Keajaiban Kecap

The amazing of Soy Sauce - ipehalena


Keajaiban Kecap – Satu hal yang sederhana yang dapat menjadikan makanan seperti Sate atau Gado-gado menjadi terasa enak dan manisnya pas, yaitu penggunaan KECAP yang seringnya dicampur ke menu makanan tersebut. Bagaimana rasanya Sate Kambing tanpa kecap? Meski dengan bumbu kacang, tapi entah kenapa sebagai penggemar jajanan kaki lima, bagi saya Kecap itu hal yang wajib ada. Makan soto kudus, rasanya masih terasa kurang kalau belum dicampur kecap. Sampai telor dadar juga saya sering mencampurnya dengan kecap.


Dibuat dari keledai, bahan yang terlihat sederhana namun kaya akan protein. Jadi, tidak perlu ragu kalau makan dengan dicampur kecap, karena tetap ada sumber protein yang masuk ke dalam tubuh. Jajanan di kaki lima lebih sering membuat saya selalu penasaran. Apalagi, kalau warung / tenda yang seringnya terletak di pinggir jalan, kemudian berisi antrian manusia yang ingin membeli, otomatis tempat tersebut menjadi sasaran empuk untuk saya kunjungi.


Mencicipi makanan itu berbeda dengan membaca buku, misalnya kalau mendengar orang membaca buku A, kemudian bercerita panjang dan lebar hingga tak terasa seperti mendengar audio book, terkadang ini sudah cukup tanpa harus membaca buku tersebut. Tapi, mencicipi makanan adalah pengalaman yang harus dan wajib untuk benar-benar dirasakan sendiri. Justru mendengar detail cerita orang lain, sampai bagaimana pengalaman mereka memakan makanan tersebut, malah membuat saya semakin penasaran dan cukup menggiurkan.

Karena memang, makanan adalah hal yang menempati posisi nomor dua dalam hidup saya yang sering membuat saya tidak dapat tidur karena membayangi testimony orang lain. Apalagi kalau makanan tersebut termasuk jajanan pasar atau makanan kaki lima. Mau bagaimana pun bentuk gerobaknya atau sesempit apa pun tenda tempat makannya, tetap saja membawa nikmat dan sensasi yang berbeda. Dan pastinya saya memang seorang “Kuliner Kaki Lima” hunter.

Pasalnya, bagi saya makanan kaki lima itu memiliki keistimewaan dalam kesederhanaan. Sajiannya memang tidak seperti koki di restoran yang mengedepankan ‘sisi penempatan’ dalam makanan agar terlihat cantik. Namun, cita rasa yang membuat lidah selalu merasa ‘kangen’ inilah yang membuat makanan kaki lima berbeda dengan restoran.

Saya sering menganalogikan tentang nasi goreng, yang pastinya harus menggunakan kecap juga. Nasi goreng di restoran meski namanya berganti menjadi Fried Rice, tapi tetaplah memiliki bentuk dasar Nasi Goreng pada umumnya, sama seperti yang dijual di abang gerobak atau tenda-tenda pinggir jalan. Meski pun harga serta tambahan menu di dalam campuran nasi goreng berbeda. Nasi goreng tetaplah nasi goreng, yang bisa dinikmati kalangan atas – menengah – atau ke bawah.

Dari sinilah saya selalu merindukan jajanan kaki lima karena tanpa pedagang kaki lima, setiap saya kelaparan tengah malam  saat setiap restoran dan mall sudah tutup, mungkin saya akan merana kelaparan. Bersyukur rumah saya dekat dengan keramaian, tempat banyak pedagang kala malam menjajakan dagangannya, dan saya sampai hapal mana tempat-tempat yang masih buka ketika saya kelaparan dan ingin jajan jam 2 dini hari.

Kebanyakan makanan yang buka pada malam hari biasanya menyajikan nasi goreng, ketoprak cirebon atau sate. Ketiga makanan ini rasanya tidak akan komplit tanpa kecap. Sementara itu, bagaimana budi daya Keledai ini dimanfaatkan dengan baik dan diolah sehingga tidak saja hanya berbentuk seperti tempe, tahu atau susu. Tapi juga menjadi pemanis tambahan yang melengkapi setiap masakan.

Siapa sangka kalau ternyata banyak juga Kecap-kecap manis yang sangat enak diolah dari industri rumahan. Tidak diragukan lagi rasa dan kualitasnya, karena pastinya para pelaku industri rumah tangga memiliki daya saing yang cukup mumpuni. Dengan mengkonsumsi kecap asli Indonesia akan membantu juga memberdayakan  industri mereka supaya bisa berkesinambungan dan roda bisnisnya berputar terus hingga sukses.




Tapi, bukan hanya itu, ternyata menabung juga bisa mendukung gerakan pemberdayaan usaha kecil dan menengah agar bisa terus sukses bersaing dengan merk terkenal. Justru inilah sebuah pertanda kemakmuran rakyat bisa dijangkau dengan persaingan yang suportif. Juga, dengan upaya ini diharapkan para pemilik usaha UMKM bisa juga memperkenalkan hasil kerjanya ke luar negeri.


Toh tidak ada mimpi yang terlalu tinggi. Siapa sangka justru BTPN membuat sebuah program yang mencanangkan gerakan menabung untuk bisa membantu memberdayakan jutaan UMKM di seluruh Indonesia. Sambil berenang minum air, sambil menabung ikut memajukan gerakan ini. Dan janga lupa, dengan terwujudnya UMKM yang maju, hal ini juga dapat membuka lowongan pekerjaan bagi semua orang. What can be better than this?? 



Comments

  1. Aku ga suka kecap Mbak :(. Kalo maem bakso ato makanan yg nyediain kecap aku skip. Ga suka manisnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, selera ya mba ada yang suka ada yang ga :)

      Delete
  2. makan pake kecap paling pas bikin nasi goreng sama mie goreng aja sih mbak. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya makan sate kambing gak pake sambel kecap itu rasanya gimana gitu :D

      Delete
  3. Iya mak, saya juga suka kecap apalagi dicampurin ke nasi anget plus telor dadar ato ceplok, pelengkapnya si kecap manis. Kalo sarapan juga buat bubur ato tahu panas pake kecap juga enak,nah! ikan bakar sama sambel kecap pastinya mantaaappp.. Jadi laper. ehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lengkap!! Komplit!! JAdi laper bener-bener ini hehehe

      Delete
  4. Satenyaaaa :3
    Aku juga demen banget makan pake kecap. Kayak ada yang kurang g

    ReplyDelete
  5. oh keajaiban kecap tu itu, manteb masak pake kecap untuk menu tertentu, apalagi kalau makan sate wuah nikmat

    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba tyas, masakan jadi lebih komplit rasanya :)

      Delete
  6. Mbak nya sama kayak aku, kecap itu wajib ada di setiap jajanan hihihi

    Nonton film HD

    ReplyDelete
  7. Kecap juga bisa menjadi alternatif pertama saat kena api atau knalpot sepeda. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih




domain murah