Google Doodle Hari ini


Google Doodle Hari ini sungguh menarik sekali, apalagi saya yang memang selalu suka dengan kartun, dongeng dan animasi. Perrault, siapa yang kenal dia? Mungkin kalau mencari tahu, pasti masa kecil kita sering bersinggungan dengan karya-karya beliau. Sudah 300 tahun berlalu semenjak dia hadir di dunia kemudian kisahnya benar-benar abadi. Dan ini bukti kalau menulis itu akan membuat si penulisnya abadi, karena karya-karya yang membuat mereka abadi.

Dongeng - dongeng adalah kisah yang biasanya diceritakan menjelang tidur, itulah mengapa istilah bedtime stories lebih terkenal ketimbang dongeng kala bangun tidur, atau dongeng ketika mandi. Ribet ya rasanya, tapi bermain bersama dede-dede bayi sambil mandi dengan bercerita, asyik juga ternyata.
Karya-karya Perrault memang berbentuk dongeng yang terkenal dari kisah turun temurun yang kemudian diabadian dalam bentuk buku, bersyukurlah ada yang mengabadikan dalam bentuk buku, kalau tidak nanti saya tidak tahu bahwa dongeng-dongeng sejak saya kecil bukanlah dongeng yang diciptakan oleh Disney, melainkan oleh Perrault.

Cinderella 

Siapa yang tidak kenal dengan dongeng seorang gadis yang ditinggal meninggal Ibunya, kemudian mendapati Ayahnya menikah dengan seorang perempuan yang jahat? Dia dijadikan upik abu, namun karena ketulusan hatinya, dia tidak dendam. Dan pada suatu pesta dansa, dia tidak dapat hadir, namun Ibu Peri menolongnya, karena dia gadis yang baik.

Puss in Boots

Nah, ada yang masih ingat sahabatnya Shrek dalam film animasi? Iya, di salah satu tokohnya ada seekor kucing yang jago, mengenakan sepatu boots. Tapi, siapa yang bisa menyangka kalau Puss in Boots sudah menjadi dongeng yang usianya ratusan tahun? Jangan-jangan kamu seperti saya, yang tahunya kalau Puss in Boots itu temannya Shrek :D. 

Sleeping Beauty

Nah, putri yang satu ini terkenal sekali. Karena dia tertidur akibat kutukan dari seorang penyihir wanita. Kalau tidak salah, dahulu, di Indonesia diangkat pula filmnya. Film yang sudah dimodifikasi jalan ceritanya oleh Disney ini merupakan karya Perrault yang sering diingat oleh anak-anak. Dan khususnya saya, sering tertukar dengan kisah Snow White, karena sama-sama ‘merem’ :D.
Sebenarnya masih ada beberapa karya Perrault yang lain. Sosok yang lahir di Prancis ini ternyata anak orang kaya. Namun meski kaya, dia adalah anak yang pandai, selalu mendapat nilai yang bagus di sekolahnya yang terbilang sekolah favorit. Tidak heran kalau dongeng-dongeng karyanya ini bukan sekadar cerita yang tidak ada pesan moralnya, justru dari dongeng-dongeng inilah Perrault menyampaikan cita-citanya melalui pesan moral kisahnya untuk membuat kehidupan orang-orang di sekitarnya menjadi lebih indah.
Wah, ternyata maksudnya baik sekali, masih peduli dengan orang di sekitarnya. Padahal pada waktu itu, dia pertama kali menulis dongeng-dongeng ini saat berusia 70 tahun! Usia yang tidak diragukan lagi, melalui pengalaman dan pemikiran yang cerdas, kebijaksanaan dalam dongeng-dongengnya sudah menjadikan banyak anak-anak dari beragam generasi hidup dengan kisah yang membuat mereka mempelajari kehidupan melalui pesan moral yang disampaikan. 
Dirgahayu Kakek Buyut Perrault !! 



Comments

Instagram




domain murah