Shortcut Pada Chromebook - ASUS C201



Shortcut Pada Chromebook - Saat pertama kali paket saya yang berisi Notebook keluaran ASUS datang, saya sudah tidak sabar ingin segera unboxing, pasalnya yang saya beli ini OSnya berbeda. Betul, saya notebook ASUS yang lebih dikenal dengan istilah Chromebook ini baru sekali saya kenal saat saya melihat tampilannya di sebuah website ecommerce. Bentuknya yang stylish, serta masa hidup batrenya cukup lama. Saya pikir, sepertinya ini cocok untuk saya yang memang membutuhkan media menulis yang tahan lama. Karena belakangan sedang cukup kewalahan menulis menggunakan handphone.


Chromebook ini desainnya juga hampir mirip dengan handphone, easy to use banget. Tapi, ASUS C201 saya ini masih belum support Playstore dan segala aplikasi berbasis apk. Kalau tidak salah, updatenya masih menunggu, namun untuk seri ASUS Flip Chromebook sudah bisa support apk dan playstore.




Karena memang prinsipnya sama seperti gawai pintar, jadi untuk penggunaan yang optimal memang diperlukan jaringan internet. Seperti untuk menulis, menggunakan google docs dan segala macam produk google sudah tersedia di dalam Chromebook. Untuk memory internalnya tersedia 4 giga, bisa ditambah dengan memory eksternal juga.


Lucunya si Asus Chromebook ini, memorynya menggunakan memory SD Card loh, jadi saya tinggal pindahin SD Card saya yang masih nganggur, ke dalam Chromebook ini untuk memory tambahan. Lumayan karena kapasitasnya 32 GB SD Card saya ini. Awalnya pengadaan Chromebook ditujukan bagi para surfer aka orang-orang yang suka browsing biar tidak repot karena batre laptop atau gawai pintar cepat habis.


Tapi, sebagai blogger dan freelancer, saya justru juga ikut terbantu. Karena memang pekerjaan saya tidak jauh dari social media dan juga internet. Jadi, mau tidak mau, Chromebook ini sangat-sangat cocok untuk saya. Apalagi menggunakan fast charging, yang bisa membuat saya tidak perlu menunggu lama. Selain itu, beratnya juga ringan sekali, mudah untuk dibawa kemana saja, pokoknya sesuai dan menunjang pekerjaan saya banget.


Buat pembaca yang juga sesama pengguna Chromebook, saya mau berbagi informasi nih, shortcut apa saja yang bisa dieksplore di Chromebooknya.





Shortcut Pada Chromebook




1. ScreenShot


Kalau di handphone sepertinya memang mudah ya untuk melakukan screenshot, nah kalau di Chromebook juga bisa nih melakukan Screenshoot tanpa tools atau software tambahan seperti snipping tool di Windows. Lihat gambar seperti di bawah ini untuk Screenshot :




Kalau ingin Screenshot layar yang sesuai pilihan bisa juga nih, klik shortcut :




Setelah layar berubah menjadi tampak sedikit gelap, baru arahkan kursor untuk memilih bagian pada gambar yang ingin di skrinsut.


2.  Membuka File Manager


Siapa bilang kalau shortcut untuk membuat file explore hanya bisa di windows atau OS lain aja. Di Chromebook juga bisa loh buka File Manager. Caranya :




3. Task Manager


Kalau tiba-tiba aja Chrome OS terasa lambat, seperti ada program yang not responding tapi tak kunjung ketutup. Bisa gunakan Task Manager untuk kill the process, maksudnya untuk ‘tutup paksa’ biar tidak kelamaan not responding-nya. Untuk menampilkan Task Manager klik :




4. Membuka Aplikasi dari Shelf


Shelf merupakan istilah di Chromebook untuk aplikasi yang disimpan di bagian bawah layar (bar berwarna hitam).



Screenshot 2016-09-13 at 12.26.19 PM.png


Nah, untuk membuka aplikasi yang tersimpan di Shelf, kalau sedang mager menggerakkan cursor dari touchpad, bisa dengan shortcut :




Angka 1 - 8 merupakan urutan aplikasi yang di - Pin dari sebelah kiri di Shelf bar.


5. Mengunci Layar


Misalnya ingin meninggalkan Chromebook tapi tidak dalam waktu yang lama, bisa juga dengan menggunakan Kunci Layar. Dengan mode kunci layar, pengguna tidak perlu logout atau harus mengulang dari awal, cara kerjanya sama seperti lock screen pada smartphone yang mana internet atau aplikasi akan tetap berjalan dalam keadaan Layar Terkunci. Caranya :




6. Menampilkan Menu Aplikasi


Kalau sedang menggunakan aplikasi seperti Google Docs, Chrome Browser atau Webstagram, cara mudah untuk menampilkan menu pada aplikasi tersebut cukup dengan kombinasi :




7. Mengaktifkan Capslock


Untuk mengaktifkan Caps Lock pada Chromebook melalui shortcut, bisa klik :




8. Miror Monitor
Kalau semisalnya ingin menampilkan tampilan yang sama dengan yang ada di layar tambahan, bisa dengan mode Mirror Monitor, maksudnya tampilan pada layar Chromebook akan sama dengan layar eksternal. Kalau mau tahu gimana caranya, bisa sambungkan Chromebook kita melalui kabel tambahan ke televisi atau layar lain. Kemudian klik :




9. Logout


Ini cara mudah kalau terburu-buru harus logout dari Chromebook :




10. Keyboard


Mau lihat apa saja shortcut di keyboard atau bingung ingin tahu icon di tombol fungsinya untuk apa, bisa dengan menampilkan pada layar tampilan Keyboard :




11. Klik Kanan


Untuk yang masih bingung cara melakukan Klik Kanan pada Chromebook bagaimana, cukup klik dua jari di atas touchpad secara bersamaan. Atau tekan




12. Membuka Command Prompt


Ini buat yang ingin tahu atau mengutak-atik bagian Shell Developer, bisa dengan mengaktifkan Crosh (semacam Command Prompt pada Chromebook) dengan cara klik :



Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca,


Terima Kasih

Comments

  1. Aku baca ini terus beburu liat notebook ASUS punyaku. Ternyata C200 Peh. Berlaku nggak shortcut ini?
    Oiya selama ini kalo capture aku pakai tombol di deretan angka. Tulisan di tombolnya: prt sc sysrq. Langsung otomatis masuk dropbox hasil sc nya :)

    ReplyDelete
  2. Ish Mba Ipeh mah bikin mupeng nih sama notebook Asus. Secara notebook lamaku suka loncat sdri kursornya. Jadi we ngetiknya berantakan.
    Tunggu ya punya netbook asus dulu. Ada yg mau beliin? Qeqeqe, minta disambit bakiak ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw ini chromebook awet loh Mba batrenya, bisa sampe sekitar 11-12 jam :p
      mau saya sediain ijuk buat diemut2 ga mba? Ada Rasa mangga, kali aja mau :D

      Delete
  3. Ah jadi inget laptop Asusku baterenua mulai rusak, btw makasih ilmunya mbak.

    ReplyDelete
  4. ma kaish bgt mba infohnya, aku ada asus, tapi itu gaptek, jadi yg pake suami aja. sesekali aku pake tapi ya itu, huhuhu

    ReplyDelete
  5. mudah2an kesampaian punya notebook sendiri pengganti notebook yg rusak biar neblog makin asik kaya mba Ipeh, eh ini komen OOT ya hehe maafkan jd curhat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin allahumma aamiin semoga diijabah ya mba Kania doanya :)

      Delete
  6. informatif kak jd bisa diikutin tiap prosedurnya

    ReplyDelete
  7. duh, aku ngincer merk yang itu tuh mbak hehe

    tapi ini postingan bermanfaat banget bagi yang sedang membutuhkan, tetap berbagi ya mbak Ipeh ^^

    ReplyDelete
  8. Wah aku gak punya ASUS, mupeng. Dulu pak suami punya, tanyain kemana ah, asyik bgt ya tahan lama, gak repot, dan kapasitas besar. butuh, butuh buat mood booster ngeblog dan nulis. Makasi ya kak Ipeh infonya bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Ini asus punyaku tipe berapa yak >.< *laah malah tanya di mari hehehe
    Sangat membantu banget ya mbak shortcut ini ^^

    ReplyDelete
  10. mau coba2 ah mana tau bisa juga untuk punyaku, lupa tipenya..model lama sih

    ReplyDelete
  11. aku belum pake ASUS tapi kakakku pakai ASUS, bermanfaat mbak tulisan mengenai shortcut nya

    ReplyDelete
  12. Di rmh ada laptop tiga, dua nya merk asus. :)

    ReplyDelete
  13. Terima kasih mba infonya... harus sering dibiasaain ya mba,.. soalnya udah pewe manual hehe

    ReplyDelete
  14. Wah sepertinya banyak penggemar asus nih... kapan2 boleh nyoba nih pake asus... asus sepertinya luar biasa..
    Makasih bnyak mbak informasinya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah