Secarik Kisah Tentang Ngeblog

Konsisten Ngeblog


Konsistensi Ngeblog. Sebenarnya tulisan kali ini terbilang cukup santai temanya. Saya hanya ingin menceritakan bagaimana saya dalam mengelola blog. Meski bukan dan belum jadi blogger profesional, tapi setidaknya 'sok iye' dulu deh, dengan berbagi sedikit cerita saya.



Saya tidak akan memulai dari awal, kapan saya ngeblog dan seperti apa dan bagaimana. Namun, kisah ini berawal dari percobaan saya berusaha ngeblog setiap hari di saat bulan Ramadan kemarin.


Mungkin, bagi sebagian blogger, posting setiap hari bukan hal yang baru lagi. Apalagi di beberapa grup sudah mulai digerakkan tantangan untuk bisa menulis setiap hari. Sebuah ide positif untuk membangkitkan semangat menulis dan berbagi para blogger.


Namun, tidak demikian buat saya. Ngeblog setiap hari menjadi hambatan bagi saya. Bukan karena saya sok sibuk, padahal blogger lain banyak yang lebih sibuk dari saya. Bukan itu, juga bukan karena kehabisan tema untuk nulis. Keluhan saya hanya sedikit.


Kurang Waktu Untuk Blogwalking


Iya, ini permasalahan yang saya hadapi ketika mencoba untuk ikut posting setiap hari, saya tidak bisa menyediakan waktu khusus untuk blogwalking. Walaupun waktu itu pernah saya membagikan tips blogwalking, yaitu sehabis publish tulisan. Tapi, saya masih nyaman dengan kebiasaan sebelumnya.

Sebelum mencoba menulis setiap hari, saya berusaha untuk konsisten menulis 3 kali dalam seminggu. Dengan begitu saya bisa memanfaatkan waktu kosong untuk blogwalking atau menulis beberapa artikel untuk blog post selanjutnya.

Dan selama ini metode ini memang yang masih bisa masuk dengan alur ngeblog saya. Tapi saya kagum dengan blogger yang bisa ngeblog setiap hari dan menyempatkan blogwalking. Mereka sudah bisa mengatur waktu dengan baik, jadi tidak heran kalau akhirnya rejeki mereka mengalir sesuai usaha yang mereka kerahkan.


Berkurang Waktu Untuk Membaca


Nah, ini sih alasan saya aja kali ya. Hihihi, karena memang Ramadan kemarin, saking saya berusaha ingin menulis setiap hari, otomatis kegiatan membaca saya turunkan dari prioritas, diganti dengan ngedraf tulisan atau analisa tema.

Dari sini terlihat yaa, kalau saya masih harus banyak banyak dan banyak belajar. Terutama belajar mengatur waktu dan menyiasatinya agar 24 jam cukup untuk melakukan banyak hal tanpa pusing takut keteteran.


Kehabisan Waktu Membalas Komentar


Meski ada beberapa postingan yang tidak saya balas komentarnya, bukan apa-apa, kadang memang suka lupa. Apalagi yang namanya membalas komentar, terkadang menghabiskan waktu yang tidak sedikit. Maklum, saya juga sering 'nyambi' untuk balas komen diantara rutinitas lainnya.

Atau, ketika waktu kosong yang mana tugas ngeblog sudah selesai, plus sedang leyah-leyeh. Nah, waktu inilah yang saya manfaatkan untuk membalas komentar. Sungguh belum mahir kan yaa saya ini dalam membagi waktu. Huum, makanya masih banyak keteteran dan belum berhasil jadi blogger yang bisa posting sehari sekali.


***


Di antara beberapa kendala di atas, memang masih ada kendala lain. Tapi tidak begitu wah, sampai saya harus menuliskannya. Namun, dengan menulis hal ini, kisah ini, saya berpikir, what if one day saya bisa nulis setiap hari dan menyiasati waktu sehingga kegiatan saya dan blog saya yang lain tetap bisa update tanpa keteteran.



Betul, ini sebuah kisah untuk rekam jejak saya sehingga suatu hari nanti saya bisa mencapai apa yang memang sudah menjadi tujuan saya. Namun, saat ini saya masih bersyukur dan berbahagia karena masih konsisten ngeblog.


Pembaca punya trik khusus dalam mengelola waktu dan membagi waktu untuk ngeblog? Mau berbagi? Silakan bagikan ceritanya di kolom komentar, siapa tahu saya bisa mengikuti jejaknya. Terima Kasih.

Comments

  1. pantesan kok ga nongol di rumahqyu hahaha ternyata sudah kesulitan BW y mba :p
    hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa...huhuhu...sedang tahap jatuh bangun. Segera nongol nanti di rumahnya yaa :)

      Delete
  2. sm mbk, aku kalau rajin update blog, pasti keteteran deh yg itu2, jd skrg aku kurngin aja deh updatenya, byr bs bw, dan lain2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya kuada temen huhuhu, terharu.

      Delete
  3. Wah, samaan sama saya, mbak. Saya malah kadang 10 hari baru nulis 1. Lebih parah kan? :D Nah, untuk BW kadang malah sering gak sempet. Ya, karena ngurus bocil-bocil yang kadang sering rewel. Apalagi kalo saya BW ya diusahaiin baca, minimal secara garis besarnya kalo waktunya memang mepet banget.

    Saya juga suka ngeblank kalo harus komen. Kalo cuman bilang makasih infonya, kesannya kayak nggak baca, padahal ya baca, sampai tuntas malah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sama Mba, saya kalau blogwalking mesti baca keseluruhan. Jadi mau ga mau take time banget.

      Delete
  4. Hmmm.. sy sendiri belom konsisten ngeblog.. bahkan sy sendiri komit ga ngepost blog baru kalo belom bw semua. Ga tau deh komitmen gini bagus apa engga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama tidak memberatkan, bisa jadi itu komitmen baik, mbak

      Terima Kasih Atas Kunjungannya

      Delete
  5. Untuk urusan membalas komentar itu aku juga gak sempat. Hanya menjawab yang nanya aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulillah, Mba....sudah terjamin kan profesionalitasnya :)


      Terima Kasih Atas Kunjungannya

      Delete
  6. Iya mba ipeh, ini yang saya alami juga. Makanya saya masih belum bisa lebih dari 2x posting seminggu. soalnya tetekbengek nya itu tadi emang banyak. kelar posting kan juga harus ngedraft, itu kan butuh proses mikir yang panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum, apalagi blog buku, kudu banget nyelesain bukunya dulu baru bisa ngedraf.

      Delete
  7. huhuhu, ngomongin konsistensi emang jd tantangan ya mbak..kalo saya udah nulis to do list bulanan mau ngapain aja di blog, lalu to do list harian juga. Sebisa mungkin ditepati. nah, kl abis nge-post 1 tulisan yg 'diendapka' (ga posting lagi sebelum yg itu trafic nya lumayan, nah disitulah BW, paling pagi bgt atau malaem bgt, hehe.. Udah gitu aj deh mb, kepanjangan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulillah udah ada list to do ya Mba, kalau saya jarang2 ..

      Terima Kasih Atas Kunjungannya

      Delete
  8. Dibawa asyik saja kalau saya sih :) Karena prinsipnya ngeblog itu menyenangkan. So, kalau update ya update dengan senang hati, blogwalking dengan fun, tinggalkan komentar dengan ikhlas :D
    Ya, itu kalau saya hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini asik-asik aja sih ga ada kendala, karena udah tau nyamannya gimana. Tapi, saya senang challenge diri saya sendiri. Nyoba hal baru, jadi ga ada problem.

      Bahkan bw sama bales komen juga asik-asik aja meski ga nanya dan belum tentu balik lagi pun hehehe...


      Hidup saya santai mba...

      Terima Kasih Atas Kunjungannya

      Delete
  9. mbalas komentar, mungkin hanya perlu dibalas mbak, menurut saya gitu... misalnya pertanyaan... kalau hanya pendapat, nggak perlu dibalas... sperti komentar ini... :) hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, kalau saya mah sesuka saya aja. Ga harus dipisah-pisah. Selama mampu dan bisa aja :)

      Terima Kasih Atas Kunjungannya

      Delete
  10. Hihihi saya sebisnya aja, kepengen sih BW tiap hari tapi kalau gak bisa ya gak dipaksain, yg penting silturahim dijaga BW2 jg jika pas lowong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ga dipaksain mba....tapi kalau pas sempet, daripada bengong atau buka web itu lagi itu lagi (web toko buku) mending saya bw :)

      Terima Kasih Atas Kunjungannya

      Delete
  11. iya nih aku masih bingung bagi waktu antara blog walking dan nulis blog >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebisa mbanya aja mungkin mba :)...

      Terima Kasih Atas Kunjungannya

      Delete
  12. punya trik khusus dalam mengelola waktu dan membagi waktu untuk ngeblog?
    nggakk -____-
    ini aja mampir buat cari tau, saya mah apa atuh. Nggak bisa konsisten. Dan akhir2 ini males luar biasa apalagi kalau ada yang dikerjakan di dunia nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus kalau dirimu kebingungan diriku ini harus gimana mba Lidha huwaaahahahaha, padahal daku pengen tahu trik jitu dari dirimu huhuhu

      Delete
    2. Ayok kita berguru ke ipeh, Lid T_T

      Delete
  13. aku aja lagi keteter BW kok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi, samaan Mba Lidya, tossss kitah

      Delete
  14. Hm, saya sedang kesulitan, Ipeh.
    Dunia nyata sangat menyita waktu dan perhatian saya sangat ini.
    Yang penting selalu kembali utk ngeblog. Itu yang namanya konsistensi. Dan kita butuh konsistensi untuk eksis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tetap sehat ya Mba Niar, betul bagaimana kembali ngeblog ditengah kesulitan, itu juga konsistensi ya Mba.

      Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  15. Aku ketampar bolak balik baca postingan yang ini. Huwaaaaa :'(((

    Sebenernya sering kepikiran pengen nanya ke Ipeh gimana bagi waktu buat ngeblog. Tapi terus aku sadar, yang bisa mengatasi masalah kita ya kita sendiri sih. Mau nanya tips ke siapa aja kalau kita nggak 'mencambuk' diri sendiri ya nggak akan maju2.

    Ngerasa nggak enak banget sama temen2 arisan. Tambah beban karena aku PIC. Tapi selalu ada seribu alasan buat nggak nulis lagi. Nggak nulis lagi. Dan itu kayak mestakung. Ndilalah anak rewel lah, suami sakit lah, server ngedown lah :(

    Terus dari kemarin nemu bahasan tentang KONSISTENSI. Mudah2an ini mestakung untuk aku bangkit. Bismillah. Aku bisyaaaa...

    Lalu kenapa ini aku curhat dimari yak? Maafkan, Ipeh, huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wedew, aku tak menampar kok Nyak, hehehehe. Semangat ya Nyak, semoga diberi kemudahan saat ngeblog :)

      Delete
  16. Yang kedua aku banget, kurang waktu membaca neh, jadi samaan mba hehe

    ReplyDelete
  17. Nah itu kurang waktu membaca...
    Saya pun begitu mba. Mungkin sy perlu belajar management wktu lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Me too, saya juga kurang banget waktu buat membaca.

      Delete
  18. sama, aku juga kepayahan utk urusan blogwalking & membalas komen. Tp kdg ya saya udah blogwalking pas mendarat di postingan yang saya gak mudeng... Akhirnya langsung ngeloyor pergi tanpa meninggalkan jejak #selftoyor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waakakakakak, Mba Ria, saya juga sih sebenernya *malu* kalau ada tulisan yang bikin saya bingung, suka ga ninggalin komen :D

      Delete
  19. aku skrg jarang baca,,apalagi buku..hhhuuh sedih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah