Ramadhan yang selalu dinanti

June 04, 2015



Allhamdulillah sebentar lagi umat muslim akan dimanjakan di satu bulan yang dipenuhi dengan limpahan Rahmat dan Ampunan, yaitu Bulan Ramadhan. Semoga kita semua dipertemukan kembali dengan Bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari ini (Amiiin).
Berbicara tentang Ramadhan, ada satu hal yang kalau diceritakan bisa jadi ini terkesan ‘pamer’, semoga saja tidak. Karena, ini semacam prestasi bagi saya pribadi. Yang tidak bisa diungkapkan kebahagiaannya dengan kata-kata.

Begini, mungkin setiap orang banyak yang sudah terbiasa mengkhatamkan Al-Quran di hari-hari biasa. Tapi, bagi saya, selama empat tahun belakangan ini yang bisa khatam Al-Quran saat Ramadhan adalah sebuah prestasi untuk saya sendiri. Meski, sebenarnya lebih baik kalau tidak hanya di bulan Ramadhan saja. Namun, setiap tahun memang saya bertekad, minimal bisa khatam Al-Quran meski setahun sekali. Semoga saja saya diberi kemudahan untuk bisa khatam Al-Quran di bulan lain, insya allah.
Pertama kali saya mencoba untuk menargetkan diri saya agar bisa khatam Al-Quran adalah empat tahun lalu. Saat saya mencoba untuk men-challenge diri saya, membaca satu hari satu juz. Ketika saya menghitung, kira-kira berapa lembar sih satu juz itu, tercenganglah saya kemudian. Meski tidak semuanya, tapi kebanyakan dari 30 juz di Al-Quran, jumlah halamannya adalah 10 lembar. Tapi ini tidak semua, ada yang lebih dari 10 ada juga yang kurang dari 10, tapi yang dominan adalah 10 lembar. Jadi, 10 halaman dibagi 5 solat wajib jadi setiap habis solat saya akan membaca 2 halaman.
Tips ini saya lakukan untuk membiasakan diri saya, agar tidak kaget. Dan, benar saja, ketika mencapai pertengahan Ramadhan sempat terbentur dengan waktu berbuka dengan sahabat, teman atau saudara yang ternyata memakan waktu khusus saya, waktu yang seharusnya bisa saya gunakan untuk tadarus. Hingga saya sering menambah jumlah halaman di keesokan harinya, inilah tekad saya demi khatam Al-Quran. Tidak mudah, tapi semoga bisa istiqomah dan menjadi lebih baik lagi. Insya allah, amiiin.

“tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway Ramadhan in Love” 



  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih