Tips Mudik Dengan Motor 2016




Tips Mudik Dengan Motor 2016. Mendekati hari-hari menjelang lebaran, biasanya jalur Pantura akan ramai disesaki pengendara motor dan mobil yang ingin mudik aka pulang kampung. Kebetulan rumah saya dekat juga dengan jalur Pantura yang rutin dilewati oleh para pemudik, jadi saya sering sekali menyempatkan waktu sambil ngabuburit untuk 'nonton gratis' lalu lalang kendaraan bermotor.


Mungkin saya harusnya membantu Pak Polisi ya, menghitung berapa kira-kira jumlah para pemudik yang lewat. Hihi. Di beberapa spot terutama si perempatan tambun, biasanya saya sering menyaksikan Pak Polisi menghitung rata-rata pemudik yang lewat dengan alat bantu counter. Karena hal ini sudah rutin saya lihat, jadi saya tidak sabar untuk menyaksikan lagi arus mudik tahun 2016 ini.


Tapi, saya bukan termasuk penonton yang diam ketika melihat beberapa pemudik yang menggelitik saya untuk melemparkan komentar. Apalagi karena saya sering 'nonton gratis' arus mudik dari pinggir kalimalang, otomatis yang saya amati adalah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.


BARANG BAWAAN YANG BERLEBIHAN


Biasanya, para pemudik yang menggunakan sepeda motor, sering mendesain motornya menjadi kendaraan yang bisa memuat keluarga mereka. Seringnya saya lihat komposisi, Bapak + Ibu + Anak yang kecil di tengah + Anak yang sudah agak besar di depan. Belum lagi, kreativitas mereka terlihat dengan menambah penyangga punggung untuk penumpang di belakang, jadi bisa mengurangi rasa lelah juga ya.

Tapi, saya sering melihat beberapa pengendara motor membawa bawaan mudik yang cenderung terlalu berlebihan. Sehingga kalau disaksikan bisa mengganggu manuver kendaraan sebenarnya dan membahayakan pengendara lain. Ada beberapa yang menambah beban dengan membawa kardus-kardus yang diletakkan di bagian depan, sampai di jok belakang ditambah tempat untuk membawa tumpukan kardus yang tak bisa dibilang sedikit.


Terkadang membahayakannya bukan hanya karena beban pada motor saja, tapi pernah satu waktu salah satu barang dari pemudik jatuh dan membuat pengendara di belakangnya mengerem mendadak dan hampir terjatuh. Itulah sebabnyan untuk membawa barang-barang bawaan yang sesuai dengan kapasitas kendaraan juga. 



PELINDUNG TUBUH


Iya dong, selain mengenakan helm sebagai syarat berkendara yang aman, juga penting untuk tetap melindungi tubuh dengan perlengkapan ekstra. Seperti mengenakan jaket, agar tubuh tetap terlindung dari angin yang berlebihan. Gunakan juga kacamata hitam, ini penting loh. Bukan sekadar untuk gaya-gayaan. Apalagi bagi yang mudiknya siang hari, sinar matahari itu kurang bagus ketika siang hari. Bisa membuat mata mengalami katarak dini.


Selain itu, saran saya gunakan kaos kaki atau sepatu yang nyaman di kaki. Agar kaki tidak lelah selama perjalanan, juga ketika mudik siang hari, agar kaki tidak terkena paparan sinar matahari yang bisa membuat kulit rusak. Jangan lupa juga mengenakan sarung tangan, agar sama-sama terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung.


Juga, gunakan pakaian yang nyaman di tubuh tapi tidak berlebihan. Maksudnya, jangan sampai bagian belakang baju menjuntai hingga menutup plat nomor atau sampai terlalu panjang. Ini berbahaya karena bisa membuat pakaian masuk ke jeruji roda dan mengakibatkan kecelakaan. Jadi, pilih pakaian yang sederhana tetapi tetap nyaman.


Bagi muslimah, jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan tetap menutup aurat. Tapi, perlu diperhatikan juga untuk mengenakan celana panjang tambahah yang longgar, bagi muslimah yang mengenakan gamis. Juga, perhatikan hijab yang dipakai, jangan sampai justru menutupi plat nomor kendaraan atau sampai terjepit jeruji motor.


Pengalaman guru yang terbaik, tante saya jatuh dari motor ketika dibonceng dan tanpa sadar ternyata bagian ujung gamisnya tersangkut jeruji motor. Jadi, agar tetap aman dan nyaman selama berkendaraan, jangan sampai lupa untuk memperhatikan banyak hal.




KELENGKAPAN KENDARAAN MOTOR



Kelengkapan ini meliputi juga surat-surat izin berkendara, baik SIM, STNK dan KTP. Jangan sampai mengendarai kendaraan yang tidak lengkap surat-suratnya. Selain nantinya akan menyulitkan selama perjalanan, juga jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan akan susah juga prosesnya. Misalnya kehilangan sepeda motor, sehingga susah diverifikasi karena suratnya tidak lengkap.


Juga, harus diperhatikan kelengkapan kondisi motor. Seperti spionnya lengkap atau tidak, jangan-jangan cuma ada satu spion di motornya. Kemudian lampu motor, dicek lagi jangan sampai lupa mengganti lampu motor yang sudah rusak. Lampu sen juga perlu dicek, agar saat berkendara tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.


Selain itu, sebelum mudik, cek lagi oli motornya. Masih cukup atau perlu diganti. Kemudian periksa bantalan rem, baik rem depan maupun rem belakang, agar saat mengerem mendadak tidak 'blong'. Periksa juga kondisi ban sepeda motor, jika sudah 'botak' keadaannya lebih baik segera diganti. Agar tidak membahayakan keluarga saat berkendara.


Jangan lupa untuk memilih helm yang sesuai Standar Nasional Indonesia. Helm yang sudah tidak layak pakai sebaiknya tidak digunakan. Periksa juga pelindung kepala setiap anggota keluarga, apakah masih layak atau tidak.



Kalau perlengkapan ini sifatnya optional, yaitu sokbreker. Beberapa pengendara motor terkadang harus mikir ulang jika menyangkut ganti ulang sokbreker. Tapi, kalau menggunakan sokbreker yang baru, biasanya performa motor akan lebih meningkat dan memberi rasa nyaman pada penumpang. Bisa dibedakan antara sokbreker yang masih layak dengan yang sudah kurang layak, yaitu ketika menghadapi jalanan rusak. 


Jangan lupa juga selain mengganti ban dengan yang baru, cek ulang bagaimana kondisi roda ban, apakah sudah terpasang dengan kencang atau belum. Karena saya sering melihat motor yang ban belakangnya goyang sehingga saat berada di tikungan motor terpleset dan membahayakan pengendaranya. Juga, diperiksa kembali timingbel motornya, untuk memeriksanya bisa melalui suara yang terdengar dari motor. Kalau sudah waktunya diganti, sebaiknya segera diganti.



BERI WAKTU UNTUK TUBUH


Ada beberapa pemudik yang memaksakan diri untuk melawan rasa lelah hanya karena ingin segera sampai ke kampung halaman. Namun, niatnya justru bisa membuat celaka orang-orang di sekitarnya, apalagi kalau menahan kantuk. Sebisa mungkin, luangkan waktu untuk beristirahat sejenak di beberapa tempat peristirahatan umum sepanjang jalur mudik. Selain bisa memberi waktu bagi keluarga untuk meregangkan tubuh juga bisa memberi waktu untuk mereka menuaikan hajat (BAB / BAK). 


Waktu istirahat juga bisa digunakan ketika berbuka puasa atau saat makan sahur. Penting juga untuk menjaga agar tubuh tidak sakit selama perjalanan. Bagi yang ingin tidak puasa karena safar, tetap juga harus menjaga pola makan, agar sampai di kampung halaman tetap sehat sehingga bisa merayakan lebaran dengan keluarga.


TIDAK PERLU TERGESA


Saat mudik, sudah tentu kendaraan motor dan mobil akan tumpah ruah di jalanan. Tapi, bukan berarti membuat pengendara motor kemudian saling adu kecepatan hanya karena ingin segera sampai. Gunakan waktu dengan baik, jika macet, nikmati saja karena memang kendaraan yang berada di jalur mudik sangat banyak. 


Mengebut tidak akan membuat pembaca langsung sampai di kampung halaman saat itu juga. Tapi, justru bisa jadi membahayakan orang lain. Jadi, berkendaralah dengan aman sehingga penumpang motor juga merasa nyaman. Bagi pemudik yang memilih melakukan perjalanan saat malam hari. Tidak perlu mengebut apalagi sampai menyalip dari kiri, hati-hati karena yang harus dikhawatirkan bagaimana jika ada truk yang sedang parkir tanpa sepengetahuan akhirnya justru membuat celaka. 


Jadi, harus sangat diperhatikan, karena perjalanan malam harus ekstra hati-hati, sebab banyak penyebrang jalan yang sering tak terlihat menyebrang.



KOTAK P3K


Kotak P3K atau perlengkapan untuk pertolongan pertama itu sangat wajib dibawa. Bisa berisi obat merah, penutup luka, balsem, obat penurun panas, obat sakit perut dan beberapa perlengkapan lain yang dibutuhkan selama di perjalanan atau selama berada di kampung halaman.

Jangan sampai keceriaan lebaran terganggu karena selama perjalanan perut merasa sakit namun hanya ditahan dan tidak segera diobati. Atau justru mengalami diare selama perjalanan, pastinya sangat mengganggu. Itulah manfaat persediaan obat-obatan untuk mengantisipasi.




JANGAN LUPA BERIBADAH



Nah, bukan berarti ketika safar membuat pembaca justru menunda waktu solat. Ada banyak kemudahan yang diberikan dalam Islam. Jadi, jangan sampai menunda apalagi tidak solat lima waktu. Sangat disayangkan, padahal orang yang ketika safar, insya allah doanya diijabah oleh Allah.


oo00oo


Poin-poin di atas merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum atau ketika mudik dengan menggunakan motor. Kenapa motor? Kenapa tidak sekalian mobil? Hihihi, karena saya pengendara motor yang sering juga bersisipan dengan pengendara motor lain yang sering membuat kepala saya geleng-geleng atau justru ngeri karena melihat kecelakaan yang terjadi.


Jadi, hal di atas murni dari hasil pengamatan amatiran seperti saya. Semoga bisa menjadi pertimbangan untuk persiapan sebelum mudik dan selama mudik. 


Pembaca ingin berbagi kisah tentang mudik yang berkesan? Atau mau membagikan kisah tentang pengendara motor? Silakan berbagi di kolom komentar. Terima kasih :)

Comments

  1. Udah lama ngga mudik :) iyah jangan lupa membawa alat sholat yaa :D air mineral yg cukup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya air mnineral jangan sampai dehidrasi di jalan ya :D

      Delete
  2. Aku dulu sering ditawarin mudik naik motor. Makasih deh. Mbayanginnya aja udah nggak shanggup. Banyak banget fans mudik motor di kampungku, kebanyakan dari Jakarta dan Bandung.

    Pernah ada cerita menyedihkan: tetanggaku di Jakarta mudik naik motor mbawa bayinya. Diselimutin rapet. Ternyata pas sampai tujuan bayinya udah meninggal. Mungkin karena kepanasan dan susah napas T_T T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia Nyak, itu kejadiannya sering banget, saking pengen biar anaknya ga kena polusi. Jadi, memang baiknya bayi itu tetap dicek setiap saat, baik situasi dan kondisinya ya Nyak ketika perjalanan.

      Delete
  3. sy blom pernah mudik pake motor dan sering banget liat para pemudik beroda dua ini sepanjang jalan sy mudik dulu di pantura (sblm ada Cipali)
    faktor safety memang msh banyak yg kurang aware yaa, pdhal resiko utk kendaraan roda 2kan lebih banyak.
    tp itulah indahnya momen mudik...asalkan teteap hati2..semoga lancar mudik smp tujuan dan kembali ke ibukota

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mba momen paling menyenangkan sebenarnya, tapi banyak yang justru gak mengoptimalkan faktor keselamatan, padahal mah ga ribet yaa

      Delete
  4. Tipsnya okeh juga mbak, dan yang paling penting dianatara semua point diatas adalah tidak boleh meninggalkan ibadah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kang. Padahal selama mudik kan tetep masih bisa solat lima waktu :)

      Delete
  5. tapi hrs super hati2 kalo naik motor
    apalagi kalo bawa anak kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Avy, harus ekstra hati-hati. Dan selalu cek kenyamanan dan keselamatan anak juga selama perjalanan ya.

      Delete
  6. Pernah dong mba ipeh, ada kasus sekeluarga mudik pake motor, anak yg besar taro didepan. Dikira bapaknya dia tidur taunya udah meninggal mba :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, banyak kisah seputar mudik dengan motor yang banyak belum diwaspadai ya :(


      Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  7. jangan lupa jas hujan karena cuaca lg ga menentu plus taati rambu lalu lintas supaya selamat sampai tujuan, selamat mudik :)
    Selamat berkarya kawan & sukses selalu dimanapun kita berada :)

    ReplyDelete
  8. Semoga para pemudik selamat dan aman sampai tujuan ya

    ReplyDelete
  9. Pasti pegel banget ya mudik pakai motor. Tapi demi ketemu keluarga. Di koran lokal sini juga pernah ada foto 1 keluarga ber5 mudik naik motor Mak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih




domain murah