Aplikasi nulis yang nyaman

Aplikasi nulis yang nyamanApa yang ada di dalam handphone saya ? Aplikasi apa yang sering saya gunakan pada gadget saya?

Rasanya ingin sekadar berbagi dan juga curhat sih. Bisa dikatakan persentase curhatnya lebih besar dari informasi yang mau saya bagi. Hehehe….
Setiap menulis, pasti punya tempat atau media menulis yang membuat ‘nyaman’ sehingga dalam proses menulis juga proses mendapatkan ide menjadi lebih mudah. Sama seperti saya, yang saat ini, entah kenapa sedang malas menulis di depan laptop. Sungguh, ini baru terjadi beberapa bulan belakangan.
Sebelumnya justru saya terbilang laptop addict, kalau sehari tak menyalakan laptop, mengerjakan ini dan itu, mencicil pekerjaan ini dan itu, rasanya itu ….. entah…tak bisa dijelaskan. Kemudian, waktu menjadi semakin sempit sehingga untuk menyentuh laptop-pun sampai tak sempat lagi.
Sehingga, inilah menjadi asal muasal mengapa saya pada akhirnya menjadi nyaman mengetik di handphone. Mengetik tulisan di blog, mengetik informasi buku-buku, mengetik quote buku, mengetik ulasan buku, mengetik film dan bahkan mengetik tagihan per bulan!! Semua saya lakukan melalui handphone saya ini yang sederhana.
Tapi, meski handphone saya sederhana, saya menggunakan aplikasi yang bisa saya katakan sungguh ‘memuaskan’ dan saya beri 5 bintang dari 5 bintang. Terbaik dari yang terbaik #tsah.
Aplikasi apa sih yang saya gunakan ?
Tahu tentang aplikasi Evernote ? Beberapa handphone aplikasi ini ada yang menjadi aplikasi bawaan. Jadi, mungkin ada yang sudah sangat mengenal aplikasi Evernote atau ada juga yang belum.
Keseluruhan tulisan saya ini bersifat relatif dan subjektif. Karena berisi tentang curhatan saya serta ‘rasa nyaman’ versi saya pada aplikasi Evernote.

1. Background putih yang membuat nyaman dalam menulis. Apalagi dikarenakan handphone yang saya gunakan ini sederhana sekali sehingga terkadang pengaturan brightness-nya sering tidak aktual. Sudah di setting sedemikian rupa, tetap saja masih kurang nyaman. Nah, saat mengetik di Evernote, mata saya terasa nyaman dan tidak gelap. Ini menurut mata saya loh…mata Ipeh bola pingpong gitu deh.

2. Ada banyak menu pilihan seperti editor untuk blog. Seperti menu insert link, menu insert pic, juga ada menu lain untuk bullet number loh. Nah, buat yang lagi kefefet mau nulis draft, entah itu untuk presentasi atau untuk blog, cocok banget. Ada juga menu pilihan mau menulis text dengan keyboard atau menggunakan handwriting dan bisa juga membuat reminder loh. Pokoknya lengkap deh kalau buat saya.

3. Bisa menyimpan banyak file dan catatan di sini. Apalagi karena memang sudah disediakan dari Evernotenya kapasitas gratis untuk yang memiliki mobilitas tinggi. Belum lagi, meski nantinya ganti handphone, cukup signing in menggunakan email yang sama, data-data yang sudah tersimpan tidak akan hilang.

4. Untuk upgrade member, ini keuntungannya lebih banyak. Murah lagi. Tapi, disesuaikan juga dengan kebutuhan. Kalau misalnya memang draft tulisannya bejibun se-alaihim gambreng sampai-sampai butuh kapasitas lebih besar, bisa tuh upgrade ke premium. Tapi, kalau butuh yang sedang-sedang sahajaaa…. upgrade ke member plus juga bisa. Apalagi kalau di member plus, ada aplikasi tambahan yaitu lock application bawaan dari Evernotenya. Jadi, aman deh.

Etapi, untuk pengguna beberapa handphone, juga tersedia loh aplikasi untuk lock application ini. Tapi, di member plus bukan cuma sekadar bisa lock application, tapi juga bisa simpan lebih banyak data. Dan diakses melalui komputer juga bisa.
Update 25-september-2015 : Kebetulan, hari ini saya mencoba-coba website evernote, apakah bisa digunakan juga tanpa harus menjadi updgrade member? Jawabannya adalah : BISA! Di sini, kita bisa copy-paste artikel secara utuh lengkap dengan picture yang tersedia, hanya dengan sign-in dengan akun login yang sama dengan evernote yang ada dalam gadget kita. Jadi, kalau sedang ingin membuat draft, bisa juga loh mengetiknya melalui komputer dengan Evernote Website.
Coba cek dahulu, tampilan website Evernote di bawah ini. Ketahuan deh, saya sering membuat draft tulisan saya sebelumnya di sini… hehehe. Tapi, ini justru membuat saya semakin cinta dengan Evernote. Sejujurnya, ini bukan tulisan berbayar, hanya menunjukkan betapa saya masih mencintai Evernote apa adanya #tsah.
Tampilan Evernote Website

5. Pastinya dan pastinya. Di sini ada beberapa pilihan di menu utama, nama notebook yang bisa digunakan untuk mengkategorikan jenis tulisanmu. Persis seperti blog kan ya?

Itulah kenapa saya masih setia menggunakan aplikasi Evernote meski banyak aplikasi lain sejenis yang menawarkan banyak fungsi dan kegunaan. Sejauh ini, bagi saya menggunakan evernote karena aplikasinya sesuai dengan apa yang saya butuhkan. Jadi, rasanya….belum ada alasan untuk berpaling…. *uhuk*

Konon kalau sesuatu itu ada kelebihannya, pasti ada kekurangannya kan? Nah, salah satu kekurangan dari Evernote ini, setiap kali saya mau copas dari Evernote ke blog, apalagi kalau ada picture di dalamnya, sering kali picturenya tidak ikut serta. Yaiyalah, bagaimana bisaaa…. Memang sudah semestinya insert picture dilakukan secara terpisah. Tapi…tapi…tapi..saya kan maunya otomatis gitu….huwaa…huwaa… *drama mode ON* hehehe…..
Nah, itu salah satu aplikasi favorit di tulisan kali ini #AppInsideMyPhone . Abaikan saja adegan dramatisasinya ya.
See ya !

Comments

  1. saya malah susah make evernote :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, saya malah lebih nyaman pake evernote


      Delete
  2. Woaaah, iya ya komplit banget. Kemanakah aku selama ini? Mengapa justru kau ku acuhkan? *peluk evernote* :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahak, silakan Nyak balikan lagi sama evernote :p

      Delete

Post a Comment

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih




domain murah