Ini dia Minyak Oles khas Indonesia

March 07, 2016



Minyak Tawon – Siapa di sini yang sering menggunakan Minyak Tawon? Saya sering heran dan bertanya-tanya, apakah benar bahwasannya minyak tawon itu dibuat dari tawon? Apakah sengatannya atau bagian lain dari tawon? Ternyata oh ternyata, selama ini saya salah. Karena minyak tawon dibuat dari campuran beragam minyak. Minyak Tawon yang asli memang bisa menyembuhkan beragam luka luar, seperti luka kena knalpot, gatal karena gigitan serangga, kemudian pegal / keseleo sampai kalau jatuh dari motor juga sering digunakan minyak tawon ini agar sekitar luka jatuh tidak ngilu.

Faktanya, Minyak Tawon ini dibuat dari campuran Minyak Kelapa, Minyak Kayu Putih, Minyak Sereh, Daun Lada, Rimpang Jahe, Rimpang Kunyit dan Bawang Merah. Nah, jadi tidak ada tuh kandungan asli dari tawonnya. Dari sinilah saya kemudian mengangguk-anggukan kepala kemudian. Terus kenapa namanya Minyak Tawon? Awal mulanya ya karena memang digunakan untuk merk dagang. Jadi, jangan disalahkan pabrik pertama yang menggunakan nama Minyak Tawon ini. Toh, para kumpulan Tawon selama ini tidak complain, hehehe.

Hanya satu yang saya tidak suka dari minyak Tawon, yaitu baunya yang kurang enak. Benar-benar bau yang membuat kepala saya pusing, tapi kalau butuh, ya..mau tidak mau harus diaplikasikan ke kulit. Dan memang, setiap kali kasus kejedot hingga benjol, kemudian langsung diolesi dengan minyak ini, benjolan di kulit kemudian bisa mengempis sedikit dan tidak bertambah parah. Atau kalau keseleo karena jatuh, tinggal diolesi saja, terkadang justru langsung pulih kembali. Ini untuk kasus yang ringan, kalau yang parah, tetap harus berobat ke dokter.

Tapi, yang belum bisa dilakukan oleh minyak tawon ini adalah mengobati luka karena Jatuh Cinta. Ini tidak bisa kawan... sungguh. Meski diminum pun, tidak berpengaruh terhadap hati yang luka karena jatuh cinta kemudian di tolak.

Mau tahu manfaat lain dari Minyak Tawon? Silakan di simak:

*Bisa untuk mengobati gusi bengkak dan sakit gigi.
*Untuk penderita nyeri otot dan nyeri sendi yang ringan, kalau sudah sering kambuh memang harus berobat ke dokter.
*Kalau ada bagian tubuh yang terkena benda keras, diolesi saja minyak ini di bagian yang sakit.
*Bisa dijadikan minyak urut, atau kalau punya keahlian pijat, bisa pakai minyak tawon. Siapa tahu bisa membuka Panti Pijat Bersertifikat.

Hal lain yang saya rasakan ketika menggunakan Minyak Tawon adalah rasa perih yang tak ada jeda. Ini sungguh-sungguh menyiksa, terutama ketika saya pernah jatuh dari sepeda kemudian diolesi minyak ini, duhai....sampai semalaman saya tidak dapat tidur.

Kalau kamu, pernah memakai minyak tawon juga? Ceritakan sedikit di kolom komentar, siapa tahu saya ada temannya. Kalau ada yang tidak suka baunya, tosss.



  • Share:

You Might Also Like

15 comments

  1. *Kalau ada bagian tubuh yang terkena benda keras, diolesi saja minyak ini di bagian yang sakit."" >>> saya pernah nih mb, terbentuk pinggiran tangga biasanya kan lgsg memar. Begitu terbentuk, saya langsung oleskan minyak tawon, beneran ampuh...gk bengkak loh.

    tapi kalo ada luka terbuka, sebaiknya jgn dioleskan minyak tawon. karena dari pengalaman suami mendapati beberapa pasiennya makin memburuk ketika luka terbuka tsb terpapar minyak tawon *imho *cmiiw

    ReplyDelete
  2. Hehehe bukaaan dari tawon. Ini minyak yg selalu ada di rmh, klo anak2 benjol abis kejeduk or bisulan kasi ini dulu buat pertolongan pertama :D

    ReplyDelete
  3. Ini salah satu obat yang selalu ada di rumah saya, Mbak. Paling sering digunakan kalau kami digigit nyamuk atau gatel2 lain. Dan anak2 yg paling sering make. Setelah dioles, bekas merah-merahnya langsung ilang dan gak gatel lagi.
    Soal baunya, saya biasa aja tuh, hehehe...

    ReplyDelete
  4. Di kotak obat harus selalu ada nih.. untuk mengonati gigitan serangga biasanya, juga saat pegel2.

    ReplyDelete
  5. kalo masalah bau, sih setuju, tapi sejujurnya, aku suka baunya minyak tawon, loh! Kalo dipijit, tentunya.

    tapi kalo disuruh milih, pas masuk angin aku lebih suka pake minyak telon

    ReplyDelete
  6. Ini salah satu oleh2 Makassar juga, Mbak. Tapi sudah banyak dijual di pulau Jawa ya :)
    Tapi saya koq gak perih ya kalo memakainya, kecuali kalo lukanya memang terbuka nah, itu baru perih. Kalo sekadar benjol, tidak sampai perih kalo dioleskan minyak ini. Kalau di rumah kami, ini biasanya harus ada :)

    Oya, ada juga yang meminumnya lho Mbak, misalnya utk sakit perut. Tapi saya sendiri gak mau meminumnya hehehe

    ReplyDelete
  7. Baunya memang agak menyengat, tapi ampuh banget. :D

    ReplyDelete
  8. Minyak Tawon ini emang minyak sahabat para keluarga di Indonesia :)

    ReplyDelete
  9. minyak andalan di rmh ini mbak, si kecil di gigit nyamuk, aku oles pakek ini, langsung ilang gatelnya

    ReplyDelete
  10. Awalnya emang gk suka sama baunya, tapi lama2 terbiasa. Ampuh bgt emang. Btw jadi inget persediaan di rumah udah habis :)

    ReplyDelete
  11. Saya belum pernah memakai minyak tawon kalau minyak kayu putih sudah. Sayangnya saya kurang suka baunya. Sekarang saya lebih senang memakai minyak yang ada gambar Agnes Monica.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  12. Aku sedia di rumah mba..kalau anak-anak kena lebam pakai minyak tawon. Kalau keperluan lain biasanya minyak kayu putih.

    ReplyDelete
  13. Minyak yang satu ini memang hits ya mba hehehe

    ReplyDelete
  14. Minyak tawon bau nenek-nenek >.< iyuuhhhhh

    ReplyDelete
  15. minyak harus ada di rumah, dulu pernah coba minum minyak nya buat obat batuk, kaya mentol2 gitu *jangan ditiru sih,hahaha*

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih