Aplikasi Telegram dan Manfaat Yang Saya Rasakan

Aplikasi Telegram dan Manfaat Yang Saya Rasakan


Telegram dan Manfaat Lainnya - Ada banyak alasan kenapa saya mau ribet instal aplikasi Telegram. Meski untuk urusan chatting, saya masih setia dengan aplikasi Whatsapp. Namun, ada beberapa hal yang tidak saya dapat dari Whatsapp. Maklum, namanya teknologi pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Jadi, saya gunakan keduanya untuk saling menutupi kekurangan aplikasi yang satu dengan kelebihan aplikasi lainnya.

Sejauh ini yang saya suka dari telegram itu, karena ringan banget aplikasinya. Walaupun notifikasi dari salah satu grup yang dibuat untuk main game "Werewolf" sering jebol sampai 42.000 tapi tetap saja tidak membuat handphone saya ngehang. Uniknya lagi, desain Telegram memang mirip dengan Line karena disertai dengan penggunaan stiker yang lucu-lucu.

Selain enteng dan support dengan sticker lucu dan unyu, ada lagi nih yang saya suka dari Telegram. Seperti :


1. Memiliki Fasilitas Channel








Channel di Telegram mirip dengan cara kerja Line kalau kita add akun seperti GNFI (Good News For Indonesia), kita akan rutin dikirimi berita hangat dan terupdate dari channel tersebut. Kebetulan, karena saya ingin mengoptimalkan penggunaan Telegram, saya mengikuti beberapa Channel yang berisi kajian-kajian islami.

Berikut ini beberapa Channel Islami yang saya ikuti :

- Radio Syiar Tauhid https://telegram.me/radiosyiartauhid : isinya terkadang informasi kajian apa dan siapa yang mengisi kajian tersebut yang mengudara melalui radio dengan frekuensi AM. Terkadang juga disertai dengan Audio Kajian yang bisa kita download jika tertinggal mendengarkan kajian tertentu melalui radio.

- Dakwah Islam Sunnah Channel https://telegram.me/dakwahislamsunnah : Sukanya saya dengan channel ini, karena sering juga memberikan kajian yang berasal dari Al-quran dan Hadits. Serta sering juga disertai gambar yang bermanfaat sehingga bisa dibagikan lagi ke social media.

Baca Juga "Aplikasi Al-quran untuk Smartphone"

- Shahih Fiqh https://telegram.me/ShahihFiqihWanita : Pada mulanya, channel ini berisi kajian-kajian terkait Fiqh khusus untuk wanita. Tapi, sekarang sudah mulai sedikit meluas, mencakup banyak hal tentang kehidupan dan aturan-aturan yang sesuai dengan Sunnah Rasulullah Salallahu alaihiwassalam.

Selain Channel Islami, saya juga mengikuti beberapa Channel lain yang disediakan dari komunitas blogger yang saya ikuti, seperti :

- Emak Blogger https://telegram.me/updateKEB : sayangnya channel ini baru beberapa kali saya posting di Channel, sampai saat ini masih belum ada update terbaru lagi. Semoga nantinya bisa terus dikelola dengan baik.

- Blogger Perempuan https://telegram.me/BPNetwork : terakhir kali saya mendapat message dari Channel ini sekitar tanggal 28 April 2016. Sudah cukup lama ya, mungkin adminnya sedang sibuk mengurus banyak hal untuk perkembangan dan kemajuan komunitas BP.


2. Memudahkan Ketika Jauh Dari Gadget

Layaknya aplikasi messanger seperti Line, yang memungkinkan penggunanya tetap menggunakan aplikasi ini meski gadgetnya sedang offline. Tidak seperti Whatsapp yang mana Gadgetnya harus terkoneksi dengan internet terlebih dahulu sebelum bisa diakses melalui website.

Baca Juga "Baca Buku Offline"

Untuk yang ingin login melalui website, perlu diketahui bahwa kode verifikasi untuk login, biasanya terkirim ke telegram yang aktif di gadget. Jadi, sebelum kebingungan menunggu sms kode verifikasi yang tak kunjung tiba, lebih baik segera cek notifikasi chat dari Telegram yang berisi kode tersebut.


3. Bisa Memainkan Games Bersama Dengan Teman Dalam Satu Grup.





Seperti yang saya singgung di awal tulisan ini. Saya mengikuti satu grup, terdiri dari teman-teman yang 'real' alias bukan bot, dimana di grup tersebut bisa memainkan beberapa games secara bersama. Awal mulanya saya mengenal games Werewolf itu dari grup ini. Sampai kemudian ada games tebak kata dan segala macam games ada di dalam grup.

Cara memainkannya cukup mudah, cukup tambahkan bot games yang ingin kita ikuti ke dalam pertemanan kita sebelum memulai /join. Setelah itu, kita bisa ikut serta dalam game yang kita inginkan di grup dengan klik /join.

Kalau ingin menambahkan bot game ke dalam grup, juga bisa. Cek langsung dengan menambahkan bot game yang diinginkan, misalnya Lp89 bot.


Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.


Terima Kasih









Comments

  1. Aku baru tahu lho kalau Telegram bisa dipaki buat ngegame. selama ini, aku cuekin aja ini aplikasi

    ReplyDelete
  2. Wah, saya malah belum cb channel mba. Baru chat doang sama bikin sticker sendiri.

    ReplyDelete
  3. Saya tidak tahu semua itu selain buat chating aja, hahaha
    Trims semuanya jadi ilmu tambahan buat saya 😊

    ReplyDelete
  4. aku malah kemarin baru tau telegram dri papaku.. di kantor anggotanya pakai tele biar ringan gitu katanya hehe

    ReplyDelete
  5. Aku sudah instal apikasi Telegram di hp tapi memang selama ini digunakan buat chat aja mbak. Baru tahu kalau Telegram bisa buat ngegame bareng sama teman, :D.

    ReplyDelete
  6. Wah, kudu instal ini juga deh kaya'nya. Makasih infonya Mbak :)

    ReplyDelete
  7. Iphoneku uda jadul jd install apapun ra iso, picsart aza ga bisa mba *curhat sapa tau mau disupport mb?hahhaa

    ReplyDelete
  8. wah, telegram ini mampu membuat saya nostalgia mbak, main family100 botnya yaaampuun kadang suka error hihi

    ReplyDelete
  9. saya gak pake telegram. sempat install, tapi berhubung HP saya pernah install ulang, telegramnya jadi ilang, dan gak download lagi...

    ReplyDelete
  10. Aku berterimakasih pada bot-bot Telegram sehingga aku bisa download e-book, lagu bahkan bisa main Famili 100 ala ala di grup-grup Telegram hehehehe

    ReplyDelete
  11. Aku baru tahu nih kalo telegram punya channel, haha.. Kurang update kayaknya daku, hehe..

    ReplyDelete
  12. Peh, ikut channelnya Muhammad Faudzil Adhim deh. Bagus2 artikel tentang parentingnya.
    Btw pas itu di KEB pada ngajakin main bot. Tapi nggak jadi :D. Kita gengIjoek main yok!

    ReplyDelete
  13. Memang seperti itu ya Mbak,
    ada beberapa manfaatnya.
    Pengalaman saya ikut beberapa grup Telegram, namun lama-lama kebanyakan iklan dan jualan buku, seminar, akhirnya males juga, apalagi komunikasinya hanya satu arah.
    ya sudah deh, semau adminnya?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  14. Dapat gambaran ttg Telegram. Saya gak install soalnya HPnya suka menjerit kepenuhan padahal isinya gak banyak2 amat, HP jadul soalnya hihi.

    ReplyDelete
  15. Setuju banget...

    Pakai telegram tidak banyak terganggu seperti whatsapp.

    Bisa lebih banyak belajarnya ketimbang hahahihi. :P

    Terima kasih atas channel di atas. ^^

    ReplyDelete
  16. nah ini yg lagi saya cari, berarti ga perlu dari hape ya mba..saya ga usah download berarti ya karena memori terbatas. kalo dari PC saya lebih mudah ngatur waktu online bisa sekalian WA, telegram...ngeblog

    ReplyDelete
  17. mau dong peh diajarin ngegame make telegram :D
    bikin post ahhhh

    ReplyDelete
  18. Saya pakai telegram itu kebantu bgt utk yg no 2

    ReplyDelete
  19. Aku baru tau ada game werewolf kak Ipeh. Bingung mainnya haha

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah