Eksistensi Lagu Anak-Anak



Eksistensi Lagu Anak-anak. Terlahir di tahun 87, saya merasa beruntung karena pada tahun 90'an lagu yang dikhususkan untuk anak-anak di Indonesia cukup lumayan. Siapa yang tak kenal Enno Lerian? Bondan si lumba-lumba? Dan masih banyak deretan penyanyi anak-anak ketika saya masih kecil.

Walaupun sebenarnya lagu untuk anak-anak sudah cukup banyak, tidak lain lagu tersebut merupakan karangan dari kelihaian Pak Kasur. Sampai-sampai TK Bu Kasur menjadi sekolah paling diminati ketika itu. Seperti lagu rintik hujan, pelangi, Kapal Laut dan masih banyak lagu lainnya.

Semakin beranjak gede, saya mulai merasa sok tau. Karena kurang sependapat dengan kemunculan lagu diobok-obok yang hits, ciptaan Papa T. Bob. Bagi saya lagu tersebut rasanya tidak begitu istimewa. Maklum, saat itu saya benar-benar merasa sok tau.

Hingga kemudian saya menyadari satu hal yang terus saya pikirkan. Tentang Disney dan semua film yang dibuat oleh mereka. Juga soundtrack yang kemudian merambahi anak-anak di Indonesia. Salah? Tidak. Karena saya sendiri mengakui kreativitas mereka dalam membuat lagu-lagu untuk anak/remaja yang relevan.

Nah, mengingat lagu, saya ingat juga dengan film. Kenapa? Karena kebetulan saya ini penggemar musik-musik yang menjadi Original Soundtrack sebuah film atau serial. Jadi, saya ingin menulis beberapa film atau tayangan yang menyuguhkan lagu untuk anak-anak.



HI-5

Ada yang suka menonton tayangan untuk anak berjudul Hi-5? Saya sering sekali nonton tayangan ini. Kalau dibilang saya tidak cinta Indonesia, biar saja. Mereka hanya menilai karena saya menulis tentang tayangan yang diproduksi di Australia ini.

Yang menarik dari tayangan di sini adalah mereka menyuguhkan lagu untuk anak-anak yang keren. Contohnya yang saya ingat seperti lagu Animal Dance, When you wish upon the stars (fav. Saya) dan lagu lainnya yang kalau diterjemahkan artinya simple, musiknya juga kekinian plus liriknya tidak panjang dan sederhana.


Meraih Mimpi


Siapa yang sudah nonton film ini? Saya sudah, saat film ini pertama kali tayang di Bioskop, seketika langsung saya tonton. Meski bentuk animasinya belum begitu lembut, tapi lagu-lagu yang disajikan di film ini menurut saya, keren!

Apalagi dengan keberadaan Gita Gutawa yang menjadi pengisi suara sekaligus menyanyikan beberapa lagu di film ini. Sayangnya, meski rasanya tidak begitu nge-hits, namun lagu Meraih Mimpi juga tidak kalah bagus. Identik dengan ciri lagu-lagu Gita Gutawa saat itu.


Petualangan Sherina


Dududuh, siapa sih yang belum tahu film ini? Kalau mengaku kelahiran 80/90 biasanya kenal dengan film yang dibintangi oleh Sherina Munaf. Film musikal ini berlimpah lagu-lagu yang oke punya. Namanya juga musikal ya, pasti disuguhi sama adegan menyanyi yang mana lagu yang disuguhkan sempat hits cukup lama.

Dengan suara khas milik Sherina, setiap lagu yang dinyanyikan langsung dihapal oleh anak-anak. Apalagi musik dan liriknya termasuk easy listening, jadi populer banget.




Frozen

Enggak perlu ditanya lagi deh. Film ini memang tenar banget. Selain film, soundtracknya juga masih sering dikumandangkan sampai saat ini. Anak-anak dari yang masih piyik sampai menjelang remaja tangguny, asyik melantunkan lagu Let It Go, Snowman dan lagu lainnya yang didendangkan di film ini.

Apalagi film Frozen mengangkat tentang tema Cinta yang tidak melulu tentang Putri dan Pangeran. Tapi, tentang Cinta Sejati antara Kakak dan Adik. So sweet kan tema ceritanya.




Anak Seribu Pulau

Tidak kalah dengan Hi-5, meski lagunya cuma satu yang saya tahu. Tapi serial ini yang ditayangkan di stasiun televisi swasta berhasil membuat masa-masa saya 'menjelang gede' berwarna. Apalagi yang menyanyikan soundtracknya sosok musisi sekaliber Katon Bagaskara.

Anak seribu pulau, sebuah tontonan yang berbobot besutan Garin Nugroho. Yang membuat saya seperti menonton film yang tokohnya berakting sangat natural. Dengan disuguhi pemandangan cantik dan menyegarkan dari layar televisi.




Adit, Sopo dan Jarwo

Suguhan animasi karya anak bangsa ini memang favorit saya juga. Selain soundtracknya yang lumayan enak didengar. Tokoh dan cerita yang disuguhkan juga khas 'indonesia' sekali. Gara-gara nonton tayangan ini saya jadi kenal dengan Ucup yang gemar ngomong "Kata Pak Haji.."

Meski lagunya juga hanya satu yang saya hapal, yaitu lagu openingnya, tapi liriknya bagus dan musiknya kekinian juga, kok.


Mulan

Film yang mengangkat kisah dari negeri Cina, menceritakan tentang seorang anak perempuan yang ingin memberikan sesuatu sebagai bentuk kasih sayang untuk sang Ayah. Film ini lumayan berbobot karena juga menceritakan sedikit sejarah dari negeri Cina.

Tapi, yang saya ingat yaitu OST yang dinyanyikan oleh Christina Aguilera. Siapa yang tidak kenal penyanyi Jinny in a bottle itu, yang sedang naik daun. Tapi, meski film ini termasuk lawas, tapi masa remaja saya cukup terisi dengan lirik lagu Relfection-nya.

Huuu....is that girl I see....staring straight back at me.... #malahnyanyi




***


Dari beberapa lagu di atas yang menjadi sedikit contoh masa-masa kecil saya. Kembali teringat dengan masa saat ini. Ketika Coboy Junior muncul, anak-anak seketika menjadikan lagu-lagunya sebagai lagu favorit mereka. Kemudian berganti lagi dengan lagu dari Juston Bieber dan seterusnya sampai One Direction.

Yang membuat saya berpikir dan menilai, bahwasannya anak-anak akan menyukai sebuah lagu kalau orang dewasa menyukainya. Entah apakah penilaian saya ini benar atau salah, tapi yang saya lihat dan rasakan memang demikian adanya. Acap kali ada lagu anak-anak yang baru saja keluar, tapi kurang easy listening, akhirnya diganti dengan lagu lain.

Apalagi, sungguh memprihatinkan kalau yang memiliki kesadaran untuk remake lagu anak-anak merupakan production house yang memiliki biaya sedikit. Sehingga vide klipnya disuguhkan dengan seadanya ala tahun 70/80an yang kemudian kurang menarik bagi anak-anak.

Kini, saya tidak tahu lagi, karena lagu yang didendangkan anak-anak sudah terlalu beragam mengikuti tren saat ini. Tidak bisa dipungkiri juga kalau saya sering kudet masalah lagu kekinian tapi anak-anak yang saya temui justru yang lebih update. 

Dan, tips kalau mau tahu lagu update apa yang sedang diminati sama anak jaman sekarang, kuncinya itu dengarkan lagu yang diputar di Mall setempat. Berharap aja di Mallnya gak muterin lagu oplosan wkwkwkwk. Nanti anak-anak nyanyinya Buka Dikit Joss....

Yaa itu tips dari saya, siapa tahu ada pembaca yang punya Tips lain agar tidak kudet. Atau lagu favorit masa kanak-kanak yang mau dibagi, siapa tahu saya lupa menuliskannya.

Terima Kasih.





Comments

  1. wkwkwkwk ish buka dikit joss bikin ngakak :D
    malah salfok

    ReplyDelete
  2. Lagunya Bu kasu dan Pak KAsur itu banyak aku nyanyikan saat TK mbak.
    Sekarang anakku udah ABG, dulu malah sukanya tak setelin laguya Joshua diobok-obok sama Susan besok gedhe mau jadi apa
    Sekarang lagunya malah Tegar. Kau yang dulu bukan yang sekarang. :(

    ReplyDelete
  3. sejak si ken lahir, aku puasa dengerin lagu2 dewasa mbk, lebih milih dengerin ataw nonton video lagu2 anak, dan ternyata nyenengin jugak loh...
    smoga lagu2 anak bs booming lagi kayak zaman kita ya mbk, amin

    ReplyDelete
  4. Wah, lagunya banyak juga
    saya ikut ngafalin juga ah :)

    ReplyDelete
  5. Hihi...anak-anak di kampungku tuh dek, nyanyinya lagu-lagu dangduut. Untunglah aku dulu ngajar paud, jadi stok lagu anak-anak banyak, anakku ga kena virus nyanyi "Buka sithik Joss"
    wkwk

    ReplyDelete
  6. Euh ternyata Ipeh masih muda kelahiran 87. Tapi lagu-lagunya saya masih tau lah kalau itu. Beda sama lagu sekarang..asli ngeblank...

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah