[Pengalaman] Mencari ide masak

May 22, 2015


Pernah mengalami kebuntuan dalam memutuskan, mau masak apa hari ini, seperti saya? 


Mungkin tulisan saya ini tidak begitu membantu. Karena bukan ingin memberi masukan, tips atau apa saja yang mungkin bisa membantu dalam memutuskan menu masakan setiap hari. Tapi, bisa jadi sedikit memberi ide, karena masak juga membutuhkan ide, bukan hanya menulis yang butuh dengan ide. 


Betul, setiap saat saya merasa kebingungan ingin memasak apa, yang saya lakukan pertama kali adalah dengan menjelajah google. Dengan kondisi bahwa saya masih menyimpan satu ide, atau satu bahan, yang sebenarnya hanya butuh dikombinasikan saja. Misal, saya sudah punya seikat bayam, rasanya membosankan kalau memasak bayam dan dijadikan sayur bening lagi. Itulah mengapa google berguna, setidaknya untuk membantu mencari menu lain untuk hidangan dengan bahan dasar bayam. Kemudian, membantu? Iya, akhirnya saya memiliki ide untuk membuat omelet bayam. Sehat pula! 


Kalau kondisinya benar-benar bingung. Karena terlalu banyak sayuran di dalam kulkas. Tapi, lagi dan lagi, menginginkan sesuatu yang aneh. Caranya mudah, coba ingat-ingat film jepang atau anime jepang, saat makan di meja makan, di meja mereka akan dihidangkan sayuran yang bisa dikatakan sangat ragam, dalam satu mangkuk! Jadi, tinggal campur saja sayur mayur yang sekiranya cocok untuk dihidangkan dalam bentuk campuran sayur mayur. Tapi, bisa juga menjadikan ragam sayuran yang banyak itu dalam satu wadah untuk disulap menjadi salad. 




Tapi, oh tetapi. Bagaimana jika, tidak ada ide mau masak apa, bingung mau belanja apa, belum ada selera yang bisa membantu. Salah satu cara yang semoga bisa menolong memutuskan menu masakan yang diinginkan. Mengapa tidak meluangkan waktu sebentar saja untuk membuka playstore, bagi pengguna android, kemudian menjelajah di kategori buku. Tidak perlu membeli, kalau memang belum sangat dibutuhkan, cukup gunakan fitur baca gratis yang akan membuka halaman contoh isi buku tersebut. Biasanya hanya beberapa halaman yang tampil. Nah, yang paling berguna itu adalah daftar halaman atau daftar menu yang akan diulas di buku tersebut. 


Coba jelajahi dari satu buku resep ke buku resep lain melalui daftar isi. Siapa tau ide itu datang dari salah satu menu yang ada dalam buku contoh tersebut. Mudah kan? Tanpa pergi ke toko buku, apalagi kalau memang tidak sempat ke toko buku. 



Karena ide itu, haruslah dicari, bukan sekadar dinanti. 



Semoga bermanfaat. 




  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Mohon maaf untuk sementara komentar dimoderasi, karena banyak spammer.

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik. n_n
Link hidup dan Spam akan dihapus ya :)


Terima kasih