Konmari Method - Part 2




Konmari Method - Saya kembali lagi ingin membahas tentang Konmari Method. Pada pembahasan sebelumnya di "5 Organizer Konmari Method" saya sudah sedikit sampaikan kalau konsep dari Metode Konmari ini memang mengelompokkan barang sesuai kategorinya.

Misalnya, kategori cangkir, semua cangkir disatukan dan disimpan di lemari yang khusus menyimpan cangkir. Jadi tidak ada campuran antara Cangkir dengan Sendok, misalnya.


Kemudian, Konmari sendiri juga mengajarkan untuk membuat sebuah kotak yang tujuannya untuk memisahkan antara sendok dengan garpu. Dalam hal ini, Konmari memberi contoh dalam penyimpanan sendok dan garpu di laci kitchen set, bukan di tempat garpu/sendok yang sering kita temui di tempat penjual peralatan rumah tangga di pasar.

Selain itu, Konmari juga menegaskan untuk memisahkan barang-barang yang masih dipakai dan jarang dipakai. Ini dimaksudkan untuk memberi ruang yang lebih di rak/lemari penyimpanan rumah. Karena, kalau banyak benda-benda tak terpakai atau malah sama sekali jarang dipakai, kemudian menumpuk, ini akan membuat rumah terlalu sesak dan membuat penuh lemari/rak penyimpanan.

Jadi, saran dari Konmari adalah pisahkan barang-barang yang memang jarang dipakai atau bisa saja dipakai namun masih bisa menggunakan barang lain yang sering dipakai, ini wajib untuk dipisahkan. Kemudian, barang-barang tersebut bisa diberikan ke tempat yang membutuhkan atau dibuang (jika kondisinya memang sudah rusak). Ingat juga dalam berhati-hati memisahkan barang yang ingin dibuang.

Di sini juga diajarkan oleh Konmari untuk reuse produk seperti kotak/kardus untuk disulap menjadi tempat penyimpanan setelah dimodifikasi. Intinya, meski harus membuang banyak barang, tapi tidak membuat banyak sampah menumpuk. Selama masih bisa di-alih fungsi.

Seperti botol shampoo, yang ternyata bisa disulap sebagai tempat charger handphone yang bisa digantung. Atau membuat kardus-kardus bekas untuk menjadi rak penyimpanan kertas atau benda-benda kecil lainnya. Bahkan beberapa orang yang mem-praktek-kan metode ini sering membuat DIY (Do It Yourself) barang-barang yang bisa digunakan ulang.


Semoga bermanfaat 




Comments

  1. thanks mak :) Saya selama ini baru smp pada taraf nyimpen barang bekas tapi blm ada ide recycle yg okeh gimana... akhirnya malah bikin sampah baru di rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mak say :), saya juga sambil terus belajar dan cari2 inspirasi nih buat memanfaatkan sampah di rumah

      Delete
  2. info bagus nih buat saya yg rumahnya kecil biar ga tambah sesak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul biar semua tempat bisa difungsikan dengan baik

      Delete
  3. aku mesti belajar kayak gini nih biar rapiii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe sama kok lagi belajar juga

      Delete
  4. Sudah coba konmari method untuk baju dan berhasil jadi lebih rapi hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren!! Saya malahan baru beberapa barang aja, kaya buku sama sepatu. Sisanya masih amburadul, masih satu2 dulu di rapihin hehe

      Delete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih




domain murah