We are spirit in a material world

Source : Google Image


Manusia itu berbeda, dan ini selama berabad-abad lamanya senantiasa dikatakan demikian. Perbedaan antara manusia dengan makhluk lain. Melalui pendekatan satu kalimat, "we are spirit in a material world", Steve Joordens dari Universitas Toronto mengaitkan tentang sebuah konsep yang datang dari ide tentang material/bentuk/fisik bahwasannya manusia hidup dikelilingi oleh apa saja yang berada di sekitar kita yang memiliki bentuk atau fisik. Tapi, manusia tetap saja berbeda, sesuatu yang lain, bukan sekadar benda semata, karena manusia memiliki spiritual dalam dirinya.

Perbedaan manusia dengan makhluk lainnya sangat relevan jika dikaitkan dengan konteks dari Ilmu Pengetahuan. Bahwa benda itu memiliki rupa, bentuk itu merupakan material, sementara perilaku dan interaksi yang mengikutinya kita sebut dengan Hukum Alam. Dan faktanya Ilmu Pengetahuan sangat berkaitan dengan Hukum Alam juga. Seperti observasi pada gravitasi, sistem manipulasi dalam alam dimana manusia bertambah paham dengan segala hal yang berkaitan pada benda-benda yang berada di sekitar kita.

Seperti kita mempelajari Biologi, Kimia, Fisika, Astronomi dan sebagainya. Semua pembelajaran tersebut termasuk bentuk dari dunia yang ada di sekitar kita. Tapi, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, manusia bukan hanya sekadar fisik belaka, karena kita disertai dengan satu kondisi yaitu spiritual dalam diri kita. Ini menyiratkan juga bahwa perilaku kita ini bukan sebuah paksaan dari Hukum Alam. Jika memang demikian, maka tidak perlu lagi kita mempelajarinya secara ilmiah.

source : Google Image


Dan gagasan ini mungkin tidak akan pernah ada sampai kita berpikir tentang siapa diri kita dengan cara berpikir yang berbeda. Proses ini diawali oleh kisah Rene Descartes dan kisah ini merupakan kisah yang membuat Steve sangat menyukainya. Tentang Rene yang tengah berjalan-jalan di sebuah taman di Prancis, dimana banyak patung-patung serta bunga yang berwarna-warni. Di sana terdapat patung Diana - Dewi Perburuan - yang merupakan patung paling cantik di sana. Kemudian Rene berusaha mendekat untuk bisa melihat dengan lebih baik patung Diana tersebut. Kemudian, ketika Rene semakin dekat dengan patung Diana, dari balik patung tersebut muncullah patung Neptunus, yang bergerak seolah-olah menghalangi Rene untuk mendekati patung Diana.

Inilah yang menarik, patung tersebut bergerak dengan satu niatan tertentu, yaitu menghalangi langkah Rene yang ingin mendekat ke patung Diana. Tapi, bagaimana mungkin patung tersebut bisa bergerak? Jawabannya adalah, pada masa itu ilmu tentang hidrolik telah diketahui dan dipahami dengan baik. Dan ternyata, Rene tengah menginjak satu plakat atau landasan yang bisa menggerakkan patung tersebut. Seperti film-film misteri atau detektif yang mengunjungi museum atau tempat bersejarah, kemudian benda-benda di tempat tersebut bisa bergerak ketika kita menyentuh atau menginjak bagian khusus yang tersembunyi.

Tapi, dalam pikiran Rene, dia sangat mengetahui bahwa patung tersebut hanya sebuah benda yang tidak hidup. Namun, benda tersebut bergerak dan seolah memiliki niat, seperti ingin menghadang jalan setapak tempat Rene melangkah. Dari pemikiran inilah, Rene kemudian mencari hal lain, seperti manusia dan binatang, kemudian mempertanyakan apakah perilaku hewan dan manusia sejalan dengan pergerakan patung-patung tersebut.

Mungkinkah pergerakan manusia dan hewan itu merefleksikan sesuatu seperti hidrolik atau proses fisik lainnya yang membuat mereka terlihat bisa bergerak dengan nyata. Akhirnya Rene menyimpulkan bahwa bagi Binatang, konsep pergerakannya memang melalui proses hidrolik seperti utuh layaknya mesin atau seperti proses mekanik . Tapi bagi Manusia hal demikian ini tetap berbeda. Menurut Rene, manusia memiliki sifat ganda. Dan gagasan ini disebut sebagai Cartesian Dualism. Dalam gagasannya, Rene menyetujui bahwa manusia itu memiliki sifat mekanikal dalam tubuhnya dimana perilakunya menandakan bahwa adanya proses ini dalam tubuhnya, tapi dia pun yakin bahwa manusia memiliki jiwa. Dan jiwa inilah yang juga memiliki fungsi dalam mengontrol tubuh.

Sebenarnya masih ada beberapa hal lain yang dibahas oleh Steve dalam Psychology Emerges From the Shadow of the Soul ini, namun karena saya takut terlalu banyak memaparkannya di tulisan ini sehingga membuat pembaca bingung, akhirnya cukup hingga pemikiran Rene saja yang saya paparkan.

***

Seperti dalam novel karya Shelley dimana dalam kisahnya Frankenstein menciptakan satu makhluk yang dia buat sendiri. Bisa hidup, namun memiliki banyak hal yang tidak dia ketahui tentang dunia. Ingat, dalam novel aslinya, Frankenstein itu bukan nama makhluk ciptaannya, tapi nama penciptanya. Melalui cerita inilah kita bisa mengetahui bahwa pada masa itu, para ilmuwan dan kedokteran serta fisikawan yang mulai berpikir tentang Manusia yang bergerak seperti layaknya mesin.

Di sinilah kesimpulannya tentang gagasan Cartesian Dualism tentang sifat ganda yang dimiliki manusia. Bahwa manusia memang sebuah materi atau fisik (physical) yang murni bisa bergerak dengan sebuah sistem dalam tubuhnya yang bergerak seperti mekanikal proses. Namun, kita juga bisa menyetujui asumsi bahwa perilaku manusia mencerminkan suatu Hukum Alam yang bisa dibahas melalui Ilmu Pengetahuan.

Terima kasih sudah berkunjung, dan semoga bacaan ini bisa bermanfaat untuk pembaca. Jika ada kesalahan dalam penjelasan atau kesahalan yang nyata terhadap pemaparan saya, silakan menyampaikan koreksinya dengan bahasa yang baik melalui kolom komentar. Dan diharapkan menyertakan sumbernya agar saya bisa memeriksanya juga :).


Terima kasih

Comments

  1. Wah, bahasannya berat banget mbak. Hehehe.. Kurang lebih, ya manusia itu terdiri dari jiwa dan raga (body and soul). Kalo sumber sih, yang pasti pasti aja mbak, ada dalam Alqur'an kok. Silahkan dicek ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya mba kurang membaca dengan teliti :). Tapi saya terima dengan baik di rumah maya saya, akan lebih bagus kalau Mba menyertakan sumber di Alquran surah berapa ayat berapa, sehingga bisa menjadi informasi yang bermanfaat buat banyak orang :)

      Delete
  2. makasih sharingnya, perlu membaca lebih nyimak nih

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah