Hari Blogger Nasional 2016

Hari Blogger Nasional 2016



Hari Blogger Nasional - Tanggal 27 Oktober dijadikan satu hari khusus untuk para Blogger se-Indonesia. Ini menjadikan status blogger tak lagi sesuatu yang baru atau asing, justru menjadi status yang membanggakan bagi banyak orang.

Bangga karena apa? Karena bisa menulis dan membagikan manfaat melalui tulisannya. Tak jarang yang juga bisa menjadikan blogging sebagai pekerjaan mereka. Tak ada yang tak mungkin di dunia ini bukan?

Berbicara tentang blogger, sudah pasti banyak yang memiliki tipe blogger favorit masing-masing. Saya pun demikian, memiliki daftar nama-nama blogger yang senantiasa berbagi segala hal yang bermanfaat.

Sebut saja #GengIjoek yang tergabung dalam Grup Arisan Link 4. Meski namanya ada 'Geng'nya bukan berarti kami menutup diri dari pergaulan luas. Justru banyak anggota #GengIjoek yang dikenal oleh blogger lain, tetap supel dan ramah. 


Awal Mula #GengIjoek


Ketika pertama kali nama saya masuk ke dalam grup Arisan Link IV saya sempat bertanya-tanya, seperti apakah nanti saya harus bersikap? Bukan apa-apa, ini hal yang baru untuk saya, bergabung dengan para blogger yang diantara mereka banyak yang sudah senior.

Saya sempat 'Jaga Image' agar tidak melukai dengan tulisan yang kurang sesuai. Maklum, saya terlalu sering bergaul dengan teman-teman yang usianya jauh di bawah saya. Belum lagi terkadang saya ketularan Alay (atau saya yang menulari kealayan pada mereka).

Dari hal inilah akhirnya saya berusaha menjaga lisan (yang diwakili oleh jempol) agar tidak asal-asalan. 

Tapi....

Siapa sangka? Kalau anggota di Grup Arisan Link IV justru memiliki pemikiran berbeda. Mereka tak pernah pelit berbagi informasi, tak pernah ragu mendoakan anggota lain, serta memberi nasihat yang terbaik jikalau ada yang tengah menghadapi kegalauan.


Berbagi Manfaat Serta Menjadi Pribadi Yang Positif...


Dari merekalah saya banyak bersyukur, karena harapan saya terwujud. Yaitu bisa berkumpul dengan orang-orang yang akan selalu mengingatkan saya pada Allah. Dari hal kecil sampai hal besar. Meski di grup kami tidak semuanya muslimah. Tapi tetap, saling senantiasa menghargai, menghormati dan mendukung satu sama lain.

Perihak Ijuk, ini pernah ditanyakan oleh Mba Kania suatu ketika. Sebenarnya awal mula ada kata Ijuk, hanya karena salah satu anggota #GengIjoek menyeletuk santai, "bikin pengen ngemut Ijuk." Jangan ditanya siapa yang nyeletuk seperti itu.

Hingga akhirnya, segala macam tulisan di grup mendapat tambahan Ijuk. Misalnya, dikepret Ijuk, kibas Ijuk, Ijuk Asam Manis dan segala macam rupa bentuk kekreatifan mereka.

Dari obrolan ringan yang seringnya berbagi pengalaman satu sama lain, membuat kedekatan kami menjadi semakin-makin. Tapi, bukan berarti grup whatsapp senantiasa ramai tiap hari. Tidak kok, tetap ada hari-hari untuk Sharing, ada hari-hari istirahat yang membuat handphone tidak terlalu kelelahan.



Siapa Saja Sih Anggota #GengIjoek 


Karena #GengIjoek ini sebutan untuk Grup Arisan Link IV maka anggotanya yaa khusus blogger-blogger yang sudah dipilih untuk bergabung di grup ini. Saya akan tuliskan nama-nama mereka di bawah ini.

1. Ria Rochma

Songong kalau saya tidak memulai mengurut nama anggota blogger #GengIjoek dari sosok adminnya. Betul, mba Ria Rochma yang tinggal di Gresik ini memang admin dari tim Arisan Link IV. Tanpa beliau sepertinya kami akan kewalahan ya mengikuti apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan agar sesuai prosedur.

Mamanya Arya dan Fatin ini, meski sibuk dengan urusan pekerjaan hingga keluarga, tetap memberikan waktu luang untuk berbincang santai di grup. Meski acap kali saya suka kangen dengan kalimat, "aku belum paham maksudnya gimana." Yang suka ujug-ujug muncul di tengah diskusi. Hehehe, nyuwun sewu yoo mba, abis ini nih yang bikin kangen mba Ria mwehehehehe.

Bagi yang ingin kenal dengan tulisan-tulisan mba Ria, bisa mengunjungi blognya di sini www.mamaarkananta.com/


2. Rotun DF


Beliau juga termasuk admin dari tim IV yang banyak dikenal dengan panggilan 'Nyak'. Saya justru baru mengenal sosok beliau melalui grup arisan link ini. Sehingga sangat bisa dirasakan manfaatnya setelah bergabung di grup IV.

Nyak Rotun ini yang selalu saya ingat, gemar foto makanan. Secara beliau memang Food Blogger yang ramah banget sama semua orang. Jadi jangan geer kalau Nyak Rotun ramah sama pembaca, bukan berarti cuma pembaca aja yang special.

Karena bagi Nyak Rotun, semua teman-temannya di dunia maya atau dunia nyata itu spesial. Tapi, paling spesial itu sudah tentunya yaitu Keluarga Kecilnya yang saat ini bermukim di Palopo.

Mau lihat bagaimana asyiknya Nyak Rotun dengan dunia blogging serta foto-foto hasil jepretannya? Mampir saja ke blognya di sini : http://nyakrotun.com


3. Mugniar Marakama

Beliau ini sudah pernah saya tuliskan sosoknya di label Author. Sebagai seorang blogger yang senantiasa adem ayem, juga kegiatannya yang selalu dipenuhi hal-hal berbau perempuan. Membuat saya suka betah membaca tulisan bunda Niar.

Tinggal di Makassar tanpa ART membuktikan bahwa sebenarnya hal seperti itu tidak masalah. Asal kekompakan dalam keluarga serta saling mensupport satu sama lain, merupakan hal yang sangat berharga. Yang mendukung karir Bunda Niar hingga saat ini.

Saya termasuk yang banyak belajar dari beliau. Salah satunya yang pernah dibahas olehnya, yaitu kebiasaan Bunda Niar membuat draf menulis setiap harinya. Inilah mengapa bunda Niar terlihat aktif menulis, karena sudah memiliki beberapa tulisan yang nantinya cukup dipublikasikan di blog.

Tidak hanya itu, bunda Niar juga beberapa kali menulis untuk media cetak. Mau tahu bagaimana kecenya reportase seminar-seminar bertema perempuan dari bunda Niar? Silakan cek di sini www.mugniar.com/

Baca Juga "Blogger Perempuan Dari Makassar"


4. Yervi Hesna

Blogger yang satu ini juga termasuk adem ayem. Meski jarang aktif karena kesibukannya di dunia nyata, tidak membuat mba Yervi lupa menyapa dan berbagi pada kami. Seperti terkadang berbagi tentang Kanker Payudara serta kaitannya dengan Ibu menyusui.

Meski begitu Mba Yervi ini juga tidak pernah sungkan untuk nimbrung sesekali ketika ada pembicaraan yang sangat santai dan ringan. Keramahan beliau membuat kami juga merasa senang.

Beliau juga termasuk salah seorang yang ikut serta menggalakkan pemberian ASI bagi anak-anak. Karena beliau juga tergabung dalam AIMI yang membuat saya bebas bertanya perihal kegiatan AIMI dan seputar ASI.

Ini nih tulisan-tulisan dari beliau yang selalu memiliki bobot manfaat bagi pembacanya www.yervihesna.com/



5. Deasy Burhan


Saya ingin menuliskan juga sosok beliau yang telah mendahului kami semua di dunia. Allah lebih mencintainya sehingga memberikan yang terbaik untuk mba Deasy rahimahullaha. Beliau juga dikenal sebagai Food Blogger.

Seorang yang selama hidupnya berjuang menjalani kemoterapi, kanker yang dideritanya memang sudah memasuki stadium yang cukup lumayan. Tapi, meski begitu, beliau senantiasa ceria dan tampak semangat dalam banyak hal.

Selalu teringat pesannya setiap kami membahas DA, PA atau alexa rank. Beliau akan melontarkan kalimat, "ya sudah nikmati saja. Menulis saja tanpa harus mikir ini dan itu." Hingga akhirnya kami tersadar untuk segera mengingat tujuan kami masing-masing dalam hal blogging.

Kami juga masih menginga ketika chat terakhir mba Deasy yang merasa tak enak dan ingin mundur dari kegiatan Arisan Link. Kami semua merasa tak terbebani justru berharap agar mba Deasy juga tidak terbebani hal lain. Kami rela asal mba Deasy tidak keluar dari grup.

Tidak lama berselang, kabar itu mengejutkan kami semua. Yang sempat membuat kami berduka dan senantiasa terkenang dengan beliau. Semoga Allah mengampuni dosa-dosamu, Mba Deasy.

Selain itu, darinya kami juga percaya, bahwa blogger akan meninggalkan tulisan yang abadi seperti tulisan Mba Deasy di sini http://deasy.burhan.biz


6. Kania Ningsih


Ini dia sosok blogger yang sering juga saya kagumi sikap 'adem ayemnya'. Sempat saya pernah melemparkan pertanyaan pada beliau ketika diadakan live tweet bincang dengan mba Kania sebagai Blogger of the Month di grup KEB.

Saya menanyakan bagaimana kiat agar tetap adem ayem di dunia social media yang kerap kali terlalu hingar bingar? Ternyata jawabannya simple, mba Kania menjadikan waktu membuka social media sebagai hadiah. Hadiah apa? Tentunya hadiah setiap kali beliau menyelesaikan tulisannya.

Dari situlah saya melihat bagaimana perjuangan mba Kania yang tampak asyik menulis dan berbagi melalui blognya. Bahkan,  saya pernah juga menuliskannya di blog saya ini tentang sosok beliau. Dimana mba Kania benar-benar bisa memanfaatkan waktunya serta membagi waktu dengan baik. 

Jangan salah, mba Kania sudah membuktikannya melalui beberapa blog yang dikelola beliau. Semuanya memiliki update yang menarik, bukan sekadar blog yang dihuni sarang bakwan. Penasaran dengan apa yang ada di kepala mba Kania? Silakan mampir www.rumahmayakania.com/

Baca Juga "Tips Mengelola Waktu"


7. Dian E. Suryaman


Blogger yang berasal dari Madura ini juga senantiasa bercokol ringan di grup. Empunya blog https://dianesuryaman.wordpress.com yang gemar jalan-jalan sering bikin mupeng. Kadang tidak ada kabar di grup, tau-tau habis jalan ke suatu tempat.

Itu juga kami taunya dari postingan rekam jejak petualangnya. Huhu, mba Dian ini paling bisaaaa aja deh. 

Bukan itu saja, mba Dian juga pernah beberapa kali memenangkan lomba, yang pastinya membuat mba Dian dihujani ucapan selamat. Tapi, blogger dari Madura ini tipikal yang sederhana tidak terlalu ribet untuk urusan hidup.

Baginya, usaha optimal itu wajib tapi keputusan dari Allah itu yang paling utama. Jadi bakalan terlihat kesan santai dari beliau. Bahkan saya waktu awal mula bergabung, sempat ragu karena namanya mba Dian ini lumayan unik. Saya pikir masih muda, anak kuliahan gitu, ternyata....jeng...jeng....


8. Ety Abdoel


Ini sih sosok yang tak perlu diragukan lagi pengalaman dalam dunia blogging. Serius deh, pasti sudah banyak yang kenal dengan mba Ety. Huhuhu, blogger yang tinggal di Solo ini juga pernah mendapat penghargaan Blogger of the month loh. Karena konsistensinya juga dalam menulis plus blogwalking.

Jadi siapa yang berkunjung ke http://etyabdoel.com niscaya akan dikunjungi balik oleh beliau. Tenang saja, tak perlu khawatir kalau-kalau sudah pernah meninggalkan komentar di sana, karena mba Ety ini termasuk rajin update blognya.

Pasti akan disapa dengan tulisan baru dari beliau. Oiya, saya juga banyak belajar dari Mba Ety, tentang dunia tulis menulis, seperti apa sih tulisan yang bagus, bagaimana sih biar bisa tembus media cetak. Iya, mba Ety selain nulis untuk blog juga pernah tembus media cetak loh, bahkan memenangkan lomba blog beberapa kali. Duh, mupeng kan jadinya...

9. Lidha Maul

Uhuk! Siapa yang belum kenal dengan blogger kece satu ini hayoooo. Blogger ini yang punya header jeruk dan dikenal dengan mba Buljer aka Bulir Jeruk seantero blogger. Apalagi beliau memiliki ciri khas, yaitu selalu menyematkan gambar desain di setiap tulisannya.


Entah itu desain grafis ataupun gambar dari hasil kerajinan tangannya. Kreatif memang beliau ini, yang membuat banyak sekali penggemar mba Lidha. Sosok Ibunya C'mumut, yang tinggal di Balikpapan ini, selalu dirindukan tulisan 'cemamawnya' oleh kami semua.

Kadang suka ada yang melemparkan pertanyaan, "kira-kira mba Lidha bakal nulis kayak gimana yaaa.." Teka-teki yang selalu ditunggu oleh fansnya. Kalau pembaca termasuk penasaran kenapa bisa punya banyak fans silakan mampir www.bulirjeruk.com/

10. Rita Asmara


Ada yang berasal dari Palembang? Sama loh dengan pemilik blog http://rita-asmara.com ini, beliau juga berasal dari Palembang. Sosok yang sama, kalem juga, terus rajin serta kekeuh untuk upgrade ilmunya. Ini tampak dengan usaha beliau yang senantiasa mau belajar hal-hal yang terkait dengan profesinya. Belum lagi, meski sibuk di dunia nyata menjadi seorang abdi negara, beliau juga masih rutin nimbrung diskusi santai di grup Arisan Link.

Di grup, meski jarang online, tapi tetap kami semua welcome, karena sadar akan kesibukan semua anggota grup di dunia nyata. Kecuali yang sibuknya kayak saya, sok sibuk sih, kaerna pekerjaan saya menuntut untuk online hari demi hari, huhuhu. Namun, meski begitu, mba Rita ini termasuk yang konsisten banget untuk urusan blogging.

Terlihat dengan kegiatannya yang tidak sekadar menulis saja, tapi juga blogwalking, membalas komentar di blog, tapi tidak tetap kalem ketika banyak pro dan kontra di dunia luas. Ah, saya jadi berpikir, semoga saja ketika saya memasuki usia matang, saya juga bisa menjadi perempuan yang kalem tapi tetap menunjukkan keoptimalan dalam profesi yang saya geluti.

Baca Juga "Blogger Palembang Yang Pantang Menyerah"


11. Mira Avrianty


Beliau ini Emaknya K1 dan K2 loh, eh bukan...bukan K2 yang drama korea itu. Tapi nama inisial dari anak perempuan yang cantik jelita, Ibunya namanya Mba Mira Avrianty. Sempat awal mula kenal dengan beliau, saya pikir Mba Mira ini adalah Mira yang lain, yang saya kenal melalui blog lain.

Ternyata Mba Mira ini berbeda, meski namanya sama. Mba ini termasuk yang suka selfih dan suka minta tolong anaknya buat motret itu loh, wkwkwkwkwk. Yang paling identik dengan mba Mira ini adalah, selalu ada embel-embel nama suaminya 'Udjo' di namanya. Ini semacam branding jadinya buat saya membedakan Mira yang mana nih.

Meski begitu, pemilik blog http://kakira.my.id/ ini punya segudang kegiatan yang bermanfaat loh. Suka tiba-tiba fotonya nongol di event-event bloger. Belum lagi, selalu saja tidak lupa untuk berbagi jejak kenangan melalui foto-fotonya di instagram. Bahkan ketika berbincang tentang tema foto pada instagram, beliau memberikan ilmunya yang bermanfaat pada #gengijoek lainnya.

Semoga berkah ilmunya yaa Mba Mira. Dan teruslah semangat untuk nulis, apalagi belakangan saya melihat semangat nulis mba Mira sudah lumayan dari sebelumnya awal kenal mba Mira. Ehem... * sodorin Ijuk saus padang *.


12. Primastuti Satrianto


Hayooo, siapa yang belum kenal dengan mba Ima? Panggilan akrab dari blogger Jogja ini, sepertinya sudah banyak yang kenal ya. Karena beliau memang ramahnya luarrrr biasa. Apalagi, sama seperti mba Mira, mereka berdua ini ahli dalam dunia per-selfi-an. Selain itu, Mba Ima ini juga dikenal dengan hobinya yang suka traveling sama makan-makan.

Ini nih bagian yang sering membuat saya suka salah fokus. Soalnya kalau selfi barengan dengan makanan yang terpampang nyata di mata saya meski letaknya di pojokan. Iya! Kalau sudah lihat foto makanan, mata saya langsung ijo, mwehehehee. Blogger yang satu ini asli kok ramahnya, tanya deh teman-teman dari Blogger Jogja, pasti setuju dengan pendapat saya ini.

Empunya blog http://www.ceritamanda.com/ini termasuk rajin juga dalam urusan posting di blog. Plus, jangan salah, selain mengurus bisnisnya, mba Ima juga sering datang ke acara-acara bloger yang bermanfaat. Jadi, sambil mengisi waktunya, beliau selalu menghabiskan waktu untuk hal yang bermanfaat dan seperti beberapa waktu lalu, mba Ima juga berbagi ilmu tentang internet sehat.

Semoga semakin semangat yaa Mba Ima, berbagi hal positifnya.

Baca Juga "Blogger Jogja Yang Gemar Traveling"


13. Lendy 

Ehem! Pecinta drama korea mana suaranyaa?? Sini..sini, saya kenalin dengan salah satu anggota Arisan Link IV yang sama gemar drama korea. Terkadang kalau ngobrol sesuatu yang ringan, ujug-ujug mba Lendy suka ngajakin saya (baca memengaruhi) untuk nonton drakor biar tak stress.

Ehe, ehe, ini sih memang sayanya juga tidak keberatan sih. Tapi, mba Lendy dalam dunia bloging juga termasuk yang gemar belajar loh. Coba deh lihat https://lendyagasshi.wordpress.com isinya martikulasi pelajaran yang diikuti olehnya. Ini membuktikan bahwa sebagai perempuan memang dituntut untuk terus belajar dan belajar.

Toh, dalam islam Allah meninggikan derajat orang-orang yang menuntut ilmu yang bermanfaat. Jadi, semoga berkah ilmunya ya Mba Lendy, semoga juga apa yang dipelajari dan dibagikan bermanfaat juga untuk pembacanya.



14. Sinta Milia


Mba yang satu ini memang tampak jarang nimbrung di perbincangan grup. Tapi, kalau saya pribadi melirik dan kepo, saya yakin kalau mba Sinta ini sedang sibuk. Eh, sibuk apa? Yang saya tahu, mba Sinta ini juga memiliki online shop. Karena pernah juga menulis tentang berjualan di Shopee.

Jadi, saya menebak, mba Sinta selain sibuk di dunia nyata sebagai seorang Ibu juga sibuk mengurus online shopnya. Atau siapa tahu mba Sinta memiliki kesibukan lainnya. Tapi, jangan salah loh, beliau tetap komitmen menulis untuk grup Arisan Link. 

Kalau tidak percaya, coba cek deh blognya http://www.sintamilia.com/ yang berisi banyak hal juga setoran arisan link. Hmmm, seperti ini juga nih yang patut dicontoh, adem ayem tapi tidak ketinggalan berita, ya kan Mba Sinta? #IpehSKSDBanget


15. Dwi Puspita


Ah, kalau saya lagi malas ngeblog, kadang suka malu dengan teman-teman #GengIjoek. Seperti mba Dwi ini yang raaajin banget posting artikel di blognya. Update terbarunya yang berisi pemenang arisan link ke 13, membuat saya yakin, kalau Mba Dwi ini benar-benar berkomitmen penuh mengelola blognya.

Tapi, saya ingat awal mulanya ketika saya berkunjung ke blognya mba Dwi ini, kalau tidak salah ketika mba Dwi menulis tentang kegiatannya setiap usai solah Subuh. Yaitu berolahraga, duh saya tuh selalu memiliki keinginan yang besar namun tidak disertai prakteknya. Alhasil, olahraga masih menjadi keinginan belaka, huhuhuhu.

Ini nih yang membuat saya salut sama mba Dwi, meski sering gendong anaknya kemana-mana, tetap menghabiskan waktu untuk rutin olahraga serta mempraktekkan gaya hidup sehat, coba deh mampir ke rumah mayanya, http://www.dwipuspita.com/ biar sekalian tersulut untuk semangat lagi berada di jalan hidup yang sehat.


16. Ardiba Safrienda


Saya senang kalau mampir ke blognya mba Diba yang ini http://www.ardiba.com/ selalu disapa dengan headernya yang lucu tapi bikin betah mengamatinya. Serius deh, setiap mampir saya pasti berlama-lama menatap gambar headernya. Mewakili susunan keluarga mba Diba banget, tapi dengan cara yang unik.

Sama seperti teman-teman lainnya, mba Diba ini termasuk rajin menulis di blognya. Perempuan yang ternyata berasal dari Palembang namun tinggal di Jogja juga sering mengikuti acara-acara bloger bersama dengan Mba Ima. Dan memang mereka berdua ini duo bloger yang selalu terlihat dateng bareng ke acara blog.

Selain itu, mba Diba juga terkadang berbagi ilmu dengan teman-teman di #GengIjoek juga loh. Saya pernah berbincang di japri dengan mba Diba tentang membaca. Karena waktu itu saya mendapat 'jatah' giliran menjadi 'artis sesaat'. Sambil mengenang, saya teringat dengan curhatan hati mba Diba yang ingin memiliki anak yang gemar membaca. Semoga saja, sekarang anaknya sudah mulai mengenal buku yaa Mba Diba. Kalau belum, coba adakan quality time dengan membaca bareng dengan Mommynya. Hehe, sok tau ya saya :D.


17. Atisatya Arifin

Siapa yang mengaku beatuy blogger? Sudah kenal kan dengan mba Tya ini? Beliau sudah menemukan passionnya dalam dunia bloging. Jadi, tidak heran kalau banyak orang yang menjadikan blognya mba Tya sebagai tempat mencari rekomendasi kosmetik atau perawatan wajah dan tubuh yang aman. Termasuk saya, yang terkadang ngubek-ngubek blognya untuk mencari tahu, kira-kira produk ini bagus dan rekomen gak ya.

Etapi, kalau belum ditulis di blognya, saya biasanya langsung saja bertanya ketika mba Tya sedang online. Maklum selain sibuk mengajar, mba Tya juga sedang melanjutkan pendidikannya. Jadi, jangan baper ketika bertanya dan dijawabnya lama oleh mba Tya.

Kalau ada yang mencari rekomendasi produk yang oke punya bisa loh mampir ke blognya mba Tya http://www.talkativetya.com/ saya sendiri sudah banyak mendapat hal yang bermanfaat dari beliau. Termasuk tentang kuliah di UT yang memang sudah saya incar sejak lama. Tapi, masih belum ada pergerakan hehe. Semoga saja mba Tya lancar yaa pendidikannya.

Baca Juga "Beauty Blogger Dari Indonesia"


18. Titis Ayuningsih


Bertemu pertama kali di acara Kelas Blogger, membuat saya dan Titis 'lumayan' dekat. Sering berbagi pikiran dalam membahas hal-hal yang mengganggu pikiran. Perempuan yang memiliki energi yang lumayan ini, senantiasa bermimpi untuk melanjutkan kuliah S2nya. Saya sangat mendukung pilihan ini, apalagi mengingat pendidikan itu hal yang penting juga, karena orang yang menuntut ilmu akan ditinggikan derajatnya oleh Allah. 

Sama seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya. Nah, mba Titis ini juga gemar jalan-jalan, seringnya tau-tau sudah muncul di bagian daerah lain sambil asyik berbagi pengalamannya melalui foto yang diupload di instagram. Selain itu, sekarang ini semenjak mengikuti training yang berbobot, mba Titis sudah mulai rajin menulis juga sudah memiliki konsep kembali untuk blognya.

Bagus ya, jadi saya sering terinspirasi dari teman-teman lainnya untuk terus maju dalam menulis. Agar tidak tertinggal tentunya. Bisa dilihat nih perubahan dari Titis melalui blognya http://www.titisayuningsih.com/ biar sekalian berkenalan juga.


19. Sandrine Tungka

Ibu muda yang satu ini juga sedang lumayan sibuk, mengurus buah hatinya sambil sibuk bekerja. Tidak heran jika mba Sandrine akhirnya lumayan tertatih-tatih mengikuti perbincangan di grup atau juga menulis untuk setoran Arisan Link. Tapi, saya tetap acungi jempol karena masih terus bersemangat untuk menulis dan komitmen untuk terus mengejar ketertinggalannya.

Hal yang menarik adalah ketika pertama kali kami menulis untuk blog mba Sandrine ini http://www.sanwajourneys.com/ banyak yang bertanya-tanya kira-kira mba Sandrine ada hubungan apa sama Raymond Tungka? Wakakakakak, ini kenangan yang lama kemudian bersemi kembali. Serius deh, bukan satu saja yang bertanya tapi banyak yang penasaran tentang hubungan Tungka. Siapa tahu, dekat gitu kali ya. Bisa minta foto bareng #eh.


20. Muthia Nurul Rahma


"Pokoknya saya coba dulu deh, mau keterima atau gak, yang penting daftar dulu." Hmm, buat tim #GengIjoek sudah bukan hal yang baru nih. Bahkan semangat mba Mut menular ke sesama anggota. Kami semua tidak takut untuk mencoba hal baru yang insya allah bermanfaat, semenjak Mba Mut membagikan semangatnya di grup.

Selain itu, mba yang satu ini, yang masih galau dengan skripsinya, sering sekali update tentang komunitas atau pengalaman jalan-jalannya. Semoga saja skripsimu selesai dengan lancar ya Mut, siapa tahu, ketika kamu selesai terus membaca tulisan ini kembali, kamu teringat dengan perjuanganmu hehehe.

Juga saya teringat ketika Mba Mut sedang ingin mengubah template blognya, kami sama-sama memberi masukan yang kemudian menyulap blog mba Mut menjadi lebih mudah diakses http://www.mutmuthea.com/ apalagi dengan rekam jejak jalan-jalannya mba Mut. Pastinya pembaca akan memiliki banyak masukan ketika berjalan-jalan ke Pekanbaru.


Baca Juga "3 Tips Optimalkan Hobi Traveling"


21. Sri Luhur S.


Ibu muda yang tengah menikmati masa-masa hamilnya ini juga sering dirindukan curhatannya #eh. Serius, kadang saya penasaran, ini Ayi sedang sehat atau enggak. Hehe, tapi yang seru adalah ketika salah seorang dari tim #gengIjoek tengah bertanya tempat untuk membeli template atau desain template yang dipercaya dimana, Ayi sontak merekomendasikan suaminya.

Suaminya Ayi memang menawarkan jasa untuk desain template blog kok, bagi kalian yang ingin juga mencari tempat untuk desain blog, coba mampir dulu ke blognya Ayi http://www.cutdekayi.com/ karena beberapa kali mba Ayi ganti template hasil kerja suaminya.

Duh, enaknya, saya juga mau kalau begitu ya, hehehe. Karena sekarang saja, template Ayi sudah berganti lagi, ini nih yang bikin mupeng. Tapi, jangan kaget, karena bagaimanapun tujuan Ayi mengganti template juga sebagai portfolio usaha suaminya, ini namanya istri yang support pekerjaan suami, yekan yekan.


Baca Juga "New Mom is Here"


22. Monica Elisabeth


Sesama blogger bekasi, yang rumahnya deketan tapi belum pernah ketemu sampai saat ini, yaa kami berdua. Serius deh, bukannya gimana-gimana, pernah kami berjanji untuk bertemu, tapi ternyata oh ternyata ada banyak hal yang penting yang membuat kami akhirnya batal bertemu.

Duh, duh kapan ya Mon kita ketemuan sambil ngobrol bareng? Hehe. By the way, sama seperti mba Tya, Monic juga termasuk beauty blogger loh. Coba cek deh blognya http://www.elisamonic.com/ beliau sudah memiliki pembaca sendiri yang juga memiliki hobi yang sama. Mantap kan?

Selain itu, banyak juga tulisan pengalaman Monic terkait bekerja dengan orang tuanya, bagaimana suka serta dukanya. Plus sekarang ini mba Monic sedang giat untuk berolahraga dan praktek hidup sehat. Coba deh bagaimana mungkin saya tak iri lagi dan iri. Tapi yaa begitu deh, akhirnya, saya masih belum praktek jua.

Baca Juga "3 Hal Tentang Tujuan Hidup"


23. Asri Rahayu


Mba yang satu ini lagi jadi 'artis sesaat' karena tengah diulas profilnya di arisan link loh. Kalau ingin kepo, bisa meluncur juga ke postingan saya. Tentang blogger buku yang bermukim di Jogja, serta bagaimana sepak terjangnya dalam membangun hubungan dengan penulis dan penerbit. Blognya yang satu ini http://www.asrirahayu.com/ lebih terkenal dengan konsep Ngobrol Bareng yang sering memunculkan profil para blogger. Tanpa bayar loh.

Jadi, kalau kalian punya blog dan ingin muncul di blognya mba Asri bisa langsung menghubungi beliau, agar bisa diberi jatah untuk tampil di blognya :).

Baca Juga "Blogger Jogja Yang Gemar Membaca"


24. Intan Novriza

Waktu awal mula berkenalan dengan mba Inokari aka Mba Intan, yang saya tahu beliau juga termasuk pembaca buku. Tapi, karena kesibukannya menjadi penyiar radio membuat mba Intan bahkan keteteran untuk urusan membaca sama menulis. Saya membacanya di tulisan terbarunya waktu itu, betapa Intan tengah sibuk mencoba membagi waktu untuk menulis, pekerjaan dan diri sendiri.

Memang ya, masalah membagi waktu ini memang bukan pekerjaan mudah, saya pribadi juga mengalaminya loh. Begitu sulitnya sampai kadang kebingungan sendiri mau mengatur jadwal seperti apa. Begitu banyak rencana, begitu sempit waktu. Sama seperti pengalaman Intan yang ditulis di sini http://www.inokari.com/ .


25. Faycha

Ada sosok yang masih misterius bagi saya, sosok ini nih, mba Faycha yang belum saya bisa ekplore kira-kira beliau ini bagaimana ya. Hehe. Tapi yang selalu saya ingat dari blognya http://blog.imajinasiasha.web.id/ yaitu dia selalu menyediakan gambar grafis yang ciamik, sama seperti mba Lidha yang selalu bermain-main dengan desain grafis dan disematkan dalam postingannya.

Termasuk bloger yang adem ayem juga, karena jarang saya lihat ocehannya selain rekomendasi musik-musik yang sedang dia dengarkan. Jangan salah, saya juga suka stalking pengen tahu musik apa yang kira-kira bisa enak didengar juga oleh saya. Termasuk kesamaan bagi saya, musik-musik mba Faycha ada yang juga saya suka seperti Alan Walker yang Faded, yekan mba? Eh saya mah nyama-nyamain aja ya :D hehe. Etapi, mba Faycha ini juga termasuk yang diam-diam tapi tetap komitmen nulis loh di blognya.

Coba deh ubek-ubek blognya, yang isinya banyak tutorial yang bermanfaat buat pembaca.


26. Nyi Penengah Dewanti

Hampir terlupa, astaga... ini kesalahan saya yang sempat siwer karena melihat tulisan-tulisan ini. Maklum ini baru pertama kalinya saya menulis panjang sekali untuk keperluan blogging. Karena kalau urusan pekerjaan, saya pernah menulis lebih panjang dari ini. Yaiyalah, Peh..peh.

Nyi Penengah Dewanti, sosok yang diingat oleh teman saya dari grup KBI atau Klub Buku Indonesia. Bahkan ketika saya tanya, eh Nyi juga lupa lagi hehehe. Mungkin karena kesibukannya akhirnya masa-masa singkat itu terlupakan. Tak mengapa, karena malah kami dipertemukan kembali di grup ini.

Berkenalan dengan Nyi juga berkenalan dengan masa lalunya melalui buku yang pernah dipublikasi. Buku tentang cerita-ceritanya pada masa lalu. Juga sering saya tak dapat berkata apa-apa ketika mendengar kisah perjuangannya menjadi tenaga kerja di luar negeri. Ini yang senantiasa membuat saya selalu bersyukur bisa berkenalan dengan perempuan yang memiliki daya juang yang tangguh.


Kabar terbaru dari Nyi adalah kisah kemarin yang membuat cerita makin panjang dan asyik untuk diikuti. Tenang Nyi, akan selalu ada jalan untuk segala hal yang baik. Jadi semangat ya! Buat yang penasaran seperti apa sih tulisan Nyi Penengah Dewanti ini monggo mampir http://www.nyipenengah.com/

***

Tak terasa, ternyata insya allah sudah semuanya anggota #GengIjoek saya tulis di blog ini. Semoga saja tidak ada yang terlewat, karena saya terkadang suka siwer membaca dan mengingat nama-nama anggota arisan link IV. Berkumpul dengan mereka membuat saya sering merekonstruksi rencana dan impian setiap hari. Ada saja yang ingin saya coba praktekkan dari kebiasaan teman-teman saya ini.

Tapi, yang bermanfaat pastinya. Seperti mencoba untuk tetap semangat menulis no matter what people say about me. Tetap blogwalking meski banyak pro dan kontra terhadap hal ini. Dan melakukan hal yang memang saya suka, seperti membaca buku dan nonton film misalnya. Karena mereka selalu memberi porsi untuk teman-teman lainnya, sehingga eksistensi setiap anggota lain tetap ada.

Kenapa saya menuliskan semuanya? Karena jujur saja saya tidak bisa memisahkan para bloger ini, karena mereka semua menjadi satu kesatuan. Itulah kenapa saya ingin menuliskan kesan saya terhadap mereka semua yang sudah berkenan untuk berbagi baik suka maupun duka. Bahkan terkadang suka rindu dengan perbincangan ringan di grup. Semoga allah senantiasa melindungi kalian semua dan melimpahkan keberkahan untuk kita semua. Amiin allahumma aamiin.

Terima kasih sudah berkenan membaca dan selamat berkenalan dengan teman-teman bloger di atas. Selamat Hari Blogger Nasional. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Semoga semakin semangat menulis, karena menulislah maka namamu akan abadi, demikian quote yang paling terkenal dari Pramoedya Ananta Toer.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Terima kasih

Comments

  1. Daaaaannn..rajin amat ngulik 1 by 1...
    Biar ga salah2 klo kelak kita ketemuan..tarengkyuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, siapa tau saya mampir ke tempatmu bisa sekalian di guide gitu :p

      Delete
  2. Mba Ipeeeeh, love you full pokonya...

    ReplyDelete
  3. Luar biasaaaa
    Supeeerr

    Iya bener aku (sok) sibuk :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwkwk, takut salah menduga huhuhu. Semoga sukses yaa Mba Sinta apapun yang tengah kau kerjakan saat ini dan semoga berkah :)

      Delete
  4. Wwwwoooowwwwwww ipeeeeeehhh, pantaassss jadi ketua #GengIjoek emang. Hahahahaha. Terima kasih mengenalku di dunia maya seperti ini, semoga berjodoh ketemu di dunia nyata ya Ipeh. Request yg dipinginin dari foto2ku. Dan semua anggota arisan link IV sudah di link di tulisan ini, berarti ipeh sudah lunas nii setor arisannya. Hehehehehee. Ipeh, sukses selalu dan dimudahkan segala urusannya. Tetap jadi Ipeh yg gemar membaca, ceria dan baik hati. Love you!

    ReplyDelete
  5. Waaah Ipeh .. luar biasa lho usahanya menuliskan tentang kami semua ...

    Love you much muaaaah :*

    ReplyDelete
  6. Ipeeeh, maniiies banget sih, kamuuu.
    Jadi GR ada yang merhatiin.
    Sukses terus buat Ipeeh.

    ReplyDelete
  7. IPEEEHHHH.. Hahahahahah.. Maacih loh.. Aku terhura bacanya.. Iissshhhh kamuh.. Tau aja fotografer aku itu k1. Hahahahaha..

    Eh iya.. Ini komeng pertama pake url baru loohh..

    *ambil ijuk saos padangnya* *lempar ijuk goreng*

    ReplyDelete
  8. Baru kali iniii nama aku ada di blog sahabat Blogger.

    Senangnyaaa..

    Ternyata begini rasanya jadi artiiss...^^

    Ipeeh,
    Ipeh yg cantik, rajin dan bijaksana kesayangan Arisan Grup IV, semoga persahabatan #gengijoek ini ga berubah sampai kapanpun.

    Saling menguatkan selalu.
    Aamiin.

    *lovelovelove you muuch..
    *saranghaeee...

    ReplyDelete
  9. Sudahlah, Peh. Aku ga bisa komen apa-apa lagi *terharu*.
    Aku, sebagai PIC arisan link, malah banyak belajar darimu juga dari teman-teman. Kaliab benar-benar bisa menjawab pertanyaan apapun selama ini, dengan sabar dan rinci serta runtut. Makasih Ipeh atas tulisannya. Love you all..

    ReplyDelete
  10. Berasa mimpi apa gitu padahal semalam baru "nyesek" eh hari ini dikasih kejutan sama mbak Ipeh, kapan kita curhat"an lagi mbak? Wkwk


    Makasih buat supportnya dan salam gengijoek

    ReplyDelete
  11. Wow mupeng bisa gabung sama genkIjoek mba biar ketularan dikepret Ijuk-nya hahaha...mantep mba Ipeh selamat Hari blogger makin menginspirasi ^^

    ReplyDelete
  12. Baca postingan ini aku merinding, senyum-senyum bahagia dan akhirnya terhura eh terharu *lap ingus*
    Another unbiological siblings. Bagaimana kita yang nggak punya ikatan biologis, yang belum pernah bertatap muka bisa merasa begitu dekat dan saling sayang.

    Akan kubayangkan wajah kalian dalam setiap doa Rabithah ku. Semoga Allah memberkahi pertemanan kita, menguatkan ikatan cinta diantara kita. Amin.
    Jazakillah khayr sudah menuliskan ini, Ipeh Alena.

    *lap ingus lagi*
    *lalu terbang pake ijuk*

    ReplyDelete
  13. Cuma nomor tiga yang aku kenal. Aku kadang juga berlagak alay, mencuri perhatian.

    ReplyDelete
  14. memang nama-nama teman blogger nya adalah teman-teman yang kece dan terkenal , kereeeen semuanya, selamat hari blogger juga Mba Ipeh ALena

    ReplyDelete
  15. Keren, ternyata ada kegiatan arisan link juga di dunia blogger. Sebagian sudah kenal lewat tulisan-tulisan mereka yang ciamik.
    Saya sebenarnya sekarang sedang bertanya-tanya, "emang ada peristiwa besar apakah di dunia blogging yg terjadi?" Kayaknya ada kehebohan yang terlewatkan *yaiyalah ga tahu, ga gaul :D *

    ReplyDelete
  16. Selamat Hari Blogger Nasional ya. Semoga kita semua makin giat berkarya.

    ReplyDelete
  17. Kak Ipeh so sweet sekali. Kisskiss
    Semoga genkijoek tetap kompak selalu, makin semangat ngeblognya dan ka Ipeh tetap semangat 45 buat sharing ilmu-ilmu baru :)

    ReplyDelete
  18. Jeng...Jeng....dan aku pun baru komen disini... Ahh Ipeh selalu keren :) Thanks yaaaa Selamat hari Blogger Nasional...Semoga kita terus semangat nulis an ngeblog... *senangnyaaaa dikira anak kuliahan hahahaha*

    ReplyDelete
  19. lho..lho komenku kemana, kok gak ada?
    kok bisa sih gak ada...
    kok bisa sih..
    kok bisa sih..
    kok bisa sih no.9 itu bagus bener -__- *malu.malu.malu*

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah