Mengulik Tulisan Blogger Solo

Mengulik Tulisan Blogger Solo



Mengulik Tulisan Blogger Solo - Bila saya harus mengungkapkan, sebenarnya saya merasa tulisan saya ini jelek. Tapi, saya tahu, itu hanya ada dalam pikiran saya saja. Jika saya rajin menulis, maka saya pun akan menemukan gaya tulisan yang khas. Saya terus belajar, belajar dan belajar. Bagi saya pribadi, belajar itu sebuah kebutuhan. Itu benar-benar saya rasakan.

Akhirya, sedikit demi sedikit saya menemukan ciri khas tulisan saya. Saya mulai mengetahui dan merasakan bagaimana bisa menulis tanpa terasa terbebani lagi. Bahkan, untuk menulis panjang dengan kisaran 1000 kata, sudah pernah saya lakukan. Dan hasilnya, saya tidak mengeluh kehabisan ide. Allhamdulillah...


Sekarang blog saya, ketika saya memutuskan untuk pindah, awal tahun 2016 ini. Terasa sangat berbeda dari sebelumnya. Namun, saat saya melihat kembali tulisan dari teman saya, sesama blogger. Tulisannya memiliki ke-konsistensi-an di dalamnya, ada ciri khas yang bisa dibedakan antara tulisan Blogger Solo ini dengan tulisan orang lain. Setidaknya, ini mempermudah agar tidak mudah di copy-paste tulisannya, karena memiliki ciri khas.



Mengulik Tulisan Blogger Solo



Journal Mom Blogger dari Solo


Apa itu Jurnal? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, jurnal berarti buku harian. Atau yang dahulu pernah menjadi tren, yaitu diary. Sebuah buku yang berisi cerita kehidupan sehari-hari. 


Begitu pun, blog milik Mba Ety Abdoel yang saat ini ingin saya tuliskan. Blog tersebut memang berisi catatan harian tentang apa saja, tentang kehidupan sehari-hari Mba Ety dan keluarga. Apa saja yang mondar-mandir dalam kepalanya, kemudian dicurahkan melalui tulisan. Alhasil, blognya yang berisi kisah dan inspirasi bagi para Ibu ini memiliki pembacanya sendiri. 


Sebelum saya menjelajahi isi blog Mba Ety, saya berhenti pada satu laman yang berisi rekam jejak tulisannya yang mendapat penghargaan. Baik itu penghargaan dari memenangkan lomba menulis, atau penghargaan karena tulisannya muncul di media cetak. Sudah terbukti, tulisan mba Ety selain memiliki ciri khas, juga berisi hal bermanfaat lainnya.


Mengulik Tulisan Blogger Solo



Tidak hanya itu, Mba Ety, juga mendapat penghargaan sebagai KEBOTM, sebuah penghargaan dari komunitas blogger untuk blog yang memiliki 'kelebihan' baik itu dari segi tulisan, penghargaan, totalitas juga seberapa kompeten sosok penulisnya dalam kehidupan. Jadi, tidak main-main loh beliau dalam menulis dan ngeblog. 

Namun, bagi Pembaca yang ingin sekali mengetahui, seperti apa sih tips agar bisa menulis seperti Mba Ety ini? Saya merangkum beberapa hal yang mendasar, namun tetap penting dalam tulisan kita, sebelumnya ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yaitu TEKUN dan ACTION.


Tips Menulis Dari Lifestyle Blogger





Tips Menulis Dari Lifestyle Blogger



1. Teruslah Menulis hal-hal yang kita kuasai, tulislah dengan gaya penulisan yang sesuai dengan diri kita. 

Seperti Mba Ety, yang menuliskan segala hal yang sesuai dengan kemampuannya. Atau menulis pengalamannya bersama keluarganya. Jika pembaca memiliki beberapa hal yang bisa bermanfaat bagi pembaca lainnya, mengapa tidak mulai menuliskannya dalam blog? Untuk melatih menjadikan menulis sebagai kebiasaan baik.


2. Teruslah Belajar, apa pun. Mulai dari belajar ngeblog sampai belajar apa saja yang mendatangkan kebaikan bagi diri kita.


Ini alasan kenapa tulisan Mba Ety mengalami kemajuan. Tidak seperti sebelum-sebelumnya, tulisan Mba Ety sekarang terasa lebih renyah, krispi dan gurih (kaya makanan). Itu karena Mba Ety tidak segan meng-upgrade ilmunya, sehingga tulisannya bisa lebih baik dari sebelumnya serta aktual dan padat.


3. Jangan Pelit menebar manfaat. 

Betul itu, karena berbagi tidak akan membuat kita kekurangan, ya kan? Apalagi jika yang dibagi memiliki kadar manfaat. Pasti pembaca tidak akan sungkan untuk datang kembali ke blog kita. Begitu pula dengan tulisan Mba Ety yang berjudul "Cara Membuat Read More Blog Wordpress Lebih Personal". Di dalamnya berisi beberapa langkah yang mudah dipahami dan dipraktikkan bagi pengguna Wordpress. Bermanfaat tak kira-kira? Bermanfaat dong pastinya.


4. Teruslah Eksplorasi Kemampuan Diri.

Seperti Mba Ety yang pantang menyerah ketika tulisannya sempat ditolak ketika dikirim ke media cetak, baca tulisannya "Cara Jitu Terampil Menulis". Pantang menyerah, memang bukan hal yang mudah diaplikasikan dalam kehidupan. Karena, membutuhkan pemahaman pada diri sendiri agar mampu bangkit lagi. Kemudian, temukan bagaimana cara kita belajar, ini bisa mempermudah kita dalam menguasai kelihaian menulis. 


5. Jangan Malu Untuk Membagikan Tulisan.

Untuk poin terakhir ini, saya sempat merenung, karena saya sendiri pun memiliki rasa kurang percaya diri setiap kali hendak membagikan tulisan ke beberapa grup komunitas. Tapi, kalau ingin belajar harusnya totalitas dong ya, itu kenapa saya berusaha untuk mempraktikkan apa yang mba Ety lakukan. Agar blog saya juga bisa optimal.



Lifestyle Blogger Dan Komunitasnya


Namanya blogger, pasti kalau bergabung akan bertemu lagi dengan blogger lain dari komunitas lain yang berbeda. Memang seperti ini, komunitas blogger, bisa bertemu dengan teman baru atau kembali bertemu teman lama. Dan pastinya, dalam berkomunitas dibutuhkan juga konsistensi dan perilaku yang baik dong, ya.

Kalau Mba Ety, bukan hanya berprilaku baik, tapi juga memberi kontribusi bagi komunitas yang diikuti, loh. Itulah kenapa banyak member komunitas yang sayang padanya. Senang berdekatan dengan Mba Ety karena mau bersusah payah, ketika ada event yang akan diadakan. 

Bukan itu saja, mba Ety juga sering menyempatkan diri untuk hadir ke berbagai acara yang bekerja sama dengan brand tertentu dan komunitas blogger. Juga tak pernah telat untuk menuliskan tentang event yang diikuti olehnya.


***

Mengenal Mba Ety di grup arisan link, membuat saya penasaran, sebenarnya apa sih tips dan trik mba Ety tampak awet muda? 

Usut punya usut, mba Ety itu rajin minum air putih loh. Dan jangan lupa untuk SENYUM. Ini nih yang bikin Mba Ety selalu tampak ramah dan orang yang baru bertemu dengannya tidak akan sungkan untuk mendekat dan berbincang dengan Mba Ety. 

Sepertinya saya harus mulai banyak senyum juga, agar bisa awet muda. Tapi, jangan lupa, bagi pembaca yang juga ingin membiasakan diri menebar senyum, untuk senyum pada tempatnya. Kalau terlalu sering senyam-senyum sendiri bisa dianggap aneh nanti. Hehehe. 

Bagi yang ingin berkenalan langsung dengan Mba Ety dan mau membaca tulisan terbarunya tentang dispenser, bisa loh segera mampir ke blognya. Berikut ini saya sertakan informasi lainnya jika ingin 'kepo' dengan Mba Ety.



Informasi

Ety Abdoel
Blog : http://etyabdoel.com/
Instagram : https://instagram.com/@etyabdoel/
Twitter : https://twitter.com/@etyabdoel/


Terima Kasih


Comments

  1. mb Ety punya ciri khas dalam tulisannya itu yang aku suka hihihi
    ((Dispenser))) dibawa2 xD

    ReplyDelete
  2. Ow..Ow..Mba Ipeeh..dikau bikin daku melayang deh.
    Tanggungjawab, turuniiin.

    ReplyDelete
  3. Mbak Ety pancen oyeeee.. 😊 semoga aku juga bisa menerapkan tips nya ya..

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka baca tulisannya mbak Ety, ringan, sederhana tapi bermanfaat. Orangnya juga ramah dan lembut. Kangen deh ketemu emak Solo ini.

    ReplyDelete
  5. mbak Ety emang layak dapat award, cobaaaa gituu dekat ya.
    eh, kok ada jeruk sih disitu..mauu :(

    ReplyDelete
  6. Iya, Mbak Ety sering menang lomba nulis yak. Keren. Jadi pengen terus belajar menulis...

    ReplyDelete
  7. Terima kasih tulisannya Mbak Ipeh.. Keren dehh.. Jadi belajar jugaa bareng mbak Ety
    heheh

    ReplyDelete
  8. Ternyata bukan aku aja ya Peh, yangs sering berpikiran gitu kalau mau publish tulisan.

    Bagus nggak sih ini? Kayaknya jelek deh.
    Layak tayang nggak sih?
    Jangan-jangan banyak yang nggak suka.

    Gitu-gitu deh. Ternyata kuncinya terus aja ya Peh. Sembari belajar. Dan jangan gampang baper, hihi.
    Makasih Ipeh, makasih Mba Ety :*

    ReplyDelete
  9. Suka sama tipsnya.
    Aku sering berkunjung ke blognya mba Ety. Inspiratif.

    ReplyDelete
  10. Mba Ety tuh fokus, rajin nulis, rajin bewe suka sama konsistensinya :)

    ReplyDelete
  11. Benar banget, semakin sering kita mengeksplorasi diri, semakin terdongkrak juga kepercayaan diri. How cool is that!

    ReplyDelete
  12. Mak Ety ini ngeblog lebih lama dari aku. Orangnya asik banget.

    ReplyDelete
  13. menulis yang kita kuasai, emmang seharusnya begitu. tapi saya suka ngeyel takin bisa. ternyata benar kalao kita gak kuasai, berantakan

    ReplyDelete
  14. Benar itu, pokoknya nulis terus.. Eh, saya sendiri belum nulis-nulis lagi ding.. :)

    ReplyDelete
  15. Menulis apa yang ada dalam pikiran dan gejolak jiwa. Aku suka tips-tips nya. :D Good job

    ReplyDelete
  16. Yang khas kalo liat foto2 Mbak Ety itu ... senyumnya ... kesannya pun tulus, ngeliatnya enak, ya Peh.

    ReplyDelete
  17. Kadang aku masih malu untuk nulis di blog, kadang mikir orang mikirnya gimana ya? baik atau enggak. Tapi sekarang sih aku jadi agak PD sedikit. Ya aku sekarang mikirnya ini blogku, mau baca boleh enggak juga boleh hehe.

    ReplyDelete
  18. Semoga mba Ety Abdoel terus berbagi tulisan yang bermanfaat ya. Para pembaca makin betah deh mampir

    ReplyDelete
  19. Aku masih sering malu-malu kalau mau share tulisan *tutup muka*

    Makasih tips-nya Mba.. harus dicoba eksekusi semua nih.. menghapus pelan-pelan rasa nggak PD-ku :) semoga bisa. aamiin..

    ReplyDelete
  20. Teruslah Belajar, apa pun. Mulai dari belajar ngeblog sampai belajar apa saja yang mendatangkan kebaikan bagi diri kita.

    Menyamankan sekali ahhh ...

    ReplyDelete
  21. Aku fokusnya ke dispenser masaaaa hoho

    Tapi emang bener ya kak Ipeh. Harus latihan dan latihan terus biar nemuin ciri khas tulisan seiring waktu :)

    ReplyDelete
  22. saya kok masih malu malu kucing yaa

    jadinya kurang explore :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah