Blogger Jogja Yang Gemar Membaca

October 26, 2016

Blogger Jogja Yang Gemar Membaca



Blogger Jogjakarta Yang Gemar Membaca - Punya hobi yang sama seperti saya, yaitu membaca, membuat saya merasa senang. Karena pastinya, untuk urusan membaca buku serta menulis ulasan, merasa tertantang agar rajin menulis di blog khusus buku. Seperti beberapa waktu lalu, saya sempat mengalami kemalasan yang tiada terkira untuk menulis ulasan. Terlebih waktu untuk membaca semakin sedikit tersedianya. 

Nah, keuntungan memiliki teman sehobi itu, bisa memicu keinginan untuk kembali membaca buku serta menuliskan ulasannya. Menjadi penyemangat dikala suntuk dan rasa malas melanda. Jadi, kalau sedang berhadapan dengan rasa jenuh untuk ngeblog, coba deh sering-sering berkumpul dengan blogger lain yang rajin. Siapa tahu bisa ketularan rajinnya.


Hobi Membaca


Saya pernah membaca di sebuah artikel, tentang hal apa saja yang sebaiknya tidak ditanyakan pada para pembaca buku. Salah satunya adalah pertanyaan 'Kenapa suka membaca?' atau pertanyaan 'Kenapa tidak pilih hobi lain?' Hehe, ini pertanyaan yang juga pernah dilontarkan oleh orang terdekat saya, yang hanya bisa saya jawab dengan senyuman. Karena pertanyaan seperti itu bukanlah pertanyaan yang membutuhkan jawaban.

Seperti hobi membaca dari Mba Asri ini, yang senantiasa membuat saya tidak bosan untuk bertandang ke blognya. Demi apa? Demi GIVEAWAY. Iya betul, giveaway. Hehehe, karena saya senantiasa berharap, siapa tahu bisa mendapat hadiah buku dari giveaway atau kuis yang diadakan oleh blogger buku dari Jogja seperti mba Asri ini.


Tentunya, buku-buku yang dijadikan hadiah untuk GIVEAWAY merupakan buku yang sudah dibaca atau ada beberapa yang belum sempat dibaca oleh Mba Asri. Kalau belum sempat dibaca, pastilah karena kasihan jika buku tersebut ditumpuk terlalu lama, sehingga sangat baik jika dijadikan hadiah. Ini sih memang harapan saya, bukan alasan dari Mba Asri, hehe. 


Bekerjasama Dengan Penerbit


Banyak para pembaca buku yang memiliki impian seperti ini. Bekerjasama dengan penerbit, kemudian bisa membaca buku gratis dari penerbitnya secara langsung. Namun, hal ini tidak didapat secara mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin bisa menjadi blogger buku yang dilirik oleh penerbit.

Di bawah ini saya ingin memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan untuk bisa dilirik oleh penerbit.


1.Memiliki Blog Dengan Tema Buku

Betul, kalau sudah punya blog dengan tema Buku, otomatis ini bisa mempermudah penerbit untuk menilai tulisan kita pada blog tersebut. Meski memang tidak menutup kemungkinan, blog dengan tema selain buku bisa diajak bekerjasama untuk kegiatan bersama penerbit ini.


2.Mengikuti Komunitas Pembaca Buku

Namanya mau mendekati penerbit, sudah tentu dong kita mencari jalan dengan cara bergabung dengan komunitas-komunitas pembaca buku. Selain bisa menjadi jalan pembuka, juga bisa menambah jaring pertemanan serta menambah referensi bacaan juga.

Bahkan di salah satu komunitas yang saya juga Mba Asri ikuti, bernama Blogger Buku Indonesia, sering menawarkan untuk menjadi reviewer sebuah buku dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Jadi, jangan malu-malu untuk bergabung dengan komunitas pembaca buku lainnya.

Baca Juga "Tips Mengelola Waktu Ala Kania Ningsih"


3.Rajin Memberikan Kabar Di Blog Kita

Kalau blog buku kamu masih sering dihinggapi sarang laba-laba, bersiap saja untuk sama sekali tidak dilirik dengan penerbit. Karena, penerbit pastinya lebih senang dengan blogger yang rajin serta loyal pada penerbit. Loyal dalam arti kata, gemar memberikan kabar terbaru, baik berupa ulasan atau tentang segala hal di dunia perbukuan yang berkaitan juga dengan penerbit tersebut.



4.Komitmen Yang Kuat

Betul, kalau sudah dilirik dengan penerbit, jangan sampai banyak alasan. Apalagi, biasanya penerbit akan mengawali kerjasama dengan cara review buku, atau menjadi host blogtour yang mana ini juga menjadi event yang sering diadakan. Apalagi kalau harus mengadakan Giveaway, siap-siap harus menyediakan waktu setiap hari untuk mengecek seberapa banyak antusias peserta dan banyak hal lainnya.

Kalau komitmen tidak kuat, nantinya pihak penerbit juga akan merasa malas untuk bekerja sama lagi dengan kamu.


5.Jalin Kedekatan Dengan Penerbit Dan Penulis

Kalau ini sudah terbukti, karena Mba Asri sering saya lihat berbincang melalui twitter dengan mba Indah Hanaco. Beliau termasuk penulis yang loyal juga, dari penilaian saya. Tapi, meski begitu, ada beberapa hal juga yang dilakukan Mba Asri untuk mengoptimalkan perannya sebagai blogger buku agar memiliki hubungan yang dekat dengan penerbit dan penulis.

Salah satunya dengan rajin kultwit yang berisi ulasan tentang buku tertentu. Dengan kultwit semacam ini, sehingga banyak pembaca yang bisa mengetahui apa hal-hal yang dibahas dalam sebuah buku. Atau ketika seorang penulis tengah membahas buku yang baru saja terbit, kemudian kita sudah membacanya. Jangan sungkan untuk ikut berbincang bersama.

Misalnya mengomentari seorang tokoh, bagaimana pengalamanmu membaca karya penulis tersebut. Bagikan saja, dengan bahasa yang baik sehingga penulis dan penerbit berkenan denganmu.


Rubrik Ngobrol Bareng Tempat Untuk Numpang Tenar


Kalau ada yang pernah menjadi bintang tamu di blog milik Mba Asri, pastinya sudah tahu bagaimana konsep 'Ngobrol Bareng' yang menjadi tema popular ini. Awalnya saya pernah melihat tawaran Mba Asri untuk menampilkan profil kita di blog beliau, tawaran tersebut tampil di salah satu grup blogger yang sama. Dari sinilah, saya banyak mengenal kegiatan, profesi dan segala hal dari para blogger yang ikut serta.

Bisa mengenal meski tidak begitu dekat dengan mereka, justru menambah panjang daftar nama-nama blogger yang tampil di blog mba Asri. Ide ini unik, meski memang ada beberapa keluhan dari saya, seperti pertanyaannya yang masih tampak begitu-begitu saja, sehingga terkadang saya bingung untuk memberikan komentar seperti apa. 

Semoga saja, kedepannya Mba Asri bisa melemparkan pertanyaan yang berbeda sehingga bisa menggali lagi potensi blogger yang tampil di blognya Mba Asri.


Beberapa Hal Dari Saya


Karena kami teragabung dalam grup yang sama, ini memudahkan saya untuk memantau seperti apa sepak terjang Mba Asri dalam dunia blogging. Hal yang saya pahami adalah Mba Asri sudah memiliki konsep untuk blog yang diasuhnya ini. Baik blog buku maupun blog pribadinya. 

Dari konsep inilah saya bisa melihat kalau Mba Asri serius dalam mengelola blognya. Jadi, bagi para blogger pemula yang ingin memulai menjadi blogger buku. Simak juga bagaimana ketekunan dan komitmen itu dibutuhkan. Karena memang tidak instan, jadi harus rajin dan serius mengelola blog yang ingin kita jadikan tempat berkarya.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.


Terima kasih




Informasi Tambahan


Asri Rahayu

Blog : http://www.asrirahayu.com/
Blog Buku : http://peekthebook.blogspot.co.id/

  • Share:

You Might Also Like

17 comments

  1. makasih diingatkan mba Ipeh untuk rajin baca karena kerasa kalau lalai baca mau nulis ko ya bingung memulainya karena minim kosakata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Kania, semoga semakin semangat membaca (sambil memotivasi diri sendiri)

      Delete
  2. Pengen masuk Komunitas blogger buku cuman blogku campur sari meski kadang ada beberapa reviewnya hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhehe, ayoo mba Herva, bikin aja blog khusus bukunya

      Semoga bermanfaat yaa mba, terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  3. Aku ngeh yang bagian Mba Indah Hanaco, soalnya sering banget saut-sautan sama Mba Asri di twitter mereka.
    Dan iya rajin banget kultwit dan bikin GA yaa.

    Kalau tentang profil blogger di blog Mba Asri, sekedar usul aja mungkin nggak plek ketiplek pertanyaan sama jawaban hasil wawancara. Jadi diblend gitu biar lebih nyambung dan enak dibaca. IMO ya Mba Asri^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh banget, sering ngobrol di twitter yaa Nyak. Btw, masukannya bagus, siapa tahu bisa maksimal lagi mba Asri dalam rubrik Ngobrol barengnya

      Semoga bermanfaat yaa mba, terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  4. aku kayakya pernah juga mampir ke blog Asri demi naksir buku yang dijadiin GA dia.. hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tukan tukan, samaan kita :D hehe

      Semoga bermanfaat yaa mba, terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  5. dulu aku sering dan senang membaca, tapi sejak punya bayi lagi ihh jd ngeri krn bukunya sering direbut ntar sobek deh.. terimakasih tipsnya mak, suatu hari pengen bisa dilirik penerbit :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat yaa mba, terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  6. Thanks tipsnya. :D Jadi mengingatkan sama hobi lama yang terbengkalai lantaran harus mengurus bayi dan padatnya kerjaan. :D

    ReplyDelete
  7. Saya suka baca buku, tapi jelas tidak sejago teman-teman dalam melahap buku, Kecepatan membaca saya dibawah rata-rata, tapi kalau sedang liburan bener-bener bisa 3-4x lipat kecepatannya. Karena itulah rasanya ilmu saya cetek banget.. apatah lagi dilirik penerbit. *Anaknya minderan :D

    ReplyDelete
  8. Jadi ingat blog buku saya yang sudah lama belum diisi
    Dan buku Mbak Hastira yang belum di-review.
    Hiks


    ReplyDelete
  9. Inget punya keinginan banyak...tapi belum terealisasi.

    Kaya Asri dan Ipeh.
    Punya blog khuseus buku.

    Sexy banget deeh...^^

    ReplyDelete
  10. Produktif banget Asri yaa..
    Jadi (lap) ngiler bikin blog buku.

    Aku...?
    Bisakah?

    ReplyDelete
  11. Asri produktif yah.
    Ini tulisannya Ipeh sekaligus jadi bahan masukan buat Asri. Moga2 ke depannya makin hits :)

    ReplyDelete
  12. diem2 aku ngepans loh ma kamu Peh :-D

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih