Waktu terbaik untuk posting di Social Media

February 23, 2016

Best time to share blogpost


Waktu Terbaik untuk Posting di Social Media – Ternyata untuk posting di Social Media itu bukan sesuatu yang sembarangan ya. Apalagi kalau mau menjadi Social Media Officer, Blogger Profesional dan segala yang berhubungan dengan Social Media expert. Semua harus tahu waktu yang tepat kapan saja untuk memposting sesuatu di social media.

Bagi pengguna Facebook, apalagi yang menggunakan facebook untuk jualan, coba dicek dahulu, kapan tepatnya membagikan informasi di akun kamu. Menurut Internet Marketing Online, saat yang tepat untuk membagikan informasi / update status atau membagikan apa saja di facebook itu paling tepat Jam 6-8 pagi dan Jam 2-5 sore.

Sementara untuk online di facebook sekitar jam 10 malam sampai jam 4 pagi itu bukan waktu yang baik. Kecuali kalau kamu ingin berbincang dengan teman yang berada di luar negeri. Mungkin jam-jam tertentu bisa membuat komunikasi berjalan lancar karena perbedaan waktu.


Kemudian untuk yang ingin membagikan tweetnya di Twitter, konon menurut IMO jam 1-jam 3 siang merupakan waktu yang baik. Mungkin ingin membagikan kultwit, atau membagikan informasi atau sekadar update status. Sementara jam 8 malam sampai jam 8 pagi, dilansir merupakan waktu yang kurang tepat untuk berbagi di media ini.

Nah, untuk pengguna Pinterest, disimak juga nih kapan akan membagikan postingan gambar ke media ini. Jam-jam yang perlu diperhatikan adalah sekitar jam 8 pagi – 11 siang. Atau jam 2 siang – jam 4 sore. Waktu yang kurang tepat untuk mengupload gambar melalui media Pinterest yaitu jam 1 – 7 pagi dan jam 5-7 sore.

Begitu juga kalau ingin share atau update segala sesuatu melalui Linked.in ada jam-jam tertentu yang baik dan yang kurang tepat. Seperti pada media social Linked.in yang ternyata baik digunakan pada jam 7 – 9 pagi serta jam 5 – jam 6 sore. Dan jam 9 pagi sampai 5 sore bukan jam yang tepat menurut IMO.

Melalui tips terkait waktu untuk membagikan sesuatu melalui social media di atas, terdapat beberapa perbedaan tampaknya, ada yang mengatakan jam segini dan jam segitu yang baik. Tapi, rata-rata jam 2 – jam 5 menjadi waktu yang ideal untuk membagikan informasi melalui sosial media. Jadi, pembagian waktu ini bagus juga untuk dijadwalkan hariannya.

Kalau kamu, punya jadwal khusus untuk menggunakan sosial media? Mau sharing juga cerita kamu? Boleh, share saja di kolom komentar agar pembaca lain juga bisa belajar dari pengalamanmu.


Semoga bermanfaat :)


* diambil dari berbagai sumber sebagai data *




  • Share:

You Might Also Like

27 comments

  1. terganutng target ya, kalau ibu rumah tangga lagi2 masih repot :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mba lyd, masing2 beda kan ya, kalau jam2 di atas malah lebih sesuai sama jadwal aku mba, maklum baru 'free' pas pagi atau siang hehehe, kalau malam jarang2 sih bisanya.

      Delete
  2. Yah hati hati juga menggunakan medsos ...

    ReplyDelete
  3. Hehee informasi menarik! Aku juga setuju kalau share itu memperhatikan waktu. Supaya lebih tepat sasarannya. :D

    ReplyDelete
  4. *dicatat* *buat share postingan blog*

    ReplyDelete
  5. sering ngupdate status skitaran jam 7-10 malam, share postingan jg jam sgitu, brarti kurang tepat ya... hehe... tapi jam-jam itulah waktu senggangnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebisanya aja :) apalagi kalau baru bisa senggang jam segitu

      Delete
  6. Aku biasanya mulai sekitar jam 9 pagi, selain itu siang atau malam sekitar jam 19.00. Tapi kadang2 ya sesempetnya hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kok mba, saya juga biasanya jam 9 pagi, kalau malam untuk tengok2 grup :D

      Delete
  7. apa alasan nya kalo twit jam 1 - 3 siang ??? mungkin orang benggong dikantor yaaa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan bengong sih, tapi cocok buat saya yang mana kalo jam segitu bocah2 lagi pada tidur dan waktu dimana otak saya ngehang minta gegoleran di kasur, jadi bisa saya pake buat share apa aja ke medsos :D *guling2 kasur*

      Delete
  8. Replies
    1. Sama-sama mba :) Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Aku biasanya sih posting pas jam-jam makan siang, Mak. Lumayan rame atau sore menjelang bubaran kantor. Kadang pagi juga aku share kalau ternyata dari siang sampai sore ga bisa buka lappy. :)

    ReplyDelete
  11. Betul, memang ada waktu khususnya kalau nggak mau monolog. Lihat followers aja ramenya jam berapa. Karena kebanyakan di listku orang2 dewasa (jiah dewasa) & admin akun2 socmed, ramenya malah pada jam tidur. Pada kode2an, ngerjain, usil dsb :)) Tapi siang kalau bisa tak sempetin nongol karena ibu2 biasanya pada berkeliaran (((berkeliaran))).

    ReplyDelete
  12. baru tau aku ada waktu2nya update status hehehe

    ReplyDelete
  13. ternyata ada waktu yg tepat ya untuk bermedsos, sela ini saya lenih banyak pagi saat anak sekolah

    ReplyDelete
  14. Ehh baru tahu jam-jam ini :D

    ReplyDelete
  15. Aku juga suka lihat - lihat waktu mbak kalau mau share di media sosial. Makasi ya mbak sharenya :)

    ReplyDelete
  16. Mirip2 kyk jam porting iklan OS ya mbak hihihi
    Dulu pernah gabung di grup OS trus dikasi jam2 posting target pembeli :D

    ReplyDelete
  17. waah.. aku kalo bikin blog, seringnya selesai malam sih.. jarang kalo pagi ato siang.. harus diperhatiin juga nih, biar dapet banyak audience.. terima kasih!! bermanfaat banget!

    ReplyDelete
  18. aku kadang ngetwit sesuka aja, hehe. pas sempetnya :D

    ReplyDelete
  19. kalau saya, sehabis publish langsung share mbak. ternyata ada triknya juga ya.

    ReplyDelete
  20. infonya bermanfaat mbak.. thx

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih