#30DaysBlogChallenge Cheating


“Kamu sudah makan?”
“Sudah.”
“Maaf, tadi aku lupa bawa dompet.”
* Jauh di dalam perut saya, berbunyi cacing yang menari sedang mengadakan demonstrasi. *

“Kamu tahu, kalau ternyata dalam dunia …..blablablabla…”
“Eh, maaf saya sedang ada telpon. Sebentar.”
* Melenggang pergi meninggalkan orang itu, sambil meletakkan handphone di telinga yang sunyi. *

Berbohong, dikemas dalam rupa yang bagus akan sama artinya. Akan sama bagaimana rasanya bagi orang yang dibohongi. Tapi, semakin dewasa manusia semakin pandai untuk menutupi kenyataan. Ini bukan sebuah ceramah. Hanya saja itu terjadi di sekeliling, dan pada diri sendiri. Ketika juga banyak yang berbohong pada diri sendiri. Membohongi diri dan hati yang masih murni.

Begini, memang terkadang tidak mudah untuk mengatakan kejujuran hingga akhirnya berujung pada kebohongan. Saya sendiri tidak begitu suka dibohongi, itu sebabnya saya lebih sering berusaha untuk jujur. Tapi, jika dihadapi masalah yang rumit dan harus menutupinya, saya lebih memilih mengubah topik pembicaraan atau sekedar bungkam. Seperti biasa, saya mencari ‘aman’.
Tapi, bagaiman dengan menipu ? Apakah sama dengan berbohong? Bagi saya menipu adalah kebohongan tingkat tinggi. Selain di dalamnya terkandung kebohongan, ada juga ramuan lain dalam sebuah tipuan, yaitu kecerdikan. Karena biasanya seorang pesulap yang melakukan tipuan juga harus memiliki kecerdian. Namun, bagaimana dengan penipuan yang dilakukan banyak orang? Ini adalah fenomena, dibilang fatamorgana, tidak begitu juga karena nyata, tapi dibilang nyata selayaknya fatamorgana karena sulit direkam jejaknya.
Hanya saja, saat ini lebih banyak orang yang menipu, yaa tidak jauh-jauh yaitu tipuan yang masih berada di level pertama. Yaitu Menipu diri sendiri yang jomblo dengan meyakini dirinya bukan jomblo. Tunggu, jangan tersinggung, saya tahu mereka sedang menghibur diri sendiri. Tapi, itu sudah masuk dalam penipuan kan? Atau misalnya menipu teman yang menunggu di sebuah tempat, dengan mengatakan OTW, udah deket. Tapi ternyata masih mandi. Itu…lebih…menyakitkan…Jendral!!!

Comments




domain murah