Akhirnya Bikin Akun Gravatar

October 20, 2016

Akhirnya Bikin Akun Gravatar



Akun Gravatar saya buat demi mempermudah ketika melakukan BW ke blog yang berplatform Wordpress. Awalnya karena komentar saya yang menggunakan link blog, seringkali nyemplung ke kolam spam, padahal saya berusaha tidak jadi spammer. Tapi, yaa mau bagaimana lagi? Di beberapa atau bahkan banyak teman blogger yang pakai Wordpress, ketika saya meninggalkan komentar, acapkali tidak ada di kolom waiting moderation apalagi langsung tampil. Ternyata, komentar saya larinya ke tetangga :D.

Usut punya usut, dari beberapa kali saya mencari tahu kenapa ya, kok komentar saya yang menggunakan link ke blog, ditandai sebagai spammer? Hingga kemudian saya mendapati, kalau ternyata ada beberapa hal yang kudu saya perhatikan setiap kali meninggalkan komentar di blog orang lain. 


Meninggalkan Komentar Di Wordpress, Perhatikan Beberapa Hal Ini



1. Buat Akun Gravatar

Kenapa harus bikin akun Gravatar? Biar ada fotonya aja? Yaa, tidak itu saja sih, memang benar kok, di blog orang luar negeri bilang, kalau mereka bete banget menerima komentar dari komentator yang tidak memiliki akun Gravatar sehingga foto mereka kosong.

Ini sudah dilabeli sebagai spammer ternyata, karena konon, menurut mereka, komentar yang baik pada Wordpress itu yaa, yang ada fotonya. Caranya gimana? Pakai email yang sudah didaftarkan di akun Gravatar. Saya pribadi masih baru juga sih dengan akun gravatar ini, jadi masih dalam proses eksplorasi.

2. Hindari Typo

Iya ini mah beneran, menerjemahkan sandi rumput saja saya tidak sanggup. Apalagi disuruh baca komentar yang isinya banyak typonya. Pasti lebih rumit dari sekumpulan kode yang beranak-pinak. Hehe, serius, saya pribadi pernah mengalami hal ini, sampai bingung mencerna maksud sang komentator saking typonya benar-benar njelimet. 

Jadi, saya mewajibkan diri saya sendiri untuk meminimalkan kesalahan penulisan. Biar yang baca segera mengerti dan tidak salah paham. Misalnya ngetik TAHU jadi TAHI itu kan beda kan ya...tuh kan iya beda... nanti malah salah paham -__-.

Baca Juga "How to start blogging"

3. Tinggalkan Komentar Yang Relevan

Ini sih sudah pernah saya tulis di beberapa hal yang harus diperhatikan kala Blogwalking ke semua platform (baca di sini). Intinya memang, sebisa mungkin untuk membaca secara keseluruhan tulisan blog yang disambangi. Dan usahakan untuk meninggalkan komentar yang relevan, jangan sampai berkomentar yang isinya menyanggah dan tidak setuju akan hal ini dan itu, tapi di tulisan tersebut sudah ada penjelasan yang serupa untuk jawaban sanggahannya.

Hambok yaa, kalau mau kelihatan pintar jangan malu-maluin, Peh..peh.. (ini saya ngomong sama diri sendiri kok )


Nah, nah kalau mau membuat akun Gravatar bagaimana caranya? Cukup kunjungi aka mampir saja ke link ini https://en.gravatar.com/ nanti pembaca tinggal bikin akun di sana. Kemudian jangan lupa untuk upload foto di Gravatarnya ya, sama modify profile-nya biar jelas kolom Aboutnya diisi. Jangan lupa bagi blogger, untuk menyematkan informasi websitenya di menu Websites.

Baca Juga "Cintai EBI"

Jadi, ini tulisan pengalaman saya, yang masih proses eksplorasi komen pakai Gravatar. Yang membuat saya cengangas-cengenges ketika baru pakai email Gravatar saat meninggalkan komentar di blog teman, yaitu munculnya foto saya. Hehe, seneng dong ya, bisa nongol fotonya, biasanya cuma gambar kepala sama bahu gak punya muka #eh.

Yasudah, semoga saja tulisan ala kadarnya ini tetap memiliki manfaat yang bisa diterima pembaca. Mohon maaf karena sedang 'sok' sibuk jadi sedikit ngawur tulisannya hehe.

Terima Kasih sudah berkenan membaca tulisan saya :)

  • Share:

You Might Also Like

6 comments

  1. ooo khusus wordpress yaa...pas baca judulnya ini apaaa lagi gravatar..begitu banyak harus di sign up kan ga inget semua id nya hehe ternyata saya ga usah daftar karena blogspot :D

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah saya juga sudah bikin mbak, ahi hi hi.

    ReplyDelete
  3. gara2 harus pakai gravatar ini mungkin ya teman2 yang pakai platform lain malas komen di tempatku he..he..
    jadinya aku sempat hanya bw ke wordpress saja,
    apalagi pernanh susah juga kasih komen di blogspot, nggak lulus2 nyocokin gambar

    ReplyDelete
  4. aku nulis aja banyak typo :) untung ada editor yg mau bantuin heheheh gayaaa

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, aku udah bikin juga. Jadi mudah kalau bw ke blog wordpress/ :)

    ReplyDelete
  6. Aku belum bikin hiks. Tar deh dibuatin. Mbk Ipeh masih untung cuma masuk spam, aq klo komen di wp sering gk muncul malah

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih