Webstealer pada track analytics

December 21, 2015

Webstealer - Beberapa hari yang lalu, saat saya sedang asyik melihat trafik blog di aplikasi google analytic, tiba-tiba saya mendapati satu pengunjung yang tengah aktif di blog saya. Saat saya lihat pada report, terlihat nama website yang sedang online tersebut. Nama websitenya aneh, dan membuat saya curiga karena namanya :
webstealer.nufaq.com
Otomatis, saya mencoba cek apa sumber website tersebut, yang ternyata tidak ada isi apa-apa. Kemudian saya mencari tahu dari google, didapatilah bahwa alamat website seperti alamat di atas memang sering menjadi website Ghost Spam yang terlihat pada google analytic. Biasanya Ghost Spam ini berisi link-link referal agar ketika kita mencari tahu, pastinya akan diarahkan ke alamat website lain. 

Tapi, hal ini bisa diatasi dengan cara memberi filter melalui google analytic loh. Ada dua tahapan yang harus dilalui :
Tahap pertama :
* Masuk ke akun login google analytic, hanya dapat dilakukan melalui website ya. Sejauh ini saya bisanya melalui website.
* Klik menu  Acquisition >> Overview >> Add Segment
* Pilih Condition >> Pastikan pilihan Sessionnya ‘Exclude’ , kemudian ikuti seperti contoh pada gambar :

* Setelah selesai, jangan lupa klik Save ya.

Tahap kedua :
* Masuk ke area Admin pada website google analytic
* Pilih menu Add Filters
* Tambah Add Filters, kemudian isi kolom sesuai dengan gambar yang ada di bawah ini :


* Setelah selesai jangan lupa Save ya.

Baik tahap satu maupun tahap dua sama-sama penting. Tapi, fungsi dari tahap satu adalah fungsi menghilangkan jejak record pada laporan google analytic, sementara pada tahap dua ini, upaya pencegahan dari website-website Ghost Spam yang bertebaran di dunia maya. Kalau ingin menambah Filter lagi, bisa diikuti caranya seperti di atas.
Jadi, jangan kaget apalagi bingung kalau melihat ada tracker dari Ghost Spam. Tinggal kita blok saja melalui filter dari fitur Google Analytic. Selamat mencoba !




  • Share:

You Might Also Like

1 comments

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih