Tips Agar Optimal Saat Hari Lebaran


Tips Agar Optimal Saat Hari Lebaran. Lebaran sebentar lagi, tinggal menghitung hari saja, kaum Muslim di Indonesia akan merayakan Hari Besar, Hari Kemenangan bagi semua yang telah menjalankan ibadah selama Ramadan. Biasanya, detik-detik menjelang lebaran akan sangat terasa ketika hilal THR sudah nampak (plus sudah diterima), iklan-iklan di televisi sudah mengucapkan 'Mohon Maaf Lahir dan Batin, banyak parsel yang mulai diterima, kerumunan di Mall-mall tempat midnight sale digelar serta perjalanan mudik beberapa orang di sekitar.


Berikut ini Tips Agar Bisa Mengoptimalkan Hari Raya Idul Fitri.


1. Bangun Lebih Pagi. Rasanya tidak lucu kalau ketika hari Raya Idul Fitri tiba, namun justru bangun kesiangan hanya karena tidur dini hari setelah sibuk konvoi massal bersama penabuh beduk lainnya. Apalagi sampai tidak melaksanakan solat Ied, duh sayang sekali. 





Kalau yang berhalangan untuk solat Ied itu wanita, saya percaya, tapi kalau lelaki sehat dan sudah baligh tidak solat Ied, sungguh terlalu... Meski solat Ied itu sunnah, tapi tidak dilakukan setiap hari, jadi maksimalkan hari Raya Lebaran dengan bangun lebih pagi, solat subuh dan bersiap untuk menyambut Hari Kemenangan dengan semangat.



2. Makan sedikit demi sedikit, karena perut kita sudah terbiasa selama sebulan penuh berpuasa, jadi makanlah sedikit demi sedikit. Jangan langsung makan porsi besar dalam satu waktu. Nantinya bisa membuat organ pencernaan 'terkejut' sehingga bisa menyebabkan perut terasa tidak enak.


Baiknya cicipi makanan dalam porsi sedikit tapi secara kontinyu. Jadi, bisa mencicipi makanan tanpa kekenyangan berlebihan.




3. Meminta Maaf dan Memberikan Maaf dengan ikhlas. Hari Raya Idul Fitri bukan hanya kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, juga hari kemenangan akan terbebasnya diri kita dari belenggu dendam kesumat. Jadi, sudah waktunya memaafkan serta meminta maaf dari hati yang ikhlas dengan mengharap Ridho Allah semata.

Karena urusan duniawi seperti minta maaf pada orang lain, itu memang harus segera diselesaikan. Agar nantinya sempurna pula ibadah yang selama ini dilakukan saat Ramadan.




4. Bergembiralah dan Bahagiakan Orang Yang Kita Sayangi. Namanya Lebaran pasti semua orang berkumpul ingin berbagi kebahagiaan sekaligus temu kangen. Jadi, siapkan diri kita untuk senantiasa menyapa dengan wajah tersenyum sumringah, sehingga orang yang kita temui akan tertular bahagia dan senang.





5. Tetap Rendah Hati Meski Pakai Pakaian Baru. Sudah menjadi tradisi bagi beberapa orang, yaitu mengenakan pakaian baru ketika lebaran. Itu tidak salah kalau menurut saya, yang salah itu kalau sudah pakai baju lebaran kemudian menghina baju orang lain yang tidak bagus. Lah, ini kan lebaran, masa iya bikin dosa lagi :D. 


Jadi, sebaiknya meski mengenakan pakaian bagus dan baru kala lebaran, dibarengi juga dengan kerendahan hati saat mengenakannya. Sambil mengingat-ingat agar tidak menambah dosa ketika Lebaran.



Nah, sudah siap menyambut Lebaran? Jangan lupa istirahat yang cukup. Dan tetap menjalankan ibadah tepat waktu. Agar rutinitas yang sudah dijalankan selama Ramadan tidak berakhir sia-sia, dan siapa tahu bisa menjadi good habbit untuk diri sendiri.


Pembaca mungkin memiliki tips tambahan agar bisa Optimal saat Lebaran yang ingin dibagikan? Atau mau bercerita pengalaman Lebaran yang unik? Silakan berbagi melalui kolom komentar. Terima kasih

Comments

  1. Hai mbaa.. Lucu banget ilustrasinya *salfok
    Nggak kerasa ya, Lebaran sebentar lagi. Sedih deh. AlQuran aja belum deket ke khatam :(:(

    Buat aku, idul fitri itu lebih ke gimana carany belajar saling memaafkan, karena kadang memaafkan dan minta maaf adalah hal yg paling sulit dilakukan.
    Dan, hari2 setelah lebaran itu sebenarnya ujian sebenarnya, apakah kita bisa konsisten beribadah seperti saat Ramadhan atau bubar jalan.
    Ah, pokoknya semoga idul fitri kali ini kita menjadi manusia2 baru yg lebih baik yo mba :) aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Mba Des,


      Hihihi, saya juga pas buatnya mikir2 kaya apa biar bagus :D. Betul Mba, Ramadan udah sebentar lagi selesai, semoga aja bisa istiqomah menjalankan kebaikan dan terus mempraktekkan apa yang sudah dibiasakan di bulan-bulan lain ya Mba. Aamiin

      Delete
  2. nomor 2 yg sulit mbak...
    soalnya, pasti banyak makanan enak bertebaran hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, betul Mba Avy, pastinya udah kepikiran 'kalap' karena mau ini dan itu :D

      Delete
  3. saya kalo hari raya bangunnya selalu pagi,seringnya jam 3..beres2 rumah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulillah, sudah siap menyambut Hari Ied ya :)


      Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  4. Nomer 2 itu loh mba hahaha susah amir apalagi klo dah silaturahmi kemana-mana mesti ditawarin makan deh :p ga makan ga enak dengan senang hati menjadi kalap ahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget, dengan senang hati bisa kalap :D



      Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  5. Duh jadi tidak sabar nih untuk menyambut hari kemenangan karena suasanannya sangat seru sekali karena bisa berkumpul dengan keluarga besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga perjalanan mudiknya lancar.
      Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  6. jangan lupa berbagi rizki sama sanak sodara.. apalagi anak kicik2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul Nyah, bagi2 angpao yaaak wkwkwkwk

      Delete
  7. Thank youu tipsnya mba Ipeh. Biasanya d rumah kami Idul fitri kamar mandi penuh krn semua orang prutnya kepenuhan sm ketupat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mba Kania, nah itu dia mba, kamar mandi itu urusan paling penting ya :D

      Delete
  8. Hiks sebentar lagi lebaran yaaaak? Aduuuh cepet banget ramadhan berlalu. Aku kok banyak leyeh2 ya ramadhan kali ini. Whuuuuaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa, duh jadi sedih yaa kayanya belum optimal bulan Ramadan ini :(

      Delete
  9. bangun lebih pagi itu pasti soalnya ngantri mandi :) mudik kemana nih?

    ReplyDelete
  10. Aku nggak ngerti kenapa orang sering kalap makan kalau lebaran. Kan tiap tahun makanan sama aja.

    ReplyDelete
  11. Nomor 1 itu pentiing...pengalaman punya sodara cowo banyak,malem takbiran malah begadang, pagi2 pada susah bangun, huff *numpang curhat wkwk. Lucu ilustrasinya, gambar kartunnya dari mana peh?

    ReplyDelete
  12. Mohon maaf lahir batin ya :))

    ReplyDelete
  13. aku g optimal duite enteeek weees wkwkwk
    g pake baju baruuu kakakkkk

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah