Grup Resep Facebook

Grup Resep FacebookBeberapa bulan yang lalu, awal dari rasa penasaran saya, teman-teman saya di facebook sering membagikan resep-resep mudah untuk membuat kue, pizza atau makanan lainnya. Menurut saya, resepnya memang simple, tidak memerlukan banyak bahan. Apalagi, banyak juga yang memanfaatkan bahan-bahan di dapur mereka yang ‘seadanya’. Dari sinilah, akhirnya saya mencoba mencari tahu keberadaan sebuah group di facebook, dan meluncurlah saya ke group 'Langsung Enak’.

Group LE ini ternyata merupakan perkumpulan orang-orang yang dengan senang hati membagikan resep mereka untuk dieksekusi oleh orang lain. Tanpa meminta pamrih loh. Hebat kan mereka! Di grup tersebut dibuat peraturan agar tidak memberatkan orang-orang yang membagikan gambar hasil masakan mereka, dengan tidak boleh memberi komentar : “Minta resepnya dong.” Atau “Mana resepnya?” Karena, tujuan dari grup LE adalah berbagi tanpa terpaksa dan tidak boleh memaksa. Bagus juga memang, karena terkadang ada saja orang-orang yang kurang memahami, sehingga sering terjadi 'pemaksaan’ yang membuat orang yang share hasil masakan mereka menjadi kurang nyaman. Ya, namanya juga social media kan ya, memiliki ragam pengguna. Memiliki ragam tabiat dan segalanya yang beragam. Tapi, sejauh ini, saya merasa senang, karena banyak dari mereka yang mengeksekusi resep-resepnya, justru mendatangkan manfaat karena mereka bisa membuka bisnis makanan kecil-kecilan. WHAT A GREAT GROUP! Itulah pemikiran saya selama ini, karena mereka benar-benar berbagi manfaat dan membuat orang lain memiliki peluang untuk maju dan berusaha.
Baca Juga "Resep Cheese Cake Lumer"

Dan, karena saya hanya menjadi 'silent reader’ di grup tersebut. Hari ini, saya ingin menulis dan sedikit menuliskan apa yang berhasil saya buat dari resep mereka. Tapi, jangan harap saya akan membagikan tampilan gambar yang akan membuat kalian tercengang dan merasakan lezat juga dari foto tersebut. Karena, hal pertama adalah saya kurang begitu pandai memotret makanan, kedua : saya tidak pandai sama sekali dalam menata atau membuat makanan tersebut tampak 'indah’ terlihatnya. Tapi, masalah rasa, allhamdulillah. Sama sekali tidak mengecewakan, bahkan tuntas habis seketika. Mungkin, saya memasaknya dengan cinta ? Hehehehe, #apeu banget.
pizza homemade receipt

Ya, saya memasak pizza tanpa oven. Karena saya belum memiliki oven dan masih dalam tahap memilih dan menimbang, kira-kira oven seperti apa yang benar-benar saya butuhkan. Apakah oven listrik? Tapi kapasitasnya kurang besar. Kalau oven kompor tradisional yang dari bahan alumunium itu ? Itu juga sudah membuat saya mupeng karena muat untuk tiga loyang kue, tapi oh tapi, tempat penyimpanannya membuat saya bingung. Dan pilihan terakhir, kompor oven, maksudnya kompor yang juga terdapat oven di bawahnya. Persis seperti kompor yang ada di film chef gitu. Nah, kalau ini saya masih menimbang-nimbang karena harganya subhanallah, hehehe. Jadi, saya menggunakan teflon yang serbaguna. Bukan teflon yang seperti di iklan itu. Teflon biasa saja, merknya apa? Merknya F*NCO*K. Jadi, bisa dong ya masak pizza di teflon biasa? Bisa! Jangan pernah ragu untuk mencoba. Nah, kalau mau tahu juga bagaimana resepnya, berikut saya sertakan resepnya.


Resep Pizza small pan


Bahan

- Ragi 2 sendok teh
- Air hangat setengah cangkir kecil
- Tepung terigu 8 sendok makan

- Minyak Goreng 3 sendok makan


Cara Memasak



* Campur ragi dan air hangat. Diamkan sebentar.

* Masukkan tepung terigu dan garam ke dalam campuran ragi dan air hangat.

* Tuangkan minyak goreng dan aduk sampai kalis (mudah dibentuk).
* Diamkan sekitar setengah jam sampai mengembang.
* Kempeskan adonan. Taruh di teflon yang sudah diolesi minyak goreng/mentega. Diamkan sampai mengembang.
* Olesi saus tomat sebagai toping
* Kemudian taburkan bahan-bahan yang ada di rumah untuk toping (apa saja). Kalau saya hanya memberi potongan daun bawang dan bawang bombay. 
* Baru setelah itu letakkan di atas kompor dengan api yang kecil
* Tunggu sampai bagian bawah pizza sedikit kecoklatan.



Mudah banget kan resepnya? Saya bahkan tidak begitu bingung untuk urusan toping. Sesuai yang ada di dapur dan di kulkas saja. Jadi, benar-benar resep ini sangat mudah dan tidak membuat repot. Kalau ada tambahan keju atau paprika, lebih bagus lagi. Rasanya jadi semakin beragam. Semoga resepnya bermanfaat juga ya :).


See ya !



NB :  Mohon maaf sebelumnya karena saya lupa menyimpan sumber resep dari siapa. Jadi tidak bisa saya tulis resep ini siapa pemiliknya. Terima kasih




Comments




domain murah