Sekilas Tentang Chromebook C201

October 11, 2016

Sekilas Tentang Chromebook C201




Sepintas Tentang Chromebook - Saat saya menggunakan Chromebook di depan kakak saya, beliau seketika kebingungan dan berkomentar, "ini OSnya apa sih kok mbingungi?" Maklum, OS Chromebook memang belum banyak yang tahu atau belum terlalu familier. Meski sudah banyak juga yang menggunakannya. Jadi, hal yang wajar ketika banyak yang mempertanyakan tentang Chromebook ini, meski sudah sejak tahun 2011 diumumkan kehadirannya.

Kenapa saya pakai Chromebook? Kenapa tidak menggunakan laptop? Laptop ada di rumah, karena bentuknya yang lebih besar dan berat, saya memilih untuk menggunakan notebook yang ringan dan cenderung mudah dibawa. Kebetulan sekali dia salah satu ecommerce favorit menampilkan notebook yang slimming, stylish dan elegan ini. 

Sebelum membeli Chromebook, ada yang perlu diketahui, bahwa Chromebook ini baru bisa digunakan secara optimal jika tersambung dengan internet. Jadi, untuk bisa digunakan secara offline tidak banyak hal yang bisa dilakukan. Chromebook juga berbeda dari laptop, karena semua penyimpanannya melalui Cloud Storage. 





Apa keunggulan Chromebook yang saya rasakan ?




Sekilas Tentang Chromebook C201



1. Batre Tahan Lama

Iya, dengan keunggulan ini, saya bisa loh ngetik untuk draf blog post, atau ngetik segala macam hal di Chromebook tanpa kepikiran batrenya tinggal berapa persen lagi. Bisa tahan sampai 11 jam, coba bayangkan berapa banyak draf tulisan yang bisa dihasilkan kalau selama ini ya. Hehehe. 




2. Fast Charging

Hooh banget, masa iya daya tahannya sampai 11 jam, tapi kalau charge Chromebook tidak sampai 3 jam sudah full 100%. Cepat sekali, hampir sama dengan kecepatan android phone kan ya (khusus yang sudah ada teknologi fast charging). Jadi, kalau terburu-buru dan baru bisa mengisi daya sekitar 1.5 jam sudah lumayan bisa dipakai sekitar 7 jam.



3. Fast Load

Anti lemot Chromebook ini, karena memang tidak banyak third-party application yang bisa diinstal di dalam Chromebook. Seperti tidak bisa install aplikasi dengan ekstensi (dot)exe atau seperti windowsn application. Tapi, untuk yang pekerjaannya lebih sering menggunakan aplikasi-aplikasi di handphone Android, semua sudah bisa dilakukan juga dengan Chromebook ini (khusus untuk pengguna beberapa tipe Chromebook).


Sekilas Tentang Chromebook C201




4. Support Play Store

Siapa yang suka pakai aplikasi android di laptopnya? Biasanya harus menggunakan generator tambahan seperti, Bluestack. Tapi, kalau di Chromebook, kita tidak perlu menggunakan aplikasi lain agar support play store. Karena memang sudah bisa menggunakan aplikasi-aplikasi android secara langsung dengan mengunduhnya melalui play store.

Jadi, untuk yang ingin menggunakan instagram atau aplikasi android lainnya melalui Chromebook, tinggal instal saja.



Sekilas Tentang Chromebook C201



5. Harga Terjangkau

Jangan khawatir, karena harga Chromebook ini tidak terlalu mahal. Lumayan terjangkau dan tidak membuat kantong jebol. Tapi, meski harga terjangkau, fasilitas yang bisa digunakan banyak banget loh. Tidak akan menyesal deh memiliki chromebook ini.


Meski begitu, bagi pembaca yang senang dengan desain grafis, sepertinya memang penggunaan Chromebook kurang sesuai, karena tidak bisa instal aplikasi lain selain dari play store. Tapi, kalau untuk membuat laporan menggunakan word, excel, power point, bisa juga dilakukan di Chromebook ini. 

Sebelum membeli, ditentukan dahulu kira-kira butuh laptop untuk apa? Spesifikasinya bagaimana? Karena kalau untuk kegiatan ngeblog, saya merasa nyaman menggunakan Chromebook. Apalagi kalau butuh edit video menggunakan Kine Master, lebih mudah dengan Chromebook ini.

Pembaca juga menggunakan Chromebook? Ingin berbagi pengalaman menggunakan Chromebook? Silakan berbagi melalui kolom komentar.


Terima Kasih








  • Share:

You Might Also Like

9 comments

  1. Sudah ada sejak 2011 tapi saya baru tahu lho Mba. Astaga kudet pisan.
    Yang menarik buat saya sih soal baterenya yang tahan lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru gembar gembornya taun 2011 mba Ety. Ini termasuk masih baru juga, mbak.

      Delete
  2. aku pakai deskbook selama ini belum pernah nyobain lain. tapi boleh deh keknya jadi alternatif nanti pas lahiran bisa ttp sambil pegang chromebook

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Echa, harganya terjangkau juga.

      Delete
  3. Aku langsung gugling, penasaran. Blm pernah denger chromebook. Katrok banget >.<

    ReplyDelete
  4. Eeuh, chromebook apa pula itu? Blogger daerah ngga pernah liat chromebook nih.. mohon difoto yang mana chromebook yang mana lappi...xixixi. Kasian atuh lah ini...ngga tau chromebook.

    ReplyDelete
  5. Wah saya baru tahu 😁 makasih infonya mak

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih