Andalan Bunda Cerdas Jadikan Bunda Lebih Cerdas




Andalan Bunda Cerdas Jadikan Bunda Lebih Cerdas. Hari Minggu kemarin (19 Juni 2016) saya berkesempatan untuk hadir di acara “Kiat Sehat dan Cantik Selama Puasa” bersama Emak-emak blogger. Acara yang diadakan di kantor Kelurahan Jakasampurna ini ternyata juga banyak dihadiri oleh peserta dari tempat berbeda, ada juga booth Alfamart dengan produk dari P&G serta media partner Tabloid Nyata. Peserta yang hadir ternyata banyak juga dari luar kota bekasi. Ada yang dari Bogor, Ciledug dan dari daerah Bekasi lainnya. Seru pastinya, belum lagi di acara tersebut, juga disediakan tempat penitipan anak agar anak-anak bisa bermain, serta Ibu-ibu yang mengikuti talkshow tetap fokus dengan jalannya acara.





Acara ini mengusung tema “Andalan Bunda Cerdas” yang merupakan hasil kerja sama antara Alfamart dan P&G yang dibuat khusus untuk memberikan informasi agar semakin CERDAS dalam mengelola rumah tangga, menjadi istri serta menjadi Ibu. Dengan adanya program ini para wanita bisa memaksimalkan peran mereka dalam rumah tangga.


Program Andalan Bunda Cerdas



Apa saja yang disediakan dalam program ABC ini? Banyak sekali hal yang bagus dan menunjang peran wanita, karena program ini didesain agar bisa menjadi sahabat atau partner bagi para Bunda dengan memberikan beberapa program keren seperti :

· Informasi, tips dan artikel penting dan bermanfaat seputar kecantikan wanita, kesehatan, keluarga dan dunia si kecil.
· Produk-produk berkualitas yang menjadi andalan bagi seluruh keluarga
· Promosi-promosi menarik dan hadiah seru lainnya


Poin terakhir di atas benar-benar membantu banget agar Bunda bisa mengelola keuangan rumah tangga tanpa mengeluarkan uang belanja yang banyak dengan memanfaatkan beragam promosi menarik. Sebagai sesama kaum hawa, saya sendiri sudah mendaftarkan data diri untuk ikutan program ini juga loh. Bahkan langsung mendapat kode voucher untuk pembelian shampoo Pantene dengan harga murah!! Yippi... kapan lagi ya, bisa menghemat pengeluaran, apalagi menjelang lebaran gini, harga-harga banyak yang melonjak dan saya tetap bisa membeli perlengkapan rumah tangga dengan harga ramah di kantong.

Mau ikutan juga kaya saya dapat kode promo diskon? Tunggu dulu, tak kenal maka tak sayang. Tak tahu apa saja produk andalan dari program ABC, maka bisa jadi kebingungan ketika ingin membeli produk yang dibutuhkan. Ini ada beberap produk andalan dari Program ABC. Cek dulu seperti apa Program Andalan Bunda Cerdas.

Selain ada produk andalan ala program ABC, tersedia juga informasi promo yang penting banget buat Bunda yang ingin mudik. Kenapa? Karena ada promo GRATIS TIKET MUDIK dengan Bus, Pesawat atau Kereta Api. Nah! Buat yang belum kebagian tiket untuk mudik, langsung aja cek syarat dan ketentuannya di bawah ini. Serius deh, promo kayak gini harus dimanfaatin dengan baik, selain biar bisa mudik, juga agar perjalanan aman dan menyenangkan.


Dicatat ya Bunda, untuk bisa mendapat informasi terkait program ini :


Call Center ABC (021) 1500.959 kemudian tunggu pilihan dan tekan angka 4, call centre ini bisa di hubungi dari telp rumah atau HP.



Bagaimana Artika Sari Devi Mengoptimalkan Perannya



Sudah tahu kan, kalau mba Artika ini seorang Ibu, Istri dan juga Selebriti kenamaan di Indonesia. Melalui acara Talkshow kemarin, mba Artika berbagi kisahnya bagaimana mengoptimalkan perannya sebagai wanita tanpa Melupakan Jati Dirinya yang sebagai wanita. Nah, bingung? Maksudnya bagaimana?

Menurut Mba Artika, ketika seorang wanita sudah diberi momongan, sering kali terjadi fokus dalam kehidupannya akan berubah dan tercurah pada si anak semata. Wajar pastinya, tapi menurut mba Artika, jangan lupa juga mencurahkan fokus pada pasangan plus diri sendiri. Menjadi Ibu bukan berarti tidak berpenampilan menarik dan tidak wangi, begitu kata Mba Artika. Jadi, demi menjaga penampilannya, Mba Artika membagi rahasianya dalam menjaga agar tubuhnya tetap wangi.

Yaitu dengan menggunakan pewangi pakaian yang tepat guna, seperti Downy. Seperti yang diketahui, wangi Downy ini memang unik, beda dari pewangi lainnya. Belum lagi wanginya yang tahan lama sehingga Mba Artika juga merekomendasikan agar merendam pakaian dengan pewangi Downy, sehingga pakaian yang digunakan tetap wangi dan membuat mood kita sebagai wanita juga tetap terjaga.

Sebagai Ibu, beliau juga menegaskan, ada masa-masa dimana ketika sahur sang Anak yang paling kecil akan ikut terbangun. Tidurnya kurang nyenyak sehingga tidak nyaman. Ini juga penting bagi Bunda, karena saat tidur, justru otak anak sedang berkembang. Kalau kurang tidur maka akan menghambat perkembangan otak anak. Jadi, sangat disarankan untuk memilih popok bayi yang tepat seperti Pampers, selain menjaga agar tidur anak nyenyak, juga menjaga agar kulit bayi tetap kering dan tidak iritasi.



Kiat Cantik dan Sehat Selama Puasa



Selain mba Artika Sari Devi, acara talkshow juga dihadiri oleh seorang Dokter, beliau bernama dr. Nanny Djaja, MS. SpGK. Di acara tersebut beliau banyak memberikan informasi seputar kesehatan yang penting agar tetap bugar selama puasa. Apa saja yang beliau bagikan melalui acara talkshow ini?


dr. Nanny Djaja, MS, SpGK



1.    Penting untuk menjaga kelembaban kulit



Karena, ketika berpuasa, ada banyak perubahan dalam diri kita yang terjadi akibat perubahan pola tidur dan asupan makanan. Dari perubahan ini juga, kulit kita terpengaruh sehingga sering tampak kulit kusam atau kering selama puasa. Cara yang paling baik adalah dengan menjaga asupan makanan selama Sahur. Seperti makanan dengan karbohidrat yang cukup agar selama puasa tetap memiliki energi yang sesuai jadi tidak lemas.

Agar mendapat asupan karbohidrat yang tetap cukup namun sehat, disarankan untuk mengkonsumsi beras merah. Nah, buat pembaca yang merasa males makan Beras Merah karena teksturnya pera‘ atau kurang pulen. Menurut dr. Nanny, bisa juga mencampur beras merah dengan beras putih agar beras merah tidak terlalu keras. Karena beras merah mengandung serat yang tinggi, yang sangat bagus untuk menjaga tubuh agar tetap optimal meski sedang berpuasa.

Selain menjaga asupan makanan, penting loh untuk merawat kelembaban kulit dengan menggunakan moisturizer agar kulit tidak kering. Karena perawatan kulit tidak hanya dilakukan dari asupan makanan saja, maka perawatan kulit dari luar juga harus diperhatikan.



2.    Menyusui Tetap Lancar Meski Puasa


Nah, di sini Mba Artika membagikan pengalamannya berpuasa selama menyusui. Bagaimana agar tetap fit dan optimal? Pastinya dengan asupan makanan lagi. Yang harus diperhatikan adalah Perbanyak konsumsi Buah-buahan dan Sayuran yang lebih banyak ketika Sahur. Ini penting agar kuantitas ASI tetap terjaga kualitasnya. Serta, tubuh sang Ibu juga tetap tidak kekurangan nutrisi.

Plus, Mba Artika juga menambahkan untuk mengkonsumsi suplemen yang sesuai agar ASI tetap lancar dan tidak kering. Juga tetap bahagia selama menyusui, agar hormon yang mengatur kelancaran ASI membuat kuantitas ASI tidak berkurang.



3.    Merawat Rambut Agar Tidak Rontok Selama Puasa


Rambut rontok bisa jadi disebabkan oleh asupan makanan juga pemilihan produk perawatan rambut yang kurang tepat. Menurut dr. Nanny, kalau nutrisi dalam tubuh tidak seimbang, maka bisa mengakibatkan rambut rontok. Apalagi bagi hijaber, rambut rontok sering menjadi problematika tersendiri. Dengan itu, perawatan dari luar seperti menggunakan Conditioner setelah keramas merupakan perawatan khusus yang tepat.

Menurut Mba Artika, Pantene Shampoo dan Conditioner ini bisa menjadi solusi yang bagus untuk menjaga agar rambut tidak rontok, karena conditioner menjaga kelembaban rambut agar tidak kering dan tetap sehat. Jadi, jangan lupa ya Peh, untuk menggunakan Conditioner #notetomyself.



4.    Kurangi Konsumsi Gorengan


Bukan berarti tidak boleh makan gorengan, tapi dr. Nanny justru menghimbau untuk mengurangi konsumsi makanan yang digoreng. Misalnya, ketika Sahur makan gorengan cukup 2 saja, entah itu tahu goreng atau tempe goreng. Kenapa?

Ternyata, makanan yang digoreng memiliki kadar lemak yang sangat tinggi. Sehingga bukan saja kolesterol yang dikhawatirkan, tapi juga tubuh tidak optimal saat berpuasa. Karena lemak yang tinggi dapat menyebabkan kantuk dan tubuh menjadi lemas. Cukup dengan mengurangi saja konsumsi Gorengan maka bisa menjaga tubuh agar tetap optimal.



5.    Minum Air Putih Yang Cukup


Kita mungkin sering mendengar bahwa untuk mencukupi kadar cairan dalam tubuh maka sebaiknya minum air putih sebanyak 8 gelas perhari. Nah, ternyata menurut penjelasan secara ilmiah, tubuh manusia memiliki kebutuhan akan cairan yang berbeda. Sehingga terkadang bagi satu orang 8 gelas perhari itu cukup, tapi bagi orang lain tidak cukup. Lantas bagaimana mengetahui apakah kadar cairan dalam tubuh kita sudah mencukupi atau belum.


Dr. Nanny memberikan rumus yang sesuai untuk menghitung bagaimana mengetahui jumlah cairan yang dibutuhkan dalam tubuh kita, yaitu dengan menghitung 30cc air untuk perkilogram berat badan. Jangan lupa dicatat, karena ini penting untuk mengetahui berapa gelas perhari yang dibutuhkan untuk tubuh kita. Jangan sampai kekurangan cairan, karena bisa mengakibatkan dehidrasi dan tubuh lemas.

Terutama untuk yang sering berkeringat. Selain minum air putih, juga dibutuhkan minuman isotonik yang bagus untuk mengganti kadar ion dalam tubuh. Ini penting agar keseimbangan garam dalam tubuh tidak berkurang karena berkeringat.


oo00oo


Melalui kiat-kiat agar tetap sehat selama berpuasa, dr. Nanny juga menambahkan kondisi yang sering ditemui selama puasa ketika di rumah sakit. Yaitu penyakit seperti darah rendah, maag sampai lemas yang tak tertahankan. Semua ini dikarenakan asupan yang kurang tepat. Jadi, penting juga untuk mengkonsultasikan asupan apa saja yang dikonsumsi selama Sahur agar bisa berpuasa dengan optimal.


Tidak hanya itu, dr. Nanny juga memberikan tips agar saat berpuasa, organ pencernaan tetap sehat, mengurangi bau mulut serta menurunkan berat badan. Yaitu dengan mengkonsumsi : Batang Sereh yang digeprek, dicampur dengan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, dan ditambah pula dengan madu / sari kurma. Semua bahan tadi dicampur dengan air hangat. Diminum sedikit demi sedikit, terutama bagi penderita maag, agar memberi jeda kala berbuka.


Selain itu, dr. Nanny juga memberikan saran ketika mengkonsumsi buah Pepaya yang banyak salah kaprah di Indonesia. Ternyata, agar tetap bisa mendapat enzim yang bagus dari buah pepaya, sebaiknya memilih buah pepaya bangkok, kemudian dicuci kulitnya. Ketika ingin mengkonsumsi buah pepaya, baiknya dibelah menjadi dua saja, jangan dipotong kecil-kecil, namun langsung dimakan dengan cara dikerok. Ini lebih bagus karena enzim dari buah pepaya bisa didapat. Nah, tips ini ternyata yang baru saya tahu tentang cara konsumsi pepaya.


Ternyata banyak juga wawasan baru yang saya dapat melalui acara ini. Bagi yang ingin juga bisa mendapat informasi terbaru dan berkenalan dengan Program Andalan Bunda Cerdas untuk menjadikan Bunda Lebih Cerdas, bisa juga ikut di acara selanjutnya di Depok! Catat informasinya ya.


Andalan Bunda Cerdas
Tanggal : Sabtu, 25 Juni 2016
Pukul : 13.00 – 16.00
Lokasi : Badan Pengelola Gedung Dakwah MUI. Jl. Nusantara Raya no. 5-7 Depok.
Narasumber : Artika Sari Devi dan dr. Nanny Djaja, MS, SpGK


Selain ada acara Talkshow, juga ada lomba kreasi hijab, lomba foto Ibu dan Anak, doorprize, goodie bag dan ada juga lomba mewarnai untuk anak-anak. Disediakan juga spot khusus untuk anak-anak, agar Bunda bisa mengikuti acara talkshow dengan nyaman dan anak-anak tetap senang karena tersedia arena bermain.

***

Mengikuti acara talkshow yang memberi wawasan baru membuat saya bersyukur bisa ikut acara ini bersama Emak-emak blogger lainnya (Baca Juga "Hut KEB ke 4"). Selain bisa menambah ilmu, juga bisa bertemu dengan teman-teman sesame blogger lainnya.


Pembaca ingin berbagi tentang konsumsi apa saja yang tepat selama bulan puasa? Atau mau cerita pernah mengalami batal puasa, tapi bukan karena menstruasi? Bisa juga kalau mau berbagi tips agar tetap bugar selama puasa. Silakan berbagi di kolom komentar agar bermanfaat juga untuk pengunjung lainnya. Terima kasih :)

Comments

  1. Kurangi gorengan, pdhl enak ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha, iya apalagi gorengan yang gerobak alumunium itu Mba Lid. Duh, enak itu :p

      Delete
  2. Lho bisa beda gitu ya, antara pepaya yang dipotong dan dikerok. Emang sih kalau makan lebih sering dikerok, tapi itu bukan karena ngerti karena males motong aja :P *hikmahdibalikmalas*
    Terus itu minuman sereh+lemon+madu juga sering pas Ramadhan eh nggak Ramadhan juga ding,alhamdulillah jarang sakit. Cuma nggak bikin awet muda sih ya, tetep aja keriput, hihihi.
    Makasih ya Ipeh sharing ilmunya,banyak yang baru tau nih. Btw, sama dong..nggak suka pake conditioner juga saya mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss..sama Mba ga begitu suka pake conditioner soalnya risbet x)).etapi abis dibilangin biar jaga rambut tetap sehat, jadi pengen rutin pake.

      Terkait pepaya dan ramuan herbalnya, saya malah baru tau pas acara kemarin.

      Delete
  3. Resep2 bu Nani ini ternyata bikin kaget loh. Banyak minuman tradisional yang bermanfaat terlepas dari mitos2 yang katanya katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia mba Ratu, ternyata ada banyak manfaatnya juga ya minuman herbalnya

      Delete
  4. Jadi pengen jadi Bunda cerdas kayak Artika..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sama Mba, yuk jadi Bunda Cerdas biar disayang keluarga :)

      Delete
  5. Ternyata biar pun artis, Artika tetap jadi bunda andalan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul MakNeng, meski kegiatan segambreng tapi tetep bisa atur porsi waktu yaa Mak.

      Delete
  6. wah tips Artika pas bgt buat saya yg menyusui nih, saya masih doyan gorengan, males minum air putih, jadinya lemes, rambut ikutan rontok :-) Harus berubah nih jd ibu cerdas ala Artika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, saya juga masih doyan gorengan huhuhu kudu mengurangi nih. ayo mba semangat minum air putihnya :)

      Delete
  7. ABC ini memberikan informasi yang komplit untuk para ibu ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mba, informasi yang sesuai dengan kebutuhan para Bunda

      Delete
  8. Wah hebat pengen deh punya istri yang bisa diandalkan dan yang paling utama sholeh dan hormat pada suaminya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga diijabah oleh Allah :)

      Terima kasih, Kang. Atas kunjungannya

      Delete
  9. Acara ABC bagus banget, banjir ilmu tapi tetep fun, ga berasa yaa padahal lama juga. Alhamdulillah udah mitap sama Ipeh dan emak bekasi lainnya :) c u again

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulillah yaa Mba, langsung diijabah bisa ketemu. Bener fun banget tapi nambah wawasan.

      Delete
  10. padahal sabtu ini ada di depok ya, tapi sayang udah ada janji duluan hiksss, pengen tau seperti apa ABC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhuhu...pukpuk mak Ev, acaranya seru loh Mak #kompor. Hehe, next time siapa tau bisa ikutan ya Mak :)

      Delete
  11. Tipsnya banyak banget yang baru aku tau mpok. Tapi dari kemarin di pasar susah banget pepaya lokal yang bangkok itu, banyaknya yang pepaya california, uhuhuh.. *curcolemak2* :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mpok, banyak yang baru saya tau jugak. Weleh, kalo di sini pepaya bangkok emang rada jarang, kudu nunggu musimnya enak dulu. ((MUSIM ENAK)) x))

      Delete
    2. Apaan musimnya yang enak mpooook, hahaha.

      Delete
    3. Bahahahaha, biasanya nongol pepaya bangkok itu kalo lagi musim rada panas ((rada panas)) apa lagi ini yaa ampun :D

      Delete
  12. waah gorengan deh yang gak kuku tuh...
    apalagi pas puasa, itu yg menggoda sepanjang jalan pulang dr kantor ke rumaha adalah jajajran gorengan...smp rumah bikin deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaaa...Mba Ophi, ini sebuah kegalauan yang sangat-sangat, lahya setiap buka puasa mesti aja ada makanan gorengan di rumah :( gagal...gagal...

      Delete
  13. Hai mba ipeh
    Seru yaa acaranya..
    Keren banget mba artika, bisa puasa pas menyusui. Kalau aku mah ga sanggup. Hehe..

    Oia, puasa tahun ini alhamdulillah ga lemes kayak tahun2 sebelumnya, kayaknya minum air putih yg cukup itu ngaruh banget deh bikin badan tetap fit.

    Makasih sharenya ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii Mba Desy,

      Seru banget acaranya, rame plus bertabur hadiah. Apalagi materi yang disampaikan kebanyakan merupakan hal baru buat saya. Nah, mba Artika bahkan cerita kalau pas menyusui dua anaknya, beliau masih puasa plus masih shooting. Mantep ya. Tapi, yaa beliau bener2 prepare ketika sahur, dengan mengkonsumsi makanan yang tepat biar ga lemes katanya.

      Iya air putih itu sederhana tapi penting banget ya peranannya.

      Terima kasih juga sudah berkunjung

      Delete
  14. Minum air putih sangat penting sekali ya, saya selalu habis 8 gelas tiap hari. JAdi ga pernah lemes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, Mba Lis. Jadi gak cepet haus juga :)



      Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  15. ABC ini bermanfaat bgt y mb buat kita2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Suzie, karena berisi informasi lengkap seputar Ibu dan rumah tangga :)

      Terima kasih mba atas kunjungannya

      Delete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih




domain murah