Cara mempercantik foto Instagram

February 15, 2016

Cara mempercantik foto Instagram – Suka mainan Instagram? Saya sih suka sekali. Karena memang Instagram saya jadikan ajang ‘pamer’ sesuatu yang memang saya sukai dengan sangat teramat sangat. Kalau ada yang belum tahu isi instagram saya, bisa langsung meluncur ke akun @blogipehalena. Sejak awal membuat instagram memang saya ingin dedikasikan pada segala hal yang saya anggap sesuai dengan apa yang memang saya suka. Seperti ketika saya masih bisa berjalan-jalan ke beragam tempat dan museum, pastilah ada beberapa selipan foto-foto tersebut di bagian paling bawah.



Setelahnya, saya justru lebih sering mengupload foto buku koleksi saya yang sudah / sedang / belum saya baca. Kenapa? Karena instagram saya ini justru mempermudah bagi beberapa teman saya yang ingin meminjam buku. Mereka bisa melihat buku apa saja yang sudah saya baca dan ada di rak saya. Atau jika ada yang ingin tahu, saya sudah membaca buku apa saja, biasanya mereka langsung ‘kepo‘ ke akun saya, jadi ini benar-benar memberi kemudahan bagi saya dan orang lain.

Tapi, ada beberapa hal yang saya sendiri sebagai pengguna instagram harus perhatikan terhadap keindahan dari foto yang diambil dan diupload ke instagram, berikut hal yang harus diperhatikan :
1. Cahaya yang terang, ini terbukti bisa menambah ketertarikan pengguna lain ketika melihat gambar yang kita posting. Entah mereka akan klik tombol ‘like‘ atau justru langsung ‘follow‘.

2. Pemilihan Background yang tepat, ternyata bisa meningkatkan 29% persentase foto kamu disukai atau tidak oleh pengguna instagram yang lain.

3. Konon, katanya,  foto/gambar yang lebih menonjolkan warna Biru akan mendapat porsi 24% lebih disukai daripada warna Merah.

4. Pilih warna yang tidak terlalu banyak, baik latar foto maupun objek yang akan difoto, karena katanya warna yang tidak begitu banyak mendapat porsi 17% lebih disukai dan cocok untuk pemula. Keculai sudah mahir, mau merekam gambar yang beragam warnanya akan tetap tampak ciamik :D.

5. Perhatikan juga tekstur serta tingkat saturasi gambar. Gambar dengan tingkat saturasi yang rendah lebih baik dibanding dengan saturasi tinggi. Serta tingkat tekstur gambar yang tinggi juga bisa menghasilkan foto dengan gambar yang baik.


Cara yang paling ampuh untuk menghasilkan foto yang bagus itu mudah, yaitu AMATI dan TIRU dari foto-foto para profesional. Dengan cara ini, kita bisa sambil belajar melihat dan mencontoh serta mempraktekkan ilmu yang sudah dipelajari. Toh, dengan cara seperti itu, kita bisa belajar sambil mempraktekkan tanpa perlu ragu dan malu. Kalau masih dirasa kurang cocok, dicoba lagi sampai puas dengan hasilnya. Percaya deh, kalau sudah puas dengan hasilnya, yang namanya usaha tidak akan sia-sia.

Kalau punya foto dengan angle dan posisi yang bagus hanya saja kurang cerah, kenapa tidak menggunakan aplikasi edit foto untuk meningkatkan tingkat kecerahannya? Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan. Apalagi kalau memang tempat memotretnya kurang memadai dari segi pencahayaan, gunakan saja aplikasi yang bisa membantumu menghasilkan foto yang cerah. Ini bukan tipuan, karena yang diedit hanya kadar cahaya.

Semoga bermanfaat ya J



  • Share:

You Might Also Like

13 comments

  1. Thank you tipsnya, kalau soal aplikasi aku lambat. Akun IGnya apa ya? Di widget kok nggak ada? pengin lihat foto2 cantiknya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mak Lusi sudah mampir, oiya belum menambahkan widget instagramnya, wah makasih mak sudah dikasih masukan nih :)

      Delete
  2. Palingan ngoploud foto aja jarang di edit hihi. Kadang suka ga ngerti sih mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk edit2 foto biasanya saya pakai Picsart mak :). Tapi, kalau fotonya udah keren, gak perlu di edit lagi biar alami jadinya :)

      Delete
  3. Palingan ngoploud foto aja jarang di edit hihi. Kadang suka ga ngerti sih mak

    ReplyDelete
  4. walau akyu juga duong di @riamrt :) *hahaha modus*
    wow, aku baru tahu kalau warna biru justru lebih menarik perhatian dr warna merah... Noted this... Thanks for the tips ^_^

    ReplyDelete
  5. Duuhh gimana yak aku cenderung suka warna merah hehehe... warna kesukaan sih :D

    btw warna dominan biru di IG klo diaplot kompresinya pecah loh gambarnya :(

    bolehlah difollow IG ku @alidabdul bhuahaha

    ReplyDelete
  6. Terima kasih banyak infonya. Aku coba untuk mempercantik instagram aku ah. ^.^

    ReplyDelete
  7. Angle saat ambil foto harus di perhatikan juga lho :)

    Download film bluray

    ReplyDelete
  8. makasih tipsnya.. lagi suka upload foto di ig nih :p

    ReplyDelete
  9. thank youuu tipsnya mba, jadi pake kamera biasa juga mudah2an bisa oke ya fotonya berkat tips ini

    ReplyDelete
  10. Wah thankyouuu infonya tapi buat aku sulit karena isinya gambar yang sesuai mood saat itu

    ReplyDelete
  11. Aku masih bkm.mahir buat ngatur background sm pencahayaan,semangta buat belajar terus

    ReplyDelete

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih