Sebuah Kisah dari Fun Blogging 11 dan bliblidotcom

Fun Blogging 11 dan bliblidotcom



Kalau saja saya tidak memaksakan diri untuk mendaftar Fun Blogging, mungkin saya tidak akan mengenal dengan baik bliblidotcom (baca Disclosure). 

Jujur, memang saya memutuskan untuk 'memaksa' diri saya mengikuti acara-acara Fun Blogging ini. Maklum, semenjak awal tahun 2016 saya sering kewalahan untuk bisa membagi waktu serta menyediakan waktu untuk upgrade ilmu tentang blogging. Tapi, saya bersyukur, acara yang dilakukan pada tanggal 14 Mei 2016 kemarin berjalan lancar. Meski saya terkejut juga, karena memang waktu satu hari itu saya rasakan kurang. Karena, ilmu yang dibagikan sangat-sangat berbobot.

Bagaimana Saya Mengenal Fun Blogging ?


Bermula tahun 2015, saya melihat status terbaru dari Facebook seorang teman, kami tergabung dalam grup yang sama yaitu grup blogger. Hanya saja, saya masih malu-malu waktu itu. Belum berani 'unjuk diri', memilih menjadi 'silent reader' serta 'silent visitor' di setiap blog yang saya kunjungi. Tidak perlu ditanya, karena memang saya malu dan belum pede.

Ketika seseorang itu membagikan informasi tentang kelas blogging yang akan diadakan di sebuah tempat. Dengan pembawa materinya yaitu blogger-blogger profesional. Tapi, waktu itu saya belum mengenal mereka semua. Maklum, saya baru benar-benar fokus untuk serius dalam mengelola blog, baru tahun 2015 kemarin. Meski jejak tulisan saya di dunia blogger sudah ada sejak tahun 2008, tapi itu tidak membuat saya 'maju' karena toh benar-benar baru mengelola dengan serius konten blog milik saya.

Sudah kudet, kurang ilmu bahkan kurang kenal dengan para Blogger Profesional, akhirnya membuat saya berpikir dua kali untuk ikutan di acara tersebut. Bukannya semangat untuk mengenal, saya malah menciut dan memutuskan untuk menjadi penonton sementara waktu. 

Benar saja, antusias teman-teman blogger lainnya diluar dugaan saya. Bahkan ada yang rela untuk waiting list pada acara berikutnya. Dan, yang semakin membuat saya yakin, bahwa acara ini adalah acara yang memberikan 'segudang ilmu' ketimbang sekadar hura-hura, yaitu saat saya melihat antusiasme dari blogger yang berada di luar kota. Semangat mereka mengikuti acara ini bahkan tidak membuat mereka berpikir dua kali tentang jarak yang harus ditempuh.

Saya amati, bahkan ada yang baru saja sampai di Jakarta menggunakan kereta, kemudian langsung mengikuti acara ini. Saya semakin tidak karuan, karena rasa ingin ikut acara tersebut yang meletup-letup. Dengan demikian, rasa yakin saya sudah semakin dalam. Dalam beberapa kesempatan saya hanya memendam keinginan itu, ingin ikut acara Fun Blogging juga.

Beberapa kali acara ini selesai, beberapa kali juga saya 'menimba' ilmu dari hasil reportase blogger yang ikutan acara ini. Saya banyak tahu serta jendela dunia saya terkait dunia blogger benar-benar baru terbuka. Meski saat itu saya rasakan belum terbuka lebar, hanya bisa mengintip seluk beluk dunia blogger. Dan, rasanya, saya selalu ingin berterima kasih bagi siapa saja yang menuliskan reportase acara Fun Blogging, karena dari situlah akhirnya impian saya terwujud.

Doa saya terkabul, saya diizinkan Allah untuk bisa mengikuti acara Fun Blogging di tahun 2016. Tanpa negosiasi surat izin yang alot. Bahkan cenderung lancar. Sampai-sampai, untuk tiba di tempat acaranya pun, saya tidak telat dan tidak nyasar (padahal saya sering nyasar), dengan bekal bantuan dari Aplikasi Waze pastinya.

Fun Blogging Community
Website : http://funblogging.web.id/
Email : qfun.blogging@gmail.com

Bagaimana Acara Fun Blogging Mengedukasi Para Blogger


Kalau dari pengalaman saya mengikuti acara ini, dari awal masuk ke ruangan. Kami sebagai peserta sudah diminta untuk ramah tamah dengan peserta lain. Bahkan, menurut mba Ani Berta, "kalau bisa jangan lupa tukeran kartu nama." Saya hanya bisa gigit jari, karena belum mempersiapkan kartu nama untuk selalu saya bawa. 

Fun Blogging 11


Sesi demi sesi Fun Blogging, setiap pembicara memberikan materinya dengan lugas, santai tapi tetap serius. Sehingga peserta tidak cepat lelah. Bahkan tampak semangat para peserta dengan sesi tanya jawab yang tidak bisa dihitung. Iya, mereka semua memanfaatkan waktu untuk menanyakan semua yang bisa membuat mereka benar-benar paham. Tidak ada yang malu bertanya, sehingga semua jawaban pun memberikan rasa puas pada setiap peserta.

Materi pertama dibawakan oleh Mba Haya, membahas teknik penulisan. Bagaimana sejatinya seorang blogger yang juga seorang penulis, sehingga teknik menulis pun harus tetap diperhatikan. Bagaimana Ejaan Bahasa Indonesia diterapkan dalam setiap tulisan kita.

Berikutnya, Mba Shinta memulai sesi tentang bagaimana mengoptimalkan tampilan blog. Seperti apa blog yang ramah dan dapat didukung untuk SEO. Template seperti apa yang ideal, apa-apa saja tools yang bisa digunakan untuk membantu tulisan para blogger agar bisa masuk ke indeks pertama di google. Segala hal yang bersifat teknik, dijelaskan dengan sangat jelas oleh mba Shinta. Sehingga bisa langsung dipraktekkan oleh para peserta.

Pada sesi terakhir ini, diisi oleh Mba Ani Berta, tentang bagaimana mendapatkan pekerjaan dan apa saja jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang blogger. Bahkan tentang etika-etika seorang blogger pun dibahas oleh beliau. Meski saat itu sudah hampir mendekati Maghrib, tapi ternyata para peserta masih tetap terjaga fokus dan semangatnya. Buktinya, masih banyak juga yang bertanya sampai sedetil-detilnya tentang etika blogger.

Untuk pembaca yang ingin juga tahu, materi apa saja yang dibahas. Saya sudah merangkum beberapa di blog saya. Dengan tujuan berbagi manfaat, karena ilmu yang disimpan sendiri tidak akan terasa manfaatnya oleh orang lain, jadi rangkuman acara Fun Blogging sudah saya siapkan pada tautan di bawah ini :

 Materi dari Mba Ani Berta 


Materi dari Mba Haya

Materi dari Mba Shinta
coming soon *

* Link akan terus diupdate setelah saya menuliskan materi lainnya *

Kalau Saya Tidak Ikut Fun Blogging Mungkin Saya Tidak Akan Mengenal Dengan Baik Bliblidotcom 


Karena saya pikir, bliblidotcom akan 'sama saja' dengan matket place lainnya. Tidak ada pembeda dan beragam asumsi saya lainnya. Ini karena saya memang belum mengenal bliblidotcom dengan baik. Tapi, saya bisa berkenalan justru saat acara Fun Blogging ini. Karena diadakan di kantor bliblidotcom, sudah tentu saya kemudian bisa melihat secara langsung seperti apa rupa kantornya. Tidak hanya sekadar tampak muka saja, pada acara Fun Blogging, kami sebagai peserta juga diajak untuk tour gedung bliblidotcom. Di sana, saya bisa melihat sendiri, kreativitas yang diusung oleh pihak bliblidotcom dengan aksesoris serta desain setiap ruangannya.

Beda ruangan, beda juga fungsinya, ada ruangan khusus customer services, ada juga ruangan meeting, kemudian ruangan luas yang terbagi dari beberapa bagian. Ada meja untuk IT, meja untuk writer dan banyak lagi. Di sana, setiap komputer dan meja tertata rapi, tidak terhalang oleh kubikel-kubikel sehingga mempermudah untuk diskusi antar karyawan.

Bagusnya lagi, bliblidotcom ini memberikan pelayanan bagi pelanggannya 24 jam setiap hari loh. Jadi, ketika ada kesulitan dalam berbelanja melalui website atau aplikasinya, bisa langsung dibantu oleh customer servicesnya. Konsep desain ruangan yang ‘terbuka’ seakan memberi ketegasan dalam keterbukaan antara satu karyawan dengan karyawan lainnya, terutama dalam hal ini masalah pekerjaan.

bliblidotcom

Apalagi, yang membuat saya suka, yaitu disediakannya beberapa spot yang bisa digunakan untuk beristirahat karyawan dengan desain yang nyaman. Tersedia juga ruangan menyusui untuk para Ibu, jadi benar-benar ramah untuk para karyawannya ya. Ketika mencapai ruangan lain, saya melihat ada ruangan yang bentuknya menyerupai setengah lingkaran. Ternyata tempat tersebut digunakan untuk meeting, ruangannya unik dengan desain yang kreatif sekali.

Coba deh dihitung, berapa kali saya menggunakan kata unik dan kreatif, sepertinya beberapa kali ya. Itu karena memang tampak seperti itu. Bisa dikatakan, setiap spot ruangan di bliblidotcom, sangat instagramable. Maksudnya, cocok untuk selfie atau wefie yang kalau diunggah ke instagram akan membuat mata ini nyaman.


Pelayanan Bliblidotcom


Karena bliblidotcom sebagai market place, pastinya ada pihak-pihak penjual yang bekerja sama. Produk-produk dari bliblidotcom ini menarik, ini saya katakan demikian karena saya sudah belanja di bliblidotcom usai acara ini. Foto produk yang terpampang di website atau aplikasi disajikan dengan background warna putih yang membuat foto tampak cerah dan terlihat profesional.

Selain itu, ketika saya menerima barang dari pihak bliblidotcom, saya cukup puas, karena packagingnya yang membuat barang yang saya beli : AMAN. Seperti ketika saya membeli lipgloss, dipacking dengan kardus yang menghindarkan terjadinya kerusakan pada produk yang saya beli. Karena memang dikirim dari beberapa penjual, ini membuat barang-barang saya dikirim secara terpisah.

Tapi, tidak perlu khawatir, karena bliblidotcom akan terus memantau proses pengantaran barang yang kita beli hingga sampai ke tangan pembeli. Oiya, sistem pembayaran di bliblidotcom juga cukup mudah. Sudah menggunakan sistem verifikasi pembayaran instan. Apalagi menjelang Ramadhan ini, bliblidotcom sedang banyak memberikan diskon, jangan sampai ketinggalan.

Kalau ingin bekerja sama dengan bliblidotcom, bagaimana caranya? Cukup hubungi customer services bliblidotcom saja atau kunjungi Merchant Corner. Di sana akan dijelaskan secara rinci perihal kerja sama sebagai merchant, dan menjadi merchant di bliblidotcom memiliki banyak keuntungan. Salah satunya produk yang dijual bisa dilihat banyak pelanggan lainnya.

CUSTOMER CARE Bliblidotcom
Buka 24 jam setiap hari
0804 1 871 871
customer.care@blibli.com

 oo0oo



Punya cerita menarik ikut acara Fun Blogging? Atau ada pengalaman lainnya belanja di bliblidotcom? Yuk, bagikan ceritanya di kolom komentar. Siapa tau pengunjung lain tertarik untuk ikutan acara Fun Blogging juga. Terima kasih.


Comments

  1. Terima kasih Mba Ipeh sudah hadir di acara ini. Semoga bermanfaat ya :)
    Iya Mba saya pun suka lihat kantor yang kreatif di Blibli, bisa meningkatkan etos kerja kalau gitu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, saya aja kepikiran mau menggunakan pojok ruangan itu untuk nyari inspirasi hehehe #siapasayaaaa

      Delete
  2. Ikutan acara kayak fun blogging memang pas, bergizi...terutama buat blogger macam aku..seneng bisa ikutan FB 10 bulan Maret lalu di Semarang. Semoga akan ada lagi acara-acara kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa...sesama peserta fun blogging ya mba. Betul, isinya berbobot semua ya mba materinya. Semoga bisa bermanfaat buat peserta lainnya.

      Delete
  3. Saya udah beberapa kali belanja di blibli :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mba Kania... good services yah

      Delete
  4. Fun Blogging menambah ilmu kita tentang blogging dan aneka turunannya termasuk monetize blog.
    Beruntung saya bisa ikut acara ini di Surabaya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulillah, betul Pakde. Semua dibahas di acara tersebut.

      Delete
  5. haduuuh ...aku belum buat..., masih di draft..
    senang ya ikut acara fun blogging, pikiran terbuka banyak peluang di luar sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaiii Bunda, ini nih yg bikin saya suka juga, bisa ketemu Bunda Monda :)

      Delete
  6. jadi tidak hanya sekadar hura-hura ya acaranya. semoga makin banyak acara serupa

    ReplyDelete
  7. Acaranya banyak ilmu ya, Mba. Makasih dah share. Mungkin coba kerja sama dgn blibli.com bisa dipertimbangkan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba, semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  8. Seruuu, pengenn, luar biasa..ditunggu lanjutannya ipeh alena, pengen ke bliblidotcom. Ah, ipeh alena rasanya sulit dipercaya dia silent reader.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakakak, aku silent reader loh, dulu..sekarang pensiun dini deh

      Delete
  9. Seru banget acara Fun Bloggingnya sampai diajak keliling ke arena kantor BliBli. Saya sudah dua kali transaksi melalui BliBli dan untuk barang yang harganya lumayan mahal. Tapi selalu puas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, allhamdulilah dapat kesempatan juga liat kantor orang :D

      Delete
  10. akhirnya ketemu kita yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulillay ya Mba Rina, setelah mention2an :D

      Delete
  11. Pas Mbak Ani bicara soal kartu nama saya juga melongo, Mbak. Hihihi. Tak kepikiran.

    Ih, keren. Kantornya ada ruang laktasi pula. Sukaaaaaa **

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa....ga prepare bawa name card x)) emang ga pro lah saya mah

      Delete
  12. Aku nunggu update materi Fun Blogging di sini yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mba, sudah diupdate yang terbarunya :)

      Delete
  13. Mba kalau mau ikut syaratnya apaan mba?saya ko ga pede y pengen ikut2an acara blogger masih kinyis si hahhaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih




domain murah