Film ‘Click’ Adam Sandler

Film ‘Click’ Adam SandlerSiapa yang belum kenal dengan Adam Sandler? Seorang aktor yang senantiasa bermain dalam film konyol yang membuat penontonnya tertawa. Tapi, ada banyak hal yang juga yang selalu dia sajikan dalam setiap filmnya, sebuah pesan mendalam yang tak pernah luput tentang kehidupan.


movie click adam sandler
Salah satu adegan yang mengharukan di film ini.


Yang ingin saya sedikit tulis saat ini adalah film dengan judul ‘Click’. Pastinya film ini sudah sering diputar juga, karena memang sudah lama beredarnya. Kenapa baru sekarang menulis tentang film ini? Kebetulan, tampaknya Fox Movie tengah memberi waktu untuk film-film Adam Sandler yang beberapa kali diputar selama bulan September. Salah satunya ‘Click’.
Apa yang membuat kita bahagia? Dan benarkah bahwa bahagia dan membahagiakan orang itu sederhana? Buktinya….menggapai kebahagiaan dan membuat orang berbahagia itu tidak banyak disadari oleh khalayak sebagai sesuatu yang mudah. Karena pada dasarnya, manusia memiliki imaji tentang bahagia dan utopia dalam diri masing-masing.
Sama seperti, Michael (yang diperankan oleh Adam Sandler), baginya bahagia adalah ketika dia bisa mendapat jabatan seperti yang dia impikan. Sehingga, membuatnya menjadi keranjingan dalam pekerjaannya sebagai arsitektur. Sampai-sampai makan malam bersama keluarganya membuat dia jenuh, atau bahkan dia tak lagi menikmati kehadiran anak dan istrinya.
Kehidupan yang serba cepat akibat sebuah remot sebenarnya seperti bentuk perwakilan dari banyak orang yang menjalani hidup Autopilot. Sebuah kondisi dimana lebih sering jiwa atau kesadaran atau keutuhan dari seseorang itu tidak berada pada tempatnya saat itu. Misal, orang mengendarai motor, dia tetap waspada, namun pikirannya, jiwanya, berada di tempat lain bukan berada di atas motor. Kondisi Autopilot ini juga sering membuat orang yang mengalaminya seakan mengalami sebuah lompatan kehidupan yang membuatnya tidak sadar bahwa sesuatu pernah terjadi atau seseorang pernah bercakap dengannya, kondisi ini membuat dia tidak banyak tahu atau tidak sadar dengan kondisi sekitarnya.
Di sinilah Michael banyak men-skip setiap peristiwa yang membuatnya tidak senang. Seperti ketika bertengkar dengan sang istri. Sampai-sampai, pada akhirnya banyak hal yang tidak dia ingat selama masa percepatan itu. Karena Michael tidak hadir secara 'utuh’.
Memang seberapa penting menjalani hidup dan menikmatinya? Penting sekali, kehidupan Autopilot seakan bisa menggerus rasa empati dan simpati dalam diri seseorang. Itu yang diwakili dalam film ini, ketika Michael pada akhirnya baru tahu, sang Ayah telah meninggal dunia. Kemudian dia bercerai dengan istrinya, sementara sang Anak tak merasakan kebahagiaan karena mendapat perlakuan yang membuat mereka hancur. Hadir seutuhnya, justru membuat diri menjadi sadar apa yang terjadi dan apa yang sedang dirasakan oleh orang lain. Meski terkadang, ketika kesedihan yang mendalam, orang sering berada dalam kondisi Autopilot demi menyingkirkan kepedihannya itu.
Kesadaran akan dunia sekitar, serta kenikmatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sering tidak disadari oleh banyak orang di kota-kota besar. Karena kehidupan di kota-kota besar, menuntut sebuah percepatan sehingga sering menjadikan manusia-manusia itu dalam posisi Autopilot yang justru tampak seperti zombie. #soktausaya
Selain itu, apakah membahagiakan orang lain itu sulit? Dalam contoh di film ini, Michael yang sedang dalam kondisi 'baru menyadari’ betapa dia mencintai sang Ayah, berusaha untuk mengingatkan dirinya pada rentang waktu di masa depan dengan menggunakan remote ajaib. Meminta Michael di masa depan untuk sekali saja berbicara dengan menatap mata Ayahnya. Memuji sulap sang Ayah yang memang 'biasa saja’. Tapi, justru kebanggaan dari sang Ayah adalah ketika anaknya masih mengeluarkan ekspresk tertarik ketika sang Ayah memainkan sulapnya. Bukti, bahwa membahagiakan orang tua tidak sulit, cukup dengarkan, hargai dan beri apresiasi yang secukupnya sehingga mereka masih bisa merasakan, kita tidak akan pernah lupa pada mereka.
Saya mempercayai bahwa dalam segala kerja keras itu akan membuahkan sebuah hasil. Hanya saja terkadang mengikutsertakan proses, baik panjang maupun pendek. Rentang waktu ini yang kemudian membuat Michael terkejut. Selama bertahun-tahun akhirnya dia bisa naik jabatan. Dan selama itu pula dia menyia-nyiakan banyak hal dan kesenangan dalam hidupnya demi satu impian dia tentang kebahagiaan, yaitu NAIK JABATAN. Setelah terwujud, ternyata tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan. Karena, tujuannya itu justru membuatnya tak lagi peka terhadap orang-orang disekitarnya.
Beruntungnya, dalam film ini ternyata Michael hanya mengalami segalanya dalam mimpi. Kemudian, saya berpikir, bahwa otak sering membuat stimulasi melalui mimpi, tentang impian seseorang, apa imbas dan apa efeknya, pertimbangan demi pertimbangan apa yang memang 'seharusnya’ dilakukan. Seakan memberi sebuah permainan dalam mimpi Michael, terkait masa depannya, melalui kombinasi Hasrat, Impian dan kata hati yang senantiasa memberikan sebuah pertimbangan ssbelum melakukan banyak hal.
Hati, kalau kata seseorang adalah sebuah tempat yang sebenarnya murni, sebuah tempat yang membuat orang meyakini dan merasakan. Namun, para ilmuwan mengatakan semua itu berasal dari otak. Tidak ada yang salah dengan pendapat keduanya. Karena, selama manusia hidup, mereka bisa merencanakan masa depan, memikirkan banyak kemungkinan.
Tapi, yang paling penting adalah bagaimana seseorang itu hadir secara utuh dan sepenuhnya. Bukan hanya setengah dari dirinya saja yang hadir. Ini tentang bagaimana menikmati hidup meski rasanya tidak mengenakkan. Bagaimana hadir ketika makan, tanpa melayang pergi ke tempat lain. Tetap berada di dunia saat ini, karena impian dan dunia lain yang kita ciptakan bisa kita sambangi ketika kita sendiri dan tengah menstimulus terkait masa depan kita.
Karena, hidup ini sederhana, menikmatinya juga sederhana, cukup dengan merasakan detak jantung kita yang berdebar, sambil merasakan dengan sebenar-benarnya bahwa oksigen itu merasuki tubuh ketika menghirupnya.
Dengar, rasakan dan nikmati hidupmu…tak ada tempat selain saat ini yang membuatmu merasa lebih baik.
Sebuah makna yang dalam, dari Michael yang hampir kehilangan kebahagiaan dan keluarganya hanya karena menjalani kehidupan yang ingin serba cepat dan menyingkirkan kebahagiaan dirinya. Karena tidak ada yang salah dalam mencintai pekerjaan, asal kadarnya sesuai.
Begitulah, pemikiran saya terhadap film 'Click’ ini. Mungkin terlalu membosankan tulisan saya karena tidak menjeberkan banyak hal yang membuat pembaca merasa bahagia dan senang. Tapi, sedikit saja, satu pesan dari saya : Hadirlah Secara Utuh untuk dirimu sendiri dan orang sekitarmu.
Terima kasih sudah menyimak…..
See ya !

Comments




domain murah