Gerakan #BekasiMembaca

Bekasi Membaca - Sejak pertemuan dengan beberapa komunitas di Bekasi bersama Bekasi Urban City, Klub buku bekasi semakin membulatkan tekad untuk memulai kembali aktif dalam gerakan #BekasiMembaca, demi terwujudnya masyarakat kota Bekasi yang gemar membaca. Dari pertemuan bersama komunitas se-Bekasi itu, juga terbuka sebuah peluang untuk berkumpul bersama lagi, yaitu sebuah pertemuan akbar antar komunitas. Yang ingin memperbincangkan masalah kota Bekasi dengan fasilitas kota. Pertemuan akbar ini nantinya akan turut serta mengundang Walikota Bekasi untuk mendengarkan saran dan solusi demi pembangunan Bekasi yang lebih baik.
Terutama Perpustakaan Daerah Bekasi, yang masih banyak belum mengetahui. Tapi, ini bukan berarti salah penempatan dan lokasi. Hanya saja, kurangnya tindakan yang optimal. Itulah kenapa, tahun 2016 ini, Klub Buku Bekasi akan mencanangkan sebuah gerakan demi meramaikan fasilitas daerah yang belum banyak diketahui.
Januari di tahun 2016 ini, #BekasiMembaca akan mulai diadakan dengan konsep Bincang Karya Sastra dan Forum Diskusi.



Bagi penggemar tulisan Seno Gumira Ajidarma, dan ingin turut serta dalam forum diskusi sastra, serta sudah membaca karya-karya beliau, bisa mendaftar langsung. Kenapa harus sudah membaca karya-karya beliau? Karena diskusi sastra dengan Tema yang sudah ditentukan tidak akan bisa berjalan dengan baik jika pesertanya masih seperti ‘gelas yang kosong’. Akan sulit dijalankan diskusi jika pada akhirnya hanya seperti kelas mengenal Seno Gumira, tidak. Di sini peserta diwajibkan sudah mengenal beliau melalui tulisan-tulisannya. 
Jadi, diskusi bisa berjalan dengan lancar, membahas apa-apa saja ciri khas, struktur dan segala macam tulisan dari Seno. Pastinya, banyak yang akan dibahas sehingga Pak Irsyad sebagai pembicara, tidak akan kesulitan juga.
Acara yang diadakan di kediaman Bapak Irsyad ini, GRATIS. Hanya saja, terbatas untuk beberapa orang saja. Kalau tidak mau ketinggalan, langsung saja mendaftar. 
Pendaftaran: SMS dengan format: “BekasiMembaca1_Nama Lengkap_Email_No HP”
Ke: 0811914449 (Juli)
Nah, tak kenal maka tak sayang, saya sertakan biodata singkat sosok Pak Irsyad yang nantinya akan menjadi pembicara di acara #BekasiMembaca Membaca Seno Gumira Ajidarma.

Riwayat Hidup Singkat Irsyad Ridho

Saya, Irsyad Ridho, dilahirkan di kota kecil Pelaihari, Kalimantan Selatan. Saat itu 31 Desember 1971. Sebelum masuk SD, saya belajar mengaji pada beberapa guru mengaji. Ayah saya berencana mengirimkan saya ke pesantren di Jawa karena dia ingin saya menjadi seorang ulama di kemudian hari, mengikuti jejak kakek saya. Namun, rupanya saya tidak begitu berminat sehingga sampai selesai SMA saya tetap di Pelaihari.
Selanjutnya, saya dapat panggilan dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, diterima sebagai mahasiswa di Jurusan MIPA Kimia. Selama di Yogya, saya rupanya lebih tertarik dengan kehidupan kesenian dan kesusastraan di kota itu. Setelah satu setengah tahun berkutat di laboratorium kimia, saya merasa bosan dan memutuskan untuk berhenti kuliah.
Pada tahun 1992 saya kuliah lagi di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta). Saya betah di jurusan ini dan senang dengan suasana Jakarta. Kota ini banyak mengilhami saya dengan kegelisahan dan juga harapan. Di jurusan ini pula saya diterima bekerja sebagai dosen pada tahun 2000. Saya berbahagia dengan pekerjaan saya karena hal itu memberi saya kesempatan untuk mengembangkan ilmu sastra dan ilmu pendidikan serta selalu bertemu dengan kegelisahan dan semangat muda dari mahasiswi-mahasiswa saya.
Untuk memperdalam pengetahuan saya tentang ilmu sastra dan kebudayaan, pada tahun 2004 saya melanjutkan studi S-2 ke Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Saya menyelesaikan program S-3 di tempat yang sama. Dengan bekal pendalaman keilmuan itu, saya makin bersemangat untuk mengabdikan diri bagi pengembangan dunia sastra dan pemikiran kebudayaan di Indonesia.
Saat ini saya tinggal di Bekasi dengan istri saya, Susi Fitri, yang juga adalah seorang dosen di Universitas Negeri Jakarta, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Sambil menekuni hobi kami, yaitu berkebun rumahan, kami tetap berupaya untuk dapat memberi konstribusi bagi kemajuan kehidupan dengan wawasan keilmuan yang kami miliki dan kembangkan terus-menerus.
Sudah bisa kan mengenal pak Irsyad melalui riwayat singkat-nya? Bukan pembicara yang tenar hingga muncul di televisi, tapi beliau memiliki visi dan misi yang jelas serta sejalan dengan tujuan Klub Buku Bekasi untuk menjadikan Bekasi menjadi kota yang terkenal dengan #BekasiMembaca. 

Jangan lupa untuk bantu dukung gerakan Klub Buku Bekasi dalam mewujudukan #BekasiMembaca.




Comments

Instagram




domain murah