Aplikasi Agen Kudo

Aplikasi Agen Kudo




Aplikasi Agen Kudo – Mungkin beberapa hari yang lalu sering didapat informasi dari tulisan blogger yang berisi tentang ‘Pengalaman Menggunakan Aplikasi Kudo’ dalam hal ini untuk membantu orang-orang yang ingin berjualan. Sama seperti Marketplace pada umumnya, Kudo juga menawarkan banya kelebihan-kelebihan dengan bekerja sama dengan merchant ternama. 

Sama seperti orang-orang yang berniat ikut menuliskan tentang aplikasi tersebut, hanya saja, saya menuliskan ini bukan keterkaitannya dalam membantu pemula untuk menjual barang dengan mudah. Tapi, lebih ke apa-apa saja yang saya rasakan kurang dari aplikasi ini. 

Sebelumnya, jika ada yang ingin mencoba aplikasi ini, silakan diunduh melalui playstore bagi pengguna Android. Bagus untuk yang ingin jualan tapi bingung mau jualan apa. Karena di aplikasi tersebut sudah banyak tersedia barang-barang yang bisa dipilih sendiri. Disertakan dengan informasi komisi yang kita dapatkan, jadi tidak perlu bingung lagi mau memasang harga berapa untuk produk tersebut. 


Ini beberapa kekurangan yang saya amati dari aplikasi Kudo, semoga nantinya bisa dibenahi dan semakin baik lagi. 


 1. Penyediaan Foto Produk 



Saya paham, kalau di Kudo penjualnya banyak. Karena bekerja sama dengan beberapa marketplace yang saya ketahui, bahkan sangat mirip dengan marketplace lain dimana untuk foto produk memang bergantung dari penjual. Kalau penjualnya kreatif, maka foto produknya bisa saja ‘menarik‘. Tapi, kalau ketemu penjual yang foto produknya ‘seadanya‘ ini yang lumayan repot ya. 

Coba deh, disortir lagi beberapa produk yang akan ditampilkan di aplikasi Kudo. Agar penjual juga berbondong-bondong meningkatkan kualitas penjualan mereka dengan menyediakan foto produk yang ‘layak’ sehingga memberi kemudahan bagi para Agen Kudo. Mungkin dengan memberikan jasa foto produk dari pihak Kudo, sehingga para penjual yang terpilih merasa ‘istimewa’ dan merasakan juga keuntungan yang banyak, salah satunya banyak Agen yang semangat menjual produk tersebut.


2. Fitur Tambah Saldo 



Sepertinya memang saya yang sedikit ‘oon’ dalam urusan ini, karena sudah bolak-balik cek cara top up saldo, tapi yang muncul hanya informasi tentang nama Bank dan kolom konfirmasi manual. Tapi, tidak ada informasi berapa saldo minimumnya, ada kelipatan atau tidak, bagaimana cara top upnya. Meski saya paham cara transfer antar bank, tapi tidak bisa dipukul rata semua user akan paham cara transfer untuk topup saldo. Bisa jadi mereka masih kurang mengerti. Atau seperti saya yang ‘oon’ sehingga akhirnya pasrah tidak jadi isi saldo. 


Sekarang ini cara pembayaran sudah beragam, coba deh ditambah fitur isi saldo melalui paypal atau kartu kredit. Bukan mengajarkan Agen untuk konsumtif menggunakan kartu kredit, tapi takutnya ada Agen yang ternyata tinggalnya di luar Indonesia, tapi pangsa pasarnya orang Indonesia. Just in case aja, menurut saya. 


3. Mana Penjual yang Terverifikasi 



Terlihat memang banyak penjual di aplikasi ini, tapi saya bingung, bagaimana cara melihat apakah penjual tersebut sudah terverifikasi atau belum. Benar-benar penjual amanah atau ternyata bukan penjual yang baik. Maksudnya, coba ada status akun-akun yang sudah menjadi verify member, dimana proses verifikasinya benar-benar memberi kemudahan sehingga Agen Kudo tidak kena imbas penipuan online. 

Apalagi saya lihat pada aplikasi Kudo ini, ada juga kategori penjualan emas. Ini resikonya lebih tinggi dari penjualan produk lainnya. Jangan sampai kredibilitas Kudo tercemar hanya karena kasus penipuan yang disebabkan penjual dari salah satu market place. Kalau transaksinya melalui aplikasi Kudo, sepertinya akan terseret juga ‘nama baiknya’. 


Nah, itulah tiga hal yang saya rasa kurang dari Aplikasi Kudo. Kalau kelebihannya, bagaimana? Kalau sudah menuliskan kekurangan, masa iya tidak ada kelebihan? Pasti ada. 

Dan ini beberapa yang saya catat sebagai kelebihan Aplikasi Kudo dan kelebihan menjadi agen Kudo. Beberapa sudah saya singgung di kalimat pembuka tadi. 


1. Kemudahan dalam Berjualan 



Seperti yang tadi saya sudah tulis, kalau aplikasi Kudo memang ditujukan untuk memberi kemudahan bagi pemula yang ingin berjualan, tapi belum memiliki barang yang ingin ditawarkan. Di sini penjual pemula bisa memilih barang apa yang ingin dijual. Kemudian tinggal jual melalui sosial media atau menawarkan langsung. 

 Mau jualan pulsa? Bisa. Tidak perlu membuka kios, tinggal tawarkan saja kepada teman-teman di sekitarnya, bahwa Agen Kudo menerima pembelian pulsa. Selain barang-barang yang ada di aplikasi Kudo. Agen Kudo juga bisa menerima jasa penyedia pembayaran listrik. 



2. Tidak Bingung Menentukan Harga 



Menjadi Agen Kudo juga tidak akan sulit dalam menentukan harga jual. Karena sudah ada fasilitas penentuan Komisi dari pihak Kudo. Sehingga Agen Kudo tinggal menjalankan usahanya saja, tanpa berpikir keras mau menjual dengan harga berapa. Dengan begini, menjalankan bisnis benar-benar mudah. 


3. Bekerja Sama Dengan Beberapa Marketplace 



Betul, ada marketplace yang menyediakan produk dengan foto produk yang bagus, harganya juga murah, jadi ketika menjualnya lagi tidak takut kemahalan. Dan ada juga diskon-diskon spesial yang bisa digunakan oleh Agen Kudo. Apalagi ada juga loh produk penjualan voucher. Lengkap dan komplit. Jadi, semakin banyak pilihan produk barang yang ingin kita jual dari aplikasi ini.


4. Layanan Bantuan 



Aplikasi Agen Kudo
Layanan Bantuan pada Aplikasi Kudo



Karena sudah membaca kekurangannya, terus kalau kesulitan cara penggunaannya bagaimana? Tersedia menu layanan untuk bantuan Agen Kudo. Layanan ini siap membantu Agen Kudo dari hari Senin – Jumat pukul 09.00 – 22.00 WIB. Dan Sabtu, Minggu juga hari Libur pukul 11.00 – 21.00 WIB. 

Ada dua cara untuk meminta bantuan dari customer services Kudo, yaitu dengan Email atau Telpon, juga bisa dengan chat melalui aplikasi Kudo dengan menekan tombol “Mulai Percakapan”. 


5. Deteksi Lokasi Agen 



Maksudnya, pada fitur aplikasi Kudo, ada fitur deteksi lokasi Agen yang akan aktif kalau kita mengaktifkan mode : penjualan. Dengan menaktifkan fitur ini maka Pelanggan Baru bisa menemukan lokasi kita dengan mudah dan juga menghubungi kita. 


6. Tutorial 



Bagi pelanggan baru atau Agen Kudo yang baru, akan diberi kemudahan dengan mengaktifkan fitur tutorial yang mana akan memberi tahu cara-cara menggunakan aplikasi ini. 


7. PIN dan Password 



Aplikasi ini dilengkapi juga loh dengan sistem keamanan ganda. Tidak hanya menggunakan password, tapi juga menggunakan PIN yang akan didapat melalui informasi SMS yang masuk ke nomor yang kita daftarkan. Dengan begini akan mempermudah kita melindungi saldo dan informasi keagenan di Kudo. 

oo0oo

Nah, dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan dari Kudo, rasanya kekurangan yang tadi saya jabarkan di atas memang murni untuk perkembangan aplikasi Kudo, sehingga Agen-agen yang sudah terdaftar menjadi semakin nyaman dalam bertransaksi. Kalau penasaran, langsung saja cek aplikasinya dengan mengunduhnya melalui Playstore bagi pengguna Android. 

Atau, Anda Agen Kudo juga? Ada pengalaman menggunakan Aplikasi ini, atau ingin menambahkan apa yang dirasa kurang dari aplikasi ini? Siapa tahu bisa jadi pembenahan untuk kemajuan Kudo. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Terima kasih.


 

Comments

  1. Saya pengguna Windows phone, saya cari di bursa belum ada... Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, Kang. Setau saya Aplikasi ini baru ada di Android.

      Delete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih




domain murah