Optimasi Twitter dan Facebook



Dua sosial media ini sering dijadikan acuan seorang Brand memberikan pekerjaan pada blogger. Baik untuk menjadi Buzzer atau sebagai persyaratan tambahan. Dua sosial media ini pun sering dijadikan komunikasi atau sumber untuk tetap up to date. Sosial media ini adalah Twitter dan Facebook.

Untuk menjadi blogger profesional, mba Ani Berta juga memberikan saran agar tidak me-sinkronisasi antara Facebookn dan Twitter, dikarenakan lini Twitter cenderung lebih cepat ketimbang Facebook. Jadi, ketika mengoptimasi Twitter yang di-sinkron ke Facebook, jelas bisa mengganggu pengguna lain yang terhubung dengan akun kita.



OPTIMASI TWITTER


Sebelumnya, cek dahulu jumlah follower/pengikut pada akun twitter kita. Karena, Brand tertentu lebih sering mencari akun twitter yang memiliki pengikut minimal 500. Nah, untuk mendapat follower secara alami, simak apa saja yang disampaikan oleh Mba Ani Berta :

1. Update Timeline

Dengan melakukan pembaharuan pada timeline menandakan bahwa akun twitter kita aktif. Sehingga tidak hanya sekadar 'ada'.

2. Aktif berinteraksi dengan follower

Lakukan interaksi dengan pengikut agar terjalin komunikasi yang baik. Dengan seperti ini, kita juga bisa memperluas hubungan pertemanan serta menambah keakraban yang positif di dunia maya.


3. Adakan Kuis atau Giveaway

Beberapa akun dari para blogger buku, atau penerbit buku yang saya ikuti, mereka sering mengadakan kuis atau giveaway dengan hadiah sebuah buku keluaran terbaru. Dengan mengadakan kuis atau giveaway di akun twitter, bisa meningkatkan jumlah follower secara alami.

4. Sesekali bagikan kultwit bermanfaat

Kultwit yang bermanfaat akan membuat pengikut merasakan asas mutualisme dalam hubungan pertemanan di dunia maya. Karena, mereka akan dengan senang hati tetap mengikuti akun sosial media Anda, juga Anda senang karena follower tidak berkurang.

Mbak Ani Berta juga menambahkan, "buat konten blog yang kita tulis dan sudah dipublish menjadi kultwit." Ide ini sungguh menarik, sehingga kita tidak sekadar share link saja dari blog ke akun twitter, tapi juga menjadikannya poin-poin yang bisa dijadikan kultwit bermanfaat.


OPTIMASI FACEBOOK


1. Aktif Update Status

Update status di Facebook secara rutin yang berisi hal-hal bermutu. Apalagi kalau statusnya berisi konten positif sehingga teman-teman di lingkaran Facebook Anda akan dengan senang hati berinteraksi dan mengingat hal yang baik dari Anda. Karena ini bisa menjadi personal branding yang bagus juga.

2. Interaksi Dua Arah

Jika status Anda ada yang memberikan komentar, ada baiknya dibalas, sehingga tercipta komunikasi yang baik dengan teman-teman di facebook Anda. Komunikasi yang baik akan membuat teman-teman Anda tidak segan untuk merespon status-status yang Anda bagikan.

3. Adakan Diskusi

Bisa juga dengan adakan diskusi di akun Facebook Anda, dengan diskusi menyangkut topik yang menarik. Bisa juga dengan memberikan hadiah untuk komentar terbaik, jadi teman yang lain akan senang hati menanti update status terbaru dari Anda.

***

Kedua Optimasi untuk Twitter dan Facebook di atas, menitik-beratkan pada komunikasi antara Teman dan Pengikut di media sosial Anda. Karena Komunikasi merupakan interaksi dua arah, bukan hanya searah. Ini menjadi pengingat pada saya, karena kedua akun sosial saya jarang berisi hal-hal yang bermanfaat.

Setelah mendapat ilmu yang bermanfaat dari Mbak Ani Berta, saya semakin bersemangat untuk mengoptimasi akun media sosial dengan hal bermutu dan bermanfaat. Ibarat sambil berenang minum air, sambil memberi penilaian yang baik dengan Pengikut dan Brand, juga memberikan kebaikan dari manfaat yang dibagikan.

Kalau Anda, apakah punya tips lain untuk meningkatkan komunikasi dengan pengikut? Silakan bagikan melalui kolom komentar. Terima kasih :)



Comments

  1. Hihihihihihi saya termasuk orang yang malu malu kalau update twitter atau facebookk... gimana yah mbakkk.. ada tips mungkin? entah kenapa masih ada di pikiran kalau maluuu gituuu...... padahal saya tau pikiran ini ga baik yah.. tapi gimana aaa aa a a.....

    ReplyDelete
  2. Tah, aku banget. Aslinya cerewet abis. Tapi kok ya belum bisa cerewet di dumay. Terlalu banyak pertimbangan. Takut dibilang narsis, takut dibilang pamer, takut dibilang sok -___-.

    ReplyDelete
  3. Khusus facebook lebih sering menutup diri. Set public hal yg gak mudah -_-
    berat deh

    ReplyDelete
  4. Wah, Ipeh, tulisan ini bunda perlukan nih, bunda harus balik lagi buat baca-baca biar bisa afdhol kalo nge-twit.

    ReplyDelete
  5. Tips kece nih buat socmed addict macam ayiii Hahaha. Kalo ketemu dan diajak ngobrol, baru diem seribu bahasa ckck.

    ReplyDelete
  6. Bagus sekali tuh tiap hari update status yang bermanfaat kalau saya malah tentang curhat pribadi terimakasih uraianya sangat jelas sekali

    ReplyDelete
  7. abis baca artikel ini saya jadi inget lagi kalo slama ini blum maksimal mengoptimasikan twitter dan facebook saya..

    makasih ya tips2nya mba Ipehhh...

    ReplyDelete
  8. Makasih masukannya, insya Allah dipraktekkan :))

    ReplyDelete
  9. noted mba,aku bisu bgt sama sosmed jarang update status

    ReplyDelete
  10. Masih malu-malu bikin status mbak... sharing postingan blog ke FB juga ga selalu karena banyak yang kenal secara nyata hihihi... maluu

    ReplyDelete
  11. aku twitter ni mb yang masi bingung , nulis ngetwit aja masi ga mudeng ahahahha

    aku klo fb ga begitu taksetting terbuka mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau adek yang satu ini lebih pinter gambar komik daripada ngomong singkat di twitter :)))))

      Delete
  12. Diulas Mba Ipeh jadi keren gini bahasannya, makasih ya Mbaaa *peluk :D
    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  13. Blog, twitter dan fesbuk adalah 3 media yang bersaudara, jadi harus saling membantu...

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih




domain murah