Resep dan Cara Buat Cilok


Ramadhan kali ini memang saya sering mencoba-coba memasak sesuatu yang sebelumnya belum pernah saya masak. Nah, untuk hari ini saya mencoba memasak CILOK.
Mungkin sudah banyak yang melihat share link di facebook dari http://nyahosiah.blogspot.com/2014/04/resep-cara-membuat-cilok.html

Iya, resep dari Nyahosiah ini sedang banyak bersliweran di timeline facebook saya. Yang kemudian membuat saya penasaran, ingin mencoba juga membuat CILOK.
Baiklah, bahan mentah sudah tersedia di rumah. Alhasil saya tinggal mencampur dan mencampur saja. Tapi, karena saya tidak memiliki takaran untuk menimbang tepung. Akhirnya saya mencari sumber di google, demi mengetahui takaran satu sendok makan tepung itu berapa gram.
Didapat dari salah satu blog, bahwa 1 sendok makan itu setara dengan 8 gram. Sumber : https://nyatetresep.wordpress.com/konversi-ukuran-satuan-ukuran-yang-biasa-digunakan-dalam-resep/

Oke, masalah takaran sudah selesai. Tinggal mengikuti resep yang sudah ditulis. Tapi, oh tapi, saya sendiri tidak pernah tahu, adonan yang kalis itu maksudnya apa. Masa iya selama menguleni saya sambil megang gadget, rasanya tak mungkin deh…hehehehe.

Jadilah saya menguleni sesuai dengan perkiraan saya saja. Selama adonan belum bisa dibentuk, maka saya masih terus menguleni. Tapi, ketika adonan sudah bisa dibentuk, saya hentikan pemberian airnya. Kemudian berusaha untuk membentuk adonan.

Beginilah, kalau dari awal hanya bisa makan tapi belum tau cara masaknya. Karena pada saat membuat adonan, tangan saya penuh dengan adonan lengket yang membuat CILOK tidak dapat dibentuk. Dengan menarik napas dalam-dalam, akhirnya saya mengambil keputusan #tsah.

Saya gunakan plastik bening (plastik kiloan) untuk menutupi tangan saya. Kemudian supaya tidak bertambah lengket saya lumuri sedikit dengan sagu pada permukaannya. Sukses ? Allhamdulillah akhirnya adonan bisa terbentuk. Dan, tidak lupa, saya juga menaburi sagu, sedikit saja di atas permukaan loyang tempat adonan, sebelum di rebus.

Kalau diikuti, resepnya oke kok. Sukses kalau diikuti sesuai yang tertulis. Kalau ditanya apa lagi makanan yang belum dicoba, jawabannya BANYAK. Tapi, belakangan saya sedang ingiiiiiiiiiin sekali mencoba memasak Telur Gabus Keju, sayangnya setiap membaca resepnya saya sudah minder duluan. Hehehehehe…..



Comments




domain murah