5 Hal Penting Saat Kunjungan Blog

Tips Blogwalking
5 Hal Penting Saat Kunjungan Blog


Blogwalking atau kegiatan berkunjung ke blog lain sudah bukan hal yang baru lagi bagi dunia blogger. Ada yang menyempatkan diri BW atau Blogwalking atau kunjungan blog sehari seratus blog, atau juga yang memprioritaskan kunjungan blog ke beberapa blog yang terlebih dahulu mampir dan meninggalkan komen. Ada juga yang seperti saya, berkunjung ke blog lain melalui blogroll. Kebetulan, saya menggunakan aplikasi Bloglovin untuk menyimpan Blogroll ini. 


Bagaimana pun gaya atau style para blogwalker ini, semua sama tujuannya yaitu berkunjung ke blog yang dimiliki oleh orang lain. Dengan kegiatan atau aktivitas ini, bisa mempengaruhi nilai Domain Authority yang bisa melonjak naik, juga bagus untuk memperkecil skor pada Alexa. Meski demikian banyak manfaat blogwalking, kebanyakan para blogwalker juga tidak hanya mengincar penilaian tersebut, tapi juga demi mempererat ikatan sesama blogger, juga agar bisa saling mengenal dan dikenal. 

Hanya saja, banyak juga para blogwalker yang terkadang malah membuat si empunya blog meradang. Ini dikarenakan beberapa hal yang kurang berkenan di hati empunya blog, kenapa? Alih-alih meninggalkan komen, si blogwalker tersebut ternyata hanya meninggalkan jejak iklan di kolom komentarnya. Selain iklan, terkadang banyak spammer yang meninggalkan jejak tak mengenakkan di rumah maya seseorang. 

Lantas, apakah adakah hal yang harus diketahui bagi para blogwalker ? Berikut ini saya akan kasih hal penting yang dibagikan oleh Mbak Ani Berta - melalui acara Fun Blogging yang ke-11 yang diadakan di Jakarta hari Sabtu (14 Mei 2016) - terkait kunjungan blog yang efektif dan etika meninggalkan komentar. 

1. Jika memang waktu untuk mengelola blog cenderung tidak banyak, usahakan untuk bisa berkunjung ke blog lain (baik ke blog para blogger yang berkunjung terlebih dahulu, atau melalui blogroll) usai menyelesaikan tulisan. Cara ini efektif untuk blogger yang memang tidak memiliki kesempatan untuk blogwalking karena kesibukan. Selain itu, dengan berkunjung ke blog lain usai menerbitkan tulisan di blog, bisa membuat pembaca merasa senang karena membaca tulisan terbaru.

2. Kemudian, ketika blogwalking, usahakan untuk meninggalkan komentar. Meninggalkan komentar merupakan manfaat yang bisa dirasakan oleh kedua pihak, baik sang blogwalker maupun yang empunya blog. Termasuk simbiosis mutualisme. Kenapa? Bagi seorang empunya blog, pastinya ketika tulisan dibaca dan dikomentari akan meninggalkan rasa puas yang tidak terkira. Demikian juga untuk sang blogwalker, meninggalkan komentar akan memberikan tambahan tautan yang akan dihitung oleh alogaritma mesin pencari dimana efek paling bermanfaat dengan backlink ini yaitu skor Alexa dan DA bisa ideal. 


3. Tinggalkan komentar yang relevan dengan isi tulisan. Coba, bagaimana rasanya ketika sudah menulis panjang kali lebar kali tinggi, kemudian yang banyak komentar para spammer. Isinya hanya : "thanks for share", "pertamax gan", "izin nenda" dan segala macam yang tidak ada kaitannya dengan isi tulisan. Kalau saya pribadi rasanya tuh, embuh. Saking embuhnya saya tidak akan bisa berpikir lagi. Tapi, kalau ditinggalkan komentar yang berisi sesuatu yang berkaitan dengan isi, atau malah ada yang mau berbagi melalui komentar mereka, bukankah itu akan sangat menyenangkan? 

Malah, saya juga sering mampir ke satu tulisan yang isinya curahan hati sang empunya blog. Di kolom komentar saya ikutan curcol dengan menceritakan kejadian yang menimpa saya sesuai dengan apa yang dia alami juga. Ini bisa menjadi bonding yang bagus dengan melatih empati bagi orang lain.


4. Jika dirasa tidak begitu paham dengan isi dari tulisan blog yang kita kunjungi, ada baiknya untuk memberikan apresiasi yang baik untuk empunya blog. Baik itu dengan komentar yang bisa membuat empunya blog paham bahwa tulisannya bermanfaat, agar tambah semangat untuk ngeblog.

Tenang, bukan berarti manusia harus berharap mendapat apresiasi. Tapi, setiap adat istiadat di Indonesia yang saya tahu, mereka selalu mengajarkan apresiasi dalam bentuk kecil, misalnya mengucapkan "Terima kasih". Ingat, kita makhluk yang istimewa, bukan seperti angin yang tak dapat kita lihat jejaknya. 


5. Setelah membaca tulisan, kemudian meninggalkan komentar. Eits, jangan terburu-buru, ada baiknya untuk membantu agar tulisan yang kita baca dan dirasakan oleh kita manfaatnya bisa dirasakan juga manfaat tersebut oleh orang lain. Dengan cara membagikan tulisan tersebut ke media sosial.

Jangan mau kalah dengan konten viral yang isinya, "Menjadi Kaya melalui Mbah Dukun Parworiroro". 

Dengan membagikan konten yang bermanfaat, sebagai blogwalker juga ikut serta dalam mengkampanyekan internet sehat serta mencerdaskan masyarakat Indonesia yang berada di pelosok lainnya. Dengan berbagi tidak akan menjadi miskin, tapi dengan berbagi hidup menjadi lebih berarti. Seperti kutipan dari film Laskar Pelagi berikut, "Hiduplah dengan lebih banyak memberi, bukan seberapa banyak menerima."


Jadi, semangat untuk berkunjung ke blog lain? Jika masih bersemangat jangan lupa perhatikan hal-hal di atas. Atau Anda memiliki hal tambahan yang bisa dijadikan wawasan untuk pembaca lain? Silakan bagikan melalui kolom komentar :). Terima kasih



Comments

  1. Saya juga jadi tercerahkan mengenai masalah blogwalking ini. Selama ini sering jadi silent reader, sekarang mau coba sering komentar deh karena banyak manfaatnya. salah satunya naiking alexa ranknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, biasanya jadi silent reader, tambah semangat nih jadinya.

      Delete
  2. done, tips nya udah diaplikasikan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren!! Terima kasih :) sudah berkunjung balik juga.

      Delete
  3. Iya nih, kadang BW terkendala waktu.
    Harusnya hari sabtu minggu bisa byk Bw Eh quota habis jadi baru sekarang bisa BW banyak-banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kadang saya cicil setiap hari.

      Delete
  4. thank youuuu tipsnya mbak Ipeh. saya biasanya selalu usahakan komen balik trus kalo sempat kunjungi blog lain yg temanya menarik dan bisa dikomentari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba kania, saya juga kadang keteteran kalau blogwalking, tapi tetep semangat untuk berkunjung.

      Delete
  5. makasih tipsnya mba.
    duh, aku paling sering jadi silent reader kalo baca via hp (susah ngetik komennya) :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi, tenang mbak semoga aja semua blog ramah dengan pengguna hape, jadi bisa maksimal :)

      Delete
  6. Waah..bener banget dek, tapi kadang blog yang dibaca ada yang susah buat di komenin..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi, iya mba Ika, kadang malah jadinya milih silent reader ya, daripada kebingungan :)

      Delete
  7. Dengan meninggalkan komentar yang relevan, konstruktif, positif maka pengunjung lain akan melirik nama kita dan url blog kita.
    Terima kasih tipnya yang bermanfaat.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, pakde. Dengan komentar yang baik maka pengunjung lain akan tertarik dengan blog kita :)

      Delete
  8. saya juga berusaha BW dan tinggalin komentar hehehe nice inpoh mba :)

    ReplyDelete
  9. Hahaha iya aku pun sala mba, kalo dikomen gk nyambung dan spam doang, embuh :D

    Karena BW bs terjalin silaturahmi, bahkan jadang jalo kangen...yg dibuka pertama blognya bykan FBnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bisa meredakan rasa kangen juga ya :)

      Delete
  10. tipsnya bermanfaat, saya merasakan tambah banyak teman usai BW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Agung, jadi tambah relasi ya

      Delete
  11. emang paling sebel kalo udah ada spammer

    ReplyDelete
  12. Nuniek Fardianty17 May, 2016 10:10

    Waahh kereen nih, jadi nambah wawasan baru buat saya yang blogger pemula.

    makasih yaa mbak Ipeh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba Nunik, terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  13. Wah...makasih tips nya mbak, terkadang memang BW itu menyenangkan, karena bisa menambah wawasan dan inspirasi ketika baca tulisan orang lain, dan juga bisa menambah teman walau hanya sebatas dunia maya,
    Salam kenal mbak...dari blogger pemula..hihii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, bisa menyumbang ide untuk nulis ya jadinya

      Delete
  14. yang nomor 3 itu yg plg nyebelin... biasanya aku hapussssssssssssssss setelah 24 jam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah kadang baru engeh pas lebih dari 24 jam *hiks*

      Delete
  15. Kadang2 ada yang ngasih komen gak nyambung. Misalnya lagi bahas tips A eeh ada yang kasih komen sebal sama sistem pemasaran A wkwkwk, gak nyambung.

    Baca ini jadi ingat juga kalo akhir2 ini saya lagi sulit BW sementara banyak postingan yang tertunda daan urusan RT dan anak2 gak ada habisnya. Bisanya BW ke beberapa blog saja, bagus kalo bisa setiap hari :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, sesempatnya aja Mba Niar :)

      Delete
  16. Saya sebenarnya suka BW. Tapi kendalanya sering di kuota internet yang terbatas. Hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti ga ada kendala lagi ya mba :) biar optimal

      Delete
  17. Mantap artikelnya Ipeh terkhusus buat saya yabg minim BW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulillah, semoga bermanfaat

      Delete
  18. Paling sering pake poin 1. Kalau bloglovin en blogroll..belum nyoba deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bloglovin kaya blogroll aja koo Mba. optional dan banyak pilihan :)

      Delete
  19. hahhaah saya newbie lagi berkelana nih.. wahhh baru merasakan nikmatnya jalan-jalan, kalau ketemu yang mirip mirip dogado kayak saya punya hahahahahah saya paling kesel kalau ada yang nomor 3 juga.. :D mencoba melatih diri bukan cuma baca judul lalu comment, tapi coba baca smuanya lalu komen relevan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, biar yg empunya blog merasa senang

      Delete
  20. mantap tipsnya, cocok buat saya yg angin-anginan nulis, eh tapi saya sudah sering terapkan loh, kalo baru posting banyak2 bw...hahaha, jadi ada juga yg baca blog saya, curang ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogwalking kan bukan suatu kecurangan mba :)

      Delete
  21. Samaan mba, saya juga suka pk bloglovin...
    Noted : kl berkunjung ke blog org usahakan hbs bkin postingan baru ya mba ipeh hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mba, dan saya udah follow blognya :)

      Delete
  22. Insya Allah berusaha seperti poin2 diatas, walaupun sedikit jalan terus :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, sedikit tapi konsisten ya mba

      Delete
  23. Mba Ipeh ulasannya lengkap sekali. Terima kasih ya Mba kemarin sudah hadir di Fun Blogging dan menyimak dengan baik materi demi materi.
    Semoga bermanfaat Mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulillah, barakallah ilmunya ya Mba Ani, insya allah bermanfaat juga buat pembaca lainnya :)

      Delete
  24. Makasih mba. Pas banget buat saya yg jaraaaaaanggg banget update blog krn uda kecapean kerja #curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi, semoga nanti dikasih waktu luang sama Allah ya mba :)

      Delete
  25. Sepertinya saya yang no.3 banget. Ujung-ujungnya di kolom komentar jadi curhat. Heheh *nah ini curhat apa bukan :p

    ReplyDelete
  26. Aku juga selalu menyempatkan untuk blogwalking mbak, untuk mempererat tali pertemanan dan nambah teman baru juga :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Bibi. Dengan begini bisa menambah wawasan juga ya :)

      Delete
  27. bw ke blog baru dalam sebulan kubatasi kurang dari 10, supaya familiar dulu dengan teman baru itu, setelah itu lanjut deh bw ke blog kenalan baru lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, tips baru nih dari Bunda, boleh juga. Jadi biar kenalan dulu ya ga langsung ujug2 gitu :). Terima kasih bunda

      Delete
  28. Aku dah lama ga bw, ga tau knp itu akhir2 kmrin lg susah bgt bw. Tp skrg diusahakan lg bw. Btw.. aku jg pake bloglovin.. boleh dong masukkan aku di list bloglovinnya (tukeran link masukkan ke bloglovin) hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk, dirimu udah aku follow nih pake bloglovin :D

      Delete
  29. saya juga suka banget BW Mba Ipeh, rasanya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan menyenangkan ini, rampingin alexa, naikin da/pa juga mempererat tali silaturahmi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba Ira, saya juga jadi banyak kenalan, banyak tau kalau ternyata punya tetangga blogger juga gara2 BW :D

      Delete
  30. Saya kadang main ke Blog orang tp tidak meninggalkan komen, cuma numpang baca doang :D

    setelah baca ini berasa salah bangat nggak ninggalin komentar. klo bgt, baiklah mulai sekarang saya harus ninggalin komen supaya ada jejak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan aja kaya saya, wkwkwkwkwk, tapi pensiun dini saya, Mas.

      Delete
  31. Duh PeeR nih buat saya, kadang blogwalking nggak ninggalin komen kalo lewat hp. Karena memang susah juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, mba Anne, ga apa-apa kalau BW gak sempat meninggalkan jejak. Semoga nanti ada kesempatan biar bisa BW dan ninggalin jejak :)

      Delete
  32. Wah, ternyata blogwalking juga memberikan arti bagi para blogwalker, bukan hanya bagi pemilik blog yang kita kunjungi, ya. Mulai lebih giat lagi ah blogwalkingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Bunda. Jadi seperti simbiosis mutualisme. Semangat ya Bunda :)

      Delete
  33. sejak saya lebih meniatkan diri jadi blogger, saya jadi tau bahwa dalam dunia maya juga perlu dijaga etika dalam berhubungan dengan sesama blogger. makasih tulisannya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba, semoga bermanfaat

      Delete
  34. Blogwalking memang banyak manfaatnya, awalnya kenalan dulu di dunia maya eh sekaran bisa kenalan di dunia nyata dan saya suka quote ini > "Hiduplah dengan lebih banyak memberi, bukan seberapa banyak menerima."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulillah, semoga bermanfaat ya Neng Titis.

      Delete
  35. Akan saya terapkan. Tapi belum bisa banyak blogwalkingnya. Kalo blog walking via HP pun bisa berpengaruh ke blog kita ga sih Peh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik via Hp maupun komputer, kalau blogwalking meninggalkan komentar, bisa mendatangkan backlink untuk blog kita sendiri. CMIIW

      Delete
  36. Halo kak Ipeh.. Aku sudah suka blogwalkin sejak beberapa tahun silam tapi baru tahun ini memutuskan untuk punya blog pribadi.

    Terima kasih banyak tipsnya sangat bermanfaat, salam kenal yaaa^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa, selamat yaa. semoga semangat nulisnya :)

      Delete
  37. Saya baru megerti apa maksud Blogwalking (BW), sebelumnya sekedar tau dan sama sekali tidak tau kalo ternyata BW punya peran besar juga..hehe makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ilmunya ya. Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  38. Aku baru tahu kalau blogwalking bisa bermanfaat untuk blog kita juga. Kirain cuma buat blog yang kita kunjungi. Makasih infonya ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bisa menambah backlink itu justru merampingkan alexa rank juga. Jadi semacam simbiosis mutualisme :)


      Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  39. Kalau saya paling hanya sempet BW sehari 3-4 blog, mbak. Ya, karena ada dua bocil yang usrek aja plus saya harus betul-betul membaca artikel itu hingga tuntas. :D Setuju banget deh dengan kalimat bahwa tujuan kita BW adalah demi mempererat ikatan sesama blogger, juga agar bisa saling mengenal dan dikenal. Ini yang utama. Kalau hanya sekadar ninggalin komentar, sementara hanya baca judul atau paling banter paragraf pertama? Ah, sungguh teganya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, sungguh terlalu rasanya ya. Saya pribadi mulai banyak kurang bw karena ribet. Tapi tetep menyempatkan waktu setiap ada sela2 biar bisa tetep dapet inspirasi juga.


      Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  40. Kalo ada waktu luang biasanya BW. Senang aja, bs lebih mengenal pemilik blog, jg dpt info&ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, kadang justru bisa menambah wawasan ya :)

      terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  41. Wah.. Ternyata meninggalkan komentar itu bermanfaat ya.. Baru tahu dan PR banget buat saya, hihi. Terimakasih infonya...

    ReplyDelete
  42. Aku,lebih sering bw nih daripada nulis . masih newbie soalnya. Tapi pas bw juga kadang gak sempat ninggalin komentar karena jaringan kadang lelet. Sebisanya aja ninggalin

    ReplyDelete
  43. Baru tau komentar turunin rank alexa, coba dulu mungkin berhasil

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih




domain murah