Tips Awet Muda Ala Widyawati

November 24, 2016




Tips Awet Muda Ala Widyawati - Pasti pembaca sudah mengenal aktris Indonesia yang terkenal ini. Seorang perempuan yang bahkan masih terlihat cantik meski usianya memasuki setengah abad, awet muda banget. Widyawati, saya mengenal beliau dari beberapa sinetron yang kerap hadir di layar televisi ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Umum. Waktu itu saya pikir kalau Tante Widyawati (sok kenal banget saya :D) ini masih muda, ternyata ketika saya mengikuti pemberitaan beliau, terutama ketika diminta untuk berbagi rahasia sehingga rumah tangganya tampak adem ayem dengan mendiang Sofan Sofyan, dari sinilah saya mengetahui usianya yang ternyata sudah tak lagi muda.

Saya mengikuti betul bagaimana waktu itu Tante Widyawati dengan tabahnya mengiringi jenazah mendiang suaminya. Meski menangis dan air mata berderai, tapi ada satu keteguhan dan kekuatan yang terpancar dari wajahnya. Seakan tidak bisa ditutupi meski rasa sedih juga tampak. Tapi, di sinilah momen ketika saya mulai mencari tahu apa sih dan bagaimana caranya agar tetap sehat dan bugar serta cantik meski tak lagi muda.

Tentu masih ingatkan, Mba Widyawati masih tetap eksis di televisi sampai saat ini. Anehnya, saya berpikir kalau Mba Widyawati seakan tak menua, hehehe serius, saya mengira kalau Mba Widyawati yaa begitu-begitu saja, tidak menua tidak juga kembali muda. Saya sampai salut, ketika beliau dipadukan dengan sosok Dian Sastro di salah satu iklan. Keduanya merupakan sosok perempuan yang low profile, cerdas serta elegan.

Nah, setelah mencari tahu ternyata rahasia tetap awet muda ini sebenarnya bukan hal yang benar-benar rahasia sih. Karena sudah banyak dijabarkan dalam seminar, event atau bahkan di banyak artikel. Problemnya cuma satu, kira-kira mampu tidak ya saya praktekkin.

Tips Awet Muda Ala Artis Widyawati


1. Rajin minum air putih

Ini sepertinya mudah, tidak sulit. Tapi oh tapi, ternyata untuk rutin dan komitmen agar bisa minum air putih yang ideal itu sungguh banyak godaannya. Apalagi kalau musim hujan seperti saat ini. Terkadang saya pernah melewati satu hari dengan kondisi minum air putih yang kurang, karena cuaca dingin yang membuat saya 'beser'. Pikiran saya saat itu, "lah kalau belum minum aja saya beser, gimana saya ngotot buat minum?" Padahal minum air putih untuk memenuhi cairan harian dalam tubuh itu penting ya, tapi ternyata tak mudah.

Dan Tante Widyawati juga membiasakan untuk minum segelas air putih setiap bangun tidur di pagi hari, loh. Yang ternyata bagus untuk membantu proses detoks tubuh. Nah, yuk Peh biasain minum air putih, meski kadang tak terasa haus.


2. Kurangi makanan yang mengandung santan

Kebayang dong ya nikmatnya Soto Betawi atau Opor Ayam yang sedap sekali itu. Tapi, di kedua makanan ini ada satu bahan yang ternyata mulai harus dikurangi agar tubuh sehat. Yaitu santan! Betul, santan di Bubur Kacan Ijo dan Bubur Ketan Hitam juga harus dikurangi. Karena kalau terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung santan, bisa menyebabkan kolesterol dan gangguan kesehatan.

Pastinya, mengkonsumsi makanan memang harus ditakar, jangan sampai terlalu berlebihan. Sama seperti Tante Widyawati yang juga mengurangi makanan bersantan.


3. Mengganti nasi putih dengan nasi merah

Nasi merah memang memiliki kandungan serat yang tinggi. Juga, nasi merah ini memang lebih sehat ketimbang nasi putih yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Semenjak pernah mengikut salah satu acara blogger, dimana di situ sang dokter menjelaskan tentang nasi merah, saya langsung saja mengikuti saran sang dokter tersebut. Yaitu untuk pemula yang masih belum terbiasa, mencampur nasi putih dengan nasi merah itu boleh. Agar kadar karbohidrat di nasi putih tidak terlalu tinggi.

Bagi pembaca yang masih menimbang-nimbang ingin mengganti dengan beras merah, tapi kepentok harga beras merah yang lumayan, bisa juga kok dicampur dengan beras putih. Jadi, tetap masih bisa berhemat :).


