#DistrictCode Tampilan baru

June 25, 2015

Yeay, akhirnya senang sekali karena berhasil edit dan edit blog yang sebelumnya sempat desperado, mau diapain lagi ini blognyah. Tapi, setelah perjalanan panjang, fiuh lebay, pada akhirnya ada something different with my blog!
Agar tidak terlalu panjang mukadimah dari saya, mari langsung saja, ada beberapa hal yang saya lakukan pada rumah maya saya ini.
1. Ubah font di Tumblr
Sebelumnya yang patut digaris bawahi dalam setiap editing yang nantinya akan dilakukan, semua akan dimulai dari awal. Yaitu dari link Edit Appearance.


Nah setelah itu kalian akan dibawa menuju sebuah halaman baru yang berbeda. Yaitu tempat kalian bisa mengubah banyak hal di situ, di sebuah tombol bernama Edit Theme. Tapi, hati-hati, bisa saja apa yang sudah kalian ubah kemudian menjadi berantakan kalau tidak hati-hati.
Ingat, kelik terlebih dahulu Edit Theme, nantinya kalian akan diarahkan ke editorial page dimana masih akan ada banyak klak dan klik di situ.
Kalau sudah klik Edit Theme kemudian masuk ke halaman seperti di bawah ini :

Barulah kemudian kalian klik Edit HTML yang akan membawa kalian ke tempat dimana kode demi kode bermukim. District Code, begitulah saya menamainya.
Kalau sudah berada di District Code, sementara itu kita tinggalkan terlebih dahulu tumblr. Kemudian mengarah ke Google Fonts, ketik saja di web browser kalian : https://www.google.com/fonts . Setelah itu silakan memilih font apa yang kalian inginkan. Kemudian cari icon Quick Use, dan ikuti langkah yang ditulis di sana.
* Kamu akan diminta meng-copy link dan mem-paste-kannya di bawah kode <head>
* Kamu akan diminta juga untuk mengubah kode Font family yang ada di District Code, untuk diubah dengan code baru yang diberikan oleh Google Font. Ingat, untuk mengubah code kalian harus memperhatikan sebagai berikut :
- Untuk ubah font text tulisan postingan, gunakan code Body. 
- Untuk ubah font judul tulisan, gunakan code Title
Setelah itu jangan lupa update preview, kemudian save.

2. Emmbed code google plus comment
Beberapa kali saya sempat galau segalau-galaunya, karena pada tumblr, khusus komentar boksnya tidak bisa digunakan oleh banyak orang. Iri sebenarnya, apalagi meski sudah disediakan disquss, tetap saja masih ada yang tidak bisa menggunakannya.
Pada akhirnya, saya menemukan cara baru, untuk mengubah tampilan blog saya agar bisa dikomen melalui Google Plus. Setidaknya pilihan saya jatuh pada Google Plus dikarenakan sudah banyak yang menggunakan soc med ini.
Cara mengubahnya, masih sama pada halaman District Code. Kemudian cukup lakukan langkah ini.
* Cari code :  {block:IfShowDate} . Setelah ketemu lihat baik-baik sebelum mempaste code. Bahwa kalian harus mempaste code di bawah code  </div>. Ingat di bawah code  </div>
* Nah code yang harus kamu paste yaitu sbb :
<script src=“https://apis.google.com/js/plusone.js”>
</script>
<div class=“g-comments”
   data-href=“url blog kamu”
   data-width=“642”
   data-first_party_property=“BLOGGER”
   data-view_type=“FILTERED_POSTMOD”>
</div>
– Ganti tulisan url blog kamu dengan alamat blog kamu, misal http://apaapadotblogdotcom. 
* Jangan lupa untuk update preview, kemudian save.

Hasilnya, kalian akan mendapatkan blog kalian bisa dikomen oleh pengguna Google Plus. Setidaknya ini membahagiakan saya, karena harapan saya, pengunjung blog tidak akan kebingungan untuk meninggalkan jejak :)

Semoga bermanfaat.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih