggal di rumah yang sama. Pacar Ibunya ini bahkan tidak peduli dengan tingkahnya ketika memukuli Hinazuki. Jadi, bisa terbayang bagaimana kelamnya kehidupan masa kanak-kanak Hinazuki.

Namun, di balik kekerasan yang dialami Hinazuki ada kisah lain yang terjadi pada Ibunya Hinazuki. Dahulu, neneknya Hinazuki, hidup bersama suami yang gemar memukulinya hingga wajahnya lebam dan memar. Neneknya berusaha sekuat tenaga untuk tetap bertahan.

Pada kisah ini, dilihatkan fakta sebenarnya, bagaimana kekerasan dalam rumah tangga, tidak lagi mengenal rasa tega atau tidak tega. Tapi sudah diambang batas kewarasan hingga memukul dengan membabi buta.

Di balik itu, justru Neneknya Hinazuki yang tetap mencoba bertahan dalam kondisi demikian. Memulai sesuatu yang kemudian dia sesali. Iya, Neneknya justru menjadikan Ibunya Hinazuki sebagai pelampiasan kemarahannya dan memukulinya hingga berdarah-darah.

Inilah yang saya sebut dengan Lingkaran Setan. Dimana akhirnya Ibunya Hinazuki melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan oleh Ibunya (neneknya Hinazuki). Pertanyaannya apakah yang dilakukan sang Ibu membuatnya sadar bahwa itu kesalahan?

Tidak. Dia menganggap bahwa Hinazuki patut menerima semua pukulan dan siksaan tersebut. Agar memahami beratnya mendidik serta mengurus Hinazuki. Bahkan ketika orang-orang dari Perlindungan Anak datang, Ibunya mengatakan, bahwa orang-orang dari Perlindungan Anak-lah yang berpikir buruk tentang dirinya.

Di sini, dibukalah sebuah fakta, bahwasannya kewarasa seorang Ibu harus didahulukan agar tidak menjadikan anak-anak sebagai korban pelampiasan emosi. Jujur saja, menonton anime ini tidak hanya tentang menguak kejahatan. Tapi membuka pemahaman saya terhadap ketahanan manusia. Bahwa manusia harus melepas diri dari keburukan sebelum mereka membawa orang lain untuk lepas dari keburukan.

Dan memang, pada akhirnya, Hinazuki dibawa pergi oleh Perlindungan Anak untuk dirawat Neneknya. Hinazuki tumbuh menjadi anak yang baik, dan ini sebagai pemutus lingkaran setan yang bisa saja menurun terus menerus.


Kesempatan Lain Masih Terbuka


Nah, sekarang kembali lagi ke Misi Satoru yang akhirnya mendapat kesempatan untuk memperbaiki masa lalu dengan menolong anak-anak korban penculikan.

Awal pertama dia kembali ke masa lalu, fokusnya hanya pada Hinazuki dan tanggal 1 Maret. Dia pikir dengan berakhirnya hari tersebut, maka Hinazuki akan selamat. Namun, nyatanya, Hinazuki tetap meninggal dunia.

Saya sempat berpikir, apa mungkin, bahwa kematian harus tetap ada untuk menjaga keseimbangan kehidupan? Tapi, bukan itu. Meski akhirnya Satoru berharap bisa mengulang lagi untuk kembali ke masa lalu.


Dan, ketika dia mendapat kembali kesempatannya. Dia memulai langkah untuk mencegah terjadinya pembunuhan.


Masa Lalu dan Masa Depan


Ya..kalau masa lalu diubah, maka masa depan pasti berubah kan? Betul, ternyata masa depan yang akhirnya terjadi, sangat berbeda dengan masa depan sebelum Satoru kembali ke masa dia sekolah SD.

Jauh berbeda, namun ada selintas firasat yang hampir sama dengan kondisi yang dialaminya. Huhuhuhu, menonton serial anime ini benar-benar membuat saya penasaran. Penasaran dengan ide Satoru, penasaran dengan bagaimana terungkap. Meski tebakan saya benar! Tapi saya tidak bisa menebak bagaimana terungkapnya.


**


Menonton tayangan anime tidak pernah membosankan bagi saya. Karena digarap dengan sangat serius, bahkan seringnya menyertai fakta-fakta yang membuat penonton menjadi bertambah wawasannya. 

Meski tokoh yang ada di dalamnya merupakan anak-anak, tapi anime memang tidak semuanya cocok untuk anak-anak. Jadi, sebelum mengizinkan anak menonton, coba ditonton dulu sebagai penyaring tontonan untuk anak.

Jika pembaca suka menonton beragam tayangan, atau justru menyukai tayangan anime. Mungkin sudah pernah menonton tayangan ini, bagaimana pendapatnya? Saya suka sekali dengan tayangan ini. Mungkin karena banyak hal yang saya dapat terkait kehidupan kekerasan pada anak. Jadi, saya menggemari serial ini.


Terima Kasih

Comments

  1. Udah lama banget nggak nonton anime, anime terakhir yang aku tonton conan the movie ajaaa. Kayanya oke deh erased ini, ntar cari aaaah. Maakasi infonya ya maaaaak

    ReplyDelete
  2. Saya udah lama banget gak nonton anime. Padahal dulu suka banget. Coba nonton agi, ah :)

    ReplyDelete
  3. Saya ngikutin anime ini dari pertama kali release di situs anime streaming online. Gila, keren banget ceritanya. Gak ketebak. rating 8.6/10 kalau dari saya :D

    ReplyDelete
  4. Penasaraaan jadi pengen nonton, sumpah.
    Kekerasan dalam rumah tangga emang lingkaran setan ya mba, warisan dari generasi yang lalu - lalu.
    Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari anime ini :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih




domain murah