4. Menjaga kesehatan kulit dengan perawatan dari luar


Bener banget, kalau keluar rumah lupa pakai sunblock dan krim wajah, biasanya kulit wajah saya yang sensitif ini seringnya berjerawat usai dari kegiatan di luar rumah. Otomatis, saya harus selalu siap sedia krim wajah setiap hari, juga sunblock. Ternyata ini bisa mencegah sinar matahari langsung mengenai kulit, yang bisa menyebabkan banyak gangguan pada kulit wajah.

Selain itu, perawatan kulit dari luar juga bisa dilakukan dengan rajin menggunakan masker dari bahan alami, yaitu dari buah-buahan atau sayuran, rajin juga menggunakan serum wajah (baca disclosure) agar kulit wajah kenyal, dan masih banyak hal-hal yang sederhana untuk merawat wajah, salah satunya senyum.



5. Hidup sehat dan bahagia

Tante Widyawati ini ternyata sering mengkonsumsi jus sayuran loh, seperti wortel yang sering dikonsumsi rutin. Agar tidak bosan, ternyata jus wortel juga bisa dicampur dengan sayur atau buah-buahan lainnya. Selain itu, Tante Widyawati juga mengganti gula harian dengan gula batu berwarna kekuningan. Konon, gula batu yang warnanya putih dikhawatirkan memiliki kandungan kimia yang kurang bagus untuk tubuh.

Bahagia, ini nih faktor yang tidak boleh lepas untuk tetap awet muda. Bahagia itu sederhana, konon demikian tertulis dalam sebuah puisi karya Sapardi. Karena sederhana, terkadang orang suka melupakan hal ini. Jadi, jangan lupa untuk berbahagia yaa setiap hari. Dimulai dengan rasa syukur setiap bangun tidur, itu saja bisa membawa kebahagiaan tersendiri. 

***

Menjalani kehidupan serta mengikuti perputaran waktu membuat manusia bertumbuh setiap hari kemudian menghadapi masa-masa menua. Ada yang ketakutan dengan momen menua ini, ada juga yang tetap santai menjalani kehidupan. Semua itu adalah hal yang lumrah terjadi pada manusia, bagi kita yang ingin tetap fit di masa tua, mungkin sudah saatnya mengubah gaya hidup dengan gaya hidup yang lebih sehat. 

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.


Terima kasih





  • Share:

You Might Also Like

11 comments

  1. Infonya sangat bermanfaat, Mbak Ipeh. Semoga saya bisa mempraktekkan tips-tipsnya biar bisa awet muda kayak artis senior, Widyawati hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  2. Iya ya, Mba Widyawati itu cantik dan awet muda. Udah gitu cantiknya 'beda' menurutku. Paling suka sama matanya. Sendu-sendu gimanaaa gitu.

    Dulu awal-awal di Palopo sebelum pindah rumah, ada tetangga yang baik banget. Sering ngasih beras merah hasil panen di kampungnya. Ngasihnya nggak main-main, bisa 10 kilo sendiri. Masya Allah. Sekarang aku udah pindah jauh. Dan belum pernah makan nasi merah lagi *___*

    PRnya masih di santen. Abis gimana ya, santen ituu...gurih ya Peh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nyak apalagi dicampurnya ke soto betawi...allahuakbar....

      Delete
  3. Aku suka banget sama tante Widyawati mba dan tips minum air putih memang konon katanya ampuh tpi butuh konsisten y mba hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, konsisten ini yang benar-benar butuh perjuangan #halah

      Delete
  4. 66 tahun, percaya nggak sih? Cantik banget ya. Yg belum mengganti nasi itu, aku mengurangi nasi putih. Perawatan kulit babar blas hwaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantiknya masih banget. Bahkan meski ada kerut disana-sini tetep aja tampak segar bugar.

      Kalau nasi masih bisa, dicampur soalnya hehe pake beras merah.

      Delete
  5. Tante Widya itu cantikk yah.. Siap kayanya nomor 5 nih yang harus dan perlu ditekankan heheh

    Makasih artikelnya Mbak Ipeh

    ReplyDelete
  6. Seorang temn di Jombanv dulu, dia menyarankan ke aku buat minum air putih minimal segelas setelah bangun tidur. Eh, mmg ada bedanya. Sejak itu, aku rajin minum air putih setelah bangun tidur

    ReplyDelete
  7. aaah widyawati memang sosok wanita cantik indonesia yang everlasting yaa.
    ayu dan cantik terus meski sudah berumur, pantesa yaa wong hidupnya sehat gitu lhooo...

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih