Film Inferno 2016

inferno movie 2016
Source : fandangodotcom



"Maybe the pain can save us(human). ~ Zobrist"


Zobrist, idola baru bagi banyak kalangan. Dia menjabarkan tentang populasi manusia yang semakin hari semakin bertambah. Hal inilah yang mengakibatkan bumi yang kita huni semakin terasa 'sakit'. Dibutuhkan sebuah resolusi dengan membangkitkan kembali WABAH HITAM untuk mengembalikan kehidupan bumi seperti beberapa milyar tahun sebelumnya.


Film yang dimulai dengan adegan yang membuat saya terasa nyeri, yaitu ketika Langdon berada di rumah sakit dengan luka di kepalanya serta kondisinya yang sangat amat mengenaskan. Langdon tidak mengingat apa-apa, tapi beberapa kali sebuah visi berkelebat di kepalanya membuat dia seperti berhalusinasi. Ketika terbangun, seorang dokter bernama dr. Brocks mengatakan bahwa Langdon terkena amnesia.

Tidak lama kemudian, datanglah seorang polisi wanita yang membawa senjata. Membuat Langdon ketakutan dan dibawa pergi oleh dr. Brocks menuju apartemennya. Di sanalah, dia kebingungan dan berusaha mencari tahu kenapa dia berada di Firenza.


Inferno

Saya belum membaca buku Inferno yang juga merupakan rangkaian dari perjalanan Robert Langdon si tokoh utama yang diciptakan oleh Dan Brown. Meski begitu, entah sudah beberapa kali, karya Dante dijadikan sebuah ulasan yang cukup baik, melalui cerita yang membawa pada teka-teki serta menyibak tabir kejahatan. Seperti film sebelumnya, The Da Vinci Code dan Angel and Daemon, Langdon kembali dimintai pertolongan untuk menemukan petunjuk rahasia yang ditinggalkan oleh Zobrist.

Sebelum saya lanjutkan, bagi pembaca Dante mungkin sudah mengetahui tentang Inferno, yang dalam bahasa inggris berarti Hell (neraka). Inferno ini sendiri merupakan bagian pertama yang ditulis dalam buku The Divine Comedy. Dante, menulis buku ini dengan menggunakan gaya penulisan puisi narasi, yang terdiri dari beberapa kanto.

Baca Juga "Sosok misterius Healer"

Ada tiga bagian yang dibahas dalam buku The Divine Comedy, yaitu Inferno (Hell), Purgatorio (Purgatory) dan Paradiso (paradise). Kalau ditanya apakah saya sudah pernah membaca buku Dante, saya jawab sudah. Dan apakah saya memahami langsung kanto-kanto yang terdapat di dalamnya? Saya jawab TIDAK. Saya membutuhkan bantuan Google untuk mencerna maksud dalam setiap baris kanto-nya.

Baik, dalam film ini Inferno menjadi fokus utama hingga menggunakannya sebagai judul. Mengapa inferno? Menurut Dante, neraka itu terdapat 7 lapisan. Dan Zobrist yang menggunakan Inferno sebagai materi untuk disebar-luaskan ke khalayak ramai melalui media streaming online. Dia mengatakan bahwa manusia tengah memasuki kehancuran akibat ulah mereka sendiri. Oleh karena itulah, Zobrist banyak dicari bahkan oleh WHO atas sesuatu yang tengah direncanakannya.

Baca Juga "The Unborn Child"


Jejak Peninggalan Sejarah


Seperti yang kita tahu, kalau beberapa film yang menjadi 'serial' Robert Langdon ini selalu memasuki tempat-tempat sejarah yang asyik untuk dikunjungi secara langsung. Demikian pula dengan beberapa tempat yang menjadi latar tempat film ini, seperti di Firenza yang berlokasi di Italy. 

Selepas Langdon sadar dan diselamatkan oleh Brocks, dirinya masuk ke salah satu museum untuk mencari tahu mengapa benda rahasia yang berisi petunjuk, berada di tangannya. Cerca Trova, itulah anagram yang ditemukan dalam peta rahasia berisi gambar neraka 7 lapis karya Dante. 


Cerca Trova merupakan misteri paling terkenal yang sudah pernah terjabarkan jawabannya. Tulisan ini nyata adanya, terdapat dalam salah satu lukisan Vasari [1]. Di museum inilah, Langdon mengawali pencariannya. Museum yang berisi banyak sekali lukisan yang berada di lapisan atap kubahnya, membuat mata saya berdecak kagum. Saya termasuk penyuka museum, melihat betapa museum di Fireza sangat bagus dengan kumpulan benda-benda bersejarah dari abad pertengahan, membuat saya mencatat tempat ini sebagai tempat yang layak dikunjungi.

Di museum Palazzo Vecchio ini juga, Langdon mendapati kenyataan bahwa Topeng wajah Dante menghilang, disembunyikan oleh Ignazio. 


Mereka juga mengunjungi beberapa tempat seperti Gereja Florence, juga mengunjungi Venice. Tidak lupa juga mereka berakhir di Hagia Sophia yang terletak di Istanbul. Kenapa Hagia Sophia? Karena tempat itulah yang menjadi tempat kematian Dante. 

Hal yang membuat film ini selalu membuat penasaran adalah Langdon dan teman yang menyelamatkannya ini, selalu saja bisa menemukan jalur rahasia dari gedung-gedung tua ini. Mulai dari pintu rahasia untuk melarikan diri sampai pintu rahasia yang jumlahnya sangat banyak sekali, yang kemudian membawa mereka pada sisi lain gedung.

Baca Juga "3 Pesan Dari Film Toy Story"


Film Ini Melelahkan


Saya tidak berbohong, selama menonton film ini. Saya benar-benar merasa lelah. Sama seperti film sebelumnya dimana Langdon dikejar oleh pihak-pihak yang dari awal film diputar membuat penonton bingung ingin menentukan yang mana Tim yang baik dan yang mana Tim yang jahat. Semua masih abu-abu sampai pertengahan film.

Belum lagi, juga sama seperti film sebelumnya, dimana Langdon melarikan diri dari satu tempat ke tempat lain demi melepaskan diri dari polisi dan petugas terkait. Ini sungguh melelahkan ketika saya menontonnya, atau akibat saya terlalu serius menontonnya? Hehe. Karena benar-benar isinya lari dari satu tempat ke tempat yang lain.

Belum lagi usaha penyelamatan diri yang masuk-masuk ke lorong gelap, sampai melewati ketinggian seperti atap museum. Dari satu scene ke scene yang lain begitu cepat, tidak seperti di Da Vinci Code dimana Langdon masih diberi waktu lebih lama untuk membaca anagram dari angka-angka yang tertinggal di jejak mayat yang tergeletak. Bahkan, saat membaca petunjuk dari balik topeng Wajah Dante saja, cukup cepat dibacanya, kemudian berpindah lagi scene mereka naik kereta.



Dosa Terbesar Manusia Dilakukan Atas Nama Cinta


Kalimat di atas saya kutip dari pernyataan Langdon yang tengah berbicara dengan Brocks. Bahwa kebanyakan manusia melakukan dosa dan kejahatan atas dasar Cinta. Dari hal inilah yang justru banyak menimbulkan kehancuran. 

Film ini bagi saya bagus untuk ditonton. Karena, memang membawa saya pada tempat-tempat serta sejarah yang membuat saya penasaran hingga akhirnya mencarinya sendiri. Tentang Dante, Langdon sempat misuh-misuh, bahwa karya Dante seringkali dijadikan sebuah alasan untuk melakukan kejahatan oleh para fans beratnya Dante.

Hingga Langdon sempat kesal dengan kenyataan bahwa dia harus kembali lagi bermain-main dengan Dante dan kantonya serta sejarah yang berkaitan dengannya. Hmmm...menjadi ahli sejarah dan kode seperti Langdon membuat saya tertarik, buku-buku apa saja yang bisa membuatnya banyak mengetahui segala hal seperti ini ya. Hehehe.


Jadi, bagi pembaca yang belum menonton film ini dan memiliki keinginan untuk menonton. Siap-siap untuk dimanjakan mata kita melalui lensa kamera menuju tempat-tempat yang memiliki bangunan yang indah dan tempat yang membuat kita berpikir untuk mengunjungi tempat tersebut, suatu hari nanti, mungkin. Terima kasih sudah membaca tulisan saya.



Sumber referensi :

[1]. Cerca Trova http://www.florenceinferno.com/cerca-trova-or-catrovacer/ diakses pada tanggal 24 Oktober 2016

Comments

  1. Iyaa filmnya memamng melelahkan... Aku aja udah ada bukunya Mbak Ipeh, cuma lagi malas bacanyaa soalnya berat dan butuh konsentrasi hihihihi..
    Nanti aja ah nontonnya kalau udah ada downloadnya dheheh *tinggaljauhdaribioskop

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehehehe, saya masih belum ada buku2nya dan brown. karena masih ngincer buku lain :D

      Delete
  2. wih langsung di tulis reviewnya, aku nonton minggu lalu masih belum nulis. banyak film yang lewat nih buat di tulis. sepanjang film aku deg2an loh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku deg2an tapi juga kerasa capek, lari-lari mulu ahahahaha, belom lagi ngos-ngosan gitu, jadi ikutan capek :D

      Delete
  3. Menantang nonton film yang perlu penelaahan mendalam kayak ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi, sambil jalan-jalan mba Ani, menikmati museum dari layar bioskop

      Delete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah