Samsung Galaxy S7 : Aman bertransaksi dengan Samsung Pay

Samsung Galaxy S7 - Tahun 2015 kemarin, saya mendengar selentingan kabar bahwa nantinya Samsung akan menghadirkan salah satu fitur bernama Samsung Pay yang akan menjadi alternatif bagi penggunanya untuk melakukan pembayaran via mesin EDC / Pos. Sebenarnya, kehadiran Samsung Pay ini hanya memanipulasi sistem pembayaran yang biasanya digesek, kini tidak perlu lagi. Cukup dengan menempelkan handphone ke dekat mesin POS/EDC. Jadi, penggunaan uang tunai akan segera berkurang, belum lagi kalau biasanya ketinggalan dompet sedikit berpengaruh terhadap kehidupan saya, sepertinya akan bergeser lagi menjauh menjadi tidak begitu penting. Secara, untuk pembayaran saja sudah tidak perlu mencari kartu gesek dimana, cukup tempelkan saja.

Kok ya canggih amat?!

Itu dia, hal yang membuat saya sempat terbayang tentang masa depan, dimana alat pembayaran tidak lagi memerlukan mata uang secara riil. Semacam dunia utopia yang berada dalam imajinasi saya, semacam dunia yang pernah saya tonton di televisi tentang segalanya yang berbau teknologi bukan lagi sesuatu yang baru. Saat teknologi berkembang dengan pesat hingga mungkin nantinya semua orang bisa mengendarai mobil terbang, sepertinya. *Mimpi saya!*


Samsung Galaxy S7
















Ada beberapa teman saya, saat saya melemparkan topik pembicaraan tentang alat bayar menggunakan gadget, dia kemudian bertanya-tanya tentang verifikasi dan keamanan dalam pembayarannya. Saat itulah saya kembali mencari tahu, seberapa siap, Samsung memberikan keamanan untuk penggunanya. Usut punya usut ternyata sistem bernama Knox-lah yang memegang peranan untuk memberikan perlindungan terhadap verifikasi pembayaran ketika menggunakan Samsung Pay. 

Kemudian saya baru menyadari, setiap kali saya mengotak-atik handphone Samsung Grand Duos milik saya, selalu saya dapati ada beberapa sistem yang belum pernah saya tahu fungsinya untuk apa, contohnya seperti Knox, Blurb dan Cloud Agent. Itulah kenapa, ketika membaca salah satu artikel yang kemudian menuliskan istilah Knox di dalamnya, ini membuka pemahaman saya bahwa fungsi Knox di dalam handphone saya inilah yang memegang peranan penting keamanan transaksi di Samsung Hub.

Setidaknya sebagai pengguna handphone, saya jadi paham dan merasa semakin yakin kalau setiap transaksi melalui Smartphone Samsung itu AMAN.

Ada yang sudah nonton video unpacked-nya Samsung Galaxy S7? Saya baru saja menonton video yang diupload di youtube tersebut. Perkenalan seperti apa 'wajah baru' dari Samsung Galaxy S7 yang tipisnya membuat saya semakin gregetan. Tapi, ada juga beberapa hal yang membuat saya tertarik ketika menonton videonya, dan terus kepikiran dengan beberapa hal.


Apa yang menarik di video tersebut?

Saat video youtube diputar, awal mulanya muncul tampilan smartphone yang ketika saya menonton untuk kedua kalinya, ternyata di layar handphone tersebut, siluet biru yang menjadi latar gambar di smartphone pada video, membentuk sebuah angka '7'. Warna birunya shadow gitu, sampai saya tidak begitu memperhatikan. 

Video unpackednya termasuk To The Point, cukup expert kalau untuk ditonton oleh semua kalangan dari seluruh dunia. Tapi, ketika memasuki live demo, modelnya mengambil gambar dengan kondisi waktu malam hari, kemudian dengan cahaya yang minim, ternyata hasil fotonya masih tetap jernih! Padahal tidak menggunakan cahaya 'Flash'. Cocok nih untuk merekam acara-acara seminar yang biasanya suka dimatiin lampunya, kemudian jreng...jreng.....muncul gambar di layar saat seminar.

Kemudian yang membuat saya berdecak itu, ternyata slot untuk memory cardnya ada di bagian body luar Gadget. Jadi tidak perlu lagi membuka back case smartphone, apalagi seperti Samsung Grand Duos saat ini, harus mencabut baterai terlebih dahulu, baru bisa memasukkan memory cardnya.

Terlihat jelas, ada kemajuan yang didesain untuk mempermudah penggunanya.

Nah, memasuki bagian lain dalam video unpacked Samsung Galaxy S7, ada moment dimana model tersebut menggunakan alat perekam yang bentuknya unik. Bisa jadi kacamata, ada juga yang bentunknya bulat seperti robot yang ada di film Star Wars. Lucu! Dan ternyata itu namanya Gear 360! Saya baru tahu kalau Gear 360 itu fungsinya sebagai alat tambahan yang membuat video call atau conversation call menjadi lebih mudah. Bisa juga untuk merekam video loh alat Gear 360, nah lumayan juga nih kalau pergi kondangan, kemudian malas untuk terus-terusan memegang Gadget. Tinggal taruh saja di tempat yang anglenya pas, kemudian bisa deh dadah-dadah bersama pengantinnya.


Pendapat Ipeh Alena

Sebelum membeli smartphone, pastinya kita diwajibkan juga untuk mengetahui spesifikasi dari smartphone tersebut. Jangan sampai justru kemahalan apalagi dengan spesifikasi yang ternyata masih jauh dari teknologi terkini. Karena saya ini seorang 'Tukang Oprek' aplikasi di gadget, dalam hal ini maksudnya senang mencoba-coba segala aplikasi yang ada di playstore. Mau tidak mau, harus Mau! Untuk punya Gadget yang memiliki performa tinggi. Salah satunya yang selalu saya utamakan pertama kali adalah GPU! Atau OTAK dari Gadget itu sendiri.

GPU, merupakan bagian penting yang menjadi prioritas utama saya dalam memilih sebuah gadget. Karena, dengan kecepatan prosesor yang mumpuni ini juga akan mempengaruhi kecepatan dari aktivitas yang berhubungan dengan Prosesor, seperti contohya RAM, ketika harus melakukan proses dari memory ke storage. Ini seringnya saya rasakan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Setelah GPU, posisi kedua ditempati oleh CPU. 

Dengan performa CPU yang cepat, ini memungkinkan saya bisa membuka aplikasi dengan mudah dan cepat tanpa lemot atau lelet. Jadi, kalau mau menelpon orang, meski sedang berjalan aplikasi lain dalam mode background tetap tidak mempengaruhi kecepatannya juga respon terhadap aktivitas lainnya.

Kemudian, setelah saya melirik CPU, saya akan melirik RAM. Yang mana dengan semakin tinggi nilainya akan semakin bagus juga untuk melakukan aktivitas multi tasking. Seperti mengirim whatsapp sambil menulis draft untuk blog. Atau yang sangat-sangat terasa itu, mengedit gambar di aplikasi picsart atau aplikasi lainnya kemudian dibarengi dengan menulis draft di Evernote. Ini pekerjaan yang cukup memakan memory.

Jadi, kalau GPU + CPU serta RAMnya mumpuni, kegiatan saya dalam meng-explore aplikasi-aplikasi yang bisa bermanfaat untuk orang lain, bisa menjadi kemudahan tersendiri yang justru memberikan peluang lebih besar pada saya untuk bisa menjajal aplikasi lain sambil dibarengi menulis draft untuk postingan di blog. 

Nah, setelah ini silakan baca sedikit ulasan dari saya tentang spesifikasi Samsung Galaxy S7 , saya dapati bahwa Performa GPU milik S7 ini "Up to 64% faster than its predecessor". Wah banget untuk saya, apalagi saya sering juga mengedit gambar atau desain gambar ala-ala untuk keperluan informasi di grup yang saya kelola. Belum lagi CPU S7 ini "Up to 30% faster than its predecessor" serta RAMnya "4GB RAM". Nah, rasanya tidak perlu lagi deh kebingungan setiap kali ingin melakukan pekerjaan multitasking, sehingga saya bisa melakukan dua atau tiga pekerjaan sekaligus melalui Smartphone.


Tentang Kamera Samsung Galaxy S7

Ini semacam jalan keluar yang sangat bagus untuk saya. Apalagi karena saya senang sekali memotret buku-buku yang selalu saya bawa kemanapun saya pergi. Ada beberapa moment dimana saya ingin memotret buku dengan latar senja di pantai Jakarta. Sayangnya, karena sudah hampir malam, sehingga pencahayaan kurang bagus dan membuat hasilnya juga tidak memuaskan.

Kalau kalian memiliki hobi yang sama, yaitu memotret. Jika harus berburu senja dimana situasi alam sudah tidak memungkinkan menggunakan cahaya, kamera Samsung Galaxy S7 ini benar-benar solusi yang oke punya menurut saya. Karena memiliki fitur F1.7 yang ternyata justru menambah kadar cahaya tanpa harus menggunakan 'Flash'. Sehingga, foto yang dihasilkan juga terlihat lebih alami dan tampak seperti foto Profesional.

Sebagai bookstagrammer, mengabadikan foto buku bukan hanya dihadapi oleh permasalahan angle yang tepat. Tapi juga hasil foto yang memesona, kalau menggunakan kamera S7 ini, hasilnya jernih. Dalam kondisi cahaya ruangan saja hasilnya maksimal, apalagi kalau digunakan di luar ruangan hasilnya benar-benar tajam.


Samsung Galaxy S7 menghadapi Problematika Kehidupan yang serba Cepat

Sebagai seorang manusia yang hidup di era teknologi seperti saat ini. Saya sering dihadapi oleh pengalaman kehabisan baterai sehingga harus irit-irit dalam menggunakan gadget. Tapi, ini yang justru membuat saya sering bete, apalagi seperti bulan Februari 2016 kemarin, saat saya sedang asyik-asyiknya membaca melalui gadget saya, ternyata baterai handphone habis. Sementara untuk charge handphone belum memungkinkan karena colokan yang tersedia di kereta hanya satu dan sedang digunakan oleh penumpang lainnya.

Mau tidak mau, saya harus mengalah dan bersabar. Dan untuk itu Samsung Galaxy S7 benar-benar gadget yang cocok untuk saya. Karena memiliki kelebihan tersendiri yang tidak kalah dengan smartphone lainya, yaitu FAST CHARGING! Jadi, saya tidak pernah khawatir lagi kalau harus menunggu beberapa menit saja untuk bisa mengisi daya gadget agar bisa digunakan lagi.

Apalagi kini gadget Samsung Galaxy S7 sudah memiliki teknologi water resistance, jadi kalau mau diving tidak perlu lagi khawatir, kan sudah water resistance selama 30 menit di kedalaman 1.5 meter. Tidak ribet, dan pastinya sesuai dengan kebutuhan setiap orang pada sebuah gadget. Juga, tidak kalah pentingnya, kapasitas baterai ini yang ternyata bisa memenuhi kebutuhan harian pengguna gadget Samsung Galaxy S7 karena kapasitasnya 3600 mAh. 

Udah...gak perlu ngelirik yang lain deh :D.


Pertimbangan Dari Ipeh Alena

Biasanya sebelum membeli smartphone, saya pasti akan mencari tahu apa-apa saja yang menjadi pertimbangan untuk saya selain harga. Iya kalau harga mah sepertinya banyak kok yang pasti menimang-nimang keinginannya agar bisa mendapat barang dengan harga yang less tapi teknologi yang powerfull. Hehe, bohong kalau saya tidak seperti ini. Nah, karena saya seorang pengguna Samsung Device, yang kebetulan yang saya gunakan adalah Grand Duos, ini beberapa hal yang menjadi pertimbangan kira-kira worth it atau tidak, Samsung Galaxy S7 Terbaru ini.

1. Slot Memory

Sudah dijelaskan di tulisan sebelumnya, kalau slot memorynya letaknya bukan pada bagian dalam handphone dimana kalau ingin memasukkan kartu memorynya harus melepas baterai. Ini pengalaman saya karena menggunakan Samsung Grand Duos. Mana susyeh juga kalau ingin melepas kartunya yang kecil mungil, imut-imut, sehingga harus pakai kuku. 

Nah, di Galaxy S7 ini slot memorynya terletak di bagian atas handphone. Tinggal di klik saja, kemudian keluar deh slot untuk menyimpan kartu memory.


2. Dual SIM atau tidak ?


Iya, saya ini seorang pengguna handphone yang sok sibuk, sok tenar dan sok ngartis. Pasalnya saya selalu memastikan apakah gadget yang akan saya gunakan nanti memberikan keleluasaan saya untuk menggunakan dua nomor sekaligus atau tidak? Kalau di Grand Duos, sudah tentunya support dual sim dimana dua-duanya aktif bersamaan. 

Bagaimana dengan Samsung Galaxy S7? Ternyata sudah support Dual Sim juga! Dan juga, slot tambahan SIM Card ini letaknya ada di tempat yang sama dengan slot kartu memory. Memudahkan banget untuk pengguna banyak SIM Card seperti saya ini. Jadi, lagi dan lagi tidak perlu melepas baterai untuk memasukkan kartu.


3. Sudah Support 4G LTE atau belum?


Pertanyaan ini harus selalu disertai sebelum membeli gadget. Pastinya, saya akan bertanya terlebih dahulu, kira-kira gadget yang akan saya beli ini sudah support 4G atau belum? Secara ya, zaman sekarang jaringan sudah naik kelas, jadi diperlukan juga gadget yang bisa support jaringan LTE ini. Dan Galaxy S7 bukan hanya canggih, tapi juga sudah memiliki fitur 4G di dalamnya.



4. Sistem Android-nya tipe apa?


Ini juga wajib di check nih, jangan-jangan saat membeli handphone atau gadget yang harganya lumayan, spesifikasinya tinggi ternyata masih menggunakan Android Kitkat. Sungguh sangat disayangkan loh. Apalagi sekarang ini Android sudah mengeluarkan OS terbaru bernama Marshmallow (nama makanan lagi), jadi wajib sekali untuk memilih gadget dengan Operating System yang mumpuni.

Biar bisa main hidden game yang ada di menu setting itu loh (ini cuma alasan saya saja). 


5. Dont Waste your time

Maksud saya begini, setelah memilah dan memilih mana gadget yang sesuai dengan budget dan kebutuhan, ada baiknya langsung pilih. Agar tidak terlalu lama mengulur waktu sehingga hati Hayati serasa di PHP #eh. Bukan, maksud saya adalah berpikir sebelum bertindak itu baik, tapi terlalu lama berpikir tanpa bertindak itu sama saja such a waste. Jadi, cek terlebih dahulu budget yang dimiliki, kemudian silakan pilih rekomendasi handphone atau gadget yang sesuai dengan kebutuhan. 


Kenapa saya merekomendasikan Samsung Galaxy S7 ? Karena sudah pasti fitur dan hardware handphone ini sesuai dengan kebutuhan saya yang sering multitasking di handphone. Tanpa lelet, tanpa lemot serta baterai tahan lama sehingga kalau menghadiri event-event tertentu tidak kebingungan karena baterainya awet. 


Demikianlah sedikit review tentang Samsung Galaxy S7 dari saya. Semoga bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk membeli smartphone pendukung aktivitas Anda.


"Tulisan ini diikutsertakan pada Blog Competition Samsung Galaxy S7 - lihat Disclosure"


Comments

  1. Apik banget ulasannya, dan seneng banget kalo bisa oprek-oprek gadged kalo saya yang oprek rusak kayaknya biasanya baru bisa menguasai gadget sebulanan. Haha :D

    Salam kenal ya mba, maaf baru berkunjung nih. Hehe

    Semoga menang lomba nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba :). Salam kenal juga

      Delete
  2. Wuah lengkap banget nih reviewnya.
    Kamera Samsung emang bagus, sudah nyobain motret sore hari pake hp samsung punya adik ipar. Duh jadi tambah pengin punya hp samsung.
    Sukses lombanya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih doanya. Iya sekarang kamera samsung keren ya :)

      Delete
  3. Waduh belum juga punya S yg lain..eh udah nongol S7 ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe sama mba, belum juga ganti hape. Eh udah ada yg baru aja ya

      Delete
  4. dari dulu sudah suka sama samsung, ga mengecewakan lah. xixixixix. lope2 kak ipeh alena keren bgt ulasannya. mantep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiw jadi geer saya. Lope2 mba erna jugaa. Terima kasih

      Delete
  5. Saya sampai mau joint this site alias mau jadi follower blog mba ipeh Alena, klik beberapa kali kok gak bisa, ternyata sudah jadi follower. hihihi napsu amat ya saya. *ambilkacamata

    ReplyDelete
  6. keren reviewnya mbak..ada samsung pay juga ya

    ReplyDelete
  7. Samsung ini selalu bikin gemas. Setiap ada keluar yang baru, bikin orang mupeng *hiks*
    :)

    ReplyDelete
  8. samsung emang the best.. salam kenal dari Tasik

    ReplyDelete
  9. bener2 ya, S6 aja belum kebeli, S7 udah keluar aja, mauuu atuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa...saya juga mupeng mbaa hehehe

      Delete
  10. emng bener2 hbrt lah samsung ini,

    ReplyDelete
  11. Spesifikasinya canggih dan super kekinian

    ReplyDelete
  12. Wah ulasannya detail ya. Type ini mahal bangeud, belum berani mimpiin ah *mimpinya dapat i****e aja* hihihi

    ReplyDelete
  13. Wah ulasannya detail ya. Type ini mahal bangeud, belum berani mimpiin ah *mimpinya dapat i****e aja* hihihi

    ReplyDelete
  14. wah..ikutan..semoga sukses ya.... malah akau gak ngedraft sama sekali..sempat download..buat pendukung..tapiga jadi bikin.. semoga menang..

    ReplyDelete
  15. Ini hape terbaru yang bikin isi dompet menjadi sepi dan berhantu ahhahaha

    dari segala aplikasi, yg jadi idola tetep kameranya :)))

    sastraananta.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. mauuu, kamera HP saya butuh diupgrade soalnya :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih

Instagram




domain murah