Hari Belanja Online Nasional - Harbolnas 2016

November 28, 2016

Hari Belanja Online Nasional - Harbolnas 2016


Sebentar lagi tahun 2016 akan segera berakhir, biasanya nih kalau menjelang akhir tahun sering diadakan big sale. Namun, kalau big sale seperti ini seringnya diadakan offline alias diskon pembelian di tokonya langsung. Lah, kalau yang sering malas gerak seperti saya ini bagaimana? Tenang, saya masih setia menunggu Harbolnas 2016 yang konon akan diadakan di bulan Desember nanti, tepatnya 12 Desember dengan tema "1212 Diskon Belanja Online".

Hohoho, sudah tentu saya akan setia menunggu. Tapi, saya sempat merasa penasaran, sebenarnya sejak kapan sih tepatnya Indonesia ini mengadakan Hari Belanja Online Nasional? 


Sejarah Hari Belanja Online Nasional


Kalau saya pribadi, sudah melakukan belanja online sejak tahun 2007 silam. Seperti biasa, barang yang saya beli yaa buku. Tidak jauh dari buku dan buku. Tapi, pernah juga belanja melalui MP sekitar tahun 2008, saya membeli VCD secara online. Jadi, yang namanya belanja online itu bukan hal yang baru bagi saya. Nah, kalau begitu kira-kira kapan ya tepatnya Hari Belanja Online Nasional itu diadakan?


Ternyata, melalui penelusuran saya via Mbah Google, Indonesia memulai gerakan Harbolnas ini sejak tahun 2012! Sebagai gerakan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kemudahan dalam belanja online. Memang betul kok, belanja online itu memberikan kemudahan dan justru lebih efisien waktu serta tenaga. Selain itu, pastinya kampanye Harbolnas ini diadakan bukan saja untuk media edukasi, tapi juga sebagai penanda bahwa pengguna internet di Indonesia ini sudah kian pesat, sehingga pertumbuhan e-commerce semakin beragam.

Kegiatan ini memang mendapat tanggapan positif dari beragam E-Commerce seperti Zalora contohnya. Kalau diingat-ingat kembali, saya pernah loh bertemu langsung dengan CEO Zalora di Indonesia. Ketika acara Kopdar Akbar Penjual Online. Yang dihadiri banyak sekali, entah berapa tepatnya, para pedagang online. Sampai saya bisa tau sosok-sosok yang berada di balik toko online yang menjadi tempat favorit saya.

Oiya, konon Harbolnas ini sebenarnya sudah ada di negara-negara lain seperti Jepang contohnya. Di sana namanya Cyber Monday, jadi belanjanya setiap hari Senin. Saya kemudian berpikir, apa ini cara Negara Jepang meningkatkan mood masyarakatnya agar semangat bekerja dan beraktivitas? Dengan mengadakan hari khusus untuk belanja online. Soalnya, saya juga mau nih dikasih hari khusus diskon besar setiap hari Senin. 



Hehehe, jadi teringat juga nih Nomat, nonton hemat setiap hari Senin yang menjadi incaran para anak sekolahan seperti saya waktu itu.



Harbolnas Kemudahan Berbelanja Dan Hemat Waktu Serta Tenaga


Setuju tidak kalau belanja via online itu lebih hemat tenaga dan waktu? Kalau saya setuju sekali. Pertama, saya memang terkenal mager alias malas gerak. Jadi, namanya belanja muter-muterin Mall atau pasar dari satu toko ke toko lain itu butuh perjuangan. Belum lagi mood saya yang seringnya berubah buruk setelah pusing dengan ragam harga yang bikin saya bimbang menentukan. Alhasil, belanja online menjadi solusi yang sangat-sangat menguntungkan.




Kenapa?

1. Belanja Online tidak membuat kak saya pegal-linu-nyeri-lelah-capek-kehausan. Kalau haus tinggal minum, apalagi kalau belanjanya dari rumah. Makan pun tidak mengeluarkan biaya tambahan, cukup masak saja.

2. Belanja online membuat saya lebih fokus memilah dan memilih barang yang ingin saya beli. Begini, kalau langsung tawaf di pasar atau di Mall demi mendapat barang yang sedang saya cari, seringinya berakhir dengan membeli barang yang tidak begitu urgent. Sehingga saya mulai kehilangan fokus hehe.

3. Belanja Online menghemat waktu saya. Karena saya tidak perlu ganti baju, naik ojek untuk pergi ke tempat yang menjual barang yang saya cari. Tinggal duduk manis di depan gadget, pilih ini dan itu. Lebih hemat waktu dan saya bisa sekalian mengerjakan pekerjaan lainnya tanpa terganggu.



Tantangan Maraknya Belanja Online Bagi Para Online Shop


Setiap perkembangan zaman atau teknologi, selain memberi kemudahan dalam banyak hal, juga memberi ruang pada beberapa hal yang menjadi kelemahannya. Sebut saja kelemahan ketika kita mendapat barang dari hasil belanja online yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Atau kita sebut juga kelemahan ketika kita mendapati penjual tersebut justru tidak amanah, barang tidak kunjung datang setelah pembayaran ditransfer.

Dari kelemahan-kelemahan inilah, para pelaku Online Shop dituntut untuk bisa menunjukkan sendiri apakah toko onlinenya benar-benar ter-verifikasi dengan baik atau tidak. Sehingga bisa membantu calon pembeli menaruh kepercayaan yang cukup untuk belanja di toko online tersebut.



Misalnya dengan menyajikan foto produk yang sesuai dengan produk yang dijual. Dalam hal ini, foto yang berbeda dari foto yang beredar terkadang lebih menarik. Apalagi kalau foto tersebut menunjukkan identitas toko online yang dimaksud. Sehingga calon pembeli tidak ragu, bahwa barang yang dijual sangat sesuai dengan ekspektasinya.

Atau dengan menyediakan voucher diskon melalui media seperti Shoogloo agar pembeli tidak ragu dalam bertransaksi. Kelebihannya, toko online Anda bisa menarik banyak pelanggan karena dianggap profesional dalam berjualan. Tidak asal-asalan yang membuat calon pelanggan merasa takut untuk belanja.

Beberapa toko online yang saya lihat juga, menyematkan testimoni dari banyak pelanggan. Ada juga loh, pelanggan yang bersedia ditanya langsung terkait produk yang dibeli di toko tersebut. Alasannya agar memberi kemudahan bagi toko online untuk diverifikasi. Setidaknya saya juga sering begitu, menanyakan terlebih dahulu apakah toko online tersebut amanah atau tidak.

***

Yang namanya belanja online, meski menghemat waktu dan tenaga serta memberi kemudahan. Tetap juga membutuhkan satu usaha juga yaitu menjaga fokus calon pelanggan agar tidak gelap mata saat belanja. Maklum, terkadang diskon yang diadakan di akhir tahun itu lebih menggiurkan, sehingga tampak seperti semua barang memasuki prioritas yang urgent.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca, serta mendapat informasi yang berguna. Kira-kira Anda sudah membiasakan menulis list prioritas barang yang ingin dibeli atau belum? Mau berbagi cerita tentang Belanja Online? Silakan berbagi melalui kolom komentar.


Terima kasih.

  • Share:

You Might Also Like

11 comments

  1. hayuklah belanja online itu enak, mudah dan praktis, gak ribet...

    hidup belanja

    ReplyDelete
  2. enaknya belanja online itu, emang gak pegel muter2 :)

    ReplyDelete
  3. mari kita rayakan harbolnas.. borong produk indonesia ya mba tentunya. hhe
    btw Nomat itu gimana ceritanya mba. hehe

    ReplyDelete
  4. racun...tapi suka hehe. sekarang malah suami sy juka suka belanja online. saya beli mesin cuci online juga, lumayan cepet nyampenya dan seringkali lbh murah di olshop :)

    ReplyDelete
  5. ayoo kita serangg belanjaa online..lumayannn.....hehhe

    semangatt mbaaa
    salam blogger

    ReplyDelete
  6. Oh jadi udah dari 2012 yaaa kak Ipeh si Harbolnas hehe..
    Setuju, bisa lbih hemat, ya klo haus atau lafarrr, bisa langsung gas ke dapur sendiriiii

    ReplyDelete
  7. Harbolnas biasanya bikin kalap ya maaak.. Apalagi kalo barang yang pas kita butuh, pas diskonnya besaaar. hihiihii

    ReplyDelete
  8. kalau boleh menambahkan mbak, agar produk semakin enak terjual memang sebaiknya bekerja sama dengan beberapa blogger.
    Maksudnya bukan sekedar placement di situs blogger bersangkutan. Tapi bekerja sama juga dengan blogger yang kebetulan menjadi langganan di toko itu.
    saya soalnya suka mengulas toko yang memang memberikan servis exellence. walaupun toko yang bersangkuta tidak punya program affiliasi.
    oh iya mbak kalau kebetulan sedang mencari tips fotografi mampir juga dong ke blog saya di gariswarnafoto[dot]com
    yuk mariii, terima kasih buat artikelnya.

    ReplyDelete
  9. siap2 harbolnas...aku mau mantengin sesuatu juga niiih...

    ReplyDelete
  10. belanja online sebenarnya sama dgn belanja langsung ke tokonya... liat sana liat sini, milih yg harganya termurah, cari penawaran lbh oke... ujung2nya bikin gemuk krn nyari produk bisa sambil ngemil :)))))

    ReplyDelete
  11. Wah dulu ngeblog di.mp juga?
    Harblognas bisa bikin kalap heheheh.. habis beli barang incaran, langsung umpetin token

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih